Meminimalisir Resiko, Cari Tahu Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Garda Oto asuransi kecelakaan kendaraan

 

Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi pada siapa saja, baik pengendara sampai pejalan kaki. Di Indonesia sendiri angka kecelakaan lalu lintas bisa dikatakan tinggi. Selalu hati hati dalam berkendara menjadi hal yang penting.

Oleh sebab itu, kita perlu tahu beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia agar lebih mawas diri.

Lima faktor penyebab kecelakaan di negara kita adalah:

1. Kesalahan Manusia atau Human Error

Dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, angka kecelakaan juga mengalami pertambahan. Human error atau kesalahan manusia menjadi faktor utama paling besar yang menyebabkan kecelakaan.

Kesalahan tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yakni kesalahan analisa situasi, kesalahan ambil keputusan dan yang terakhir kesalahan pengendara itu sendiri.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan pengguna jalan untuk tidak hanya bisa mengendarai kendaraan saja. Ketika akan menyalip, tentu harus sudah memperhitungkan sekaligus mengambil keputusan tepat.

Apakah akan memberi klakson atau tancap gas saja tanpa perhitungan kendaraan di depan? Begitu juga ketika akan berbelok, nyalakan sein atau langsung belok?

Tentu saja, kita tidak pernah tahu apa yang di depan tetapi bisa meminimalisir kesalahan, Faktor ini menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang cukup tinggi.

Maka dari itu, penting bagi pengendara untuk berhati hati dan mengetahui haluan saat di jalan raya. Kesalahan ini juga bisa berupa pengemudi mabuk atau mengantuk yang juga bisa sebabkan kecelakaan.

Kecelakaan di jalan salah satu penyebabnya tidak adanya rambu lalu lintas

 

2. Jalan Tidak Memiliki Rambu

Tak hanya kesalahan dari pengendara, beberapa faktor juga turut mendukung terjadinya laka lantas.

Jika mengutip dari kompas.com, Korlantas Polri menyatakan jika jalanan yang tidak memiliki rambu memiliki kontribusi 16.92 persen kecelakaan.

Rambu lalu lintas memang memiliki peranan yang begitu penting, karena akan membantu untuk berhati hati.

3. Minimnya Penerangan

Sekalipun kendaraan sudah dilengkapi dengan lampu yang akan menerangi perjalanan, tetap saja penerangan yang minim juga mempengaruhi pengendara.

Penglihatan pengendara akan berkurang dan hanya bisa mengandalkan lampu kendaraan. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia satu ini berkontribusi sekitar 14,16 persen pada lakalantas.

4. Jalan Berlubang

Tidak semua jalan di Indonesia sudah memadai dan mulus, beberapa lokasi justru jalannya banyak yang berlubang. Jalan yang berlubang ini juga berkontribusi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Apalagi ketika sedang hujan, lubang ini akan tertutup genangan air sehingga pengendara tidak mengetahui atau bahkan tidak menduga terdapat lubang.

Faktor ini mampu memicu kecelakaan beruntun ataupun kecelakaan tunggal yang berbahaya. Terutama jika kondisi pengendara tidak konsentrasi juga sedang lelah atau mengantuk.

5. Tidak Tersedianya Marka Jalan

Marka jalan memiliki peranan yang sama dengan rambu lalu lintas, yakni memandu pengguna jalan agar bisa melenggang nyaman dan aman.

Maka dari itu, jika marka jalan tidak tersedia bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Garis putih di jalanan ini ternyata memberikan 14,35 persen angka kecelakaan di tanah air.

Jalan berlubang penyebab kecelakaan di Indonesia

 

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab kecelakaan ketika di jalan raya. Untuk itu, penting bagi pengguna jalan untuk tahu apa saja faktornya agar lebih berhati hati.

Mengingat jika tidak hati hati, tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga pengendara lainnya. Apalagi kejadian yang tidak diinginkan ini bisa terjadi pada siapapun dan di mana saja.

Untuk itu, pentingnya menggunakan asuransi kecelakaan bisa membantu meminimalisir resiko kerugian serta untuk mendapatkan perlindungan yang diderita. Kita bisa memilih Garda Me sebagai partner asuransi profesional dan terpercaya di Indonesia.

 

85 thoughts on “Meminimalisir Resiko, Cari Tahu Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia”

  1. Nomor 1 kesalahan manusia, sudah pernah saya alami waktu bermobil sekeluarga malam hari. Suami saya ngantuk, mobil menabrak pembatas jalan. Untung di jalan tol yang sepi, ga nabrak dan ditabrak siapa-siapa. Hanya mobil yang rusak.

    Nomo 4 jalan berlubang juga udah pernah dialami anakku, motornya terjungkal, dan anakku sampai patah tulang dan operasi.

    Perlu banget memang kita hati2 di jalan. Kita udah hati-hati pun masih bisa celaka karena orang lain belum tentu hati-hati.

    Yes, asuransi sangat membantu saat kita mengalami kecelakaan.

    Reply
  2. Nomor 1 kesalahan manusia, sudah pernah saya alami waktu bermobil sekeluarga malam hari. Suami saya ngantuk, mobil menabrak pembatas jalan. Untung di jalan tol yang sepi, ga nabrak dan ditabrak siapa-siapa. Hanya mobil yang rusak.

    Nomor 4 jalan berlubang juga udah pernah dialami anakku, motornya terjungkal, dan anakku sampai patah tulang dan operasi.

    Perlu banget memang kita hati2 di jalan. Kita udah hati-hati pun masih bisa celaka karena orang lain belum tentu hati-hati.

    Yes, asuransi sangat membantu saat kita mengalami kecelakaan.

    Reply
  3. setuju sekali..mengetahui resiko2 / penyebab kecelakaan ini dapat membuat kita lebih berhati-hati saat berkendara dan meminimalkan kecelakaan jadinya

    Reply
  4. faktor-faktor penyebab di atas memang menjadi penyebab terbesar terjadinya kecelakaan ya. untuk jaga-jaga perlindungan yang bisa kita lakukan memang dengan asuransi.

    Reply
  5. bener banget si mbak, faktor penyebab kecelakaan yang disebutkan diatas, mana sekarang jumlah pemakai kendaraan makin banyak, dan nggak sedikit yang abai masalah keselamatan berkendara, membuat kita harus selalu waspada saat berkendara.

    Reply
  6. bener banget si mbak, faktor penyebab kecelakaan yang disebutkan diatas, mana sekarang jumlah pemakai kendaraan makin banyak, dan nggak sedikit yang abai masalah keselamatan berkendara, membuat kita harus selalu waspada saat berkendara. stay safe ya teman teman

    Reply
  7. Setuju kak memang yg membuat kecelakaan di jalan raya itu kebanyakan faktor2 yg disebutkan di atas. Jadi memang penting sih buat meminimalisir kita miliki asuransi karena utk jaga2 juga kan kk

    Reply
  8. Penerangan emang penting banget nih. Di tempat selama ppkm lampu lampu di jalan dimatikan bener bene mati. Kebijakan yang mnrtku sangat tidak bijak, karena bukannya mencegah orang keluar rumah tapi malah jadi penyebab kecelakaan.

    Reply
  9. Aku jadi mengenang kembali masa-masa dimana ibu dirawat karena kami mengalami kecelakaan motor. Alhamdulillah setahun pengobatan berjalan, semuanya bisa kembali normal

    Reply
    • Jalan kurang penerangan tu emang bahaya banget. Dulu pwrnah juga ngalami pulang udah malam mana berkabut pula dan jalannya minim penerangan. Sepanjang jalan2 cuma bisa berdoa smabil deg2an banget

      Reply
  10. betul mba, dan ada lagi yang menyebabkan kecelakaan yaitu nekatnya para pengendara saat lampu merah. karena sifat tidak sabar inilah yang menjadi rawan terjadinya kecelakaan dekat rumahku.

