Kisah Baju Koko Sang Belahan Jiwa

Kisah Baju Koko Sang Belahan Jiwa

Makemak, buibu…Sebagai ibu negara istri yang baik apakah sudah mengecek perlengkapan untuk lebaran bapak negara mantan pacar alias pak suami?

Iya dong… jangan cuma pintar ngatur terima dan belanja keuangan rumah tangga saja, pintar pilih gamis syahrini, jilbab pocong dari negeri jiran, sendal dan tas buat bergaya sendiri saja, tapi juga perhatikan keperluan pangeran dan raja Wakanda eh, anak dan mantan pacar, alias pak suami maksudnya.

Apalagi biasanya nih kaum laki-laki suami suka cuek gitu sama fashion. Mantan pacar saya ini mungkin salah satunya. Kalau saya gak gebrak-gebrak dia (meja kali ya digebrak) gak bakalan ngeh lebaran nanti mau pakai baju yang mana. Buat dia yang menganut faham ibadah itu harus dengan pakaian bersih dan suci tidak mempermasalahkan bajunya baru atau tidak. Yang penting bersih dari najis. Soal pakaian atau sarung dan sendalnya produksi tahun mana gak masalah. Dia mah gitu orangnya…

Termasuk tahun ini.

“Yah, beli baju koko raja wakanda ya?”
Suami ngahuleng. Mengernyitkan dahinya.

“Baju koko yang lagi ngetrend sekarang itu loh… Baju koko Black Panther ‘raja Wakanda’ yang lagi buming saat Ramadan ini…”

Mantan pacarku gak respek sama sekali. Fokus tetep ke buku raport yang lagi nyicil diisinya.

“Gara-gara aktor Chadwick Boseman pemeran dalam film Black Panther, yang mulai tayang 29 Januari 2018 lalu itu memakai pakaian dengan bordel mirip baju koko, maka jenis baju itu kini jadi ngetren. Di Tanah Abang saja katanya sudah kehabisan stok loh…”

Suami tetep anteng. Yang respon malah juniornya, Fahmi.

“Bu, Ami mau baju pinter. Mau ya Bu?” baju koko Black Panther dibilangnya “baju pinter”, dasar bocah.

Sejak film Black Panther dirilis Februari 2018 lalu di Indonesia, trend baju yang dipakai oleh karakter raja Wakanda, T’Challa alias si Chadwick Boseman ini sudah banyak dikaitkan warganet dengan baju koko. Biasalah di Indonesia. Orangnya super kreatif dan pandai cari peluang. Kostum yang dikenakan pemeran dalam film Black Panther pun dijadikan inspirasi.

Produsen baju koko pandai mencari ide dari tontonan atau model pakaian yang sering dipakai oleh aktor/aktris populer yang diputar di televisi.

Beneran itu terjadi. Jelang Ramadan ini baju koko Black Panther jadi fashion ngetren. Semua orang tahu apalagi sudah masuk berita televisi. Mungkin hanya pak suamiku saja yang gak ngeh. Atau emang diamah orangnya gak mau tahu soal remeh temeh kayak gitu…?

Dan saya sebagai istrinya gak mau saat lebaran nanti dia pakai baju koko tahun lalu, meski suami gak mempermasalahkan itu, tapi tetangga pasti ribut. Bukan berburuk sangka. Tapi halah… tahu sendiri sifat tetangga kaya apa. Pakai baju baru diomongin. Gak pakai baju baru apalagi. Sudah diomongin ditambah diledekin pula. Kasihan gak kebeli baju. Tuh kan siapa yang malu kalo gitu?

“Jadi beli baju koko nya kapan? Ntar siang aja ya? Mumpung libur?” paksa saya.

“Ya terserahlah…” katanya tetap cuek.

Tidak dimana-dimana. Mau di kota mau di desa saat Ramadan datang dan Lebaran menjelang, semua berburu kebutuhan akan baju baru. Ini jadi ajang mendulang uang bagi pengusaha konveksi atau bisnis penjualnya.

