InvestasiKu Cara Cerdas Menyiapkan Masa Depan

Lagi baca status pencapaian teman dalam investasi tiba-tiba muncul notifikasi kalau Mpo Ipe hari ini ulang tahun. Dan hei, ternyata usia kami hanya terpaut beberapa hari saja. Sedikit pun sebelumnya tidak saya kira, secara anak-anak Mpo Ipe udah pada dewasa. Sementara saya, tahu sendiri usia Fahmi putra semata wayang kami baru berusia delapan tahun.

 

InvestasiKu (untuk) Anak?

“Anak itu InvestasiKu. Yang penting persiapkan dari sekarang untuk segala kebutuhannya di masa yang akan datang.” Begitu kata Mpo Ipe sewaktu kami traveling bareng ke Bali, dulu sebelum pandemi.

Kalau bekal untuk anak-anak sudah siap, orang tua tinggal mengarahkan, tidak lagi harus capek banting tulang, jelasnya beberapa waktu kemudian, ketika suami Mpo Ipe dipanggil Tuhan untuk selama- lamanya. Mpo Ipe tidak begitu khawatir mengenai biaya untuk buah hati mereka karena saat suami masih ada, mereka telah melakukan investasi. Kini uang yang bekerja untuk mereka.

Itulah gunanya investasi, ketika sudah tidak bisa banyak melakukan aktivitas karena berbagai hal, Mpo Ipe dan keluarga tetap bisa melanjutkan kehidupan. Anak-anak tetap melanjutkan pendidikan, Mpo Ipe tetap bisa melakukan hobi, traveling, dan bahkan tetap bisa berbagi menyantuni anak mengaji yang saya asuh di kampung ini dengan memberikan donasi perlengkapan ibadah untuk santri putra maupun putri. Luar biasa, bukan?

Ibarat bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Investasi saat muda, memetik hasilnya ketika menua. Sungguh masa indah untuk Mpo Ipe pada akhirnya.

Sementara di usia saya yang sudah tidak muda lagi ini, rasanya tidak banyak harapan kecuali ada pada anak. Banting tulang setiap hari demi apa? Demi bisa memenuhi segala kebutuhan anak. Tapi apa yang sudah saya persiapkan?

Rajin menabung saja rasanya tidaklah cukup. Uang hanya berputar pada satu titik tanpa signifikan memberikan harapan baru. Saya perlu mencari cara lain demi bisa mendapatkan cuan, tapi dengan apa? Bisnis tidak punya, usaha selalu gagal, bahkan berdagang pun selalu merugi. Alih-alih dapat untung yang ada selalu tekor, nombok modal. Gali lubang tutup lubang jadinya.

Banyak teman menyarankan untuk memulai investasi seperti yang Mpo Ipe bersama suami lakukan. Katanya ada kok produk investasi aman yang menguntungkan tapi rendah risiko. Jika uang diinvestasikan dalam jangka panjang, hasilnya tuh lumayan juga. Buat uang muka kredit rumah, modal bisnis, sampai dana pensiun atau biaya pendidikan anak. Tidak usah khawatir karena modal investasinya pun terjangkau. Investasi di InvestasiKu salah satunya.

Ah, tapi saya yang ndeso dan gaptek ini mana ngerti dengan soal investasi dan penanaman modal? Menabung saja itu saya paksakan biar uang gak habis gitu saja.

Tapi dipikir lagi kalau saya tidak mau berusaha, ya bagaimana mau bertumbuh? Bukankah demi masa depan anak apa pun akan dilakukan oleh orang tua? Lalu orang tua macam apa saya ini jika mencari rezeki untuk anak saja masih malas-malasan karena alasan mana ngerti?

 

InvestasiKu untuk semua usia

Saya mulai kepikiran untuk menjalankan roda rezeki yang tidak seberapa ini dengan usaha yang lebih bermanfaat dan menghasilkan sehingga keuangan bisa berputar.

Malu juga di usia menuju setengah abad ini masih belum juga memiliki investasi pribadi. Padahal dulu, ada pandangan kalau investasi itu hanya dilakukan oleh kalangan usia matang. Hikz! … Ternyata itu sudah tidak relevan.

Buktinya saya yang sudah kelewat matang belum juga memiliki investasi. Sementara di pasar finansial sekarang ini mereka yang giat memiliki investasi produktif justru adalah kalangan anak muda atau pekerja pemula.

Sepertinya pemikiran lama investasi hanya bisa dilakukan oleh kalangan usia matang itu kini sudah tidak berlaku. Data demografi investor di Indonesia saja memperlihatkan jika yang mendominasi investasi adalah kelompok usia milenial. Lah masa saya kalah?

 

Cara Investasi

Jika dulu masih jaman revolusi industri 3.0 investasi dilakukan dengan proses administrasi yang rumit, saat ini investasi dapat dilakukan dengan mudah dan murah. Hanya dengan smartphone, sudah bisa melakukan investasi melalui produk-produk investasi yang cocok. Nominal untuk memulai investasi sekarang pun sangat terjangkau.

 

Manfaat Investasi

Selain kemanfaatan menanam investasi seperti yang dirasakan dan dicontohkan oleh Mpo Ipe, investasi juga memiliki banyak manfaat lain seperti meningkatkan nilai jual harta benda, memenuhi kebutuhan di masa depan, menuju gaya hidup hemat, dan bisa membimbing seseorang terhindar dari utang piutang.

Hem… Saya makin semangat untuk mencobanya. Baiklah, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Saya terima saran untuk mengenal InvestasiKu.

 

InvestasiKu – For Better Tomorrow

Jadi InvestasiKu adalah aplikasi investasi saham yang modern dan praktis, cukup dilakukan melalui smartphone. Untuk bisa mengetahui layanan apa saja yang ada di InvestasiKu kita harus menginstal aplikasinya.

Di InvestasiKu ini kita bisa melakukan investasi melalui investasi unggulan terdiri Saham, Obligasi, Reksadana dan Perencanaan . Dalam aplikasi tersebut dilengkapi juga dengan fitur Trading Idea dan Eduvest.

 

Keunggulan dan Produk InvestasiKu

Keunggulan dari InvestasiKu yang bisa kita dapatkan:

  • InvestasiKu terkoneksi dengan Allo Bank dan Super App yang menggabungkan seluruh unit bisnis di bawah naungan CT Corpora.
  • Registrasi secara online, semuanya kita lakukan bisa sambil rebahan. Cukup dengan smartphone yang terkoneksi dengan internet, pendaftaran bisa dilakukan kurang dari 24 jam.
  • Mendapatkan update Trading Ideas. Rekomendasi saham potensial melalui sosial media seperti IG live dan melalui aplikasi yang bisa kita baca.
  • Mendapatkan Kesempatan mengikuti Eduvest. Fitur edukasi belajar investasi melalui artikel, podcast, dan video yang semuanya gratis.
  • Coaching & Clinic. Kita selaku investor akan dibantu sehingga memudahkan untuk berkonsultasi seputar investasi dan perencanaan keuangan.
  • Kesempatan mengikuti webinar. Sesi edukasi interaktif yang membahas topik investasi bisa diikuti oleh seluruh para investor.
  • Point cashback. Nah ini kalau ada semacam cashback siapapun tidak akan menolak. Point cashback ini bisa digunakan kembali untuk berinvestasi atau membeli produk di merchant-merchant CT Corpora.
  • Glimpse. Artikel berlangganan berisi berita seputar bisnis dan keuangan. Bisa kita lihat di InvestasiKu.id atau melalui email yang didaftarkan saat registrasi.

 

Belajar InvestasiKu untuk Pemula

Tidak disangka, mengotak-atik aplikasi InvestasiKu ternyata seru juga. Banyak ilmu dan wawasan baru seputar saham dan investasi yang sebelumnya tidak pernah saya ketahui. Selain di aplikasi nya, saya juga bisa mempelajari tentang dunia investasi melalui media sosial dan tulisan di blognya yang kesemuanya ternyata bermanfaat banget.

Yuk kita sama-sama belajar investasi di InvestasiKu. Untuk bisa belajar di sana pastinya kita harus punya akun sebagai investor dulu. Pengalaman saya, sangat mudah kok membuat akun investornya.

 

Cara mendaftar sebagai investor di InvestasiKu:

  1. Download aplikasi Investasiku di smartphone
  2. Buka aplikasi Investasiku
  3. Di halaman login karena kita baru mau mendaftar pilih opsi “Belum Memiliki Akun” jadi nanti kita diarahkan ke pembuatan akun baru
  4. Isikan pada form nama lengkap, email, no hp dan password yang akan digunakan dalam aplikasi ini. Selesai.
  5. Tunggu proses InvestasiKu akan mengirimkan 6 digit kode OTP ke nomor ponsel yang kita daftarkan. Masukkan enam digit angka rahasia itu sehingga kita bisa melakukan pendaftaran akun baru
  6. Selesai! Kita sudah berhasil membuat akun investor di InvestasiKu

Cara daftar investor di InvestasiKu

 

Cara membuat Rekening Dana Nasabah (RDN) di InvestasiKu

Setelah menyelesaikan pendaftaran akun, kita masih belum bisa melakukan transaksi saham di InvestasiKu ini loh, supaya kita bisa mencoba memulai investasi saham, kita perlu membuka rekening dana nasabah (RDN), caranya:

  1. Dari menu portofolio klik “Ayo Buka Rekening Investasi”
  2. Disini ada tiga tahapan yang harus calon investor lakukan. Yaitu Validasi KTP, Isi Formulir dan Verifikasi Biometrik
  3. Untuk menguplod foto KTP pastikan informasi dalam KTP terbaca jelas. Akan ada bantuan dan arahan kok dari sistemnya.
  4. Selanjutnya isi formulir pembuatan rekening dana nasabah, mulai dari data diri hingga tujuan penggunaan, dan sumber dana yang akan digunakan. Sebagai ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan tetap, saya mengisikan data pilihan “lain-lain” dalam kolom yang tersedia.

Perlu diketahui, pada pembuatan rekening ini semua calon investor selanjutnya dianggap telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan pembukaan rekening investasi di PT Mega Capital Sekuritas. Menyetujui untuk dibuatkan rekening tabungan di PT Bank Mega, Tbk sebagai rekening pencairan produk investasi.

  1. Tahap selanjutnya kita akan diminta melakukan verifikasi biometrik dengan melakukan foto selfe. Akan ada arahan juga bagaimana supaya kita bisa ambil foto yang benar dari sistemnya.
  2. Selesai. Kita tinggal menunggu proses selanjutnya dari pihak InvestasiKu. Pemberitahuan akan dikirim melalui email yang didaftarkan.

Cara buta rekening dana nasabah (RDN) InvestasiKu

 

Cara Melakukan Top UP Saldo Rekening Dana Nasabah (RDN)

Untuk mulai bertransaksi kita harus memiliki saldo terlebih dahulu dalam rekening kita. Jadi setelah rekening dana nasabah kita selesai dibuat, kita bisa mengisi Rekening Dana Nasabah tersebut dengan cara:

  1. Klik icon profil
  2. Klik bagian top up saldo
  3. Pilih metode transfer yang diinginkan, bisa memilih metode transfer dari ATM, mobile banking atau internet banking. Transaksi pengisian saldo bisa dilakukan dari Bank Mega atau dari bank lain
  4. Buka aplikasi perbankan bank kita, lakukan transfer ke rekening dana nasabah (RDN) kita di InvestasiKu. Rekening milik kita nomornya tertera di halaman top up saldo, ya.
  5. Selesai. Kita sudah bisa melakukan transaksi melalui saham atau reksadana terpilih.

 

Keamanan Data Pengguna Terjamin

InvestasiKu berada di bawah naungan PT Mega Capital Sekuritas, dan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi Insyaallah aman.

Sama seperti klaim perusahaan financial lainnya, keamanan data dan privasi investor sangat diprioritaskan. InvestasiKu mengumpulkan dan menyimpan data pengguna dengan tujuan untuk meningkatkan layanan, verifikasi identitas, dan mencegah penipuan.

