InvestasiKu Keranjang Telur dari Laopan Niang

Selasa siang, mendapat kabar kalau aku diputus hubungan kerja terasa sangat memukul jiwa raga. Sepuluh tahun berada di zona nyaman lalu tiba-tiba terhempas dalam situasi tidak menentu, apalagi menjelang Ramadan itu sangat sedih dan terasa menakutkan!

PHK Bukan Kiamat

Terngiang ucap laopan niang (majikan) dulu yang begitu bawel menyuruhku hidup hemat, bikin tabungan atas nama sendiri, dan melakukan perencanaan keuangan sesuai kemampuan.

Lu kaya, berapa NT lu kalau sudah dirupiahkan? Banyak itu pekerja Indonesia pulang balik lagi kerja karena uangnya habis dipakai keluarga. Suami nikah lagi, rumah tidak jadi, anak tidak terurus. Kamu semakin lama semakin tua, tenaga semakin habis, tau tak? Denger wo punya kata…”

Ya, aku dengar. Karenanya menurut buka rekening tabungan bank lokal. Gajiku selalu dibagi tiga. Masuk rekening, kirim ke Indonesia dan bekal hidupku.

Kerja di luar negeri sebagai TKW itu keras. Tapi ada banyak sisi baik yang menempa mental dan jiwaku hingga bisa berdiri sendiri dan menjalankan hobi.

Aku mengurus seorang Akong alias kakek (ayahnya majikanku) ia lumpuh dan sering keluar masuk rumah sakit. Sejak meng-hire-ku, aku yang mengurus semua keperluannya.

Laopan niang sering memberikanku nasihat. Hidup hemat dan jaga pola hidup sehat agar pulang kampung aku bisa hidup enak. Jangan hidup seperti Akong, saat muda ia pekerja keras. Tapi semua kekayaannya dipergunakan untuk biaya berobat saat usia senja.

Wo pu yau! Ni ne?” (Aku tidak mau seperti itu. Bagaimana denganmu?)

Dari laopan niang yang pelit, aku banyak belajar tentang kehidupan dan perencanaan keuangan. Dibalik wataknya yang keras, menyimpan kasih sayang padaku yang sudah dianggap sebagai adiknya.

Pensiun dini dan kaya, mau?

“Li, mau pensiun dini dan kaya raya? Coba ikuti saranku ini.” Katanya. Aku sangat antusias dan penasaran karena yang pasti jalannya kaya versi mereka bukan melalui pesugihan. Di Taiwan tidak ada istilah itu, haha …

Lalu mengalirlah cerita dan pepatahnya. Mereka orang kaya itu juga manusia. Sama seperti kita, tapi bagaimana mereka bisa sukses?

Ternyata ada banyak kebiasaan yang terbukti berperan penting dalam kesuksesan orang-orang terkaya di dunia itu.

Yang bikin mereka beda dengan kita pertama karena mereka punya prioritas dan fokus dalam tujuan hidup.

Punya prioritas dan fokus

Mereka orang kaya tidak pernah menyia-nyiakan waktu. Kalaupun harus, mereka akan menghabiskan waktu dengan prinsip efisien dan efektif. Mereka justru berlomba dengan waktu demi bisa meraih target yang menjadi fokus. Coba sementara ini target kita apa?

Ya, aku pernah baca, kalau pendiri Meta, Mark Zuckerberg, kerap terlihat santai dengan kaus oblong abu-abu hampir di semua kesempatan. Konon hal itu dilakukan karena ia enggan menghabiskan energi, pikiran dan waktu sekadar untuk memikirkan pakai baju apa hari ini. Xixixix… Beda banget ama kita yang baru saja melewati malam nisfu, udah mikirin baju buat lebaran bahan dan modelnya bagaimana?

Eh, kita? Aku aja kali…

Yang kedua mereka selalu semangat belajar

Senang belajar

Orang kaya itu selalu punya motivasi untuk terus jadi pembelajar. Selalu mengikuti informasi, peristiwa terkini dan pengembangan diri. Mereka tertantang untuk selalu memahami berbagai permasalahan di sekitar dan penasaran untuk mencari solusi.

Mereka selalu mikir ini bagaimana bisa berjalan, apakah ada cara untuk membuatnya lebih efisien dan lebih baik lagi?

Teknologi boleh memudahkan semuanya. Namun ilmu dan kebiasaan tidak bisa dipengaruhi. Oprah Winfrey, Warren Buffet sampai Bill Gates semua masih menambah ilmu dengan membaca buku. Padahal mereka kurang kaya bagaimana?

Kebiasaan jadi pembaca diakui bisa menjaga mereka terus belajar ilmu baru yang mereka manfaatkan untuk menemukan ide ataupun mengembangkan hal yang sudah ada. Lah kita, eh, aku maksudnya, mau baca kalau ada kisah pelakor atau menantu yang teraniaya aja, itu pun bacanya di group aplikasi gratisan. Heu…

Punya passion dan ketekunan

Tanpa passion terhadap apa yang dikerjakan, seseorang tidak akan berhasil maksimal. Saat membangun bisnis, rintangan pasti ada dan tidak sedikit. Begitu kata laopan niang.

Terancam bangkrut tidak membuat kecil hati. Kekuatan passion berperan sehingga mereka terus tekun dan bangkit dengan keyakinan dan kenyamanan.

Akong memiliki banyak perusahaan yang ia rintis selagi muda. Itu semua bukan berarti tanpa kegagalan. Sering salah langkah dan kena tipu tapi karena passionnya di bidang itu, ia tetap konsisten dan terus bikin inovasi yang memajukan.

Menjalankan pola hidup sehat

Poin ini diambil laopan niang setelah mendapati kedua orangtuanya yang gila kerja tapi tidak memperhatikan pola hidup sehat. Ujungnya kaya, tapi kekayaan hampir habis buat dibagi-bagi ke rumah sakit, dokter, dan obat-obatan. Laopan niang bisa sekolah ke luar Taiwan justru karena beasiswa.

Pola hidup sehat bisa dengan makanan sehat, istirahat cukup dan olahraga. Dengan menjalankan pola hidup sehat bisa menjauhkan dari stress berlebihan akibat tekanan sebagai seorang pekerja.

Melakukan perencanaan keuangan dan investasi

“Li, jangan taruh telur di satu keranjang” begitu laopan niang selalu mengingatkan setiap aku gajian.

“Kasih aku keranjang baru, dong,” candaku.

“Hidup tidak selamanya di atas, Li. Sekarang kita punya penghasilan, tapi suatu saat kita nganggur, lo mau makan apa?”

Benar, seperti disampaikan Pak Firman saat webinar Cerdas Berinvestasi, Minggu 13 Maret 2022, jika hidup itu ibarat roller coaster. Buktinya aku saja tiba-tiba diinformasikan kena PHK. Kalau gak punya bekal, bagaimana mau melanjutkan hidup? Karenanya betul juga kata majikanku, kita harus memiliki simpanan.

Tapi tabungan saja tidak cukup. Adanya inflasi dan keterbatasan waktu bagi manusia untuk berusaha dan bekerja menjadikan kebutuhan kita saat ini, dibandingkan dengan kebutuhan kita di lima atau sepuluh tahun mendatang akan mengalami kenaikan yang berlipat-lipat.

Inflasi tidak bisa dihindari, sikapi dengan cerdas 

Masih ingat harga mie ayam yang ku beli di lapangan sepuluh tahun lalu harganya hanya lima ribuan. Lah kini seporsi mie ayam standar paling murah di sana 12K aja.

Itu berarti jika biaya hidup tahun 2022 sebanyak 5 juta per bulan, akan jadi 30 juta per bulan di tahun 2032.

Karenanya jangan sampai pendapatan kita ini tergerus oleh inflasi. Oleh karena itu setuju banget dengan Pak Firman maupun laopan niang, perencanaan keuangan dan investasi sangat penting dan dibutuhkan.

“Selama ini orang Indonesia wa lihat susah kalau diajak investasi,” lanjut laopan niang. “Ya mungkin karena masih bingung bagaimana memilih investasi yang tepat, mikir lagi gimana kalau butuh uang sebelum tanggal yang ditargetkan, belum udah malas duluan kalau ingat risikonya.” Lanjutnya sambil terkekeh.

Investasi di Investasiku

Tapi kuakui semua itu memang benar. Aku sendiri saja belum tahu investasi apa yang cocok. Beruntungnya aku bisa ikut webinar InvestasiKu Cerdas Berinvestasi yang difasilitasi Komunitas ISB. Mengupas tentang InvestasiKu, aplikasi finansial super yang modern dan praktis siap bantu kita mencapai tujuan finansial dengan produk unggulannya yang kesemuanya cukup dilakukan melalui smartphone.

InvestasiKu berada di bawah naungan PT Mega Capital Sekuritas, dan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi Insyaallah aman.

Di InvestasiKu kita bisa melakukan investasi melalui investasi unggulan seperti:

Deposito

Produk simpanan dari perbankan yang penyetorannya dan penarikannya bisa dilakukan sesuai kesepakatan. Jadi bakal cair setelah jatuh tempo.

Obligasi

Instrumen investasi dimana pemilik modal memberi pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah untuk jangka waktu tertentu, dengan mendapatkan imbalan. Setelah jatuh tempo, penerbit obligasi akan mengembalikan uang kepada investor.

Saham

Salah satu instrumen pasar keuangan yang popular. Saham didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Reksadana

Investasi Reksadana mudah dan sangat aman bagi pemula. Dana yang kita setorkan akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang profesional dan sudah berpengalaman.

Dalam aplikasi InvestasiKu juga dilengkapi dengan fitur Trading Idea dan Eduvest.

Keunggulan InvestasiKu

Keunggulan dari InvestasiKu yang bisa kita dapatkan:

  1. InvestasiKu terkoneksi dengan Allo Bank dan Super App yang menggabungkan seluruh unit bisnis di bawah naungan CT Corp.
  2. Registrasi secara online, semuanya kita lakukan bisa sambil rebahan. Cukup dengan smartphone yang terkoneksi dengan internet, pendaftaran bisa dilakukan kurang dari 24 jam.
  3. Mendapatkan update Trading Ideas. Rekomendasi saham potensial melalui sosial media seperti IG live dan melalui aplikasi yang bisa kita baca.
  4. Mendapatkan Kesempatan mengikuti Eduvest. Fitur edukasi belajar investasi melalui artikel, podcast, dan video yang semuanya gratis.
  5. Coaching & Clinic. Kita selaku investor akan dibantu sehingga memudahkan untuk berkonsultasi seputar investasi dan perencanaan keuangan.
  6. Kesempatan mengikuti webinar. Sesi edukasi interaktif yang membahas topik investasi bisa diikuti oleh seluruh para investor.
  7. Point cashback. Nah ini kalau ada semacam cashback siapapun tidak akan menolak. Point cashback ini bisa digunakan kembali untuk berinvestasi atau membeli produk di merchant-merchant CT Corp.
  8. Artikel berlangganan berisi berita seputar bisnis dan keuangan. Bisa kita lihat di InvestasiKu.id atau melalui email yang didaftarkan saat registrasi.

 

Belajar InvestasiKu untuk Pemula

Tidak disangka, mengotak-atik aplikasi InvestasiKu ternyata seru juga. Banyak ilmu dan wawasan baru seputar saham dan investasi yang sebelumnya tidak pernah kuketahui. Senang bisa mempelajari tentang dunia investasi melalui media sosial dan tulisan di blognya yang kesemuanya ternyata bermanfaat banget.

Belajar investasi di InvestasiKu, ibarat kita belajar menaruh telur di beberapa keranjang. Untuk bisa belajar di sana pastinya harus punya akun sebagai investor dulu. Pengalamanku cukup mudah kok membuat akun investor di InvestasiKu.

Cara mendaftar sebagai investor di InvestasiKu:

  • Download aplikasi Investasiku di smartphone. Bisa download dengan klik banner ini ya

 

  • Buka aplikasi Investasiku
  • Di halaman login karena kita baru mau mendaftar pilih opsi “Belum Memiliki Akun” jadi nanti kita diarahkan ke pembuatan akun baru
  • Isikan pada form nama lengkap, email, no hp dan password yang akan digunakan dalam aplikasi ini. Selesai.
  • Tunggu proses InvestasiKu akan mengirimkan 6 digit kode OTP ke nomor ponsel yang kita daftarkan. Masukkan enam digit angka rahasia itu sehingga kita bisa melakukan pendaftaran akun baru
  • Selesai! Kita sudah berhasil membuat akun investor di InvestasiKu

Cara daftar investor di InvestasiKu

 

Cara membuat Rekening Dana Nasabah (RDN) di InvestasiKu

Setelah menyelesaikan pendaftaran akun, kita masih belum bisa melakukan transaksi saham di InvestasiKu ini loh, supaya kita bisa mencoba memulai investasi saham, kita perlu membuka rekening dana nasabah (RDN), caranya:

  • Dari menu portofolio klik “Ayo Buka Rekening Investasi”
  • Disini ada tiga tahapan yang harus calon investor lakukan. Yaitu Validasi KTP, Isi Formulir dan Verifikasi Biometrik
  • Untuk menguplod foto KTP pastikan informasi dalam KTP terbaca jelas. Akan ada bantuan dan arahan kok dari sistemnya.
  • Selanjutnya isi formulir pembuatan rekening dana nasabah, mulai dari data diri hingga tujuan penggunaan, dan sumber dana yang akan digunakan. Sebagai ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan tetap, kuisikan data pilihan “lain-lain” dalam kolom yang tersedia.

Perlu diketahui, pada pembuatan rekening ini semua calon investor selanjutnya dianggap telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan pembukaan rekening investasi di PT Mega Capital Sekuritas. Menyetujui untuk dibuatkan rekening tabungan di PT Bank Mega, Tbk sebagai rekening pencairan produk investasi.

  • Tahap selanjutnya kita akan diminta melakukan verifikasi biometrik dengan melakukan foto selfie. Akan ada arahan juga bagaimana supaya kita bisa ambil foto yang benar dari sistemnya.
  • Kita tinggal menunggu proses selanjutnya dari pihak InvestasiKu. Pemberitahuan akan dikirim melalui email yang didaftarkan.

Cara buta rekening dana nasabah (RDN) InvestasiKu

 

Aku putuskan buka investasi di InvestasiKu sejujurnya bukan karena ingin cepat kaya, haha… tapi ini kuanggap sebagai kesempatan untuk mengenal sekaligus belajar. Ya kalau beruntung, alhamdulillah. Kalaupun tidak, aku sadar diri. Investasi yang kuambil ini yang minim resiko. Wajar kalau keuntungannya juga kecil. Karena seperti apa yang telah dipelajari dari InvestasiKu, untuk menentukan instrument investasi mana yang cocok, kita harus tahu profil risiko.

Seperti investasi Saham itu berisiko tinggi tapi sepadan karena return-nya juga besar. Begitu pula dengan Obligasi yang berada di medium return, risikonya pun dibawah nilai Saham. Dan pada Reksadana yang low risk, wajar kalau penghasilannya juga agak low dan kurasa ini cocok untuk pemula sebagai pembelajaran.

Cara Melakukan Top UP Saldo Rekening Dana Nasabah (RDN)

Untuk mulai bertransaksi alias berinvestasi kita harus memiliki saldo terlebih dahulu dalam rekening kita. Jadi setelah rekening dana nasabah kita selesai dibuat, kita bisa mengisi Rekening Dana Nasabah tersebut dengan cara:

  • Klik icon profil
  • Klik bagian top up saldo
  • Pilih metode transfer yang diinginkan, bisa memilih metode transfer dari ATM, mobile banking atau internet banking. Transaksi pengisian saldo bisa dilakukan dari Bank Mega atau dari bank lain
  • Buka aplikasi perbankan bank kita, lakukan transfer ke rekening dana nasabah (RDN) kita di InvestasiKu. Rekening milik kita nomornya tertera di halaman top up saldo, ya.
  • Kita sudah bisa melakukan transaksi melalui instrumen investasi terpilih.
InvestasiKu

Laporan rutin setiap akhir/awal bulan dari PT Mega Capital Sekuritas terkait investasi yang kujalankan dikirim via email

Benefit transaksi

Selain kemudahan dan keamanan transaksinya, satu hal lagi yang bikin kusuka dari InvestasiKu ialah terhubung dengan seluruh aplikasi dalam group perusahaan CT Corpora milik pengusaha Chairul Tanjung.

Setiap transaksi yang kita lakukan di lnvestasiKu akan mendapatkan poin dan kupon yang bisa ditukarkan di seluruh merchant CT Corpora. Benefit yang mengasyikkan bukan?

Perencanaan Keuangan

Buat apa kita mati-matian bekerja? Aku jelas untuk masa depan anak, biaya pendidikan, biaya ibadah dan jaminan masa tua.

Dengan adanya perencanaan seperti itu sejak dini kita sudah memiliki post yang harus diisi dan dipertanggungjawabkan sampai waktu yang disepakati, bukan?

Adanya perencanaan keuangan jelas bikin hidup kita makin terarah, fokus dan memiliki target.

Terimakasih laopan niang berkat kebawelanmu menasihatiku saat itu, kini kubisa menikmati masa pensiun dini dengan sukacita. Meski keranjangku hancur kena PHK aku masih punya keranjang lain di investasi sebagai sandarannya.

Satu yang harus diingat kalau mau berinvestasi, pakai uang dingin. Jangan menggunakan uang belanja apalagi uang pinjaman online. Kini uang hasil bekerja selama menjadi TKW yang menggajiku. Uang yang bekerja untukku melalui investasi yang kupilih.

Jadi titip lakukan ini kalau ingin cepat kaya:

  1. Punya prioritas dan fokus
  2. Terus belajar
  3. Punya passion dan ketekunan
  4. Melakukan pola hidup sehat
  5. Lakukan perencanaan keuangan dan investasi aman di InvestasiKu

Setidaknya, jika belum sampai kaya harta minimal kamu sudah kaya hati dan kaya keikhlasan mau membaca artikel ini hingga selesai. Terimakasih.

 

Comments

  1. Zaman sekarang banyak ragam investasi ternyata ya, kita tinggal pilih mau yang mana.

  2. Menarik banget insight-nya Teh Okti…
    Setuju banget, kita memang harus memikirkan investasi sejak masih muda. Jangan nunggu pensiun dan tua.

  3. MAsa muda memang tidak selamanya. Hanya beberapa masa saja. Saat itu harus dipersiapkan segala sesuatunya untuk hari tua kelak. Di InvestasiKu kita bisa mengatur simpanan kita. Caranya mudah dan banyak untungnya… Buruan yuk… tunggu apalagi, mumpung masih muda…

  4. Saya juga sering kali mendengar nasihat tentang rencana keuangan ini, Kak. Bahwa jangan menaruh telur di keranjang yang sama. Khawatir terjadi sesuatu pada keranjangnya, maka bisa jadi telurnya pecah semua.

    Iya kalau masih sempat untuk digoreng. Nah kalau nggak. Kitanya gigit jari. Hehe

    • wah saya familiar banget nih dengan istilah perencanaan keuangan gini, memang kita gak boleh naruh telur (uang) di keranjang yang sama untuk meminimalisir risiko

  5. Bagus banget ini mba, bisa mendapatkan fasilitas belajar Eduvest dan coaching clinic mengenai investasi di aplikasi Investasiku, saya rasa semua orang harus belajar bagaimana cara investasi yg baik pada saat ini

  6. Investasiku kayaknya keren nih kak. Banyak banget manfaatnya ya. Aku jadi penasaran dan mau daftar jadi nasabah di Investasiku.

  7. keren Teh Okti, penghasilannya langsung dibagi 3, agar gak kapiran di hari tau
    sekaligus berbakti pada orang tua
    kita juga harus berkiblat pada orang sukses seperti Oprah Winfrey, Warren Buffet sampai Bill Gates
    agar hidup penuh semangat
    Da duit mah nuturkeun **

  8. Laopan niang banyak memberi wejangan baik yang bisa jadi teladan ya, Teh. Bagus sekali , sungguh menginspirasi
    Setuju jika investasi dan perencanaan keuangan penting untuk kehidupan yang terbaik di masa depan. Diantaranya dengan berinvesatsi di InvestasiKu

  9. Fenni Bungsu says

    Perencanaan keuangan ini yang harus dari sekarang dilakukan.
    Inflasi harga pasti tidak terelakkan. peluang dengan berinvestasi menjadi kesempatan untuk menjaga keuangan tetap stabil

  10. Mengelola dana dan menginvestasikan dalam beragam bentuk program menjadi kemudahan penggunaan kemudian hari. Pilihan resep investasi di investasiku menjadi prioritas.

  11. Aku juga udah mulai investasi saham sejak tahun kemarin. Emang bener harus pakai uang dingin biar kalau loss hati tetap tenang.

  12. Cocok ya ini untuk pemula karena fitur dan pilihan investasinya lengkap banget. Semoga dengan banyaknya aplikasi investasi, tingkat literasi keuangan kita bisa meningkat ya, aminnn..

  13. Bersyukur bisa membaca tulisan ini, akhirnya jadi tahu tentang Investasiku. Merencanakan keuangan sejak dini memang ide bijak, karena roda kehidupan ini terus berputar, pastinya kita tidak ingin hidup merana di hari tua nanti. Jadi pengen unduh aplikasi InvestasiKu supaya bisa hidup hemat dan membelanjakan sesuatu sesuai kebutuhan saja.

  14. Aku juga kemarin jadi makin awar soal investasi ini. Meskipun baru mulai gpp lah yaa drpd engga sama sekali. Mulai invest di usia 30an agak minder jg, tp bismillah y

  15. Ceritanya sangat menginspirasi, Mbak. Setidaknya saya pun sekarang begitu. Saya bekerja sesuai kemampuan fisik saya saja. Tidak usah dipaksa. Apalagi saya freelance. Sakit, ya tidak ada pemasukan. Dan benar sekali itu, kalau ada simpanan, jangan taruh di satu tempat saja. tapi di beberapa tempat. Jadi saat satu tempat bermasalah, masiha da tempat lainnya.

  16. Asyik juga ya Teh, orang Taiwan yang Teh Okti ikutin di sana tuh baik banget berbagi ilmu. Dan memang, ada satu fenomena yang semoga kita terhindar dari itu: muda kerja keras, tua kaya tapi sakit-sakitan.

  17. perencanaan keuangan sesuai kemampuan ya teh.

    Itu artinya, boleh nabung, boleh main saham, boleh belajar investasi, asal kebutuhan sudah terpenuhi ya teh. Biar gak kalang kabut sendiri

  18. Inflasi memang tak bisa dihindari. Inflasi ini juga yang membuat uang dingin kita terus naik mengikuti laju inflasi. Bagus juga sih ikutan saham seperti ini. Saya pernah bertanya-tanya gimana caranya ternyata sekarang ada cara mudah.

    • Betul..
      Dan dunia pernah banget mengalami inflasi besar-besaran yang berakibat moneter seluruh dunia pada masa itu. Kini, cara yang paling bisa kita lakukan untuk saat ini adalah dengab investasi di aplikasi yang terpercaya seperti Investasiku.

  19. Ulasannya lengkap loh mba, bagus juga pesannya. Mesti banget kita ikuti satu persatu, hidup gabisa mengalir kayak air, tapi tetap ikhtiar supaya tujuan tercapai. Menarik

  20. Majikannya dulu baik banget mbak, memberikan banyak pelajaran secara tidak langsung melalui nasihat-nasihatnya.

    Saya pun belum lama ini mencoba membuat keranjang telur baru, semoga bisa konsisten mengisinya

  21. Investasi makin mudah dengan InvestasiKu, apalagi ada banya manfata ynag bisa didapatkan di InvestasiKu. Harus sedia banyak keranjang, ya Kak. kalau keranjang satu rusak ada sumber dari keranjang lain

  22. Investasi makin mudah dengan InvestasiKu, apalagi ada banya manfata ynag bisa didapatkan di InvestasiKu. Harus sedia banyak keranjang, ya Kak. kalau keranjang satu rusak ada sumber dari keranjang lain ya, Strategi yang bagus

  23. Aku suka banget deh InvestasiKu ada buat edukasinya, jadi investor dibuat cerdas juga dalam berinvestasi.

  24. Mentorku juga bilang, jangan pernah meletakkan semua telur dalam keranjang yang sama. Oke, aku juga mulai investasi bersama InvestasiKu. Ikhtiar buat masa depan.

  25. Paling senang dengan aplikasi yang memberikan edukasi buat penggunanya. jadi ketika berinvestasi kita bisa belajar banyak tentang investasi

  26. Investasiku memang bagus yaaa teh memudahkan kita untuk berinvestasi lewat hape aja, plus juga terjangkau karena untuk topupnya bisa mulai dari 5 ribu perak yaa

  27. berinvestasi memang perlu pertimbangan yang matang
    tidak bisa ikut ikutan
    harus punya modal yang aman juga
    karena investasi itu harus siap rugi dan untung
    berinvestasi di InvestasiKu mudah karena dibimbing

  28. Sama-sama pejuang pencari rizki halal di luar tanah air teh, semangat terus

  29. Investasi adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan ya teh
    Apalagi sekarang makin mudah memilih investasi ya, dengan InvestasiKu

  30. Mau kuulik ah website or aplikasi Investasiku. Sepertinya bagus layanannya karena bisa buat nambah pengetahuan soal literasi keuangan.

  31. Aku kira orang China rata2 emg kaya2 meski ngga semua. Tapi mereka emg hidup hemat. Kebetulan aja majikan kakak ini sakit2an jd hrs berobat dgn keluar uang banyak.

    Semoga pesannya itu bener2 dijalankan ya kak. Kita bs investasi dgn bener buat masa depan. Saham jg bs jd pilihan tuh meski kita hrs pny dana cadangan lumayan bnyk. Soalnya ini produk berisiko. Kdg bs cuan tinggi. Bs jg anjlok seketika. Tinggal mental kita aja dlm berinvestasi.

  32. saya juga mencoba aplikasi Investasiku ini, kebetulan lagi banyak belajar soal investasi, sebagai pemula aplikasi ini pastinya berguna banget untuk saya pribadi, ada artikel dan videonya yang bisa dipelajari

  33. Setuju banget kudu bisa menyisihkan sebagian uang untuk masa depan. Seringnya abai dengan urusan satu ini.

  34. memang penting sekali untuk lebih maksimal belajar investasi demi masa depan yang lebih baik yaaa

  35. Setuju sekali, perencanaan keuangan itu penting banget ya. Harus pinter-pinter menyusun yang satu ini sejak muda. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang juga memudahkan ya Mbak, seperti investasiku ini. Btw, ceritanya menarik sekali Mbak ketika di Taiwan.

  36. Setuju sekali, perencanaan keuangan itu penting banget ya Mbak. Harus pinter-pinter menyusun yang satu ini sejak muda. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang juga memudahkan ya Mbak, seperti investasiku ini. Btw, ceritanya menarik sekali Mbak ketika di Taiwan.

  37. Masya Allah ya … dari laopan niang, Teh Okti jadi belajar menjadi lebih bijak dalam hal menata keuangan. Kepake banget nasihatnya.

  38. setuju aku nih, perencanaan keuangan memang wajib dilakukan ya, apalagi kalau sudah bisa dilakukan sejak muda ya 🙂 suka deh makin banyak aplikasi keuangan begini

  39. Dengan Investasiku nggak perlu ragu lagi kalau mau berinvestasi, di awasai OJK dan BEI kan ya mbak. InsyaAllah aman

  40. Nasehatnya sangat bermanfaat sekali, teh..
    Prakteknya kudu langsung dilakukan agar bermanfaat untuk menjaga kestabilan keuangan dalam rumah tangga. Memang kondisi keuangan sangat menguji apalagi di kala pandemi begini.

    Dan menarik banget belajar investasi di aplikasi InvestasiKu.
    Ada banyak fitur dan pengenalan jenis-jenis investasi. Mantap.

  41. masih perlu banyak belajar nih mba tentang investasi,melalui investasiku kayanya lebih mudah ya

  42. Terimakasih inspirasinya untuk saya yang buta investasi ini. pernah mengalami yang simpan di satu tempat, saat tak bisa mengisi hanya bisa mengambil yah terasa banget sulitnya.

  43. Nyoba investasi saham di InvestasiKu sepertinya menarik. Apalagi buatku yang masih awam banget, harus terus belajar agar bisa berinvestasi,

  44. Terimakasih infonya, sangat berguna buat saya yang selalu over thinking kalau ngomongin investasi. Trauma masa lalu, tapi kayaknya harus mulai move on mempelajari lagi.

  45. Tertohok nih sama kata-kata laopan niang tentang akong yang masa mudanya kerja keras, tapi uangnya malah habis buat berobat saat tua. Artinya tetap harus investasi baik keuangan maupun kesehatan ya

  46. Logonya bikin saya ingat saya logo BPOM deh. Hihi.. Iya betul, jangan taruh telur hanya dalam satu keranjang. Diversifikasi itu penting ya, supaya tetap punya cadangan investasi lain. Yang paling penting sebelum investasi tentu memastikan keuangan sudah balance dan sehat..

  47. saraah megha says

    memang harus melek dan dipaksa untuk melek financial, termasuk dalam hal berinvestasi

  48. Kata Nieke says

    Ada aplikasi semacam ini bisa mempermudah orang untuk lebih melek investasi ya, tentunya investasi yang aman dan sesuai regulasi yang berlaku. Mesti belajar paham investasi yang aman, terutama buat pemula. Tabungan memang kudu tidak ditaruh di keranjang yang sama.

  49. Baca artikel teh okti jadi inget pas mempelajari produk investasi, salah satunya tentang telur ini, jangan pernah meletakkan semua telur dalam keranjang yang sama.
    Aku sudah mulai coba produk investasi walau agak minder, mulainya diusia kepala 3 tapi Bismillah daripada tidak sama sekali

  50. Alhamdulillah, aku sudah termasuk kaya hati lho Teh, udah sampai akhir artikel hehehe…
    Bener juga ya kata laopan niang Teh Okti, banyak orang masih takut mengambil resiko dalam berinvestasi. Semoga habis ini makin banyak yang sudah punya perencanaan terbaik dalam melakukan investasi, agar nantinya punya bekal untuk diandalkan di saat inflasi meroket.

  51. Investasi memang menjadi perhatian utama semenjak dini karena kebutuhan kita senantiasa ada perubahan. InvestasiKu bisa menjadi pilihan referensi.

  52. Investasiku ini bagus banget ya mbak kalau Kita mau belajar berinvestasi apalagi newbie seperti Saya ini

  53. Baca ini pertama kali saya langsung disuguhi untuk belajar bahasa Mandarin. Lalu, saya diajak untuk bagaimana mengelola keuangan agar bisa menjadi sebuah investasi. Kakak, keren banget ini tulisannya. Ternyata bekerja di luar negeri juga bisa mendapatkan banyak pelajaran. Semoga kakak, selalu memberikan inspirasi dimana pun kakak berada. Seperti keluarga di Taiwan di mana tempat kakak bekerja dulu.

  54. Wejangan dari Laopan Niang benerrrrr 1000%
    Wah wah, kalo dipikir2 kita memang kudu meng-ATM-isasi prinsip yg beliau pegang dan praktikan ya.
    Sip, semoga kita semua bisa ber-financial planning dan investasi dgn baik dan benar!

  55. Keren banget wejangannya Laopan Niang. Memang rata2 orng kaya itu tabiatnya kaya gitu ya hehe.
    Alhamdulilah sekarang makin mudah buat belajar investasi, bisa melalui aplikasi investasiku. Tinggal kita aja yang berani milih resikonya

  56. Berasa banget loh kalau kita punya investasi atau tabungan masa depan tuh. Mental merasa lebih siap untuk menyongsong masa-masa un-produktif. Selama disiplin dan memiliki niat kuat untuk menabung, kita akan diliputi rasa aman kedepannya tanpa nantinya bergantung kepada orang lain, terutama anak-anak kita.

  57. Baru memikirkan investasi setelah menikah karena lihat bapak yang suka beli tanah jika ada uang lebih untuk investasi. ternyata pola pikir orang tua dulu memang sudah investasi ya, bun. Jaman sekarang, meski tidak banyak paham tentang investasi, bisa belajar dimana saja termasuk di investasiku ini..

  58. terimakasih sharing dan informasinya mba, belajar banyak banget baca artikel ini. saya memang belum ada investasi apapun tapi harus belajar juga untuk menabung di masa depan

  59. Sekarang tuh ada banyak jenis investasi tapi harus hati-hati si memilihnya. Paling penting cek apa terdaftar di OJK. Kalau investasiKu ini aku liat udah terdaftar ya mba jadi nggak bikin takut deh kalau mau investasi di sini. Apalagi ada beberapa pilihan investasi sesuai dengan kebutuhan.

  60. Sekarang tuh ada banyak jenis investasi tapi harus hati-hati si memilihnya. Paling penting cek apa terdaftar di OJK. Kalau investasiKu ini aku liat udah terdaftar ya mba jadi nggak bikin takut deh kalau mau investasi di sini. Apalagi ada beberapa pilihan investasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi bisa disesuaikan dengan kondisi kita.

  61. Semakin ke sini kita harus semakin aware tentang investasi ya, Kak. Mengingat dengan investasi kita sebenarnya mempersiapkan masa depan kita dan keluarga

  62. saat ini, punya investasi masa depan itu penting banget yaa, Mba. Melihat banyaknya orang-orang tua yang terlantar di masa tuanya kok saya jadi sedih banget, semoga kita semua bisa menjalani hari tua dengan tenang, amiiin

  63. Namanya investasi, panennya tidak dalam wakttu dekat. Makanya jangan pakai uang kebutuhan bulanan. Dan benar juga, investasi juga bagai keranjang telur, harus perhatikan benar agar jangan sampai pecah alias merugi.

  64. Investasiku ini pastinya sudah aman ya karena sudah terdaftar di OJK. Penting banget memang berinvestasi sejak muda. Jujur, aku kurang paham soal investasi dan memikirkan untuk berinvestasi ya baru-baru ini saja. Mungkin untuk pemula sepertiku, aku mau coba berinvestasi di reksadana aja dulu yang profil resikonya rendah.

  65. Wah, asik nih kita bisa mengalokasikan dana dengan cara tepat melalui aplikasi InvestasiKu 🙂 Ga was2 pastinya karena sudah sah terdaftar di OJK. Ternyata caranya mudah ya tinggal unduh saja, regostrasi dan ikuti langkah2nya. Masa depan cerrah kita yang tentukan sedini mungkin. TFS teh Okti.

  66. bermanfaat sekali aplikasinya buat saya dan cocok buat para pemula yang ingin belajar investasi karena didalam aplikasinya banyak materi yang bisa dipelajari tentang investasi ini

  67. Wah lengkap dan detail sekali ya ulasannya. Bagi saya yang masih awam ini cukup memahamkan ulasannya. Untuk sekarang lebih ke mempelajari dan memahami dulu saja sih nanti kalau sudah siap bisa ikutan investasi-investasi seperti ini. Karena bagaimanapun investasi ini sangat membantu kita untuk mempersiapkan masa depan kita dan keluarga.

  68. Udah bener banget emang ikutin nasehat keuangan dr orang cina. Mereka tuh terkenal pinter mengelola uang. Aku juga baru belajar nih investasi. enak ya kalau pakai aplikasi seperti investasiku ini, serba praktis tapi tetap terpercaya.

  69. Betul ya.. orang Indonesia memang belum kenal dengan dunia investasi.. dibutuhkan ilmu dan nyali yang cukup tinggi untuk bisa berinvestasi

  70. Teteh, aku setuju banget untuk terus menjadi pembelajar, mengikuti informasi, peristiwa terkini dan pengembangan diri karena akan merasa tertantang untuk selalu memahami berbagai permasalahan di sekitar dan penasaran untuk mencari solusi.
    Kek halnya Investasiku ini, aplikasi yang kekinian untuk membantu kita mengelola keuangan sesuai dengan tujuan financial kita apa.Ku mau kepoin juga nih.

  71. teh Okti, pesan dari Laopan Niang begitu berharga ya, pentingnya untuk mengelola keuangan yang bukan berari kita pelit sama kita sendiri tapi ini seperti sikap preventif terhadap masa depan kita, samas seperti dengan memutuskan untuk berinvestasi ya di InvestasiKu

  72. teh Okti, pesan dari Laopan Niang begitu berharga ya, pentingnya untuk mengelola keuangan yang bukan berari kita pelit sama kita sendiri tapi ini seperti sikap preventif terhadap masa depan kita, samas seperti dengan memutuskan untuk berinvestasi ya di InvestasiKu yg sebagai pemula bisa banyak belajar

  73. semua yang terkait dengan investasi terlebih yang sifatnya online harus diperhatikan keamanan dan kenyamanannya ya, dan harus sudah terdaftar di OJK

  74. Siang teh Okti. Selama ini aku kalau punya uang lebih menginvestasikannya dalam bentuk tabungan/deposito. Belum pernah coba saham karena belum paham caranya.Tetapi dengan bergabung di Investasiku sepertinya nanti dibantu ya

  75. Seneng banget ya, kerja sama laopan niang yang baik dan peduli banget melalui nasihat-nasihat tentang keuangan…

  76. Emang deh ya biar masa tuanya tuh foya=foya (kalau kata orang dulu) kudu banget emang punya investasi, karena ini selain bikin masa tua kita lebih tenang, juga bisa kita berikan ke anak dan cucu juga.

  77. Saran Laopan bagus ya maak…
    Maap kepo boleh maak, sekarang sudah gak di taiwan lagi ya?

    Pengalaman menjadi Tkw pasti banyak dan bermanfaat semoga sukses bisa mandiri ya kak di Indonesia.

  78. Senangnya ada aplikasi InvestasiKu ini ya teh
    Bisa membantu para investor pemula untuk mulai melakukan investasi

  79. Senang sekali sudah banyak yang tertarik untuk berinvestasi
    Investasi memang menjadi perhatian utama
    apalagi di edukasi dengan baik sejak dini.

    InvestasiKu bisa menjadi pilihan referensi ya

  80. Bersama InvestasiKu, jadi terinspirasi dan teringat kembali pesan dari seseorang yang sangat berarti dalam kehidupan teteh yaa..
    Semoga dengan semakin banyak belajar dan praktek di Investasiku, maka semakin mantap berinvestasi.

  81. bener-bener teh, investasi itu harus pakai uang dingin yaa. supaya pas peruntukkannya juga yaa. Alhamdulillah sekrang ada investasiku, yang memudahkan ibu rumah tangga seperti kita bisa berinvestasi juga.

  82. Bener banget loh Mak, jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Aku juga pengen nih investasi di InvestasiKu, mudah dan yang terpenting aman. Apalagi diawasi OJK.

  83. Bener banget loh Mak, jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Aku juga pengen nih investasi di InvestasiKu, mudah dan yang terpenting aman.

  84. Terkena PHK memang bisa bikin galau. Tapi nggak mungkin kan galau melulu. Banyak juga ya keunggulan aplikasi nvestasiKu ini.

  85. Terkena PHK memang bisa bikin galau. Tapi nggak mungkin kan galau melulu. Banyak juga ya keunggulan aplikasi investasiKu ini.

  86. selain berinvestasi, saya juga bermimpi pengen punya usaha sendiri.
    Belum terwujud.
    Ini kali kedua saya membaca tentang investasiku.
    Terus terang saya tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut.

  87. Memang penting banget ya, mbak punya investasi buat masa depan kita karena nilai uang sekarang tidak sama dengan di masa depan. Alhamdulillah sekarang juga semakin banyak wadah untuk bisa berinvestasi jadinya nggak bingung lagi deh

  88. Selalu suka membaca tulisan Teh Okti.. Karena selalu disisipkan cerita2 yg berbobot untuk persiapan hidup lebih baik

  89. Wahyuindah says

    Investasi ku bisa bikin acara investasi jadi lebih mudah ya mbak. Ada pilihan dan pengetahuan juga yang diberikan. Jadi kita bisa sekalian belajar

  90. Dengan InvestasiKu, investasi jadi lebih aman ya karena terpercaya juga.. Dengan investasi kita juga bisa menghindari inflasi yang ada.. Jadi kita bisa lebih siap untuk masa dwpan juga ya mba..

  91. Aku termasuk pensiun dini di usia 50 di tahun lalu aku memutuskan untuk jadi ibu RT saja. Karena sejatinya pekerjaan IRT itu banyak ya dan sepertinya tidak habis-habis. Adalah sedikit uang dari pensiun,hmmm aku investasikan di deposito saja. Karena investasi sejenis saham aku belum paham,teh

  92. Mumpung masih muda, ya. Bekerja keras untuk investasi. Biar nanti hasilnya bisa dinikmati. Termasuk kalau bisa pensiun dini.

  93. saya juga instal aplikasi ini mba, sangat bermanfaat untuk saya yang baru belajar investasi, apalagi di aplikasinya banyak komunitas dan kelas-kelas webinar yang mereka selenggarakan, sangat bermanfaat buat pemula tentang materi keuangannya

  94. Kebayang bingung dan sedihnya dirimu Teh mendadak di PHK, memang harus punya dana darurat dan investasi ya seperti nasihat Majikan dulu..bisa mencoba berinvestasi di aplikasi InvestasiKu..

  95. Kebayang bingung dan sedihnya dirimu Teh mendadak di PHK, memang harus punya dana darurat dan investasi ya seperti nasihat Majikan dulu..bisa mencoba berinvestasi di aplikasi InvestasiKu ya..

  96. Keren nih balutan ceritanya. Memang ya harus mulai investasi dari muda. Aku nyesel sih baru tahu pas udah nikah.

  97. Keren nih balutan ceritanya. Memang ya harus mulai investasi dari muda. Aku nyesel sih baru tahu pas udah nikah. Tapi memang harus segera dimulai

  98. Invesatisku ini aman dan terpercaya ya lak. Aman banget buat pemula. Kalau mau investasi di invesatsiku saja, kayak aku.

  99. Fokus. Tekun. Bahkan punya perencanaan keuangan. Ia juga ya. Pesan yang disampaikan oleh majikannya Teteh sangat benar kalau berharap hidup berkecukupan di masa tua nantinya. Termasuk jaga pola hidup sehat.

  100. Agatha Revindra Widori says

    Kalo ditanya soal pensiun dini dan kaya, mau? Ya pasti mau banget..hehe
    Tapi masih banyak kebutuhan apalagi anak udah mau tiga, untuk memulai investasi pun pasti mikirin kesehatan keuangan rumah tangga. Maaf jadi curcol. Tapi makasi Mba pencerahannya, mungkin ini saatnya coba download Investasiku ya.

  101. Aku sebelomnya gak pernah investasi. Cuma nabung uang, dan sedikit emas. Tapi saat pandemi, sedikit demi sedikit habis. Jadi kerasa deh kalo hidup sangat gak bisa diprediksi. Mana punya 4 anak pula yang butuh dana pendidikan. Makin tersadar deh untuk investasi. Lagi mempelajari nih InvestasiKu. Semoga nanti paham dan bisa nyoba. Kalo cocok, mungkin nanti berinvestasi di sini.

  102. Aku jadi dapat bnyak pencerahan nih tentang investasi gimna sekarang smua serba mudah kalo mau invest tinggal pakai smartphone aja dowwload aplikasi Investasiku aja

  103. bener banget nih, enggak hanya sampai pada orang yang senang belajar. Namun juga bisa mengelolah keuangan. Ya, dimulai dari perencananan dulu merupakan langkah awal dalam membuat hidup bahagia di kemudian hari. Top banget deh prinsip hidupnya akong ini, wajib ditiru … mumpum masih muda.

  104. Bijaksana sekali, teh Okti.
    Aku salut dengan pemahaman investasi yang membuat semua orang terbuka untuk mempertimbangkan keuangan masa depan. Dengan investasiku, merencanakan masa depan sedari sekarang.

  105. Rani Yulianty says

    Wuih keren Teh Okti, belajar pengelolaan keuangan ke ahlinya langsung, pastinya banyak hal positif yang bidapat ya dari sang bos, semoga makin sukses dalam melakukan pengelolaan keuangan, aku pun mau belajar ah di investasiku

  106. Wuih keren Teh Okti, belajar pengelolaan keuangan ke ahlinya langsung, pastinya banyak hal positif yang bidapat ya dari sang bos, semoga makin sukses dalam melakukan pengelolaan keuangan, aku pun mau belajar ah di investasiku, bisa investasi yang aman juga

  107. Hidup akan membuat kita belajar dari pengalaman oranglain. Loapan niang membersi nasehat yang baik. Investasiku bikin mimpi jadi kaya bukan lagi khayalan

  108. Meilia Wuryantati says

    Aku belum berinvestasi nih mba, awalnya emang males ribet mesti ini itu. Dan ternyata di investasiku mudah pendaftaran nya, dapat bonus poin pula. Cuzlah aku jadi pengen berinvestasi di investasiku. Terimakasih informasinya mba

  109. Tapi kita perlu telaah sisi syari’ahnya apakah dibolehkan atau tidak investasi sprt ini .

  110. Belajar kehidupan dari laopang nian akan membuat kita belajar untuk menata masa depan. Investasiku membantu sekali orang jadi peduli masa depan

  111. Ternyata banyak hal yang bisa dipelajari dari laopan niang ya teh. Btw sangat berharga sekali ya pelajaran yang bisa didapatkan.
    Dan memang benar investasi harus dilakukan sedini mungkin biar hasilnya saat tua nanti maksimal.

  112. banyak aplikasi investasi, intinya dipelajari dengan benar. semua pasti ada plus minus nya.

  113. Ternyata ini arti jangan menaruh telur di keranjang yang sama ya? Artinya kita disuruh berinvestasi di bagi-bagi.

  114. Betul sekali Mbak Okti. Jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Soalnya kalau ada sesuatu dengan keranjang, telurnya pecah semua. Sama kayak menaruh investasi jangan di satu instrumen. Gagal di satu instrumen ,hilang semua uang. Jadi mending dibagi-bagi ke berbagai instrumen. Ada deposito, emas dan sebagainya . Kalau taruh di saham, saham anjlok ilang semua deh uang

  115. Betul sekali Mbak Okti. Jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Soalnya kalau ada sesuatu dengan keranjang, telurnya pecah semua. Sama kayak menaruh investasi jangan di satu instrumen. Gagal di satu instrumen ,hilang semua uang. Jadi mending dibagi-bagi ke berbagai instrumen. Ada deposito, emas dan sebagainya . Kalau taruh di saham, saham anjlok ilang semua deh uang kitq yang kita kumpulin

  116. Selain jangan menaruh investasi di keranjang yang sama, hal yang gak kalah penting adalah memakai uang dingin. Sebaiknya memang uang sendiri dan gak minjam. Apalagi pandemi begini ya. Memang harus pintar dan bijak dalam berinvestasi.

  117. Bener banget ini rasanya aman sih kalau dijamin sama bapepti dan OJK selain itu yang paling bikin aku suka sama investasiku ini banyak kelasnya, jadi kita bener2 dikasih edukasi ngga hanya disuruh invest mulu tapi jg tahu ilmunya

  118. Semangat berinvestasi… Semoga banyak rezeki yang tidak terduga untuk berinvestasi

  119. Yusriah Ismail says

    saya catat baik-baik nasihat kakek Laopan.. MasyaAllah.. ceritanya juga menarik banget mba

  120. Membaca artikel ini membuat Mata Saya terbuka dengan investasi nih mbak. Trims ya mbak.l Saya jadi mengerti akan pentingnya investasi

  121. Investasi memang dibutuhkan ya mbak buat melawan inflasi dan agar uang kita tetap bisa bernilai di masa depan, ngak kebayang kalau ngak punya investasi terutama buat hari tua, apalagi uang pensiun kita rasanya ngak sebanding nilainya saat memasuki usia pensiun nanti.

  122. Fionaz Isza says

    iya bener banget teh, jangan meletakkan telur di keranjang yang sama karena kalo isi keranjang tersebut habis, kita bakal nggak punya apa2. saya sekarang ini mencoba menerapkan punya banyak keranjang tapi masalahnya telurnya yang malah dibikin dadar atau ceplok. hehe

  123. Udah download jg InvestasiKu, karena aman dan terawasi oleh OJK, berhubung skrg bxk platform abal abal, jd kudu berhati-hati

  124. Wah emak emak pun bisa juga nih ikutan investasi melalui investasi Ku ya, karena bisa dilakukan di rumah dengan hp aja bisa cek kondisi duit. Apalagi bikin RDN juga mudah ya.. mantap nih.

  125. Wah emak emak pun bisa juga nih ikutan investasi melalui investasi Ku ya, karena bisa dilakukan di rumah dengan hp aja bisa cek kondisi duit. Apalagi bikin RDN juga mudah ya.. Aman pula. mantap nih.

  126. Dengan inflasi setuju banget kita kudu investasi, dan melalui InvestasiKu emak emak pun bisa juga melalui investasi karena bisa dilakukan di rumah aja. Aman juga ya.

  127. Fenni Bungsu says

    Menyikapi inflasi memang perlu teknik jitu, yang solusinya bisa dengan investasi ya Teh.
    Apalagi bisa dipantau dan peluang sambil belajarnya juga ada dengan Investasiku

  128. Wah mau banget nih bisa jadi salah satu referensiku buat investasi karena aku juga suka investasi aplaagi yang syarat dan caranya mudah kayak gini ya Mba

  129. Asik ya di Investasiku ini kita diajarin cara berinvestasi juga jadi untuk newbie ga usah khawatir kalau berinvestasi di Invetasiku

  130. Banyak pilihan produk investasi di Investasiku ya, Mba.
    Ada saham, obligasi, reksa dana juga. Asyik nih jadinya, yang gak paham saham bisa ambil obligasi atau reksa dana.

  131. Baca tulisan ini rasanya kayak ditampar berkali-kali. Aku ini yang termasuk gak disiplin soal mengatur perencanaan keuangan. Gak disiplin urusan nabung. Sering lupa. Tiba-tiba saja uang habis. Kayaknya harus belajar investasi juga nih. Buat jaga-jaga biar ng ga panik kalau lagi butuh uang.

  132. Sapti nurul hidayati says

    Penting banget ya literasi keuangan itu. Menentukan kehidupsn kita mendatang juga. Di saat kita sudah tidak produktif, bagaimana nanti keuangannya harus kita siapkan dari sekarang. Membantu sekali investasiku ini.

  133. Ternyata kalau diatur, keuangan itu insyaallah cukup-cukup aja ya… asal kitanya pintar mengatur dan mengelola uang konsumsi dan investasi. Platform Investasiku sangat membantu banget buat pemula yang mau mengalokasikan penghasilannya.

  134. Oalah, otakku lemot x memahami soal investasi dan dunia persahaman ini mbak. Dr dulu g ngerti2.

    Tapi apa pun itu, investasi memang perlu y untuk masa depan lebih baik.

  135. Semangat teh Okti, ceritamu menginspirasi. Pelajaran hidup dari laopan niang yang menarik. Membuat saya semakin tergugah untuk berinvestasi.

  136. Semangat berinvestasi mbak, tapi maaf itu data pribadi seperti alamat dan NPWP sebaiknya disensor

  137. wah mba makasih banget udah ceritain pengalamannya, dan infonya lengkap banget jadi paham bedanya obligaso saham reksadana hihi aku masih baru mau belajar

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: