Peluang Bisnis Sambil Sekolah

Peluang Bisnis Sambil Sekolah

Bisnis kecil-kecilan yang dijalankan Dian dan Bu Ilah di sekolah Fahmi, putra kami jadi contoh buat saya kalau menjalankan bisnis itu akan menghasilkan jika pelakunya tekun, jujur dan kerja keras. Apalagi kalau disertai modal yang cukup. Meski bisnis kecil tapi dengan adanya KTA Online (Kredit Tanpa Agunan) secara online, tentu sangat memudahkan siapa saja mendapatkan modal meski berada di pelosok sekalipun.u

Sering mengantar dan menunggu Fahmi putra saya bersekolah, diam-diam saya melihat beberapa bisnis yang meski kecil-kecilan tapi ternyata hasilnya menggiurkan. Bisnis yang dilakukan bukan hanya oleh kalangan profesional, tapi juga oleh pelajar sekolah dasar dan ibu rumah tangga. Seperti Dian pelajar kelas enam dan Bu Ilah tetangga kami, contohnya.

Ada banyak contoh bisnis yang bisa dilakukan oleh pelajar maupun ibu rumah tangga. Bisa menjadi bisnis utama, maupun bisnis atau usaha sampingan. Beberapa usaha yang bisa dilakukan contoh nya:

Jualan Jajan Anak

Ini yang dilakukan Dian, siswa kelas 6 di sekolah Fahmi. Dian berjualan jajanan anak yang dibuat oleh orang tuanya di rumah.

Sistemnya bukan jual beli langsung seperti halnya penjual pada umumnya. Melainkan sistem pesanan. Jadi hari ini, Dian mendata dan mencatat siapa saja yang mau pesan jajanan buat esok hari. Ada pisang keju, agar, sosis goreng dan atau sosis bakar, jagung susu keju, minuman dan jajanan anak lainnya.

Setiap hari Dian hanya membawa apa yang dipesan pembeli. Jadi sudah pasti pulang sekolah dagangannya akan habis tidak bersisa. Meski harga hanya seribu dua ribu, tapi Dian tetap menekuni bisnis jualannya ini. Dian sama sekali tidak merasa gengsi meski di sekolah ia harus menenteng kresek berisi jajanan anak.

Penghasilan Dian per hari dari jam tujuh pagi sampai jam 12 siang paling sedikit Rp.50 ribu. Bayangkan, anak kecil saja sudah punya penghasilan sebesar itu per hari.

Bisnis Alat Tulis dan Kantor

Memiliki rumah terletak di depan sekolah, insting dan jiwa bisnis Bu Ilah semakin terasah. Meski sibuk dengan aktivitas dan kegiatan ibu rumah tangga dengan anak ada yang masih berusia balita namun Bu Ilah tetap rajin berjualan.

Peluang bisnis yang dijalaninya ialah berjualan alat tulis anak sekolah serta mainan atau pendukung kegiatan belajar mengajar. Cukup diminati anak sekolah karena daerah kami termasuk pelosok, jauh ke toko buku, atau toko perlengkapan kegiatan belajar mengajar. Jadi saat Bu Ilah “menyediakan” semua itu, tentu saja jadi buruan murid-murid.

Bisnis di sekolah. Jual paper, fotocopy, buku dan alat tulis

Selain itu, Bu Ilah juga berjualan jajanan anak yang “diantar” ke kelas. Maksudnya ia tidak mengapa menjemput bola. Menjajakan jajan anak supaya anak-anak tidak harus keluar kelas.

Bisnis Katering

Banyaknya orang tua (khususnya kaum ibu) yang mengantar anak mereka selama di sekolah oleh pelaku bisnis kesempatan ini dijadikan peluang usaha masakan rumah alias katering.

“Ibu-ibu berangkat pagi pulang siang sama kaya anak sekolah itu kan capek. Tidak ada waktu belanja dan masak. Iya kalau di rumah ada yang masak. Kalau tidak, itulah peluang saya berjualan masakan yang membuat para ibu merasa terbantu.” Kata Bi Iyam, seorang pedagang masakan rumah yang berjualan di sekolah putra saya.

Setiap jam istirahat atau jelang bubar sekolah Bi Iyam datang dengan keranjang besarnya untuk menawarkan berbagai olahan masakan yang sudah dibungkus rapi. Harga yang ditawarkannya cukup terjangkau, membuat para ibu banyak yang tertarik membeli. Citarasa masakannya pun memang lumayan enak. Cocok di lidah para orang tua murid.

Kuliner, jadi peluang bisnis di sekolah

Selain memasak sendiri, Bi Iyam juga menerima pesanan masakan yang diinginkan oleh anak-anak, atau orang tua. Kita tinggal bilang mau dimasakkan sayur atau lauk apa, maka Bi Iyam dengan senang hati akan membuatkannya.

Bisnis Minuman Sehat

Salah satu orang tua murid kelas 5, selalu datang ke sekolah sambil membawa tas besar, berisi botol-botol, gelas plastik, dan sedotan. Sejak anaknya masuk sekolah ibu ini memang berjualan juice dan jamu-jamu kesehatan. Para pembelinya tentu saja murid-murid dan guru, ditambah sesama orang tua murid yang sedang menunggui anak.

Sambil menyelam minum air, katanya. Sambil menunggui anaknya, Si Ibu menjadikan waktu yang ada sebagai peluang bisnis. Kebetulan juice segar dan jamu-jamu kesehatan memang belum ada saingan. Karena itu sudah hampir lima tahun Si Ibu tetap menjalankan bisnisnya meski masih sebagai bisnis sampingan.

Mojito, bisnis minuman sehat di sekolah

ooOoo

Dari berbagai bisnis yang saya jabarkan di atas, semua berawal dari nol dan lebih mengandalkan kepada peluang. Saya yakin jika mereka para pelaku bisnis ini mendapatkan suntikan modal yang cukup, bisnis mereka (meski sambil sekolah) akan lebih pesat peningkatannya.

Saat ini semua sudah serba modern. Pengajuan modal tidak selalu harus datang ke bank. Sudah banyak pemberi jasa yang menyediakan fasilitas pengajuan kredit pinjaman modal usaha secara online yang bisa diakses oleh pelaku usaha di seluruh Indonesia. Info lengkap terkait pengajuan modal tanpa jaminan bisa langsung saja cek ke https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan siapapun bisa mengembangkan bisnis yang dijalankan sehingga omzet usaha semakin meningkat pesat

Comments

  1. Bisnis alat tulis dan kantor, hal yang tidak menguras tenaga dan konsentrai belajar.

  2. Semuanya benar mba, aku pernah juga jualan di sekolah, waktu itu tutup toko ku dan semua ku jual ke ibu-ibu yang nungguin di sana dengan harga super miring.

  3. Banyak ya sekarang KTA KTA online gini ya semoga membantu dan jelas juga prosedurnya ya tahu akan kebutuhan orang

  4. paling enak jualan disekolah itu kerudung, tupperware sama makanan wkwkwk.. apa lg kalau ada iming2 boleh dicicil 2-3x atau bayar pas gajian bulan depan

  5. KTA ini memang nolong banget ya buat yg minim2 modal ga punya sesuatu yg dijaminkan jd penolong banget…

    Btw jualan kecil an titip di sklh ternyata lumayan banget Sebenarnya pernah nyoba tp keburu ga ada jualeuna..hehe

  6. Iya ya, sekarang mah mau usaha teh sebenernya gampang. Asal niat dan kemauan yang kuat. Terus pantang menyerah. Soal modal bisa dicari. Mana tanpa agunan pula. Semoga bisa banyak orang yang mendapat manfaat dari KTA ini.

  7. Kalau kredit pake agunan ini enak banget, soalnya bisa mempermudah para kreditur yg nggak punya aset. Bisnis2 bisa semakin dikembangkan, kalau nggak punya uang tinggal pinjam saja…

  8. Di lingkungan sekolah memang banyak peluang bisnis y adalah kita tekun dan mau memang , asal jngn mengganggu jam pelajaran dan pihak lain sii aman aja

  9. Dulu banyak orangtua murid yg juga jualan makanan dan minuman di belakang sekolah sekalian nunggu anaknya pulang, ada juga yg jualan buat sesama buibu hehe

  10. Idenya Dian boleh dicoba nih,menjual jajanan sesuai pesanan, soalnya anakku juga suka jualan di sekolah tapi masih jualnya alat alat tulis aja teh 🙂

Speak Your Mind

*