Tips Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Begini Cara Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Bertepatan dengan Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh pada tanggal 28 Mei, PT Mundipharma Indonesia selaku pemilik lisensi Betadine di Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (promkes.kemkes) dari Kementerian Kesehatan dalam hal ini program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) beserta Mom Blogger Community (MBC) mengadakan webinar live on zoom dan YouTube Betadine Indonesia membahas tentang Sehat dan Bersih Saat Menstruasi.

Haid, datang bulan, atau menstruasi adalah proses keluarnya darah selama beberapa hari dari organ kewanitaan yang menandakan seorang perempuan sudah siap untuk bereproduksi atau memiliki keturunan.

Kesadaran perempuan Indonesia dalam menjaga kebersihan selama periode menstruasi masih sangat rendah. Masih ada anak perempuan yang tidak tahu bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Masih ada anak perempuan yang tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti pembalut.

Peran orang tua dalam hal ini khususnya seorang ibu yang seharusnya bisa menyampaikan informasi seputar kesehatan keseharian saat menstruasi terhadap anak perempuan. Bukan berarti peran bapak tidak diperlukan. Karena sejatinya ilmu ini bisa dikuasai oleh siapa saja. Hanya karena sesama jiwa perempuan jadi si anak perempuan merasa memiliki kedekatan sehingga bisa lebih leluasa dalam berdiskusi dan bertukar informasi terhadap sosok ibu.

Dalam masyarakat sendiri seolah sudah terdoktrin kalau tugas orang tua, dalam hal ini sosok ibu yang lebih dominan dalam menyampaikan kembali informasi seputar menstruasi terhadap putri tercinta.

Meski sebagian pihak masih merasa tabu untuk membicarakan soal yang dianggap sensitif, atau dianggap “tidak untuk dibawah umur” yang padahal semua itu hanya karena kurangnya pengetahuan sang ibu, sehingga bingung untuk memulai darimana untuk menjelaskan kepada anak perempuannya. Itu yang biasanya membuat anak remaja jadi ragu dan kadang salah paham.

Padahal, efek dari tidak sejak dini membicarakan seputar menstruasi dengan anak bisa menimbulkan emosi negatif seperti rasa ketakutan, kecemasan, malu, ketidaksiapan anak saat menghadapi masa haid, dan bisa menimbulkan kesalahpahaman tentang informasi seputar datang bulan.

Tapi sebaliknya, jika dibicarakan sedini mungkin, insyaallah kesehatan reproduksi anak akan terpantau lebih baik, anak jadi waspada dengan hubungan seksual, mengurangi resiko permasalahan mental seksualitas, ditambah relasi ibu dan anak pun bisa jadi lebih dekat.

Karena peran ibu sangat dominan ini, maka diharapkan ibu sendiri dapat membekali diri dengan pemahaman yang tepat tentang menstruasi, sekaligus belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan anak perempuan tentang menstruasi. Tidak hanya kepada anak perempuan, anak laki-laki pun ada baiknya diberikan informasi seputar menstruasi supaya ia lebih menghargai dan memahami perempuan.

Anak laki-laki juga perlu paham kalau haid, datang bulan atau istilah lainnya menstruasi adalah proses keluarnya darah selama beberapa hari dari organ kewanitaan yang menandakan seorang perempuan sudah siap bereproduksi.

Jadi bagaimana cara sehat dan bersih saat menstruasi?

  1. Gunakan pembalut yang nyaman. Tampon bukan hal yang dianjurkan untuk haid sebagaimana disampaikan Prof. Dr. dr. Dwiyana SpOG(k), MPH. Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukkan ke dalam kantong plastik
  2. Buang pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah
  3. Kalau pakai pembalut cuci ulang pastikan cuci pembalut sesegera mungkin setelah digunakan lalu keringkan dengan benar
  4. Pemakaian pembalut sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali atau kurang
  5. Membersihkan diri (mandi) secara rutin
  6. Tidak lupa cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut
  7. Arah membersihkan daerah kewanitaan dari depan ke belakang (dari arah vagina ke anus)
  8. Bila menggunakan cairan pembersih daerah kewanitaan pastikan pH nya sesuai dengan pH normal daerah kewanitaan

Jika kita abai dengan kebersihan daerah kewanitaan bisa menimbulkan:

  • Vaginitis atau Vaginal infection (infeksi vagina)
  • Kandidosis Vulvovaginalis atau infeksi saluran reproduksi wanita yang disebabkan jamur Candida albicons
  • Vaginosis Bakterialis yang menyebabkan keputihan dan gatal
  • Meningkatkan risiko kanker serviks

 

Pembalut dan kanker serviks

Ada yang bilang penggunaan pembalut sekali pakai yang mengubah cairan menjadi gel bisa menyebabkan kanker. Itu tidak benar. Karena sampai detik ini belum ada keterangan ilmiah yang bisa membuktikan hal itu.

Kanker serviks sebenarnya bisa kita cegah. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi, vaksin infeksi human papillomavirus (HPV), dan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) atau tes menguji keberadaan sel pra-kanker atau kanker pada serviks yang disebut Pap Smear.

Betadine Feminine Care

Untuk perawatan area kewanitaan, Betadine memiliki rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan terutama saat perempuan mengalami masa menstruasi. Kita tinggal pilih #YangIdeal dari Betadine Feminine Care

Daily Protection:

Betadine Feminine Wash Foam

Betadine Feminine Wash Natural

Red Daily:

Betadine Feminine Hygiene

Infection:

Betadine Vaginal Douche

On the Go/Traveling Essentials:

Betadine Feminine Wipes

Dengan harga cukup terjangkau kita bisa mendapatkannya di toko dan minimarket terdekat atau membeli secara online di e-commerce terpercaya seperti Shopee dan Tokopedia

 

Paduan suara virtual
Anak kelas 5 dari SD Pembangunan Jaya
Membawakan tiga buah lagu: Lagu Nasional, lagu daerah dan lagu barat sebelum acara webinar dimulai

Comments

  1. aku kemaren nyobain pake betadine hygiene. Awal yang bagus sih untuk aku menjaga kebersihan organ kewanitaan. mbak sendiri udah pake belom?

  2. aku kemaren nyobain pake betadine hygiene. Awal yang bagus sih untuk aku menjaga kebersihan organ kewanitaan. mbak sendiri udah pake belom? kalo belom yuk pake juga

  3. Informasi penting bagi para ibu yang punya anak perempuan, terlebih ibu baru yang sulungnya perempuan kayak saya. Baru tahu Betadine ada produk baru khusus untuk memmbersihkan area Miss V.

  4. Zaman dulu informasi engga seperti sekarang ya. Jadi dulu engga tahu kalau harus sering ganti pembalut kalau lagi haid. Jadi aja pakai seharian…duh…
    Bagus sekarang ada Betadine Feminine Care, ada banyak pilihan juga.

  5. Alhamdullilah edukasi organ kewanitaan semakin gencar ya?
    Dulu mah dianggap tabu, akibat nya perempuan gak bisa merawat organ intimnya secara benar

  6. Kesehatan reproduksi dan perawatan maksimal dibutuhkan agar senantiasa sehat, jika sehat keluarga senang dan bahagia bisa beraktifitas normal

  7. Kanker serviks banyak merenggut nyawa manusia nih. Inilah yang bikin harus ajarin bersihin dari menstruasi

  8. Webinar dengan teman yang menarik nih. Bisa mengedukasi orang tua untuk lebih peduli dan memberi tahu pada anak perempuannyanya cara yang benar dalam membersihkan organ intim terutama saat menstruasi apalagi sekarang juga sudah ada betadine hygiene.

  9. Ngeri banget kalo sampai kena kaknker serviks hanya gara-gara kurang menjaga kebersihan di saat menstruasi. Mending bebersih sebersih-bersihnya daripada kena penyakit deh. Penting banget untuk mengajari anak-anak perempuan sejak dini.

  10. Fenni Bungsu says

    Pemahaman seputar menstruasi bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan, karena itu adalah hal normal yang terjadi pada kaum hawa. Malah dengan mengetahuinya bisa lebih mengerti kondisi si perempuan nya ya Teh

  11. Kebersihan alat reproduksi selama dan sesudah menstruasi harus terjaga ya. Untung ada betadine yg mengeluarkan produknya. Tetapi ilmu tentang apa yang harus, boleh, dan tidak dilakukan oleh wanita yg sedang menstruasi, ilmunya harus didapat anak pra remaja sebelum mereka mengalami menstruasi pertama ya, Teh.

  12. Berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan untuk anak-anak sekolah menengah (SMP dan SMA). Supaya mereka lebih paham tentang apa dan bagaimana menangani menstruasi. Pastinya bermanfaat banget untuk mereka.

  13. Ilmu baru banget nih kalo betadine bisa jadi perawatan kewanitaan. Dulu cowok kalo ngomongin menstruasi tuh kesannya tabu ya, kalo sekarang harus tahu biar bisa lebih memahami perempuan

  14. Tips sehat dan bersih saat menstruasi dari teh Okti perlu sekali diketahui dan dipraktekkan.
    Edukasi tentang manajemen kebersihan menstruasi wajib diberikan sejak dini agar lebih awal tahu, demi kesehatan area kewanitaan ya.

  15. tips sehat dan bersih ini sangat penting untuk diketahui ya teh
    biar setiap perempuan yang menstruasi bisa tetap menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi

  16. Mengikuti webinar betadine memang sangat membantu para ibu untuk menyampaikan tentang mestruasi kepada anak perempuannya, jadi sekarang tidak tabu lagi ya

  17. Aku masih haus nih ilmu akan kesehatan dan kebersihan menstruasi Teh, kemarin banyak banget tapi terkendala waktu ya.

  18. Tercerahkan buangettt setelah baca blogpost ini!
    Memang masalah menstruasi tuh kerap dianggapn sebagai sesuatu yg tabu.
    padahal anak (baik cewek maupun cowok) harus teredukasi mengenai hal ini ya.
    Syukurlah ada webinar yg sarat faedah

  19. kelihatan sepele padahal penting banget kesehatan reproduksi tuh ya mba 🙂 untungnya ada banyak yang share pentingnya hal seperti ini ya

  20. kelihatan sepele padahal penting banget kesehatan reproduksi tuh ya mba 🙂 untungnya ada banyak yang share pentingnya hal seperti ini ya

  21. pembersih kewanitaan dr betadine banyak jg ya jenisnya, menarik untuk dibawain ke “dompet kewanitaan” anak2 nih

  22. Bersyukur ku bisa ikut acara keren inj..jadi punya banyak bahan utk ikut edukasi menstruasi ke anak2 remaja..

  23. Minimal ganti sekali dalam 4 jam yah mom, hal ini memang gak boleh disepelekan mengingat ada risiko fatal yg bisa dialami perempuan saat gak membersihkan dgn benar

  24. bener bangeet mba.. the sooner we know about the proper handling of menstruation the better. Aku juga mengajarkan anak gadisku nih

  25. Membahas menstruasi memang gak sebatas tentang cara pemakaian pembalut. Tetapi, banyak yang harus dibahas karena berkaitan dengan kesehatan. Makanya penting banget bagi remaja putri untuk tau. Syukur-syukur kalau tau informasi yang tepatnya dari ibu

  26. mbaa aku setuju banget, wawasan ini perlu disampaikan kepada perempuan dan laki2. masuk bagian sex education ga sih harusnya? soalnya udah berkaitan ama alat reproduksi gitu. dan ngobrolinnya ya santai ajaa gitu.. ga usah kaku.

  27. Alhamdulilllah bisa ikut acara keren ini ya Teh… Acaranya menarik dan banyak ilmu dan insight baru nih…

  28. Jadi isu pembalut yang pakai gel bisa menyebabkan kanker nggak bener, ya, Mbak. Beberapa waktu lalu sempat heboh, ya. Banyak yang takut juga dan akhirnya ganti pembalut.

  29. Aku termasuk terbuka soal menstruasi ke anak. Dan ini edukasi yang sedihnya kadang terabaikan. Dengan edukasi ke anak misalnya penggantian pembalut jadinya ini bagus untuk kesehatan anak perempuan pastinya

  30. Aku termasuk terbuka soal menstruasi ke anak. Dan ini edukasi yang sedihnya kadang terabaikan. Dengan edukasi ke anak misalnya penggantian pembalut jadinya ini bagus untuk kesehatan anak perempuan pastinya ya

  31. Kadang aku males banget teh ganti wkwkwk karena kalo mau selesai kan nggak ada darahnya gitu ya
    padahal tetep aja kudu ganti biar sehat dan aaman

  32. Aku termasuk terbuka soal menstruasi ke anak. Dan ini edukasi yang sedihnya kadang terabaikan. Dengan edukasi ke anak misalnya penggantian pembalut jadinya ini bagus untuk kesehatan anak perempuan pastinya ya 🙂

  33. kebersihan organ intim ditentukan juga disaat qt bisa menjaga kebersihan saat pas menstruasi. Dari luar tentunya dgn membersihkan rutin organ intim, klo dr dalam saya biasa meminum jamu-jamu

  34. Webinarnya bagus sekali. Memberi insight gmn nanti aku bisa mengajari anakku pada saat mempersiapkannya memasuki masa remaja yg mengalami menstruasi.
    Aku paling suka produk Betadine yang wash foam itu mbak, menurutku lbh hemat walau agak pricey, sayangnya msh susah ditemui kalau gk ke apotek besar atau beli di MP. Jd kalau keabisan aku pakai produknya yang liquid sirih itu.

  35. Jadi ingat zaman dulu pakai tampon yaa, teh..
    Aku diceritain Ibuku, asa serem gitu… Jadi kalau anak dulu gak mau berangkat sekolah, masih wajar, karena pembalutnya aja bikin was-was.
    Kalau zaman sekarang, sudah ada edukasi yang masif mengenai kesehatan organ intim begini, semoga bisa membantu banyak pihak agar semakin menjaga kesehatan dan tetap nyaman walau sedang mens.

