Baru Beli Telur. Sebelum Masuk Kulkas, Perlu Dicuci Dulu Tidak Ya?

Baru beli telur. Sebelum masuk kulkas, perlu dicuci dulu gak ya?

Setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda. Ada yang bilang Verlu… (itu kata Kevin). Malah Mbak Winda Krisnadefa berpendapat: Cuciiii… Sehati sama Mbak Heny Widiastuti yang kata dia “Perlu sekali. Pakai sabun malah saya mah. Tapi telur lebih baik gak masuk kulkas biar kandungan gizinya gak berubah.”

Hey! Jadi yang mana nih? Cuci apa tidak?

 

Tulisan ini saya ambil dari obrolan di wall sosial medianya Pak Al-A’la Dzulfikar. Selain lucu, pastinya ada ilmu dan tips yang bisa kita ambil. Terlepas dari kebiasaan kita bagaimana cara memperlakukan si bundar ini. Tidak untuk berdebat, just for fun 🙂

Om Widianto Didiet bilang sih kalau udah digoreng ya jangan di cuci om… *siulsiul. Beda lagi kalau Ezu Bouchan yang kalau nyimpen telur pasti dicuci dulu. Sehati dengan Anesa Nisa yang nyuruh dicuci. Saking semangat nyuruh nyuci, tanda serunya aja sampai hampir selusin. “Cuciiiii!!!!!!!!!!!”

Kalau kata ibunya Mbak Noni Rosliyani, lihat dulu itu telurnya ntar dibuat apa? Kalau mau dibikin adonan kue, baiknya jangan masukin kulkas. Ngaruh ke hasil jadi kuenya. Kata ibunya sihhh 😁😁 Langsung dibalas oleh Rara Gendis Danerek yang katanya Perlu (dicuci)!

Andina Rahayu Pernah berpendapat lain. Katanya baca artikel, justru kotoran ayam yang menempel di kulit telur itu melindungi kandungan di dalamnya… terus kalau simpan di kulkas jangan simpan di balik pintunya. Kenapa? Karena pas buka tutup kulkas lebih (itu telur) cepat terpapar udara. Lebih bagus tidak dimasukkan kulkas sih. Tapi Mbak Andina lupa (sumbr) link artikelnya katanya 😁

Pendapat Mbak Uli Hape: Cuci dan keringkan baru dimasukkan kulkas
Kalau seloroh saya lain lagi, malah tanya, belinya berapa banyak dulu… Kalau satu ton, jangan masukan kulkas deh, ga cukup tempatnya dan capek nyucinya nanti, hihihi…

Pendapat teman Gustina Ariyanti katanya pernah baca tidak usah di cuci karena kotorannya melindungi kandungan telur.. kalau mau masuk kulkas taruh di dalam plastik agar kotoran tidak menyebar di dalam kulkas… gitu kata info yang pernah dibacanya.

Saran Mbak Ety Budiharjo lain lagi, katanya telur jangan masuk kulkas. Dicuci atau ga kumannya tetep banyak.

Pendapat Teh Nurul Wachdiyyah ada beberapa point. 1. Karena katanya dia pemales, dia gak cuci telurnya sebelum disimpan. 2. Jadi waktu beli telur, cari (kulit) telur yang bersih biar gak perlu dicuci pas mau dimasak. 3. Kalau pun ada yang kotor, baru cuci begitu mau dimasak. Bukan dicuci terus disimpan lama. Tapi dicuci & langsung dimasak. 4. Gak usah ditaro di kulkas. Beli telur dikit-dikit aja. Ribet tapi buat apa naro di kulkas lama-lama juga heuheuy…!

Point kelima dari teh Ulu, FYI, telur punya mikro membran namanya Bloom yang berfungsi melindungi si janin telur dari bakteri. Jadi di dalam telur itu isinya bersih banget. Air (dingin atau air suhu standar di rumah) membuat di mikro membran ini rusak, begitu telur dicuci, si bloom ini ambrol. Bakteri masuk. Cara terbaik mencuci telur adalah dengan air hangat. Disarankan lagi, cari telur yang kulitnya bersih, disarankan lagi cuci pas mau dimasak. 6. Bertemanlah sesekali dengann kuman 😀 *nasehat teu baleg 😂*

Hem, pendapat Teh Ulu makjleb juga ya… sehati kaya pendapat Bu Hesti Edityo ini: Justru sebaiknya jangan dicuci agar lapisan pelindungnya ga rusak. Saya juga ga simpen telur di kulkas, coz serig bikin kue

Mbak Langit Quinn juga bilang ga perlu (dicuci). Meski kadang kotor tapi Mbak Quinn sih kalau beli telur pilih yang bersih. Kalau dicuci akan mempermudah masuknya bakteri ke dalam telur. Bakteri yang sering menkontaminasi telur yaitu salmonella. Yang bikin tifus. Jadi ketika telur itu dicuci maka salmonella malah seneng karena air merupakan salah satu media yang baik sebagai jalan/jembatan salmonella untuk dapat masuk ke dalam telur melalui pori-pori yang terdapat pada kulit telur. Itu menurut Mbak Quinn yang pernah baca di artikel. Sebelumnya jaman Mbak Quinn belum nikah sih (telur) selalu dicuci abis itu baru dilap, satu per satu lagi. 😂

Hesti Edityo menambahkan “Yup….saya dulu dibilangin teman yang guru biologi. Pernah baca juga diartikel. Pernah dapat VCD dari Dan*ow juga yang isinya sebaiknya telur jangan dicuci.”

Tiba-tiba ada komentar lain yang katanya: Perluuu cuci pake sabun! Nyaris sepikiran sama pendapat Lita Chan Lai yang katanya: Telur sebaiknya jangan simpan di kulkas. Tapi kalau mau simpan baiknya dicuci dulu.

Kalaul pendapat bunda Yati Rachmat nih, telur selalu dicuci dulu sebelum dimasukkan ke kulkas, misalnya dadakan mau digoreng ya tinggal goreng, wuenak toh! Wah, (tapi) harus googling pendapat yang lain nih, lha wong setau bunda (telur) memang harus dicuci dulu.

Pendapat dari Tuti Suryati cukup tegas: Beli telur 1/4 aja repot bener (yang baca ngikik…)

Diah Indri berpendapat lain lagi: Sebaiknya dicuci, sesuai selera kalau mau pakai pewangi dan pelembut 😂😂😂😂
Langsung deh yang punya lapak Pak Al-A’la Dzulfikar nyamber: Haha… pakai vanis enggak?
Eh Diah Indri jawab pula: Pakai vanish? Lupakan makan telur(kotoran) !😄😄😄

Hahaha…!

Comments

  1. Hahaha…
    Seru ya obrolannya.
    Aku juga ga di cuci dan ga dimasukin kulkas setahunan ini. Kalo di rumah ibu, ga di cuci dan masuk kulkas ga pake plastik. Haduuuh…
    Aman ga ya? Mau disampein ke ibu ah, obrolan ini

  2. AKu suka bei terlur dalam kemasan minimarket itu dan gak kumsukin kulkas, krn telur cepet abis di rmh jd gak perlu disimpen lama2 di kulks, lbh praktis :))

    Eh tapi seru ya pendapatnya beda2 gtu :))

  3. kalau saya beli telor langsung digoreng tuh mba 😀

  4. Eeeh aku gak pernah nyuci telur. Hahaha aku langsung masak telurnya Teh. Bener tapi kata ibunya Mbak Noni, kalo mo dibuat kue, gak usah dicuci apalagi masuk kulkas. Nanti kuenya ambles, ndak bisa ngembang.

Speak Your Mind

*