DIY: Keranjang Multiguna dari Sampah Barang Bekas

DIY: Keranjang Multiguna dari Sampah Barang Bekas

Semua orang sudah tahu kalau sampah yang bisa didaur ulang bisa kita sulap menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat. Tapi ternyata tidak semua orang bisa mempraktekkan nya.

Ketekunan, kerajinan dan kreatifitas menjadi penunjang keberhasilan barang bekas atau sampah itu benar-benar bisa kita olah menjadi barang berguna lainnya atau tidak. Karena pada kenyataannya untuk membuat satu buah wadah cantik (piring saji) terbuat dari gelas plastik bekas minuman ringan saja memerlukan waktu setengah hari lebih.

Pengalaman ini saya dapat ketika mengikuti Program Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan oleh ALFAMART pada hari Sabtu, 18 November 2017. Bertempat di Gedung Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Jl. Pangeran Hidayatullah Cianjur, Alfamart yang kali ini untuk kedua kalinya mengadakan pelatihan di Cianjur kembali mengundang kaum ibu dan blogger Cianjur untuk sama-sama praktek belajar membuat kerajinan dari barang bekas.

Elisa mewakili Alfamart

Disampaikan Ibu Elisa selaku Corporate Communication Branch Alfamart, pihak Alfamart menyadari sepenuhnya jika sampah khususnya plastik bisa jadi sumber permasalahan yang berkepanjangan. Pengolahan tepat guna diperlukan supaya sampah tidak menimbulkan masalah namun justru sebaliknya bisa menjadi berkah.

Melalui program pemberdayaan masyarakat yang sudah menjadi agenda rutin tahunan nya, Alfamart menyelenggarakan pelatihan guna mengedukasi masyarakat umum, khususnya para ibu agar terampil mengolah sampah daur ulang menjadi sesuatu yang lebih berdaya guna. Syukur-syukur bisa bernilai jual sehingga dapat menambah penghasilan dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Tapi sekali lagi ternyata membuat kerajinan itu tidak semudah yang diperkirakan saudara-saudara. Waktu sekitar 4 jam tidak cukup untuk saya membuat satu buah wadah dengan diameter sekitar 30 cm. Ya mungkin karena saya pertama kali membuat jadi semua masih terasa kaku. Ibu Lenny Mulyani dari Rumah Kreasi Naria selaku instruktur mengatakan jika sudah terbiasa, alat dan bahan sudah lengkap bisa membuat satu wadah sampai bentuk sempurna itu tidak sampai satu jam.

Demikian juga disampaikan oleh trainer lainnya Ibu Nurhasanah dan Ibu Imas. Kalau sudah tahu teknik dasar membuat kerajinan, kreativitas lainnya dengan sendirinya nanti akan muncul. Sehingga bentuk wadah atau keranjang yang dibuat bisa divariasikan. Seperti keranjang belanja atau wadah berturup.

Jadi bagaimana cara membuat piring saji unik atau wadah cantik dari bahan bekas ini? Yuk persiapkan bahan dan ikuti langkahnya…

 

Bahan

1. gelas plastik bekas minuman, diambil cincin bagian lehernya saja.
2. Tali yang sesuai dengan model atau bentuk keranjang baik ukuran maupun warna.

Bahan dan alat

Alat

1. Gunting
2. Cutter

 

Cara membuat

Menggunakan teknik tali temali simpul pangkal, cincin demi cincin disatukan dan diikat sehingga membentuk bagian satu untuk dinding keranjang dan bagian dua sebagai alas keranjang.

Bagian satu dan bagian dua kembali diikat sehingga membentuk satu piring saji yang unik.

 

Begini cara membuat bagian satu:

1. Buat 3 cincin dari gelas plastik posisi saling menindih

Kunci pertemuan cincin 1 dan 3 dengan tali. Ikat kuat supaya tidak lepas

3. Tambahkan lagi cincin nya dengan posisi saling tindih seperti pada cincin 1, 2 dan 3.

Ikat pertemuan cincin 2 dan 4 dengan simpul pangkal. Terus lakukan sampai banyak cincin sesuai keinginan

Cara buat simpul pangkal saya pinjam dari orang lain

Seperti sulit padahal kalau sudah tahu mudah banget lho!

Inilah bagian 1 yang telah selesai.

Lanjut membuat bagian dua atau alasanya ya…

1. Susun 3 cincin dengan posisi saling menindih (tidak tumpang tindih seperti bagian 1 ya)

2. Ikat pertemuan antara cincin 1 dan 3

3. Ikat pertemuan antara cincin 2 dan 4. Terus sampai jumlahnya sesuai dengan diameter bagian 1

4. Bagian 2 selesai

 

Selanjutnya bagian satu dan bagian dua disatukan. Ujung dengan ujung kembali diikat kuat.

Bagian 1 dan 2 diikat

Ini hasilnya…

 

Bagiamana tertarik untuk mencoba? Saya sih tidak sabar untuk belajar teknik membuat kerajinan lainnya sehingga koleksi kerajinan dari sampah barang bekas di rumah ini bisa nambah. Hehehe…

Hasil kerajinan

Comments

  1. Keren mbak tas hasil kerajinannya.. Bisa mengurangi sampah juga, bikin karya DIY begini..

  2. Nice info Teh. Seru.. Harus tau triknya dulu nih, biar gampang buatnya kerajinannya .

  3. waaah seruu…keren lagi hasilnya. semoga ada terus nih kayak ginian.

  4. Keren mbak,, pemanfaatan limbah yang berguna dan kreatif.. Makasih info nya mbak..

  5. Bagussss banget yaaa

  6. Keren Teh. Emang barang bekas kalau didaur ulang pasti bisa menghasilkan barang2 yg lbh baik ya.
    AKu suka pelatihan yg kyk gtu2 Teh. Tapi blm pernah ikutan selama di sini hehe TFS

  7. Inspiring sekali tulisannya.
    Keren banget teh bisa jadi tas gitu.
    Jadi pingin belajar juga hehe

  8. Teh punteun abdi bade tumaros
    Abdi hoying jadi bloger kumaha carans

    • Hayu… Saha wae tiasa janten blogger. Sok ngadamel blog nu gratisan la we, tiasa di blogspot atanapi wordpress. Kompasiana ge tiasa.

      Rajin upload tulisan, disambil akun media sosialna (Fb, Instagram sareng twitter) terus seueuren followerna.
      Ke tos berjalan, gabung dateng komunitas blogger.

Speak Your Mind

*