Untuk memudahkan komunikasi antara investor dan pihak InvestasiKu, kita bisa mengontak mereka melalui:

Whatsapp: +6282260904080

Email: customer.care@investasiku.id

Facebook: InvestasiKu Id

Instagram: InvestasiKu.id

Website: https://www.investasiku.id

 

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Berinvestasi

Berinvestasi itu baik, namun bukan berarti tidak memiliki resiko. Jadi jika ingin investasi berhasil, berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

  • Jangan melakukan investasi secara terburu-buru. Sebaiknya sebelum melakukan investasi perdalam dulu pemahaman atau riset kita. Khususnya mengenai objek investasi yang paling potensial untuk dipilih sehingga investasi kita tepat sasaran.
  • Dalam melakukan investasi tidak bertindak secara spekulatif.
  • Saat akan melakukan investasi, mempertimbangkan jangka waktu investasi. Apakah sesuai dengan kebutuhan kita?
  • Mengetahui dan menilai jumlah modal yang harus dikeluarkan saat melakukan investasi. Jadi kita bisa menyesuaikan dana investasi sesuai dengan kemampuan.
  • Memahami risiko yang bisa terjadi sebagai investor dan jenis investasi yang dipilih. Semoga tidak ada risiko berarti, tapi jika kita mengetahui sejak awal, pada saat terjadi hal tidak diinginkan kita sudah memiliki opsi lain sebagai langkah antisipasi.

 

Dengan sedikit pengalaman pribadi ini semoga manteman tidak ragu lagi dalam belajar berinvestasi di InvestasiKu. Jangan lupa download dulu aplikasinya, ya.

Comments

  1. Sejak pandemi ini, makin.menguat kesadaran dan urgensi utk berinvestasi.
    Mantabb betul ini Teh.
    Bisa siapkan masa depan buah hati kita dgn optimal ya

  2. Selain menabung, kita juga perlu memikirkan investasi untuk menyiapkan masa depan anak, ya

  3. Rasanya, hampir tiap orang pengen punya kebebasan finansial di usia tertentu, setidaknya sebuah keringanan dalam finansial. Kalau gak dilakukan sejak muda, saat tua akhirnya gak punya apa-apa. Itu kenapa selain menabung, memiliki asuransi, berinvestasi juga cara kita menyiapkan masa depan kita sendiri dan anak-anak, keluarga lah pokoknya.

    Yang penting tahu risiko aja kalau berinvestasi. Dan prinsip dasarnya adalah komitmen, dan beberapa hal lainnya yang mesti diketahui. Jika sudah mahir, semua tujuan berinvestasi bisa tercapai.

  4. Iya nih. Aku merasa sekarang udah terlambat untuk investasi. Coba sejak muda investasinya, kan sekarang tinggal memetik hasilnya deh. Belakangan malah baru tahunya, bedanya menabung dan investasi.
    Duh…kemana aja aku…

  5. Penting banget nih, jaman sekarang investasi udah biasa ya,apalagi hadirnya InvestasiKu, aplikasi investasi saham yang modern dan praktis, hanya melalui smartphone, makin dipermudah aja.
    dengan penjelasan2 di atas semoga masyrakat makin aware tentang pentingnya berinvestasi buat masdep.

  6. Wes keren teteh ikh udah mulai investasi. Aku belum soalnya ngga ngerti. Kayaknya memang harus ngerti dulu ya sebelum kita berinvestasi. Kayaknya investasiku ini gampang ya Teh kalau mau ikutan. Oh ya Teh mu tanya, gimana caranya kita tahu kalau investasi ini sdah ada ijin dari OJK?

  7. Benar sekali kalau sekarang berbekal smartphone bisa memudahkan untuk investasi. Karena kondisi yang tak menentu, investasi adalah pilihan yang terbaik. Dan harusnya makin banyak yang paham

  8. Benar sekali kalau sekarang berbekal smartphone bisa memudahkan untuk investasi. Karena kondisi yang tak menentu, investasi adalah pilihan yang terbaik. Dan harusnya makin banyak yang paham ya teteh

  9. cara berinvestasi sekarang mudah banget ya.. Jadi gak perlu banyak pikir buat investasi..apalagi bisa lewat aplikasi..

  10. Investasi memang penting banget, tapi perlu ilmunya juga jangan sampai asal-asalan…
    Nah di investasiku bisa belajar berinvestasi dengan mudah karena ada fitur edukasi dan konsultasi ya…

  11. Bner nih kalau mau investasi harus sedini mungkin ya mbak spya tujuan nya tercapai untukng sekarang ada InvestasiKu ya jadi mudah kalau mau berinvestasi apalagi investasi saham

  12. Aplikasi Investasiku patut dimiliki bagi siapa saja tanpa memandang umur. Untuk masa depan lebih cerah tentu kita harus memulainya sekarang juga, karena ingin nantinya bebas finansial dan hidup bahagia. Cara membuat Rekening Dana Nasabah pun terbilang mudah ya.

  13. Suami saya begitu kami punya anak langsung terpikir untuk berinvestasi. Paling gak untuk dana pendidikan mereka, deh. Ya setidaknya berikhtiar terus. Apalagi biaya pendidikan juga akan terus meningkat. Makanya memang penting berinvestasi

  14. Yang pengen investasi selain bentuk barang bisa banget nih ya melalui Investasiku. Penting banget investasi sejak dini ya teh buat perencanaan keuangan jangka panjang

  15. kalo ngomongin investasi ya teh, sepertinya aku termasuk yang cupu alias anak bawang banget terkait investasi. Kayaknya kudu join investasiku deh biar makin paham

  16. kalau mudah caranya biar sekalian belajar investasi mesti download nih Investasiku. Beneran cara cerdas menyiapkan masa depan nih..karena investasi itu nilainya di waktu, kita memetik hasilnya bukan kini tapi nanti

  17. Masyaallah hebat mbak, memang sekarang kita harus banget punya investasi ya. Setelah ngalami ga menentunya hidup di tengah pandemi aku juga mulai mikir nih utk punya investasi. Makasih tipsnya mbak bisa nih coba invest di investasiku. Gampang bgt caranya

  18. Jaman sekarang kita memang harus mulai berinvestasi untuk masa depan. Iya, investasi itu manfaatnya segudang, banyak banget. Apalagi yang kaitannya sama harta dan benda, wajib deh pokoknya ya.Karena nilai tukar mata uang makin ke sini makin… ya gitu deh.

  19. Jaman sekarang kita memang harus mulai berinvestasi untuk masa depan. Iya, investasi itu manfaatnya segudang, banyak banget. Apalagi yang kaitannya sama harta dan benda, wajib deh pokoknya ya.Karena nilai tukar mata uang makin ke sini makin… ya gitu deh..

  20. Memang bener ya, Teh. Menabung saja tidak cukup, harus punya investasi untuk persiapan masa depan kita. Dan sekarang kalau mau berinvestasi harus hati-hati. Jangan sampai malah merugi ya…

  21. Sekarang banyak aplikasi penyedia layanan investasi ya teh. Cara daftarnya juga mudah dan enggak perlu ke kantor atau ke bank juga. cukup lewat online. Harus selektif dalam memilih investasi juga, harus dipastikan terdaftar di OJK atau tidak ya teh. makasih infonya teh.

  22. InvestasiKu namanya unik mbak Okti, baik untuk semua usia mengdapi hari esok. Kita ga cukup hanya menabung aja ya harus juga berinvestasi. Mau ah belajar investasi di InvestasiKu cara daftarnya juga gampang ya lewat ponsel aja

  23. investasi merupakan sebuah langkah penting dalam mempersiapkan masa depan
    banyak sekali aplikasi investasi, tapi pastinya harus pilih yg terdaftar ojk

  24. Belajar dari temen kerja bagian akunting sih mba kalau ternyata investasi itu penting banget syangnya aku belum mgerti pisan jadi emang kudu belajar dulu dan baca ulasan ini jd tertarik jg

  25. Mau investasi apa saja sekarang mudah ya, hanya berbekal smartphone dan mengunduh aplikasinya, maka sudah bisa berinvestasi dengan biaya yang terjangkau. Apalagi ada edukasinya juga sebagai saranan belajar bagi pemula seperti saya yang belum memahami seluk-beluk investasi. Tapi yang pasti sebelum investasi. harus teliti ya mak.

  26. Sekarang aplikasi investasi makin banyak ya Teh. Dan aplikasi Investasiku ini sangat memudahkan siapapun untuk berinvestasi dengan mudah dan cepat.

  27. Sekarang untuk investasi lebih mudah dan praktis, dan bisa dimulai dengan nominal yang terjangkau. Aku udah investasi juga dari belajar bersama lembaga keuangan. Memang kita harus menyesuaikan jaman ya Teh, mulai investasi untuk masa tua nanti. Dan investasi bisa di mana aja taermasuk di Investasiku yang mudah pengaplikasiannya, dengan cara online

  28. Sekarang untuk investasi lebih mudah dan praktis, dan bisa dimulai dengan nominal yang terjangkau. Aku udah investasi juga dari belajar bersama lembaga keuangan. Memang kita harus menyesuaikan jaman ya Teh, mulai investasi untuk masa tua nanti. Dan investasi bisa di mana aja termasuk di Investasiku yang mudah pengaplikasiannya, dengan cara online lebih praktis

  29. Hal terpenting dalam berinvestasi adalah dengan memastikan apakah sudah terdaftar dan diawasi OJK atau belum yaa mbak. Salah satu blessing in disguise saya kala masa pandemi tuh ya ini, jadi melek soal investasi.

  30. Betul penting banget memastikan bahwa di manapun tempat kita berinvestasi terdaftar dan dijamin OJK. Sekarang udah banyak yang pada melek investasi insyaallah makin mudah juga penerapannya.

  31. Memang benar jika konsep investasi itu bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Investasi saat muda, memetik hasilnya ketika menua. Tapi kadang merasa susah ya gatau gimana caranya. Maka kalau ada aplikasi Investasiku yang mudah dan praktis begini pasti membantu

  32. Investasi memang sangat penting menurut saya, alasannya mungkin tdak jauh beda dengan yang ditulis di atas. Tapi untuk investasi dalam bentuk uang kami belum pernah, selama ini masih dalam bentuk tanah. Tetapi apapun itu bentuknya, investasi haruslah sesuai dengan kemampuan dan yang terpenting aman, kita tahu seluk beluknya.

  33. Tertarik banget belajar dan mencoba ber-investasi.
    Selama ini maju-mundur karena belum bertemu dengan mentor dan aplikasi yang pas.
    Boleh dicoba nih..invest menggunakan Aplikasi Investasiku.

  34. Wiwin | Pratiwanggini.net says

    Ikhtiar untuk masa depan itu penting dan musti dipikirkan sejak sekarang. Setidaknya saat butuh nanti enggak kaget jika nominalnya jauh di atas perkiraan sekarang.

  35. Wah sekarang mau investasi apa aja mudah ya, bahkan sejak dini anak-anak bisa diajarkan untuk berinvestasi dengan cara sederhana apalagi untuk memulai investasi saat ini biayanya sangat terjangkau tapi manfaat kedepannya sangat banyak.

  36. masa depan memang harus disiapkan sedini mungkin ya teh
    selain hemat dan bijak atur keuangan, juga perlu untuk punya investasi

  37. wah ternyata investasiKU ini buat investasi saham, yaa. memang sekarang semakin mudah ya, mbak kalau mau investasi saham karena sudah banyak banget aplikasinya. tinggal kita nih yang harus mulai belajar ilmunya biar nggak sembarangan dalam investasi

  38. Saya setuju dengan poin bahwa untuk berinvestasi tidak bisa terburu-buru. Paling penting ketika akan berinvestasi itu riset dan melihat kemampuan diri (duit). Mesti jeli lihat sektor apa nih yang bagus. Itu sebabnya perlu riset, atau tanya ahlinya.

  39. gpp dianggap bersakit2 dulu karena emang buat anak kudu ada plan matang salah satunya bisa pakai produk investasiKu gini ya teh. Ternyata caranya nggak ribet pula. Biar aman sentosa masa depan anak 🙂

  40. Setuju banget mbak dengan kalimat mbak yang Ibarat bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian. Investasi saat muda, memetik hasilnya ketika menua. Sudah saatnya Kita memperhatikan investasi ya

  41. Seneng ya punya temen deket yang bisa menginspirasi kita. Kita belajar tentang kehidupan padanya. Semoga Allah mengampuni mpok Ipe dan menerima semua amalannya. Aamiin.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: