Membawa Balita Naik Gunung? Kenapa Tidak? Ini Kiatnya!

Membawa Balita Naik Gunung? Kenapa Tidak? Ini Kiatnya! Baru saja posting sebagian foto mendaki gunung tertinggi di Jawa Tengah bareng Fahmi di media sosial, sudah banyak yang berkomentar baru kemarin dari Gunung Purba Nglanggeran Gunung Kidul Yogyakarta, kok sekarang sudah bisa mendaki Gunung Slamet sembari bawa balita? Apa tidak capek dan rempong? Capek ya pasti, tapi tetap dinikmati sebagai risiko dari kemauan yang bisa dibilang mungkin cukup nyeleneh ini. Perjalanan Cianjur – Yogyakarta pulang pergi, dilanjut Cianjur Jakarta – Purbalingga {Read More}

Curug Ngebul: Wisata Tersembunyi di Perbatasan Cianjur Bandung

Curug Ngebul: Wisata Tersembunyi di Perbatasan Cianjur Bandung Jauh banget! Jalannya nanjak dengan kontur bolak-belok naik-turun. Meski sebagian sudah dicor warga, namun karena licin dan kendaraan tidak bisa naik, akhirnya memilih turun untuk berjalan kaki. Sumpah, treking ke curug (air terjun) ini kaya mau ke kota Varis Van Java alias Bandung saja! Maksudnya, waktu untuk perjalanannya aja dari rumah sampai lokasi itu sekitar 2 jam. Ya, 2 jam kendaraan kan itu jarak Cianjur ke Bandung. Lah ini, dua jam masih {Read More}

Wisata Baru Candi Tridharma di Cianjur

Wisata Baru Candi Tridharma di Cianjur Ternyata selain Situs Megalitikum Gunung Padang yang terkenal dengan undakan-undakan batu alamnya, di Cianjur juga ada sebuah candi, lho! Mumpung masih liburan, akhirnya saya berhasil memaksa mantan pacar dan buah hati untuk berpetualang ke daerah Cipanas, Cianjur. Ada apa di sana? Yang pasti ada Ahad Wisata ala-ala kami si Keluarga Petualang, dong! Sudah sejak beberapa bulan lalu, pertama lihat ada yang posting foto di sebuah candi dan menginformasikan kalau lokasi candi itu berada di {Read More}

Japlak, Kuliner Khas dari Cibadak

Japlak, Kuliner Khas dari Cibadak Tahu “japlak”? Sepertinya tidak banyak yang tahu. Bukan seblak lho ya… Kalau seblak, pasti sudah pada ngeh lah ya dengan cemilan favorit berasal dari Bandung itu. Ini namanya Japlak. Hayo… coba tebak makanan kaya apa? Tahu Cibadak? Ayo, kira-kira berada dimana nih daerah Cibadak ini? Buat yang suka bepergian dengan kereta api, pasti pernah dengar stasiun kereta api Cibadak? Nah ayo coba di daerah mana tuh? Yup! Cibadak adalah salah satu nama Kecamatan di daerah {Read More}

Mengejar Piknik

Minggu 27 September 2015 suami harus ke Bandung ada workshop yang diselenggarakan IGI (Ikatan Guru Indonesia). Aku segera mempersiapkan diri untuk ikut bersama Fahmi, anak kami. Bukan ikut acara workshopnya, melainkan ikut jalannya. Kami mau piknik ke Bandung! Kami tinggal di pelosok Cianjur. Dengan jalan berbatu dan berubah menjadi kubangan jika musim hujan. Jarak ke kota Cianjur sekitar 3 jam kendaraan. Kampungku di perkebunan teh, sawah, dan sisanya perkebunan palawija. Suamiku bekerja sebagai guru honorer. Dengan penghasilan sangat minim maka {Read More}

Bekpekeran Asal: Modal Kenalan dan Kenekatan

Bekpekeran Asal: Modal Kenalan dan Kenekatan Definisi bekpeker yang sebenarnya aku sendiri tidak tahu pasti. Yang aku tahu dan sudah kualami adalah bepergian untuk jalan-jalan itu ternyata tidak selalu identik dengan biaya mahal. Kita bisa jalan sendiri tanpa bantuan agen wisata dengan biaya minimal namun kita dapat menikmati perjalanannya secara maksimal. Meski dulu dianggap orang kere alias tidak punya cukup biaya untuk berwisata, siapa sangka kini bekpeker justru menjadi trend dan gaya hidup orang kota. Tidak mustahil itu terjadi karena {Read More}