Tips Atasi Kesulitan Wirausaha Kuliner

Tips Atasi Kesulitan Wirausaha Kuliner

 

Menjadi peserta Wirausaha Baru (WUB) Jabar 2018 sedikit banyak telah memberikan saya banyak ilmu dan masukan terkait berwirausaha dan segala macam perintilannya. Digodok selama 5 hari 4 malam di Bandung, beserta ratusan peserta dari 4 angkatan yang berasal dari berbagai kota kabupaten di Jawa Barat memberi saya banyak inspirasi bagaimana sebaiknya menjadi wirausaha baru yang handal khususunya dalam bidang kuliner baik makanan maupun minuman.

Karena ternyata untuk menjadi wirausaha itu tidak mudah. Kesulitan akan timbul baik di awal memulai bisnis maupun saat bisnis sedang berjalan. Tidak hanya karena kita punya produk yang bisa kita jual lantas bisa jadi pengusaha. Tetapi memang ada liku-liku serta gelombang yang harus dilalui sebelum akhirnya bisa mematenkan diri dengan sebutan wirausahawan.

Ngobrol dan tukar pikiran dengan sesama pelaku usaha dari berbagai daerah telah memberikan banyak suntikan motivasi khususunya kepada saya yang masih bisa dibilang baru masuk ke dunia wirausaha ini. Sekiranya tips dan pengalaman mereka tidak hanya berguna bagi saya sendiri, tetapi semoga bermanfaat bagi yang lain, khususunya yang berminat mau buka usaha kuliner seperti saya.

Jadi sebelum mereka terjun ke dunia bisnis wirausaha bidang kuliner, ada beberapa hal yang harus dipikirkan sehingga saat berjalan nanti usaha tidak mengalami kendala. Menurut hasil obrolan yang bisa saya rangkum beberapa tips yang perlu dicermati ketika akan terjun ke dunia wirausaha kuliner adalah:

Tips Atasi Kesulitan Wirausaha Baru Kuliner

 

Niat Minat dan Kesungguhan

Miliki tiga hal tersebut di awal. Jangan sampai terjun ke dunia wirausaha atas bujukan atau dorongan pihak lain. Seharusnya menjadi pengusaha wirausaha sudah jadi niat minat dan kesungguhan pribadi. Lebih bagus kalau sudah punya passion atau hobi dalam meracik atau mengolah makanan khas yang akan kita jual.

 

Modal

Modal tidak hanya berupa kucuran dana melainkan juga termasuk modal mental. Sikap pantang menyerah dan ulet akan menempa calon wirausaha menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting.

Modal finansial bisa diusahakan dengan pihak ketiga atau modal pribadi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi modal mental tidak bisa diwakilkan kepada siapapun. Hanya usahawan itu sendiri yang bisa menentukan.

 

Jenis Usaha

Sebaiknya disesuaikan dengan keahlian, minat dan kebutuhan pasar. Jika mahir dalam membuat kulit ikan krispi maka perdalam jenis usaha kuliner tersebut sehingga terus menjadi pengolah kulit ikan krispi yang memiliki cita rasa yang khas.

Lihat apakah pasar menyukai dengan produk olahan yang kita buat? Jika ya, kita bisa lanjut memikirkan bagaimana proses produksi selanjutnya. Namun jika pasar kurang minat dengan produk yang kita hasilkan sebaiknya pikirkan lagi apakah kita akan ganti produk (meski resikonya besar) atau coba cari lokasi lain yang sekiranya bisa menerima produk yang kita buat.

Atau meski tidak berpindah tempat, coba melirik pasar online. Sehingga jangkauan pasar lebih luas dan distribusi saat ini sudah semakin baik.

Tiga point itu yang oleh para peserta WUB Jabar 2018 dijadikan patokan jika kita ingin merambah dunia wirausaha kuliner bagi pemula. Adapun masalah lain seperti promosi, packaging, dan atau branding bisa dilakukan sambil jalan. Jika produk yang kita buat diterima masyarakat dengan sendirinya promosi maupun branding akan mengikuti.

Aplikasi Kasir SPOTS

SPOT si aplikasi kasir untuk membantu usaha

Mengikuti perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat para wirausaha muda juga jangan sampai menutup mata. Semakin berkembang usaha yang digeluti dengan sendirinya akan muncul permasalahan seputar bisnis jual beli seperti bingung cara membuat catatan keuangan, stress memanagement pengelolaan pesanan, belum bisa memisahkan transaksi perdagangan sampai soal resi, kwitansi dan rekap transaksi harian.

Tenang, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan itu wirausaha muda kuliner tidak perlu bingung karena sekarang sudah ada mesin kasir SPOTS.

 

Apa sih SPOTS?

SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk memenuhi sebuah kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Mulai dari terima pesanan GO-FOOD, pembayaran dengan sistem GO-PAY, hingga laporan harian dari aneka ragam tipe pembayaran, dan cetak resi secara instan mudah dan cepat. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh 15.000 outlet di seluruh Indonesia lho.

Dari usaha yang masih pakai gerobak, sampai yang punya booth, usaha di kantin, café, sampai restoran gede pun semua bisa menggunakan perangkat SPOTS. Karena memang SPOTS si aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) ini ditujukan untuk mengelola pesanan penjual makanan mikro.

Dengan bantuan aplikasi kasir SPOTS, seorang wirausaha kuliner pemula dapat belajar berbisnis secara profesional sekaligus mengikuti perkembangan jaman serta teknologi. Dengan aplikasi SPOTS wirausahawan baru dapat lebih menghemat waktu untuk mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari.

SPOTS dipasarkan dengan harga yang terjangkau, biaya aktivasi sebesar Rp. 290,000.00 dan biaya pemeliharaan Rp. 2,900 per hari.

Artikel ini didukung oleh SPOTS

Berikut video tentang SPOTS

Comments

  1. Benar sakali, Mbak. Segala sesuatu pasti ada tantangannya. termasuk usaha kuliner ini.
    Dan menurut teman-teman, pastikan apa yang kita lakukan sesuai kesukaan kita, jadi enjoy menjalankannya.
    Apalagi teknologi zaman now sangat membantu juga.

  2. Kuliner salahsatu peluang usaha yang selalu memiliki kemungkinan yang menguntungkan apalagi jika menu yang ditawarkan memiliki keunikan dan berbeda dengan yang lain meski dalam jenis yang sama. Meskipun jaraknya jauh tapi kalau sudah suka pasti dicari juga.
    Apalagi sekarang dengan teknologi yang berkembang dalam hal pembayarannya juga, makin mudah untuk pengusaha maupun konsumen

  3. Usaha kuliner..terus berkembang. Kita kudu kreatif dari soal menu,..rasa kudu enak…penyajian dan tempat..kudu menarik juga.

    Memang soal rasa paling penting.., tapi penampilan adalah daya pikat pertama.

    Diluar itu hanya pelengkap..
    Btw aplikasi ini cukup membantu..tapi untuk seputaran kota..yg masyarakat gak gaptek n gak canggung ..dengan pembayaran dan pesanan online..

  4. Memang setiap usaha kuliner pasti ada pasang surutnya dan persaingan dan oleh karena itu modal mental yang kuat itu yang menentukan usaha menuju kesuksesan btw teknologi yang ditawarkan oleh aplikasi kasir spots memberikan kemudahan banget transaksi buat penjual ataupun pembeli

  5. Keren juga ya SPOTS. Biaya pemeliharaannya juga murah

  6. jika ingin menjadi wirausaha harus banyak banyak bersabar dan harus pandai melihat peluang dan saya juga masih bingung tentang aplikasi SPOTS tersebut mba karena saya melihat di beberapa tempat makan masih jarang banget menggunakan alat tersebut

  7. ooh jadi in nanti mesin EDC nya ditaroh di UKM ya oleh Gojek?

  8. Saya baru tahu tentangSPOTS ini padahal ada 15.000 outlet di seluruh Indonesia yg sudah kerjasama dengan spots, ketinggalan berita nih ^^;

  9. keren, tampak portabel gitu ya alatnya,memudahkan usaha, dan data transaksi jd tersimpan lbh baik

  10. Spots ini ngedukung cashless gitu ya kak? Bisa terima pembayaran uang digital dari mana saja?
    Sepertinya dengan alat ini semua pencatatan keuangan jadi lebih mudah dan semuanya tercatat rapi..apakah sudah banyak yang make

  11. Mempermudah transaksi ya Spots itu, pantas sekarang serba instan

  12. inovasinya keren juga jadi para umkm bisa go digital , meraih peluang dengan memanfaatkan teknologi

  13. Wah kebetulan nih suami sedang mau membuka usaha kuliner online. Makasih infonya mba, aku mau ceritain ke suami ah.

  14. Tips usaha kuliner di atas menurutku benar semua mbak. yang paling penting yang menurutku perlu di garis bawahi adalah lidah atau selera makan dan kemampuan masak cukup bagus. sering banget menemukan makanan yang baru dibuka tapi rasanya nggak tahu mau dibawa kemana. Dari situ saja sudah bisa membayangkan bisnis kuliner tersebut akan sukses atau tidak

  15. Waah ada ya spots membantu sekali ya bagi pengusaha kuliner untuk lebih tertib dan melayani pembeli yang membutuhkan struk pembayaran

  16. Waah pelatihannya gak main2 yah. Btw mbaknya mau bisnis apa? Ditunggu gebrakannya ya mbak. InshaAllah laris manis, minimal diborong temen2 blogger

  17. Wah cakep nih aplikasinya
    Bagus banget buat anak muda yang memang ingin berwirausaha
    Kekinian deh

  18. Memang harus Sungguh sungguh mbak, dan pantang nyerah. Aku jg jatuh bangun di bisnis kuliner, pengen coba lagi masih ngumpulin semangat nih

  19. Usaha kuliner harus bisa mempertahankan rasa. Tetapi, aplikasi seperti ini bagus. Bisa membantu banget, ya

  20. Saya setuju nih dengan Tiga point point yang dijabarkan. Harus menjadi sebuah pertimbangan disaat sebelum atau tengah menjalani usaha dan pastinya harus peka juga paham membaca minat pasar

  21. Pernah terjun ke bisnis kuliner dengan membuat kue bluder dan puding susu. Selalu laris manis tiap dibawa ke pasar kaget atau pameran. Sayangnya, passion-ku bukan di dunia kuliner. Tiga point di atas memang benar penting dipraktekkan di bisnis kuliner.

  22. Jadi inget dulu sempat buka rumah makan ga nyampe setahun bubar jalan padahal modalnya lumayan besar tuh ..huhu

  23. Waaah SPOTS ini bermanfaat banget buat usaha kuliner yaa, apalagi yang udah kerjasama dengan Gofood dan lainnya yang berbasis cashless

  24. Wah jd yang usahanya udah disupport delivery gofood sebaiknya pakai spots ini ya?
    Membantu mempermudah memantau keuntungan usaha jg kyknya
    Aku jg pengen banget punya usaha kuliner, mungkin bikin produk makanan kemasan apa gtu.

  25. Mental modal utama banget, ya. Harus siap ditempa.
    Tapi, mungkin sekarang berwirausaha lebih mudah ya untuk urusan finansialnya. Sudah ada perangkat digital yang siap membantu.

  26. Wuihh pantas nih setiap pesan gofood, sekecil apapun warungnya, saya tetap terima struk. Ternyata dengan adanya spots gini, sistem perkasiran jadi lebih praktis ya

  27. Wah cocok banget aplikasi ini buat pelaku UMKM ya. Mereka bisa terbantu banget pencacatan penjualan, udah gitu harganya nggak mahal juga

  28. Pakai Spots perkembangan teknologi yg mempermudah urusan kasir nih, pantesan aja kmaren beli mie ayam gerobak pinggir jalan, pas bayar di tawari bisa pakai gopay, wihh keren ini.

  29. Aplikasi yang dibutuhkan saya nih, mau ah. Biar makin keren usahanya

  30. Pernah ikutan pelatihan aplikasi seperti ini untuk memudahkan transaksi. Tapi belum pernah mencoba, hehe …

  31. Mesin kasir SPOTS pasti dibutuhkan nih untuk para pelaku UMKM supaya penjualan usahanya semakin mudah an lancar.

    Btw Teh Okti mau buka usaha kuliner apa nih??

    #kepo

  32. Wah usaha kuliner emang selalu berkembang yah mba tapi yah ada pasang surutny juga karna trendnya berganti hari ini trend makanan ini besok bisa ganti lagi trendnnya ,jadi pengusaha itu juga harus pandai membaca minat pasar yah mba,supaya selalu up to date

  33. Nah ini yang dibahas temenku beberapa waktu lalu tentang aplikasi kasir. Boleh nih dicoba. Apalagi pengen usaha kuliner juga, cuman masih cari yang cocok.

Speak Your Mind

*