Inspirasi dan Mimpi Sahabat Disabilitas

Inspirasi dan Mimpi Sahabat Disabilitas 

Tidak sengaja kenalan di dunia maya dengan sahabat disabilitas Bang Johan, laki-laki ramah dan baik hati asli Riau. Bang Johan yang kini usianya hampir sama denganku 39 tahun kini menetap di Kota Tangerang, Banten.

Sejak usia 10 bulan Bang Johan terkena penyakit polio yang menyerang kedua kakinya. Itu yang menyebabkan Bang Johan kini menyandang kehidupan sebagai kaum difabel atau disabilitas.

Tapi meski demikian Bang Johan sedikitpun tidak meratapi hidup apalagi menyalahkan keadaan. Bang Johan justru terus bersemangat berkarya, berprestasi dan menjalani hidup seperti bagaimana kita yang sempurna.

Bekerja di sebuah toko bersama temannya Bang Johan juga melakukan aktivitas lain yang mungkin jangankan untuk sahabat disabilitas, untuk sahabat sempurna pun belum tentu bisa melakukannya.

Bang Johan mendalami berbagai cabang olahraga. Mulai dari lari, renang, fitnes dan sebagainya. Ya, meski kondisinya memiliki keterbatasan namun semangat dan perjuangannnya tidak kalah dengan non disabilitas. Bahkan mungkin lebih.

Keterbatasan fisik yang dialaminya tidak membuat Bang Johan minder apalagi putus asa. Dalam benak Bang Johan selalu menggebu mensosialisasikan jika kaum disabilitas juga punya hak dan harapan serta mimpi yang sama seperti orang normal pada umumnya.

Tahu sendiri kan di Indonesia ini masyarakatnya masih memandang sebelah mata terhadap sahabat disabilitas. Seolah sahabat disabilitas ini sesuatu yang ingin mereka hindari. Padahal tentu saja mereka para sahabat disabilitas sama sekali tidak punya pilihan dengan kondisi mereka seperti itu. Bang Johan ingin rakyat Indonesia tahu dan sadar kalau kaum difabel atau sahabat disabilitas juga punya hak dan harapan yang sama layaknya WNI pada umumnya.

Karena itu Bang Johan tidak lelah-lelahnya terus beraktivitas, bersosialisasi, berorganisasi, dan menyerukan supaya sahabat disabilitas terus percaya diri, bekerja layak sesuai kemampuan, jangan menyerah dan meratapi nasib lalu mentoknya lari jadi pengemis.

Bang Johan tahu kalau kondisi di negara kita masih kalah jauh dibanding dengan negara lain. Baik itu sarana, prasarana, dan pemenuhan kebutuhan kaum difabel lain khususnya. Di kota besar mungkin sudah mulai ada perhatian untuk memudahkan para sahabat disabilitas ini. Tapi di daerah masih jauh bagai langit dan bumi.

Bang Johan punya pengalaman bagaimana mudah dan baiknya pelayanan negara terhadap sahabat diabel. Di bandara Thailand misalnya. Disana di pintu masuk utama disediakan lahan parkir khusus untuk sahabat disabilitas. Ini tentu saja sangat memudahkan para difabel. Bang Johan tidak menuntut banyak hal itu segera berlaku di negara kita, tapi paling tidak mulailah kita sadar dengan keberadaan mereka, kaum disabilitas. Bahwa para sahabat disabilitas juga perlu dukungan, dan support.

Saat ada lomba lari disabilitas dengan sedih Bang Johan tidak dapat mengikutinya dikarenakan ia tidak memiliki kursi roda khusus yang jika memaksa untuk membelinya pun masih teramat mahal untuk seorang disabilitas yang tidak punya karir mapan.

Padahal peserta dari negara lain semua alat, sarana disediakan dan difasilitasi oleh pemerintahnya. Setelah gagal mengikuti even tersebut, barulah Bang Johan punya kesempatan belajar memakai kursi roda khusus itu dan diundang ke Bali.

Kesadaran masyarakat kita terhadap kaum disabilitas memang masih kurang. Kini saatnya generasi muda, para blogger dan netizen yang melek teknologi bahu membahu membantu mereka, sahabat disabilitas. Bagaimana caranya?

Bukan memberikan sumbangan uang, melainkan cukup dukung kegiatan para sahabat disabilitas dengan mendaftar di website komunitas www.indonesiabermimpi.org. Isi kan biodata yang diminta tidak lama kok cuma 5 menit juga kurang. Lalu share dan dukung kegiatan mereka melalui akun media sosial yang kita miliki. Semakin banyak dukungan semakin besar kesempatan para sahabat disabilitas mencapai mimpi dan harapannya.

Kita juga bisa jadi relawan dalam setiap acara yang diselenggarakan oleh indonesiabermimpi. Seperti bioskop bisik, konser musik, even olahraga, sosialisasi bahasa isyarat dan lain sebagainya.

Sudah banyak artis dan tokoh yang peduli dan mendukung aksi sosialisasi ini. Seperti Armada, Tina Toon, Leony, dan masih banyak lagi. Nah sekarang ayo giliranmu daftar/log in di website indonesiabermimpi. Supaya para sahabat disabilitas di tanah air kita ini tercapai juga hak serta harapannya.

Bayangkan jika kita, kamu atau saudara kita yang disabilitas. Apakah kamu akan membiarkan saja jika mereka putus asa dan jadi pengemis yang malas itu?

Yuk dukung Bang Johan  dan semua saudara sahabat disabilitas di tanah air.

 

 

Akun Twitter Bang Johan: @edy_johan

Akun Instagram Bang Johan: @tokoserabutan 

Indonesia Bermimpi Twitter dan Instagran: @id_bermimpi 

Comments

  1. kagum banget kepada org setangguh bang Johan, keterbatasannya justru membuat dirinya jadi inspirator lainnya.

  2. Masya Allah, barakallah… Suka takjub sama orang2 disabilitas yg penuh semangat seperti bang johan. Kita yg normal harusnya berkaca diri ya mba, noted bgt buat aku mba…

  3. Waah Bang Johan, saluut dengan semangatnya!
    Hmm.. gagal pokus teh, cakep ya Bang Johan eeaa *gubrag

    Langsung kepoin sosmednya..

  4. Wuah kece mbak Oti udah nulis di blog.
    Kagum sama Bang Johan, moga ada kesempatan kapan2 bisa kopdar ya 😀

  5. #Okti 😀

  6. Ya Allah bang johan..jadi inget diri sendiri yang kurang bersyukur..mudah mudahan sahabat disabilitas mendapatkan perhatian dari masyarakat dan pemerintah.

  7. Jadi inspirasi kami selalu ya bang Johan.
    Kadang aku juga masih kurang bersyukur jadi pelajaran banget.

  8. Semangat Bang Johan, ayo kita mulai bergerak dari diri sendiri dimulai dari sekarang …..

  9. Luar biasa sekali bang johan, semoga kaum disabilitas lainnya tidak pantang menyerah seperti beliau. Keren

  10. SLut dan tangguh bgt org seperti bg johan ….

Speak Your Mind

*