Raih Cuan dari Platform Jual Karya Desain Grafis Online

Manteman, di era digital seperti sekarang ini, karya desain grafis udah jadi salah satu bentuk seni yang sangat diminati dan memiliki permintaan tinggi, loh ya. Nah, untuk para desainer grafis, menjual karya desain mereka secara online adalah salah satu cara yang efektif untuk menjangkau pasar global dan menghasilkan penghasilan alias cuan. Tertarik dan penasaran?

Berkat perkembangan teknologi dan internet, ada banyak platform jual karya desain grafis online yang dapat digunakan oleh para desainer, termasuk kita, untuk memamerkan dan menjual karya kepada calon pembeli di seluruh dunia. Kalau berhasil, cuan banget kan?

7 Platform Jual Karya Desain Grafis Online

Jual karya desain secara online adalah peluang emas bagi para desainer untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan. Seperti dilansir dari situs media teknologi, dengan memanfaatkan platform online yang tepat, desainer dapat menjual karya desain dengan mudah dan menjangkau klien potensial di seluruh dunia.

Raih cuan dari platform desain grafis

Berikut ini nih manteman, beberapa platform desain grafis online yang bisa kita coba sebagai peruntungan untuk menghasilkan cuan:

1. Designhill

Designhill adalah salah satu platform terkemuka dalam industri desain grafis. Para desainer dapat mendaftar sebagai freelancer dan menawarkan jasa desain kepada klien yang membutuhkan. Designhill menyediakan berbagai layanan desain, termasuk desain logo, kemasan produk, desain website, dan banyak lagi. Dengan memanfaatkan Designhill, desainer memiliki kesempatan untuk menjangkau klien potensial yang mencari solusi desain yang berkualitas. Coba yuk…

2. Canva

Canva adalah platform desain grafis yang sangat populer dan ramah pengguna. Para blogger mah udah pasti tahu ya … Dirancang dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, Canva memungkinkan para desainer, bahkan yang baru memulai, untuk membuat desain grafis dengan mudah. Platform ini menyediakan berbagai template yang dapat disesuaikan, sehingga desainer dapat dengan cepat membuat poster, undangan, kartu nama, dan banyak lagi. Dengan Canva, para desainer memiliki alat yang kuat untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan menjual karya desain kepada pengguna Canva lainnya. Saya sendiri selalu menggunakan Canva untuk mempercantik blog. Dan sudah banyak manteman lain yang menjual desain di platform Canva ini. Keren kan?

3. Creative Market

Creative Market adalah platform yang berfokus pada penjualan karya desain grafis. Para desainer dapat memasarkan dan menjual berbagai jenis karya desain, mulai dari font, template, hingga mockup produk. Creative Market juga memiliki komunitas aktif yang memungkinkan desainer untuk berinteraksi dan mempromosikan karya mereka. Di sana bisa saling bertanya dan diskusi tentang desain atau apa aja yang berkaitan dengan kegiatan produktif ini. Senang pastinya… Dan pastinya dengan Creative Market, desainer dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperoleh pengakuan atas karya kreatif mereka.

4. Behance

Behance adalah platform yang sangat populer di kalangan desainer grafis. Dengan lebih dari 10 juta pengguna, Behance menyediakan ruang bagi desainer untuk memamerkan portofolio mereka dan menampilkan karya-karya terbaik mereka kepada dunia. Desainer dapat mengunggah proyek-proyek mereka, mengikuti desainer lain, berinteraksi dengan komunitas, dan mencari inspirasi. Behance membantu desainer dalam membangun reputasi dan menarik perhatian klien potensial yang mencari bakat kreatif. Sungguh saya sangat penasaran dengan platform Behance ini. Manteman juga kah?

5. Dribbble

Dribbble adalah platform desain grafis yang berfokus pada visualisasi dan presentasi karya desain dalam bentuk gambar atau animasi singkat. Desainer dapat memamerkan karya mereka dalam format shot (tembakan) dan mendapatkan umpan balik dari komunitas desainer di seluruh dunia. Dribbble juga berfungsi sebagai jaringan sosial, di mana desainer dapat menghubungkan dengan orang lain dalam industri dan menjalin kolaborasi atau mendapatkan peluang pekerjaan baru. Sepertinya anak muda penyuka animasi cocok bergabung dengan platform ini. Boleh tuh dikenalkan ke anak dan atau keponakan juga, ya.

6. 99designs

99designs adalah platform yang menawarkan jasa desain untuk berbagai kebutuhan, seperti desain logo, kemasan produk, dan desain website. Salah satu fitur unik yang ditawarkan oleh 99designs adalah kontes desain, di mana klien dapat memposting proyek dan desainer dapat mengirimkan desain mereka. Klien kemudian memilih desain yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 99designs memberikan kesempatan kepada desainer untuk memamerkan kreativitas mereka dan memenangkan proyek-proyek menarik. Kalau banyak yang suka, pastinya cuan mengalir dong ke rekening kita… Asyik!

7. Shutterstock

Shutterstock adalah platform yang menyediakan berbagai jenis konten digital, termasuk gambar, video, dan musik. Kita bahkan sering mendapatkan informasi sumber gambar yang bersumber dari platform ini pada portal online, ya. Nah, bagi desainer grafis, Shutterstock adalah sumber daya yang berharga untuk menambahkan elemen visual yang berkualitas dalam karya mereka. Desainer dapat membeli lisensi untuk menggunakan konten yang tersedia di Shutterstock dan menggunakannya dalam proyek desain mereka. Dengan demikian, desainer dapat meningkatkan kualitas dan keberagaman karya mereka dengan memanfaatkan beragam konten yang ditawarkan oleh Shutterstock. Bangga banget kalau desain kita berhasil tembus di sana.

Platform Desain Grafis untuk Memaksimalkan Konten

Rekomendasi Platform Jual-Beli Desain

Dari sekian banyak platform tersebut, saat akan menjual karya desain grafis secara online, para desainer tentu saja bisa memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Manteman sendiri, dari beberapa platform yang direkomendasikan untuk menjual karya desain grafis seperti Designhill, Canva, Creative Market, Behance, Dribbble, 99designs, dan Shutterstock, mana nih yang udah klop banget? Hehe, setiap platform pastinya memiliki fitur dan keunggulan tersendiri yang dapat membantu desainer dalam memamerkan kreativitas mereka dan mencapai pasar global. Jadi bingung pastinya, milih yang mana. Tapi mau pakai semuanya itu, juga boleh kok…

Manfaat Internet IndiHome

Untuk menjalankan bisnis online dan menjual karya desain grafis, akses internet yang cepat dan stabil pastinya sangat penting dan dibutuhkan. IndiHome, yang merupakan layanan internet yang disediakan oleh Telkom Indonesia, menawarkan manfaat internet cepat dan stabil yang dapat mendukung aktivitas online para desainer grafis.

Saya yang tinggal di pedesaan saat ini bisa tetap berkarya dan produktif ya berkat adanya internet IndiHome yang sudah masuk desa.

Kalau sudah terkoneksi dengan internet, selamat berselancar dan produktif mengumpulkan cuan ya…

Desain Grafis untuk Memaksimalkan Konten di Media Sosial

99 thoughts on “Raih Cuan dari Platform Jual Karya Desain Grafis Online”

  1. Kalau aku pribadi selama ini selalu memakai canva untuk berbagai keperluan desain. Pernah juga beberapa kali ikut kelas canva dan ditawari memakaikan canva bayar, tapi belum berani coba. Takutnya nggak konsisten memakai canva. Tapi jujur kalau misalnya pakai canva berbayar, lebih banyak keuntungannya sih.

    Reply
    • Sama Kak, aku pakainya juga baru Canva. Tapi aku udah pakai yang berbayar dan banyak banget keuntungannya. Sejauh ini ngebantu banget buat bikin flashcard buat anakku, menunjang postingan blog, dan juga sosmed.

      Reply
  2. Aku baru pake canva nih mba karena lumayan menggunakannya kalau yg lain belum pernah sih. Alhamdulillah ya ada internet cepat dari IndiHome yang mendukung kegiatan online yg kita lakukan

    Reply
  3. wah banyak sekali nih, tempat untuk menjual hasil karya di internet, Mayan juga buat nambah cuan. Sekarang akses apa apa jadi gampang banget ya berkat indihome. Menyenangkan banget nyari cuannya

    Reply
    • Iya, klien juga bisa pilih banyak platform buat pilah pilih karya jg. Makanya kita kudu kreatif dan pake platfom semaksimal mungkin. Raih cuan jadi gak cuma mimpi ya. Pokoknya meski di rumah aja tapi kreatif, bisa lah dapat jalannya

      Reply
  4. Berkat IndiHome, maka menjadi desainer grafis online pun bisa terwujud.
    Mungkin yang namanya proses gak instan ya.. Kudu bertahap. Namun bisa mencoba aplikasi desain grafis untuk pemula yang mudah digunakan dan gratis.

    Reply
    • Kudu makin kreatif jg biar gak kalah dg lainnya. Apalagi sekarang dimudahkan dg berbagai platform design jadi bisa makin banyak model dan inovasi lain yg bs dibuat. Asyik ya bermodal online aja udah bs berkarya hasilkan cuan

      Reply
  5. Canva ini teryata sangat menguntungkan sekali ya teteh. Aku lihat banyak karya desain terbaik yang menggunakan Canva yang alhamdulillah juga mendapat cuan juga

    Reply
  6. Anak sulung saya hobi gambar dan rencana ambil kuliah desain grafis…Pas bener ini bisa saya infokan kemana saja bisa raih cuan dari platrform untuk jual karya desain grafis online-nya.
    Setuju, dukungan dari internet cepat IndiHome akan membantu semua bisa berkarya dari mana saja ya, Teh

    Reply
  7. Baru eungeuh deh Teh kalau sebenarnya di Canva pun kita sebagai yang suka mendesain bisa ikutan jualan karya di sana. Kalau di Shutterstock sih udah sering dengar. Tapi sesungguhnya menembus editornya Shutterstock nggak semudah yang dibayangkan.

    Reply
    • Idem kak Acha.
      Soalnya selama ini tahunya Canva buat bikin design foto, eh ternyata bisa juga ya buat jual foto. Peluang eui

      Reply
  8. Aku pengen belajar jadi kontributor Shutterstock nih Kak. Soalnya suka foto2 gituu.

    Di antara web yg disebut di atas, yang baru dicoba adalah 99designs dan emang hadiahnya kece. Mulai puluhan hingga ratusan dollar. Tapi sayang waktu aktif di sana belum pernah nembus dan kepilih, uhuk2. Mungkin kudu belajar lagi.

    Reply
  9. di dunia yang serba digital seperti saat ini banyak sekali kemudahan dalam mencari media untuk menyalurkan bakat dan potensi kita, termasuk teman-teman yang berbakat dalam desain grafis, bisa banget menjual karya-karyanya di Canva dan aplikasi sejenisnya

    Reply
  10. Asyik banget ya di zaman now punya kemampuan desain grafis karena bisa menjualnya secara online. Bisa kerja dari kamar 🙂
    APalagi didukung dengan IndiHome … lancar urusan upload-download desain dan kepedrluan belajar lainnya.

    Reply
  11. Aku masih tim garatisan edit di canva, dowoad gambar di pixabay dan freepik belum pernah pakai desain berbayar hehe.

    Alhamdulillah tidak pernah melanggar hak cipta orang hehe

    Reply
  12. Sempat sih mencoba creator di Canva, masih awal waktu itu, jadi penyesuaian fitur yang dimiliki. Jadinya ga berlanjut, hanya coba-coba. Padahal akalu ditelateni bisa menghasilkan.

    Reply
  13. aku sedang mempertimbangkan shutterstock nih, cuma selama ini maju mundur karena jaringan internet yang digunakan kurang ok. Nah, kalau pakai IndiHome bisa tenang browsing mengenai ketentuannya dan nantinya upload untuk dijual juga gak ada hambatan ya

    Reply
  14. Ga nyangka dari hasil utak atik hp bs ngasilin cuan ya kak. Shutterstock ama Canva jd idaman aplikasi gw buat ngasilin duit dari foto dan desain grafik. Semoga kita bs cuan meski dr rumah aja ya kak.

    Reply
  15. Daku acap kali lihat di medsos cara daftar di shutterstock, hanya aja belum juga mencobanya hehe. Padahal bagus juga ya Teh buat tambah cuan

    Reply
  16. Dari sekian banyak list, aku cuma kenal Shutterstock dan Canva aja nih. Ternyata banyak ya platform yang menyediakan desain grafis online gini.
    Memudahkan kita untuk bertransaksi juga. Yang penting jaringan internet lancar pokoknya ya.

    Reply
  17. Canva jadi jujukan sejuta umat buat desain sih, apalagi buat aku yang ngga bisa desain pake macem2 wkwkwkw pake canva rasanya ketolong bangett

    Reply
  18. Buat yang jago-jagi desain, foto, ilustrasi bisa banget nih pakai beberapa dari platform ini, lumayan kan bisa menghasilkan cuan. Apalagi kalau sesuai hobi

    Reply
  19. wah ini dia nih, info sangaaat penting!
    aku bintangin ya teh Okti, dan aku bakalan lebih memperdalam beberapa yang aku insya Allah bisa.
    So far, aku berhasil dengan Canva, tentu saja. Kalau ilustrator, pasti mainannya ke manaaa? YUP! Behance!

    Reply
  20. Platform no 4 sampai 7 itu udah biasa dengarnya, walaupun belum pernah jual karya disana, tapi buat canva ini jujur saya baru tahu, menarik juga buat dipelajari

    Reply
  21. Honestly, baru tahu ternyata ada banyak platform untuk menjual desain grafis online.
    Hanya familiar dengan Canva dan Shutterstock.
    Duh, dari mana saja aku ya?

    Senangnya kalau punya passion desain grafis ya!
    Raih cuan semakin mendekati kenyataan!

    Reply
  22. saat ini mah udah banyak platform yang bisa membantu kita untuk mendapat cuan via internet yah asalkan kita mau belajar dan mencari terus aja. Canva tuh udah jadi aplikasi kesayangan aku untuk bikin berbagai infografis dan meme drakor nih ehehehe

    Reply
  23. Zaman now semakin punya banyak kemudahan ya teh.. Bahkan kemampuan desain kita dihargai banget dengan bisa dijual di beberapa platform.
    Tapi paling sebel kalo lagi desain lambat banget internetnya. Syukurnya dengan IndiHome gak ada kejadian kek gitu ya teh.

    Reply
  24. dari semua aplikasi yang ditulis Teh Okti, baru Canva yang saya gunakan. Dan memang itu untuk jualan jasa design cakep banget. Saya juga banyak menghasilkan desain untuk konten ya dr Canva.

    Reply
  25. Info menarik dan bermanfaat nih, ternyata banyak platform yang bisa digunakan untuk menjual karya desain grafis digital. Selama ini tahunya cuma canva dan shutterstock saja.
    Karya desain grafis itu biasanya ukuran filenya besar, jadi kalau mau diupload di platform itu emang butuh koneksi internet yang bagus

    Reply
  26. Jago buat desain grafis tidak usah bingung menjualnya ya Mba. Karena ada beberapa website yang menyediakan fasilitas penjualan karya desain grafis. Seperti Canva yang cukup populer dengan memiliki banyak pengguna aktif.

    Reply
  27. Makin mudah ya dapat cuan di internet, aku udah pakai juga di shutterstock. Kalau canva sepertinya masih closed untuk jadi contribitor

    Reply
  28. Makin mudah ya dapat cuan di internet, aku udah pakai juga di shutterstock. Kalau canva sepertinya masih closed untuk jadi contributor sepertinya

    Reply
  29. Ternyata banyak banget platform jual karya desain grafis online yhaa. Kalau aku emang percaya sama Canva, udah bisa bikin apa aja lebih mudah. Jadi belajar harus lebih ngulik lagi lewat Canva gitu soalnya banyak yg harus di explore, dan tentu aja dibantu Indihome biar makin sat set.

    Reply
  30. Semoga dengan desain sendiri menggunakan platform online aplikasi desain grafis rekomendasi teh Okti di atas, semua bisa belajar membuat ilustrasi terbaiknya untuk membuat konten yang mudah dipahami dan bermanfaat untuk banyak orang.

    Reply
  31. Aah, makin banyak kesempatan kita meraih cuan. Asal kreatif dan punya banyak ide, bisa memanfaatkan apapun yaa. Dengan bantuan internet yang kenceng juga bisa mensupport pembuatan design maupun upload design karya kita yaa 😀

    Reply
  32. Kalau kita kreatif banyak peluang ya sebenarnya dapat cuan ini… Masya rekomendasi bagus banget… makasih teh .. pingin nyoba jualan karya ..

    Reply
  33. Kalau kita kreatif banyak peluang ya sebenarnya dapat cuan ini… Masya rekomendasi bagus banget… makasih teh .. pingin nyoba jualan karya juga di platform diatas

    Reply
  34. waaah terimakasih ulasannya mbak, kemarin semept nembak masuk tim kontributor di canva tapi belum ada bukaan lagi, sejauh ini masih di pngtree lumayan buat tambah tambah pundi tabungan hihi

    Reply
  35. Dengan adanya internet yang lancar mendukung untuk bekerja dari manapun dan kapanpun, jadi masih bisa terus produktif, termasuk membuat design dan menjadi content creator

    Reply
  36. Dari yang di list di atas, saya tahunya tentang Canva dan Shutterstock aja. Ternyata masih banyak peluang lainnya ya buat jual design grafis. Peluang yang bisa dicoba nih kalau suka fotografis.

    Reply
  37. Aku paling familiar dengan platform Canva. Sejauh ini baru membuat design untuk keperluan blog aja sih, belum pede untuk menjual karya hehe..Tapi bisa tuh untuk jangka panjang. IndiHomenya udah pakai di rumah, tinggal upgrade skillnya.. 🙂

    Reply
  38. Kalau soal design, aku sudah bersyukur bangeeet ada apk yang memudahkan orang yang minim kemampuan art kayak aku untuk bikin karya design. Setidaknya bisa untuk ilustrasi blog, konten mendsos, atau bantu mendampingi anak buat sekolah anak. Tapi kalau buat dijual sih belom bangeeeeet heheheh.

    Reply
  39. Dari semua list di atas kan mba, saya paling sering pake canva.
    Yang lainnya gak pernah sama sekali.
    Dan saya cukup puas pake canva.
    Bisa Canva juga otodidak

    Reply
  40. Banyak banget sekarang ya profesi yang bisa digunakan di era digital ini dan bisa mendapatkan Juan termasuk infografis suka banget deh aku menggunakan canva dari aplikasi yang disebutkan di atas

    Reply
  41. dari semu aplatform diatas, aku belum pernah nyobain Designhill dan baru baca disini, hehehe. Oh ternyata bisa ya mendaftar sebagai freelancer dan menawarkan jasa desain jadi seperti portfolio gitu ya. auto mau lihat nih si designhill ini, dan coba peruntungan.

    Reply
  42. waaah jadi karya digital kita bisa dijual juga ya maaaak.. bisa buat nambah nambah penghasilan juga ya tentunyaaa. mau coba mulai jual karya digital aku juga aaaah

    Reply
  43. Shutterstock tuh foto-fotonya keren-keren. Tapi pas ambil yang resolusinya bagus, eh…ada watermarknya. Kalau mau harus bayar…
    Pernah nyoba nih aku jadi kontributor, tapi gagal terus…wkwkwk

    Reply
  44. Ternyata banyak ya Teh, platform untuk menjual karya desain grafis. Kasih tau ke ponakan-ponakan ah. Mereka seneng mendesain (kuliahnya juga relate dengan desain sih).

    Reply
  45. Shutterstock dari dulu pakai sih, sekarang makin banyak rekomendasinya, kalau canva juga user friendly, meskipun pemula bisa banget pakai.

    Reply
  46. Baru tahu diriku ternyata banyak platform utk menawarkan karya. Selama ini yg aku tahu canva aja. Dan Alhamdulillah dari canva ini sudah bisa menghasilkan cuan receh. Next pengen deh coba platform lainnya. Tengkyu infonya, teh.

    Reply
  47. saya tahunya Canva dan Shutterstock yang lainnya saya belum pernah gunakan atau bahkan jual karya desain. Dulu di Shutterstock sering jualin photo-photo gitu, penasaran sama situs lainnya niy teh

    Reply
  48. Saat ini desain grafis sangat dibutuhkan. Termasuk infografis blog. Tapi tidak semua orang bisa mendesain grafis dengan ciamik. Maka semakin terbuka peluang bagi desain untuk menjual desain grafis karyanya. Apalagi sekarang semakin dimudahkan dengan hadirnya platform-platform.

    Reply
  49. Banyak ya ternyata platform untuk menjual karya desain grafis.
    Yang punya keahlian desain jadi makin semangat untuk menghasilkan karya terbaik.
    Berkat internet lancar semua jadi mudah.

    Reply
  50. Canva is the best untuk saya sebagai blogger yang pasti perlu edit gambar dan menyamakan ukuran gambar

    Reply
  51. saya pengen banget lho bisa desain. sempet kepikiran buat ikut kursus desain grafis tapi sampe sekarang belum kesampean aja nih. ngeliat banyaknya platform online desain grafis, peluang nambah cuan pun semakin terbuka lebar pastinya.

    Reply
  52. penasaran gimana jualan desain grafis di Canva karena selama ini aku termasuk yang sering banget pakai Canva untuk mendesain. Pakai canva pro jadi lebih mudah, banyak pilihan.
    Desain grafis jadi profesi menjanjikan di masa kini dan masa depan yah.

    Reply
  53. Beberapa platform aku gunakan untuk membantu membuat karya sih, belum aku jadikan lahan mencari cuan. Baru satu aja yang ku pake, shutterstock buat jualan foto . Lumayan sih bisa nambah cuan juga

    Reply
  54. Pernah dia wal-awal Canva bikin desain sebagai Canva creator. Tapi ga bertahan lama, banyak kesibukan lain. Pastinya konsistensi kurang. Hehe. Padahal kalau ditelateni mungkin sudha menghasilkan.

    Reply
  55. Canva tetap jd idola sih buat ngedit foto/video yang akan kita posting di sosmed atau kerjaan lainnya.

    Plus emang enak bgt tuh kalo ada org yg ngebeli karya kita. Nggak terbayang di zamanku dulu yg hrs apa2 ke warnet/minta tolong temen yg pny kompie super gahar.

    Reply
  56. banyak kreator dan seniman yang sangat diuntungkan dengan adanya platform online seperyi di atas ya mbak. karena konsumen bisa mendapatkan karya dengan lebih mudah dan kreator juga bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi

    Reply
  57. Lebih banyak cara ya sekarang untuk mendapatkan cuan di dunia digital! Tapi yang harus dipastikan adalah memiliki koneksi internet terbaik dan tercepat seperti indihome ini ya teh!

    Reply
  58. Makasih teh okti sharingnya akuu baru sebatas pengguna canva itupun bukan yg kelas tinggi…dengan adanya internet di rumah yg was wes wuss banyak cara bisa dilakukan supaya dpt cuan ya

    Reply
  59. Jaman.sekarang banyak.jalan menuju roma alias banyak cara mendapatkan uang. Internet mengubah segalanya smua bisa dilakukan dg adanya internet beruntung banget ya teh jaman now.

    Reply

Leave a Comment