Bolu Kukus Minimalis Tanpa Mixer Tanpa Oven

Bolu Kukus Minimalis 

Zaman now yang minimalis itu bukan hanya mengacu pada tempat tinggal, lapak dagang, atau modal usaha. Ternyata kue bolu pun bisa dibuat dengan serba minimalis juga.

Sejujurnya sih minimalis dipakai disebabkan karena saya serba minim dalam persiapan. Ya, minim bahan, minim alat, juga minim pengetahuan tentang ilmu membuat kue. Cara praktis ini saja saya dapat dari Mbak Lianny Hendrawati, yang memang udah ahli di bidang membuat kue dan camilan rumahan lainnya.

Hanya kalau Mbak Lianny sudah serba lengkap bahan serta alat, kalau saya ya serba minimalis itu tadi baca kurang alat.

Benar pepatah bilang kalau ada niat pasti ada jalan. Hujan terus menerus ditambah merasa jenuh dengan jajanan di luar yang serba itu lagi itu lagi timbul niat mencoba membuat camilan sehat keluarga. Tendang mager dan cobalah ngoprek di dapur.

Jadi saya siasati apa yang gak bisa dengan cara lain yang padahal saya sendiri belum tahu bisa apa enggak. Ga ada mixer pakailah sendok buat ngocoknya. Dan ini ga harus lama karena adonan tidak harus mengembang. Asal semua bahan larut dan tercampur rata saja. Ga ada oven pakai panci kukus juga bisa. Atau pakai majic jar juga jadi kok. Yg penting matang. Maksa banget pokoknya. Hahaha.

Hasilnya? Not bad. Meski minimalis tapi karena dibuat penuh dengan rasa cinta cieee hasilnya ya jadi enak banget. Gak sampai sepuluh menit itu bolu hangat-hangat langsung habis disikat kami bertiga. Kelaparan itu mah kali…

Ketagihan nih saya membuat bolunya. Abis enak jadi berasa kurang. Rebutan antara anak dan suami dan melihatnya itu berasa gimanaa… gitu. Senang apa yang kita buat bisa dinikmati sepenuhnya oleh keluarga.

“Bu, buat lagi dong Bu. Habis nih dimakan ayah… ” Sambil cemberut Fahmi merajuk. Padahal di tangannya masih megang dua potong bolu nya.

“Eh bohong ah. Semua diambil Fahmi kok.” Ayahnya pura-pura tidak terima. Dan ayah dengan anak pun bersahutan adu argumen. Hihihi… Kalau sudah begitu emaknya ini yang pusing pala berbie. Okelah buat kembali deh bolu kukus minimalisnya.

Untuk mengingat resepnya saya tulis saja biar saya bisa buka-buka lagi kalau lupa dan kali aja tulisan ini ada yang baca. Semoga bermanfaat.

 

1 telur ayam

3 sendok makan terigu

3 sendok makan gula putih

1 sendok makan minyak sayur

3 sendok makan air

3 sendok makan susu kental manis

3 sendok makan cokelat bubuk

Sedikit baking powder

Sedikit vanili.

1. Mangkuk

2. Sendok

3. Tupperware atau mangkuk tahan panas

3. Panci kukus

1. Kocok telur dengan gula putih sampai rata.

2. Masukkan terigu, minyak, baking powder, vanili, air dan susu. Aduk sampai tercampur.

3. Masukkan cokelat bubuk dan aduk lagi.

4. Olesi Tupperware dengan minyak. Kalau ada alasi dengan kertas roti.

5. Masukkan adonan ke dalam tupperware atau mangkuk dan kukus selama 25 menit.

Setelah matang angkat, jadi deh kue bolu minimalis nya. Mudah dan gak ribet kan?

Semua takaran di atas adalah takaran minimalis alias ukuran kecil. Kalau mau buat bolu kukus agak besar bisa tinggal kali kan saja takarannya.

Jika ingin terasa manis maka bisa ditambah takaran gula nya.

Jika mau bisa dikasih toping sesuai selera. Misal dioles susu kental manis lalu taburi parutan keju. Cantik pastinya.

Jika ingin variasi warna, bisa tambahkan pewarna yang sesuai. Saya menggunakan cokelat bubuk jadi warna dan rasa bolunya ya rasa dan warna cokelat. Mungkin mau bikin bolu ekstrem yang rasa ikan tenggiri? Aduh, pek empek kali ah itu mah

 

Ayo dinikmati bolu minimalisnya… Eh belum matang, ding!

Comments

  1. Pengen bisa baking juga, biar cinta makin tumbuh #eaaa. Izin save resepnyaa yaa mbaa. Tfs

  2. Wah bahagia aku nemu resep kue tanpa mixer, tanpa oven. Coba aaah.

  3. Minimalis banget ya Mba’, kapan2 mau coba juga ah. Thanks for sharing. 🙂

  4. Aku pernah bikin bolu kukus, gagal gara-gara tutup panci kukusnya gk akubbungkus kain. Jadi uap airnya jatoh ke bolu. Bantet deh 😀

  5. Aku senang kalau ada resep yang ga pakai banyak telor dan buatnya praktis banget. Makasih resepnya nih mba mau ditiru karena hanya pakai satu telor 🙂

  6. Ya ampun mba :)) Benar-benar nggak ada rotan, akar pun jadi ya. Inilah kreativitas ibu-ibu. Sepertinya ibukku pernah bikin bolu kukus minimalis begini sih. Tapi sepertinya bukan gara-gara minim alat. Memang sengaja resepnya nggak pakai alat macam-macam. Toh hasilnya sama enaknya.

  7. Samaan teh,. Sayapun minimalis kalau buat kue,. Seringnya buat brownies kukus bareng kidos

  8. Wahaha bisa ya tanpa mixer. Pengen nyoba ah kapan-kapan. Bener ya Teh dimana ada kemauan di situ ada jalan.

  9. berarti bolu kukus ini bisa disebut dengan kue mangkok ya ga sih mba? apa kue mangkok bahan bahan nya berbeda dengan bolu kukus? aku juga agak bingung sama dengan brownies panggang dan kukus hehehe

  10. Wah, Teh Okti kreatif banget. Tanpa mixer pun kalo emang niat ya,Teh, pasti bisa! Apalagi kalo membuatnya pake cinta yaaa? 🙂

    Resepnya praktis, catet ah!

  11. Wah telur ayamnya cuma butuh satu ya 😀
    Saya pun belum punya peralatan untuk membuat kue mbak, adanya cuma mixer warisan dari ibu yang speed-nya udah renta haha

  12. Wah … Bolkusnta kayaknya enak nih. Mudah pula bikinnya ya. Boleh save resepnya ya mbak ^^

  13. Buat anak kosan cocok nih mbak. Ga perlu jajan di luar lagi deh!

  14. Minimalis tapi enak itu yang dicari Mba hehe. Kayanya bisa dibikin pake rice cooker nih. Mau coba bikin ah. Secara anak kos, alat masak juga terbatas hehe

  15. wah asyinya mudah ay, aklau secukuonya itu seberapa ya

  16. Saya selalu bantat Mbak gak pernah berhasil kalau gak pakai mixer. Nanti di coba ah resepnya yerima kasih loh tips nya

  17. Aq gak punya mixer dan oven, resep ini cocok banget buatku. Gampang dan enak

  18. Asiik banget ini, teh…
    Bisa menyuguhkan sesuatu yang sehat, bersih dan bergizi, itu adalah prestasi luar biasa dari seorang Ibu.

Speak Your Mind

*