  36. Anakku laki tapi sejak kecil ku jelaskan tentang haid. Dia kan penasaran kok aku enggak solat, nanti dikira ga mau solat. Alhamdulillah dia paham.
    Anak laki aja perlu tahu apalagi anak perempuan yang bakal mengalaminya.

  37. Aku pakai nih betadine feminime hygine yang foam, enak dipakainya dan foamnya juga lembut.

  38. Aku udah nyobain yang Betadine wash foam, Teh. Enak banget lho after usage-nya. Ketika dibasuhkan pun berasa lembuuuuttt… Penting nih mengajarkan kebersihan di saat menstruasi kepada anak kita. Aku udah mengalami sendiri ketika mengajarkan hal ini kepada anak sulungku. Waktu itu dia masih kelas 4 atau 5 SD, udah pengin tau tentang menstruasi. Alhamdulillah bisa memberikan sedikit informasi kepadanya. Cukup bermanfaat ketika dia mendapat haid pertama di pondok waktu kelas 1 SMP.

  39. saya jadi penasaran nih kenapa tampon tidak disarankan ya buat haid? memang sih kadang para ibu suka riskan ya membahas perihal menstruasi ini kepada anaknya. padahal hal tersebut wajib dilakukan biar anak nggak bingung pas haid nanti

  40. Penting sekali mengedukasi semua perihal menstruasi ini ya…Apalagi anak perempuan yang mengalaminya. Dan setuju jika kita perlu menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi, melakukan vaksin infeksi human papillomavirus (HPV), dan menjalani Pap Smear secara rutin

  41. sangat senang dengan Betadine ini aku teh
    produknya super lengkap untuk membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan

  42. Zaman sekarang, membicarakan menstruasi bukan hal tabu bagi anak2 yang baru mengalaminya. Lucunya, kalau temannya sudah dapat, dia belum, kayaknya dia pengen. He he …. Terima kasih, Mbak Okti.

  43. Penting banget ya untuk mengganti pembalut tiap 4 jam. Nggak boleh malas, walaupun nggak banyak darah yg keluar tapi tetep harus ganti. Demi2 menjaga kesehatan ya, Mbak..

  44. Edukasi pendidikan tentang menstruasi memang penting banget ya Mam. Untung sekarang sumber informasi ada banyak, yang penting kita bisa memilih info yang valid dan menguasai agar ngga panik saat anak bertanya

  45. Edukasi pendidikan tentang menstruasi memang penting banget ya Mam. Untung sekarang sumber informasi ada banyak, yang penting kita bisa memilih info yang valid dan menguasai agar ngga panik saat anak bertanya, hehehe

  46. Gara-gara ikut webinar ini jadi seriusan mau beli Betadine Feminine Wash. Penuh ilmu jg webinarnya

  47. bersih dan sehat saat menstruasi ini sangat penting banget ya, mbak. Apa lagi diajarkan pada anak2, supaya mereka juga tidak mencari informasi dari luar

  48. aku juga tecerahkan dengan webinar ini mbak kemarin, dan jadi penasran dengan sabun betadine femine washnya hehe.

  49. Aku ikut webinar ini juga mbak, tercerahkan banget dengan materi-materinya. Banyak fakta menarik yang bikin tercengang juga, hehe.. Dan makin paham mulai dari saat ini sampe nanti suatu hari jadi ibu memang kudu terus membekali diri dengan ilmu yang sangat cukup.

  50. Peran orangtua saat menjelaskan apa itu menstruasi dan hal-hal yang menyertainya ini, penting banget yaah.. Edukasi yang lengkap sekali Webinar bersama Betadine ini.

  51. Penting banget ini, teh Okti. Karena selama ini kita tahunya ya gitu2 aja ternyata banyak yang harus diperhatikan saat menstruasi ini. Anak gadis harus tahu dari ibu sbg sumber informasi utama.

  52. Info penting banget nih teh. Buat bekal ibu ke anak2 perempuannya. Juga buat semua wanita yg mungkin blm banyak tahu tentang hal ini secara mendalam. Termasuk menggunakan pembersih untuk area kewanitaan dengan betadine hygiene. Saya mau coba ah.

  53. Edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi ini penting diajarkan pada remaja yang baru menstruasi ya agar mereka juga dapat meneruskannya kepada generasi selanjutnya

  54. Bagus banget edukasi kesehata menstruasi. Bisa diinfokan juga ke anak dan teman2nya. Terima kasih

  55. Bersih Dan sehat saat menstruasi memang sangat penting sekali ya mbak. Webinar yang super duper keren banget ya mbak menambah pengetahuan baru nih

  56. Anak perempuan dan laki-laki sama-sama mesti diedukasi soal siklus haid ini ya teh. Anak perempuan gunanya untuk persiapan kalau mereka mengalami sendiri. Sedangkan anak laki-laki untuk melindungi temannya dan tidak membully jika ada yang sedang masuk masa menstruasi

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: