Resep Racikan Memperkuat Imun Tubuh

Resep Racikan ini Dipercaya Memperkuat Imun Tubuh

 

Resep Sehat, Santapan Hangat Lawan Flu Saat Musim Virus Corona

Saat diberlakukannya social distancing sebaiknya masakan rumah yang dikonsumsi keluarga. Selain kebersihannya terjaga juga membuat keluarga semakin betah dan kebersamaan yang terjalin akan diingat sepanjang masa. Masakan seperti apa yang cocok saat musim corona? Chi thang adalah salah satunya.

Sedih ya gara-gara virus corona kondisi kita jungkir balik semua berubah. Flu, demam, sakit tenggorokan dan sesak dafas jadi sesuatu yang menakutkan dan saling mencurigai. Kalau bisa menawar, jangan sampai kena sakit flu batuk apalagi demam. Kalau enggak, bisa dinyinyirin tetangga, atau disuruh isolasi mandiri. Bawaannya selalu dicurigai.

Contohnya keluarga saya sendiri. Tapi kami tersenyum saja menghadapi semua hujatan dan nyinyirnya netizen yang maha benar. Kami hanya bisa berdoa semoga kami diberi kekuatan dan flu batuk serta demam yang menimpa keluarga segera sirna.

Di tempat saya Cianjur Selatan, masih musim hujan. Pagi-pagi cerah, abis duhur mendung hujan pun turun. Begitu hampir setiap hari. Kecuali kalau ada yang hajat atau perayaan Isra Miraj. Orang bilang disarang. Entahlah bagaimana kejadian sebenarnya.

Saat sering hujan seperti ini, biasanya daya tahan tubuh kita banyak yang menurun. Hal ini menjadikan kita lebih rentan terkena penyakit flu. Kami sudah beberapa kali kena flu sepanjang bulna Februari dan Maret 2020 ini. Tapi Alhamdulillah tidak bertahan lama. Dua hari ke tiganya, biasanya flu mereda.

Saat flu hinggap di badan kita, biasanya meriang dan hidung meler. Bawaannya kalau saya sih pengen bakso panas yang pedas, hehehe. Tapi tentu saja tidak sering. Kalaupun mau, siasati dengan santapan yang lebih menyehatkan. Seperti apa?

Disukai atau tidak, saya selalu bikin chi thang atau sup ayam. Begitu juga untuk ibu saya yang seminggu ini tidak enak badan. Bos saya di Taiwan yang sangat memperhatikan soal makanan sehat selalu menyarankan, supaya badan kita tetap sehat, daya tahan tubuh lebih kuat dan badan terasa hangat, sehingga bisa terhindar dari penyakit, salah satu makanan –yang mereka percayai– dapat mengatasi penyakit flu ialah chi thang atau sup ayam ini.

Kebetulan saat saya cari referensi, menemukan Informasi dari Good Food, Kamis, 2 Januari 2020, dimana menurut Dr. Stephen Rennard, ahli paru dari Nebraska Medical Center, dijelaskan jika sup ayam dapat membantu meringankan gejala flu dan mengurasi sumbatan lendir di hidung. Itu kata ahlinya lho ya.

Sup ayam yang memiliki kandungan air dapat membantu kita terhindar dari dehidrasi. Bayangkan deh nikmatnya menyeruput sup ayam saat badan meriang. Pasti lebih sedap. Apalagi kalau disajikannya saat masih hangat dengan pedas sesuai level yang diinginkan.

Bagaimana cara bikin sup ayam atau chi thang ala majikan saya di Taiwan? Sudah saya tulis disini resepnya ya.

Hanya saat ini kan banyak diberitakan kalau empon-empon dipercaya bisa mencegah kita terkena virus corona. Jadi saya pun menyiasatinya menyesuaikan dengan kondisi. Sup ayam resep biasa itu, saya kasih jahe dan bawang putih. Sesuaikan saja dengan selera masing-masing ya.

Hasilnya? Sup saat diminum terasa lebih menyengat. Daging ayam yang biasanya gurih kini terasa lebih ke seperti chicken hainan. Mungkin karena campuran rempah itu kali ya.

Sup ayam plus jahe dan bawang putih

Pengalaman saya sih sudah sering saat gejala flu terasa, langsung bikin dan seruput chi thang ala-ala ini dan hasilnya not bad. Mungkin keluarga kami cocok minum sup ini ya. Jadi terasa ada khasiatnya.

Comments

  1. Sup ayam memang pas banget disajikan saat musim hujan seperti ini, apalagi ditambah rempah ya, mbak? Pasti sensasi hangat nya terasa banget.. membantu pemulihan badan saat sakit juga

  2. dulu waktu masih di Malaysia saya disuruh minum chicken brand yang rasanya kayak kaldu tapi ngga enak

    sekarang lebih suka makan sup ayam panas panas, minum vit C atau theragram aja lebih menyenangkan

  3. Aku belum pernah nyoba sup chi thang ini Teh.
    Tapi sup ayam memang selalu saya jadikan menu ketika ada keluarga yang kena flu. Dan bener banget ya Teh, sekarang orang flu menjadi tersangka. Semoga lekas sehat semuanyaa

  4. Kalau sup ayam plus jahe rasanya gak agak pedes jahe gitu ta mba?
    Aku pengen nyoba bikin. Supaya daya tahan tubuh lebih bagus 🙂

  5. Kabitaaa..
    Mau coba ah, saya biasanya masak chicken soup, sup iga dan semacamnya kalo lagi ngga enak badan
    Tambah menu baru deh

  6. WUaduuuhh endeus banget itu supnyaaaa
    Sekarang kami rutin bikin ramuan jamu, terdiri dari: jahe, kencur, sereh, dll, dicampur. Suegerrrr dan menyehatkan.
    Semoga wabah corona segera hengkang yaaaa

  7. wah sup ayam bumbu jahe
    enak banget itu bikin anget dan meningkatkan daya tahan tubuh
    terima kasih resepnya teh

  8. Oh chi tang ini sama dengan sup ayam ya. Well saya juga suka makan sup ayam apalagi dalam kondisi hujan gitu. Selain nikmat bisa menghangatkan tubuh juga ya

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: