Tontonan Berdaya Cipta Saat Diputus Hubungan Kerja

 

Kemarin siang seperti yang sudah saya curhatkan disini kalau saya kena PHK. Tentu saja sampai saat ini tidak bisa dibohongi (meski keukeuh ngaku baik-baik saja) saya masih merasa gagal dan terpuruk dalam hidup.

Tapi buat apa dipikirkan, toh kehidupan tetap harus berlanjut. Saya hanya butuh waktu untuk bisa menerima dan menyadari semua ini hingga saya terbiasa.

Untuk mempercepat “kesembuhan” itu, saya memerlukan suntikan energi positif baik dari dalam diri saya, keluarga, bahkan lingkungan.

Kegiatan yang bikin mood makin lebih baik juga jelas saya perlukan. Sedikit memberikan hiburan tidak hanya bagi hati tapi juga untuk jiwa.

Semalam saya hampir tidak bisa tidur. Bukan meratapi nasib yang habis kena PHK, melainkan saya nonton tiga film sekaligus! Bukan film sembarangan film, tapi ini film yang cukup mengembalikan rasa percaya diri saya. Bisa dibilang ini film motivasi, film yang menambah inspirasi diharapkan bisa mengembalikan semangat dan menambah rasa optimisme saya.

Darimana saya bisa dapat rekomendasi film ini? Dari kolom pencarian gugel, hehehe…

The Greatest Showman

Film motivasi inspirasi yang dirilis tahun 2017. Terinspirasi dari kehidupan P.T. Barnum, seorang pekerja sekaligus pemain sirkus yang diperankan Hugh Jackman.

Sumber YouTube.com

Cerita yang diambil dari kisah nyata Barnum seorang yang visionary yang asalnya tidak punya apa-apa hingga berhasil menciptakan sebuah pertunjukan “Greatest Show On Earth”.

Film yang disuguhkan dengan durasi sekitar 1 jam 45 menit ini sudah memiliki subtitle ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Saya nonton film yang disutradarai Michael Gracey ini di YouTube. Bisa dengan cara sewa, harga sekitar Rp.28.000 mulai tonton dalam 30 hari. Tapi harus selesai menonton dalam waktu 48 jam setelah pemutaran pertama. Atau bisa dengan membelinya dengan harga Rp.160.000 untuk definisi standar dan Rp.197.000,00 untuk definisi tinggi.

Barnum adalah pengusaha yang membesarkan sirkus Barnum. Barnum bukan berasal dari keluarga yang berada, dia harus berjuang dengan keras agar dapat hidup.

Sumber YouTube.com

Perjalanan hidup Barnum pun tidak pernah lepas dari berbagai masalah. Bahkan saat dia berada di puncak karirnya. Sebuah kejadian bahkan membuatnya hampir kehilangan semuanya, termasuk istrinya.

Saat itulah Barnum menyadari jika yang selama ini ia perjuangkan hanyalah ego. Saat Barnum sadar, ia mulai bangkit kembali dan meraih masa kejayaannya bersama sang istri.

Saya merasa banyak pelajaran hidup yang bisa saya ambil dari perjuangan Barnum. Kondisi saya toh tidak lebih buruk dari kondisinya. Jika ia bisa bangkit, kenapa saya tidak?

 

The Pursuit of Happyness

Film motivasi yang dirilis tahun 2006 ini bercerita tentang Chris Gardner, seorang salesman alat kesehatan yang mengalami kebangkrutan.

Karena tidak punya uang dan kesulitan membiayai kebutuhan rumah tangganya, Chris dan anaknya bahkan ditinggalkan oleh sang istri.

Dalam keadaan putus asa, Chris mencoba peruntungan dengan berkarier sebagai pialang saham.

Sumber vidio.com

Namun, kemiskinan semakin membuat Chris terpuruk. Dia dan anaknya bahkan terusir dari rumah yang disewanya, dan harus tinggal di toilet sebuah stasiun kereta api bawah tanah. Sedih banget pokoknya…

Tapi meski demikian, Chris tidak patah semangat. Demi anaknya, dia justru terdorong untuk bekerja lebih keras agar mendapatkan pekerjaan layak.

Sampai lambat laun Chris mulai menemukan jalan kesuksesan. Dia bahkan berhasil mendirikan perusahaan pialang saham miliknya sendiri.

The Pursuit of Happyness ini saya nonton di platform vidio.com. Semalam ada promo untuk pengguna baru dengan harga 25k untuk satu bulan.

Sumber Vidio.com

Nonton The Pursuit of Happyness bikin saya sadar, PHK bukan akhir segalanya. Apalagi saya masih bisa mendapatkan penghasilan dari ngeblog dan lainnya.

 

Merry Riana

Film yang dirilis tahun 2014 ini bercerita tentang kehidupan seorang mahasiswa yang dilarikan keluarganya ke Singapura akibat krisis politik dan ekonomi di Indonesia.

Saat kondisi negara kacau itu saya baru saja lulus sekolah. Dan saya baru tahu kalau saya dan Merry Riana emang seumuran. Saya pun bisa merasakan bagaimana gentingnya suasana saat itu.

Sumber Youtube official Merry Riana

Dalam fil ini dikisahkan Merry Riana (diperankan Chelsea lslan) yang baru saja lulus SMA terpaksa mengungsi ke Singapura karena kondisi di Jakarta sedang tidak stabil. Perjalanan menuju bandara juga tidak aman; mereka dihadang kawanan penjarah dan terpaksa melepas harta benda demi keselamatan.

Merry tiba di Singapura sendirian. Dengan bekal uang sedikit ia harus mencari tempat tinggal dan bertahan hidup. Kuliah dan sukses menjadi cita-citanya terasa begitu jauh.

Tapi Merry tak putus asa, ia menemukan sahabatnya Irene (Kimberly Ryder) yang memang hendak kuliah juga di Singapura. Dengan bantuan Irene, Merry mencari celah di antara aturan Singapura yang begitu ketat.

Bukan hanya diperbolehkan tinggal di asrama Merry juga lolos uiian seleksi dan diterima di salah satu perguruan tinggi terbaik.

Senyum Merry lantas hilang ketika itu semua baru bisa didapat bila Merry membayar $40,000. Satu-satunya harapan adalah mengambil student loan, yang hanya bisa didapat jika Merry memiliki seorang penjamin.

Merry bertemu Alva (diperankan Dion Wiyoko), seorang mahasiswa senior tampan yang ia pikir mau menjadi penolongnya. Ternyata Alva cuek dan sangat perhitungan. la memberi segala macam syarat sebelum akhirnya mau menolong Merry, termasuk menyuruhnya mencari kerja sambilan.

Merry sadar bahwa ia harus kuliah dan sukses secepatnya. la tidak ingin menyusahkan orang tuanya. Sambil kuliah ia berpikir keras untuk melipatgandakan uang yang ia miliki, mulai dari bekerja, online business, sampai main saham berisiko tinggi. Kondisi ekonominya pun naik turun.

Ini adalah kisah inspiratif perjuangan Merry menghadapi Singapura dan segala peraturannya. Menghadapi segala rintangan terberat dalam hidup, untuk menjadi sukses.

Film yang dibuat berdasarkan buku “Mimpi Sejuta Dollar” endingnya sudah bisa ditebak. Karena kegigihannya, Merry berhasil menjadi pengusaha sukses dan seorang motivator terkenal.

Awalnya saya pun tidak berniat menonton film ini, saya hanya menonton video motivasinya dan entah kenapa bisa nyasar ke filmnya itu, hehee….

Motivasi dan inspirasi untuk membuat hidup lebih baik bisa datang dari mana saja, termasuk dari aktivitas menonton film.

Tiga film tersebut kebetulan mewakilinya. Kondisi saya yang baru saja kena PHK meski ngaku baik baik saja tapi pasti jauh di dalam hati ada rasa kehilangan. Dengan cerita yang tidak hanya bisa jadi sumber inspirasi, melainkan mampu memotivasi diri ini semoga saya baik-baik saja dengan kondisi sebenar-benarnya.

Siap tahu, ada yang sedang butuh motivasi juga, bisa banget tonton juga film ini untuk kembali menemukan semangat hidup yang (mungkin sempat terasa) hilang?

21 thoughts on “Tontonan Berdaya Cipta Saat Diputus Hubungan Kerja”

  1. Saya yang sudah nonton The Pursuit of Happines. Yang dua lagi belum..mesti nonton ini karena inspiratif kisahnya
    Memang di saat berat tontonan film seperti ini selain akan menghibur juga bisa jadi motivasi tersendiri
    Semangat dan selalu sehat ya, teh OKti:)

    Reply
  2. Wah, ini film-film yang gak hanya menghibur tapi juga memotivasi ya, Teh. Aku belom nonton tuh yang pertama dan ketiga. Baru yang kedua aja tuh si Will Smith, The Pursuit of Happines. Huhu aku nangis deh nonton film itu. Jadi kepengen nonton 2 film yang lainnya. Nanti deh nyari aaah.

    Reply
  3. Memang ketika berada diposisi terberat dengan menonton film seperti ini selain untuk menghibur diri sendiri juga bisa jadi motivasi untuk kita. Saya belum pernah nih nonton dari list film tersebut. Nanti deh kalau ada waktu luang aku nonton itu

    Reply
  4. Ikut prihatin atas PHK nya teh
    Semoga segera dimudahkan mendapat pekerjaan baru
    Dan harus tetap semangat dengan menonton tontonan berdaya cipta ini ya teh

    Reply
  5. Dari ketiga film motivasi itu, baru The Pursuit of Happyness yang pernah saya tonton. Menonton film motivasi gini bisa jadi hiburan sekaligus pendorong semangat untuk tak menyerah dengan keadaan ya mbak. Bahwa ternyata masih ada orang yang kondisinya lebih buruk, tapi dia bisa bertahan, bangkit dan meraih kesuksesan

    Reply
  6. Waaah aku belum nonton ketiga-tiganya mbak. Kapan -kapan harus menonton karena ceritanya inspiratif.
    Buat Mbak Okti tetap semangaaat yaaa.Semoga digantikan dengan rejeki lain. Di perusahaan suami saya beberapa waktu lalu juga ada PHK massal, sampai ribuan karyawan. Memang situasi pandemi seperrti ini berat untuk banyak perusahaan termasuk media ya. Semoga segera digantikan ya mbak.

    Reply
  7. Menonton film yang relate dengan apa yang kita alami memang bisa menjadi solusi. Apalagi kalau penuh semangat dan aktornya memiliki daya juang yang luar biasa agar bisa mewujudkan impian untuk menjadi nyata.

    Reply
  8. Awalnya pasti patah sangat ya mba…ngalamin PHK berasa orang parking sedih pdhal banyak yg lebih dari kita ya… untungnya kita bisa lihat dari film The Greatest Showman Film motivasi inspirasi yang pantang menyerah dan bikin kita termotivasi lagi

    Reply
  9. wah ada filmnya Merry Riana mimpi sejuta dollar. Saya baru baca bukunya saja, inspiratif banget yaa. keren deh baca kisah hidupnya merrry riana. apalagi kayaknya seangkatan sama saya waktu itu, sama-sama di masa krisis ekonomi tahun 1998 ketika kuliah. Semangatnya patut ditiru oleh anak anak muda masa kini

    Reply
  10. Semangaaaat mak okti insyaAllah diberi rejeki lain. Aku pernah maaaak pas covid taun lalu ya, diberhentikan tiba2 ama habis kontrak. Dua kerjaan hilang

    Sedihnya ga ketulungan. Tapi life must goon semangaaat

    Reply
  11. Maaak semangat yaa…
    Yakinlah mak Allah akan memberi hikmah di balik semua ini.
    Yqkinlah asal berusaha bantuan Allah datang tepat oada waktunya.
    Jangan sesali keadaan karena mudik.

    Reply
  12. Mbakk semangat ya, semoga dimudahkan semua urusan aamiin..
    Aku belum nonyon ketiga film ini, tapi yang bikin penasaran banget itu yang The Pursuit of Happyness. Pingin nonton euy

    Reply
  13. aku cuma nonton yang The Pursuit of Happyness. Sumpah itu sedih sekaligus inspiratif banget… Bikin kita bener2 bisa semangat menghadapi hidup. Semangat terus juga ya mbak. kesulitan apapun pasti berlalu, kita cuma perlu bertahan sedikiiiit lagi.

    Reply
  14. Duh ikut sedih bacanya, semangat ya Teh Okti semoga segera dapat pekerjaan baru yang lebih baik ya aamiin..aku sudah nonton ketiga filmnya dan memang filmnya menginspirasi ya bikin penonton semangat dan termotivasi untuk tidak mudah menyerah..

    Reply
  15. Duh ikut sedih bacanya, semangat ya Teh Okti semoga segera dapat pekerjaan baru yang lebih baik ya aamiin..aku sudah nonton ketiga filmnya dan memang filmnya menginspirasi ya bikin penonton semangat dan termotivasi untuk tidak mudah menyerah ya..

    Reply
  16. Ada kemiripan dengan kisah kita mba, sama-sama mengalami PHK. Setelah belasan tahun kerja, pabrik tempat saya bangkrut. Yaaa mau tak mau juga harus PHK deh. Ada rasa kehilangan, terutama nuansa kerja barengan teman-teman yang sudah membersamai selama sekian tahun itu. Tapi mau gimana lagi ya, harus semangat bangkit lagi mbaaa…

    Dari ketiga film tadi, aku udah nonton yang Pursuit of Happiness. Masih di awal cerita aku udah sedih banget, akhirnya enggak kuteruskan nontonnya. Ternyata happy ending ya.

    Reply
  17. Aku juga pernah mengalami PHK kerja teh bukan karena kinerjaku tetapi perusahaan sudah mengarah ke bangkrut ya.Sedih karena sudah hampir 10 tahun bersama dengan teman kerja sudah seperti keluarga tetapi apa daya ya teh. Sampai sekarang hubunganku dengan atasan masih baik bahkan kami ada grup WA nya

    Reply

Leave a Comment