Meski barang tren itu belum sampai di desa, kini dengan sistem belanja online wong ndeso pun bisa ikut mendapatkan produk terbaru. Termasuk baju koko Black Panther ini. Meski diberitakan stok di toko-toko sudah kosong orang gak kehabisan akal. Berburu mencari barang secara online pun jadi pilihan.

Namun tidak bagi kami. Dalam beli pakaian, saya dan suami sepakat kalau tidak terpaksa-terpaksa amat tidak pernah membeli secara online. Selain ukuran dan bahan tidak bisa kami prediksi dengan real. Juga bagi kami memang lebih nyaman membeli kain dan menjahit nya di tetangga. Selain ukuran bakal lebih nyaman, bahan sudah sesuai dengan keinginan juga secara tidak langsung kami sudah ikut membantu perekonomian tetangga para penjahit.

Meski penjahit desa, jangan dikira tidak update loh ya. Siapa kira kalau tetangga saya yang berprofesi sebagai penjahit dia malah sudah tahu terkait bumingnya baju koko Black Phanter ini. Ia sudah tahu jenis dan model pakaian yang bakal populer saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

Bordiran yang bisa kita lihat pada baju yang dipakai oleh T’Challa dalam film Black Panther itu, dimata para penjahit sudah bisa diterawang bakal in di bulan Ramadan karena motifnya mirip dengan motif bordir yang sering muncul dalam baju koko.

Eh saya juga malah baru tahu info nya kalau menurut penjahit ini baju koko itu baju turunan dari baju terusan tokoh Nehru. Hanya kerah yang dipakai mengacu pada gaya model baju tionghoa.

Kerah yang dipakai pada baju Nehru kalau di istilah dunia jahit menjahit itu disebut mandarin collar.

Hem… mungkin istilah baju koko ini berasal dari istilah “Ge ge” (bahasa Mandarin yang dilidah dibaca jadi koko) yang artinya kakak laki-laki.

Dalam kenyataannya, baju koko yang kebanyakan sudah ada di pasaran dan ditujukan untuk kaum adam ini memang sering menampilkan gaya bordir. Jadi gak salah kalau para produsen memirip-miripkannya dengan kosrum Black Panther sehingga baju ini jadi trend.

Tapi buat pakbapak mas-mas om dan akang yang tidak terlalu tertarik dengan baju koko Black Panther, jangan berkecil hati. Kalian masih banyak teman. Suami saya ini salah satunya. Dia sama sekali tidak tertarik dengan model baju koko Black Panther ini.

Ketika berhasil ngajak dia ke penjual baju, yang dipilihnya keukeuh baju koko biasa dengan model yang simple dan warna yang lumrah: putih.

Baju koko pilihan suami

Saya sih bersyukur saja. Alhamdulillah mantan pacar sudah mau menyiapkan baju (baru) untuk merayakan Hari Kemenangan meski bajunya koko biasa, bukan baju koko Black Panther yang lagi in itu.

Ya ini lebih baik daripada tidak beli baju sama sekali. Atau misalkan dia lebih tertarik dengan baju koko Thanos? (Emang ada?) hahaha… siapa tahu kedepannya bakal ada juga baju koko Thanos, kan?

#ngikikbersama

Baju koko model kekinian Sumber https://mobile.twitter.com/zulfikar11_/status/992778832212996098/photo/1 

Comments

  1. Mau nyari ah di Bekasi, kali aja ada baju Koko wakanda ambih henteu ngahuleng di mesjid

  2. Hehehhe ngakak mbak baca ulasannya. Apalagi pas anaknya minta “baju pinter”
    Beneran, ngakak online saya, eh ada pog ngakak online? Entahlah.
    Tapi sharingnya lucu dan keren abis, yang jadi pertanyaan saya adalah “Apakah memang laki2 secuek itu soal penampilan?”
    Maklumlah mba, jomblo bertanya2 karena penasaran hehehe

  3. Innova Carolina says:

    saya ngga ngerayain lebaran jadi ga kerasa gaungnya. apalagi beli baju baru memang bisa dihitung pake jari. btw baju wakanda ini baru tau saya bentuknya setelah baca artikel ini

  4. Baju kokonya mengikuti perkembangan jaman ya, kekinian banget.

  5. ya ampun gemas banget itu baju koko superheroes.. jadi bisa kembaran juga ya sama anak.. ini kalau anak aku liat pasti minta deh hihihi

  6. Kemarin ada teman saya juga yang cari baju koko Black Panther ini, benar-benar buming ini baju koko yang satu ini, tapi saya pribadi nggak tertarik karena malas nanti bajunya kembaran dengan banyak orang. hehehe

  7. inilah bukti kalau orang indonesia itu kreatif-kreatif, semua bisa dijadikan tren

  8. kira-kira di Bekasi ada ga yah? kalau ada pasti Haidar minta yang iron man

  9. Ciyus… Aku baru ngeh sama baju koko Black Panther . Hla paksu ku ggsuka pakai koko sih…heheh

  10. Alhamdulillah. Untuk urusan baju koko, biasanya dapat ‘jatah’ dari pesantren. Jadi tak usah repot-repot beli, teh. Plus baju koko seragam tentu saja. Hahaha…

    Salam
    @nuzululpunya

  11. Alhamdulillah. Untuk urusan baju koko, biasanya dapat ‘jatah’ dari pesantren. Jadi tak usah repot-repot beli, teh. Plus baju koko seragam tentu saja. Hahaha…

    Salam
    @nuzululpunya

  12. Suamiku seneng pake Koko..tapi gak warna warni gitu..he2, enak dipandang lah…

  13. suami saya seneng pakai koko juga tapi seneng warna – warna gelap seperti hitam, navy, gitu

  14. Iyaaa baju koko zamannow ada2 aja ya motif dan desainnya. Tapi sesekali boleh juga sih para lelaki bergaya. Masak gamis tiap tahun model2nya macam2 koko gitu2 aja. Tapi masalahnya itu bapak2 pada mau ga make koko aneka rupa..

  15. Sama Teh, suamiku juga termasuk yang cuek kalau diminta pilih baju baru buat lebaran, makanya sayanya dech yang cerewetin.

    Fenomena koko black panther ini booming banged ya Teh, salah satu baju koko yang laris di tahun ini kayaknya..

  16. Baju pinter. Cosplay tiap hari Jumat. Ya ampun Teh… saya ngakak mulu selama baca ini…
    Btw, tapi emang sebegitunya kah tetangganya Teh Okti? Ya Allah… untung di tempatku nggak ada yang seusil itu..

  17. baju koko thanos kayaknya saya sempat liat desainnya tapi dimana ya? IG mungkin

  18. Fenni Bungsu says:

    Keren deh Teh Okti yang jadi istri gebrak-gebrak, hehehe. Tapi yah memang harus gitu yah, ada yang ingetin, biar nggak lupa.

  19. Saya dan keluarga hampir enggak pernah beli baju baru saat lebaran xixixi… Belinya pas bulan2 biasa kalau pas ada rezeki dan pengen aja.
    Kalau suami kadang suka dikirimin baju koko sama ortunya, jahitan ortunya sendiri hehe

  20. Dimoderasi ya teh komennya sekarang?

  21. Baju Koko nya sekarang banyak pilihan ya, makin lama makin banyak variasinya

  22. baju koko kekinian lucu banget, saya malah belinya di kaki lima baju koko buat suami, biar hemat, hehe.. kalo beli di toko sayang mahal, kaki lima mah bisa dijangkau

  23. Baju koko pun tak mau kalah memgikuti perkembangan zaman. Tetap mengikuti aturan fan nyaman dilihat. Setiap tahun sepertinya ada saja model baru.

  24. Iya bener baju koko wakanda lagi booming nih. Dan aku nggak beliin suami baju koko itu. Takutnya nnati pas sholat Id di lapangan banyak yang kembaran. Ah, jadinya nggak asyik. Akhirnya beli model yang lain saja. Hehe

  25. Aku juga lagi cari nih Baju Koko dari Wakanda.

    Makanya nyasar ke postingan ini. hihihi*

Speak Your Mind

*