    Reply
  11. wah, kecelakaan lalu lintas ini masih terus terjadi dan sebagian besar karena human eror ya teh πŸ™ jadi penting juga nih ada asauransi biar lebih tenang pergi-pergi πŸ™‚

    Reply
  12. Tapi sepertinya human error dan jalan jelek banyak yg jadi faktor penyebabnya deh mbak. Banyak yang naik motor tuh sesuka hati. Tapi memang sih bagi pengendara, mereka hanya perlu hsti hati dan menaati rambu2 yang ada, katena terkadang kita yang sudah berhati-hati tapi pengendara lain yg suka suka. Itulah mengapa pentingnya asuransi ya

    Reply
  13. Kecelakaan lalu lintas memang seringkali terjadi karena berbagai faktor. Dan semua yang dijabarkan itu bener banget. Yang paling besar resikonya menurutku kalau berkendara malam hari dengan penerangan yang kurang, ditambah lagi jalan banyak yg berlubang. Harus serba hati-hati huhu. Makanya aku menghindari banget berkendara malem-malem.

    Reply
  14. Sepakat di smua poin yang menyebabkan laka di atas.
    Human error pasti adalah ya. Apalagi emak2 sign kanan belok kiri hehe. Meski cuma sekedar guyonan ini perlu jd perhatian.selebihnya adalah fasilitas sih.

    Tidak sedikit yg jadi korban laka karena jalan brrlubang huhuhu sedih

    Reply
  15. kalau pulang kampung nih teh paling malas banget itu jalanannnya. baik ke rumah mertua maupun ke rumah orang tuaku itu jalanannya jelek banget, banyak bolongan dan aspal pun udah rusak dan bolng bolong. memang ini juga penting untuk membuat asuransi kecelakaan yaa..

    Reply
  16. Memang kecelakaan lalu lintas tuh banyak banget yaks faktornya.. Kadang kitanya udah hati-hati, orang lain yang sesukanya sendiri. Dulu bapakku sopir bus, sering banget harus kena denda gara-gara di jalan banyak ketemu pengendara yang ugal-ugalan. Sayangnya waktu itu, aturan lalinnya masih menyalahkan kendaraan yang lebih besar, meski yang salah sebenarnya kendaraan yang lebih kecil. Sedih banget deh kalau pas bapak kena kecelakaan gitu di jalan. Udah berusaha hati-hati banget karena mengantarkan banyak penumpang, harus kena apes ketemu orang-orang yang nggak bertanggungjawab.

    Reply
  17. Yang penting harus tetap waspada ya kalau berkendara. Nggak ngantuk dan dengan kecepatan yang bisa kita tolerir. Nggak mentang-mentang jalan bagus, lurus, mulus, terus kecepatan digeber terus sampe nggak bisa mengendalikan. Hem, serem.

    Reply
  18. Jalan raya depan desa ku banyak berlubang, akibatnya banyak kecelakaan terjadi disini. Semoga segera diperbaiki biar nggak ada lagi kasus kecelakaan

    Reply
  19. Harus disadari, banyak pengguna jalan yang memang belum disiplin berlalu-lintas. Contoh sederhana, saat berhenti di lampu merah, seharusnya berhenti di belakang zebra cross. Ini malah pada maju menutupi zebra cross. Pejalan kaki yang mau menyebrang jadi bingung harus lewat mana.

    Selain itu, rambu-rambu lalu lintas memang masih minim. Memang banyak yang harus dibenahi ya termasuk menggunakan asuransi kecelakaan sebagai langkah antisipasi jika terjadi kecelakaan.

    Reply
  20. saya tuh paling sebel kalau tidak ada penerangan. Itu ngeri-negri sedap, kecelakaan bukan hanya sama mahluk hidup atau benda mati, kadang sama mahluk astral… hiiii… perlu banget memang ya ada asuransi buat menghadapi hal-hal tak terduga dijalan

    Reply
    • Sepupuku pernah kecelakaan tunggal gara2 jalan berlubang mbak. Waktu itu hujan dan terdapat genangan air, jadinya jalan berlubang tak tampak, akhirnya dia jatuh karena minim penglihatan…

      Reply
  21. Sepupuku pernah kecelakaan tunggal gara2 jalan berlubang. Waktu itu hujan dan terdapat genangan air, jadinya jalan berlubang tak tampak, akhirnya dia jatuh karena minim penglihatan

    Reply
  22. Sepupuku pernah kecelakaan tunggal gara2 jalan berlubang. Waktu itu hujan dan terdapat genangan air, jadinya jalan berlubang tak tampak, akhirnya dia jatuh karena minim penglihatan…

    Reply
  23. masih adalagi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, yaitu jalan rusak, licin, marka rusak, rambu rusak, dan tikungan tajam. Juga kalo malam hari tuh suka ada yang tiba-tiba menyebrang jalan, bisa jadi penyebab kecelakaan

    Reply
  24. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan ya. Aku sendiri pernah ngalamin kecelakaan dari yang jatuh sendiri karena ban bocor, ada pasir di jalan, kesrempet kendaraan lain dan banyak hal lainnya. Duh, bener-bener harus punya kendali memperhatikan rambu-rambu saat berkendara di jalan.

    Reply
  25. udah hati2 tapi kadang malah orang lain suka seruduk kita teh, hiks
    pernah hampir kecelakaan, tapi ku rem mendadak, rasanya serem, udah ngeri aja.
    Jalanan berlubang inii niiiih sering bikin kecelakaan apalagi klo malam ya, lubang kan suka nggak keliatan, ditambah penerangan yg minim…smoga selalu selamat sampai tujuan yaa kita teh

    Reply
  26. terkadang, penyebab kecelakaan bukan karena pengemudi yang lalai ya teh
    tapi bisa karena faktor eksternal, misalnya kurangnya penerangan dan jalan berlubang

    Reply
  27. Iya nih selain dari diri pengendara atau justru dari orang lain, faktor kesehatan kendaraan saat melakukan perjalanan tidak kalah pentingnya, jadi mobil juga harus dirawat. kayak tubuh kita aja kalau ngak dirawat bisa bikin kesehatan ngak optimal, dan punya asuransi pastinya bikin kita lebih tenang terutama untuk urusan biaya.

    Reply
  28. Jadi ingat dulu pernah kecelakaan sama suami karena pengemudi di depan baru belajar nyetir dan ngerem mendadak. Huaaa…. Trauma banget kalo ingat Teh. Karena pas itu lagi sekarat keuangan, eh harus tanggung jawab pula, padahal mobil yg ditabrak termasuk baru, harusnya ditanggung asuransi. Jadi seperti memanfaatkan kesalahan yg tidak sepenuhnya juga dari kami

    Reply
  29. Asuransi kecelakaan memang penting kayaknya, apalagi kerugian akibat kecelakaan biasanya cukup besar, dan yang namanya kecelakaan kita tidak pernah tahu kapan terjadinya, meskipun sudah hati2 saat berkendara, bisa jadi ada kendaraan lain yang justru membahayakan pengguna jalan lain.

    Reply
  30. Sering berkendara jarak jauh saat mudik maupun traveling, memang nih masalah penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia ya ini semua. Penerangan minim, jalan berlubang dan lainnya. Maka adanya Garda Me sebagai asuransi kecelakaan bisa membantu meminimalisir resiko kerugian serta untuk mendapatkan perlindungan yang diderita.

    Reply
  31. Penting juga ya punya asuransi sebagai proteksi. Kalau terjadi kecelakaan yang disebabkan karena alasan yang disebutkan sama Mbak itu, bisa diklaim semua ya kerugiannya? Atau ada jenis kecelakaan yang biasanya nggak tercover sama asuransi?

    Reply
  32. Jalan berlubang itu menjebak sekali siih..
    Aku pernah banget puter balik dengan PDnya, ternyata ada jalan lubang, heuheuu…terus rodaku masuk dan susah keluarnya.
    Kan..kan.. beneran kudu ekstra hati-hati kalau menyetir dan jangan lupa perbanyak berdoa.

    Reply
    • Bener banget, teh Okti.
      Kudu meminimalisir kecelakaan dengan mempersiapkan beberapa hal di atas dengan sebaik-baiknya. Sehingga kecelakaan bisa dihindari.
      Huma eror yang paling rawan yaa..

      Reply
  33. Kalau jalan berlubang sering banget nih kecelakaan tunggal, kalau di gang biasanya juga terjadi kecelakaan lantaran pengendara langsung jalan tanpa berhenti terlebih dahulu

    Reply
  34. Kadang banyak yang abai ya memperhatikan faktor yang menyebabkan kecelakaan, padahal kecelakaan kendaraan itu fatal banget efeknya, bisa nyawa atau cacat. Naubillah min zalik deh, makanya perlu banget diaware soal faktor penyebab kecelakaan ini

    Reply
  35. Faktor penyebab kecelakaan ini yang sering diabaikan ya mba, padahal bahaya bisa mempertaruhkan nyawa ya, dan penting punya asuransi kecelakaan untuk yang aktifir di jalan dan punya mobil

    Reply
  36. Apalagi jaman sekarang banyak jalan beton yang tidak punya bahu jalan mam. pernah pada suatu hari, setelah jalan kampung eyangku di beton ada mobil kecelakaan. Asuransi kecelakaan ini bisa dipertimbangkan untuk kita gunakan untuk proteksi ya mam.

    Reply
  37. Saking seringnya kasus kecelakaan gini, bikin ibu saya gak ngasih kami anak-anaknya untuk membawa kendaraan sendiri. Apalagi motor. Wajar sih, trauma kayaknya karena emang udah berkali-kali ada aja keluarga yang jadi korban kecelakaan lalu lintas πŸ™

    Reply
  38. iya benar banget ini mba, dengan kita mengetahui apa faktor yang biassa menjadi penyebab utama kecelakaan kita bisa jadi belajar dan menjadikan hal hal tersebut catatan agar kesalahan sama tak terulang,. Minimnya penerangan dan jalan berlubang harus diantisipasii dengan baik seperti selalu menyalakan lampu dan mengurangi laju kendaraan ya

    Reply
  39. Sepertinya asuransi kecelakaan kendaraan bermotor masih belum terlalu banyak dipakai oleh warga kita ya mam. Padahal sebetulnya penting banget. Kalau karena bencana seperti kejatuhan pohon tumbang saat cuaca hujan angin apa bisa tercover ya?

    Reply
  40. duh ini nih! pengen ngasih tau ke semua orang. kadang kita udah ngjaga banget, eh ada pengendara di jalan yang mabuk, sempoyongan, jadi ugal-ugalan dan mobil ditabrak dari belakang. atau perkara supirnya baru jadi diklasonin terus wkwk harusnya jalan rusak di aware pemerintah ya, apalagi kalau lubangnya ditengah jalan di kota

    Reply
  41. Mba, aku miris loh kalau lihat anak-anak yang belum cukup umur sudah diperbolehkan untuk mengendarai motor, sliwar sliwer di jalan besar. Faktor human error juga dipengaruhi dengan pola pengambilan kebijaksanaan dari para orangtua. Namanya juga masih anak-anak ya, belum punya pertimbangan keamanan seperti orang dewasa.

    Reply
  42. Bener banget. Faktor-faktor yang disebutkan itu masih sering saya temui. Tapi sekarang saya bersyukur karena rute yang saya lalui sehari-hari, jalannya sudah halus mulus.

    Reply
  43. Jadi ingat beberapa waktu lalu ada kecelakaan juga imbas dari diberlakukannya PPKM, lalu beberapa daerah mematikan lampu penerangan jalan. Kasihan banget.

    Kalau lubang di jalan, kakakku pernah jadi korbannya. πŸ™

    Reply
  44. Asuransi kendaraan penting banget sih memang. Pengalaman saya waktu mobil ditabrak dan rusak agak parah, kalau enggak dicover asuransi, biaya perbaikannya mahal banget. Alhamdulillah waktu itu punya asuransi, jadi terasa lebih ringan biayanya.

    Reply
  45. Bener banget, teh Okti.
    Kudu meminimalisir kecelakaan dengan mempersiapkan beberapa hal di atas dengan sebaik-baiknya. Sehingga kecelakaan bisa dihindari.
    Huma eror yang paling rawan yaa..

    Reply
  46. faktor kecelakaan memang banyak ya, Mbak. Terutama human error sih, kadang kita udah hati-hati eh pengendara lain yang nggak hati-hati kita jadi korban. Jadi punya asuransi kendaraan emang penting. Waktu masih tinggal di Brunei tuh, pemilik kendaraan bermotor wajib punya asuransi untuk urus road tax tiap tahun.

    Reply
  47. Betul sekali, Teh Okti. Human Error tidak bisa kita hindari. Kita apik, orang lain yang ceroboh. Apalagi kalo kita sendiri yang sering ceroboh Jadi menurutku pun penting banget asuransi kendaraan bermotor.

    Reply
  48. Ternyata penyebab laka lantas lebih banyak akibat human error ya. Misalnya salah pertimbangan tadi. Duh duh. Berkendara memang sebaiknya bukan hanya sekadar bisa tapi mampu memperhatikan keadaan sekitar juga ya.

    Reply
  49. Ternyata penyebab laka lantas lebih banyak akibat human error ya. Misalnya salah pertimbangan tadi. Duh duh. Berkendara memang sebaiknya bukan hanya sekadar bisa tapi mampu memperhatikan keadaan sekitar juga ya. Biar aman.

    Reply
  50. Pernah banget kak.. terjadi kecelakaan akibat jalan berlubang..
    Syukurnya tidak terjadi kecelakaan yang melibatkan orang lain. Cuma tunggal. Tapi memang lebih baik sebelum turun ke jalan kita punya perlindungan. Biar tenang. Kadang kita sidah hati-hati namun ditabrak orang dari lain arah.

    Reply
  51. Pernah ngalami kecelakaan dan itu bikin menyesal karena kelalaian kita sendiri soal kendaraan. Gamau terulang lagi lah pokoknya.
    Akhirnya asuransi jadi salah satu jalan terbaik ya mbaa.

    Reply
  52. Untuk kita sendiri pun terkadang ni, kitanya sudah hati-hati, tapi pengendara lain yang kurang hati-hati, terkadang imbasnya ke kita juga.
    Jadi kesimpulannya, kita memang harus hati-hati ya mba..

    Reply
  53. Ada faktor keenam teh, yang punya mobil atau motor itu bikin SIM-nya gak bener alias SIM tembak. Hehehehe.

    Kadang miris ya. Kitanya udah hati-hati, eh orang yang nabrak kita dari depan atau belakang. Memang paling topnya ya memproteksi diri dengan asuransi kecelakaan.

    Reply
  54. Serem ya kl jalanan gak ada rambu penunjuk jalannya misalnya tanjakan atau turunan, bisa2 banyak korban kecelakaan ya Teh. Untung ada asuransi Garda Oto ya yg bs mengkover asuransi korban kecelakaan ya

    Reply
  55. Paling serem lagi lampu jalan dimatikan pas ppkm, baru jam 8 udah mati, kan kasihan kalau ada jalan berlubang bisa ndlosor tu orangnya.
    Pernah waktu itu sebelum adanya ppkm, ada pasir di taruh pinggir jalan dari arah lain orang naik tossa langsung bablas aja ditabrak…..untung aja yang nolongin

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: