Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Pemula

Ingin Punya Keyboard Musik? Ini 5 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Pemula

Ingin punya keyboard? Saya sarankan sebaiknya tidak asal pilih. Oya, saya akan coba ulas keyboard dari Yamaha, nih. Tahu kan kalau Yamaha sudah lama dikenal sebagai produsen alat-alat musik berkualitas dan mereka adalah salah satu pemimpin besar di pasar industri instrumen musik. Yamaha terus berinovasi meningkatkan kualitasnya agar semakin dipercaya oleh masyarakat. Harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat, sebanding dengan fitur-fitur keren yang ditawarkan.

Keyboard Yamaha banyak dijual di mana-mana dan kita harus selektif memilihnya. Nah, buat teman-teman yang ingin mendapatkan keyboard Yamaha terbaik, berikut adalah beberapa rekomendasinya

1. Yamaha Musik Indonesia SHS 500 Portable Keyboard

Yamaha SHS 500 Portable Keyboard bisa kita jadikan pilihan bila butuh keyboard yang ampuh. Fitur keyboard portable ini cukup banyak, diantaranya bisa disambungkan ke iPhone dan lainnya. Dalam keyboard yang keren ini ada 30 jenis voice, 9 jenis efek, dan 4 tipe EQ. Kita bisa menyesuaikan lagu dan gaya sesuka hati. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar 4 jutaan rupiah saja.

2. Keyboard Yamaha PSR S770

Fitur komplit dengan kontrol yang mudah, itulah yang ditonjolkan dari produk Keyboard Yamaha seri PSR S770 ini. Beberapa fitur bisa kita andalkan untuk menghasilkan musik berkualitas, seperti 2 kenop live controller, 2 input pedal, roda modulasi, dan pitch bend. Keyboard ini memiliki tampilan layar LCD besar sehingga terlihat begitu keren dan elegan. Harganya memang cukup mahal, hampir 12 juta.

3. Yamaha PSR E363 Portable Keyboard

Sumber : Shopee.co.id

Keyboard Yamaha berikutnya adalah seri Yamaha PSR E363 Portable Keyboard yang bisa langsung disambungkan dengan USB dan MP3 Player. Keyboard yang punya tuts sensitif ini bisa menghasilkan suara merdu dengan bantuan 574 suara sampel dan 165 musik pengiring. Harga yang ditawarkan berkisar 4,4 jutaan.

4. Yamaha PSR-S775 Keyboard Workstations

Yamaha PSR-S775 Keyboard Workstations adalah keyboard keren yang punya memori besar. Kita bisa pakai keyboard keren ini untuk manggung live atau latihan di rumah karena suara yang diproduksinya cukup brilian. Dalam keyboard ini ada dua buah live controller, roda modulasi, dan dua input foot pedal yang bisa diatur. Harganya mencapai 14 juta, tapi itu sepadan dengan fitur-fitur ampuhnya.

5. Yamaha PSR-S670 Portable Keyboard

Terakhir yang kita bahas adalah Yamaha PSR-S670 Portable Keyboard, keyboard portable dengan 61 tuts, 416 instrument voices, 230 styles, dan 128 polyphony.

Dengan tambahan LCD display, keyboard ini pun terlihat begitu berkelas dan mewah. Harganya memang bisa sampai 18 juta, tapi kita sudah mendapatkan banyak fitur top macam mega voice style technology, guitar-enhanced styles, dan audio & DSP technology.

Sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya kita sesuaikan kebutuhan. Untuk apa keyboard yang hendak dibeli? Untuk latihan, bermain, atau cari uang? Carilah keyboard yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk baca dulu kisah “Tetap Produktif dari Rumah” ini

Semakin tinggi spesifikasinya, semakin mahal harganya. Tentunya kita harus cermat dalam memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

Setelah itu sesuaikan budget yang ada. Jangan memaksakan diri membeli keyboard mahal tapi kita sendiri masih dalam tahap belajar, misalnya. Atau jangan memaksa beli keyboard mahal bila kita masih punya banyak tanggungan penting lainnya.

Jika itu terjadi, kita bisa kok memilih keyboard dengan spesifikasi biasa untuk berlatih setiap hari. Dan yang pasti, kita tetap harus rajin mencari referensi dan membaca ulasan-ulasan keyboard agar tak salah pilih.

Semoga ulasan ini bermanfaat ya Teman. Saat semua di rumah saja, kita tetap bisa berlatih dan berkarya.

58 thoughts on “Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Pemula”

  1. Saya belum punya satu pun dari keyboard di atas, sebab memang kemampuan bermain piano saya cuma satu tangan. Maklum, besar di desa, tahunya cuma main drum tradisional, bermodalkan spatula dan panci penggorengan. Kekeke. Tapi saya sekarang senang puteri saya yang masih 3,5 tahun menyukai piano. Dia sudah mulai bisa memainkan nada-nada lagu sederhana khas anak-anak. Insya Allah jika memang dia berniat mendalaminya nanti, semoga ada rezeki, saya bisa membelikannya keyboard Yamaha PSR S770. Amiiiin

    Reply
  2. Karena belajar dah gede jd saya ga terlalu pandai main kibot ini. Jd ingat ada kawan yg jago, jd kami tinggal nyanyi2 saja .
    Tengkiyu rekomnya yaa

    Reply
  3. Wah alat musik anakku yang nomor 3 nih, sayang berhenti d i tengah jalan

    Nampaknya karena bosan, kebetulan kamar kostnya sekarang sempit, tambah deh alasan untuk ngga latihan πŸ˜€

    Reply
  4. Sewaktu kecil, saya juga dibelikan keyboard portable oleh Om saya..namun bukan merk Yamaha dan lebih mirip mainan anak anak saja. Lumayan. Paling nggak, jadi sedikit banyak bisa belajar mengenai tuts mana untuk mencapai nada yang apa. Ditambah untuk seru seruan karena memang saya kala itu masih anak anak.

    Reply
  5. Saya punya keyboard, dibeliin bapak waktu SMA dan setelah menikah saya bawa krn adik2 gak ada yg bisa main keyboard. Jadi mereka menyuruh saya utk membawanya. Tapi lupa apa nama keyboardnya

    Reply
  6. Baru tahu kalau keyboard juga ada banyak jenisnya. Nggak pernah beli keyboar sih eh tapi intinya kalau kita mau beli keyboar harus disesuaikan juga dengan kebutuhan ya Teh.

    Reply
  7. Aku dulu punya juga keyboard dari Yamaha tapi semenjak anakku berhenti les nya kami jual daripada nganggur ..hehe..Sekarang jadi tinggal piano yamaha aja yang ada.. lumayan si bungsu masih berniat belajar musik ternyata…

    Reply
    • Saya dulu berpikir piano bisa dipakai buat les keyboard atau sebaliknya ternyata berbeda yah..hehe…dasar kudet, jadi dulu itu terpaksa beli dua2anya…krn yg satu ingin les piano anak yang lain pengen les keyboard

      Reply
  8. Dulu waktu SD mau sekali punya keybord tapi apa daya saat itu keuangan belum mencukupi untuk beli kebutuhan ini. eh sekarang ponakanku mi ta dibeliin syukur bangeet baca rulisan kakak aku bisa tau mana yg baik

    Reply
  9. Yamaha keyboard memang udah nggak perlu diragukan lagi kualitasnya ya. Ada harga ada kualitas. Ternyata pilihan Yamaha keyboard ini juga beragam, bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget tentunya. Makasih infonya mbak.

    Reply
  10. Sepertinya Yamaha ini memang bagus ya kualitas alat-alat musiknya, dirumah saya punya gitar yamaha yang umurnya lebih tua dari saya πŸ˜€ tapi masih awet banget. Keyboardnya juga memang terkenal, teman saya yang suka main keyboard juga pakainya Yamaha

    Reply
  11. Wah suka kagum sama pianis-pianis terutama musisi-musisi di Indonesia. Kadang suka mikir bisa gak ya main piano kayak mereka, tapi umur udah kepala 3 dan berasa telat banget. Hehe.. Yamaha keyboard ini bagus ya mba, harganya juga mulai 4 jutaan. Juara

    Reply
    • Iya nih mbak, karena kagum sama musisi Indonesia aku jadi pengen anak-anak belajar musik dan terus beli alat musik sedari mereka kecil.

      Reply
  12. Dulu kukira piano itu cuma ada satu jenis, eh ternyata ada juga yang disebut keyboard. Sempet mengira juga keyboard PC atau laptop hehe

    Reply
  13. Lumayan nih rekomennya. Keyboard belum pernah daku pelajari, padahal kata temenku kalau mau belajar gitar harus bisa keyboard, eh daku malah bisanya gitar tapi belum bisa keyboard

    Reply
  14. Woh tadi begitu baca judulnya langsung refer ke produk Yamaha dan beneran yak ternyata semuanya andalan banget nih versi dri Yamahanya. Yang workstasion oke punya tuh bisa sekalian buat manggung πŸ˜€

    Reply
  15. Di rumah anak saya belajar pakai Yamaha PSR mbak dan memang bagus untuk si kecil mulai belajar. Kalau untuk piano bagus Kawai mbak karena tuts nya bagus dan awet banget.

    Reply
  16. Yamaha ini memang merk andal, hampir semua orang menggunakan keyboard merk ini ya, sampai ke musisi terkenal juga. Dulu pernah punya mba yang kecil gitu, punya ibu, beliau kan senang main musik. Terus dirusakin keponakanku waktu dia masih kecil, kena air gitu lah intinya.
    Sampai sekarang kami belum mampu membelikan lagi yang baru. Kasihan Ibu jadi enggak bisa memainkan musik lagi.

    Reply
  17. Waktu SMA, Alm. Bapak beliin keyboard dari teman nya.
    Tapi nggak tau merk nya apa,soalnya udah lama banget dan lagian kurang perhatiin juga.

    Ngomongin soal merk, dulu aku dan kedua adik asal main aja sih, karena beli keyboardnya bukan yang harga mahal – mahal amat.
    yang penting waktu itu beli nya bisa buat belajar nyanyi lagu daerah,dan lagu anak-anak

    Reply
  18. Yamaha dari dulu sudah terkenal dengan kualitasnya termasuk keyboard organnya, dulu pernah punya dan awet banget emang sampe bertahun2 dan dijual pun harga gak anjlok bgt hehe

    Reply
  19. Yamaha dari dulu emang terkenal banget, ya, Teh Okti? Dari jaman aku masih anak-anak, kalo lihat keyboard pasti merknya yang satu ini, terutama waktu masih tinggal di Medan, kebetulan tetangga sebelah rumah tuh pemusik, dan keyboardnya itu merk ini. Dan udah kayak sales Yamaha dia tuh, mempromosinya to the max! Haha.
    Makanya baca ini, langsung teringat dia, deh!

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: