Liburan yang Gagal

Liburan yang Gagal

Liburan jelang tahun baru kali ini sepertinya keluarga petualang bakalan tidak bisa kemana-mana. Ayah Fahmi riweuh di Pramuka dan meski musim hujan dia mah mau aja kemping di Cibodas, kaki Gunung Gede Pangrango mewakili Kwaran dan sekolahnya.

Padahal tadinya saya berencana mau ke Yogyakarta. Silaturahmi sama Emis, teman sekolah yang sudah lebih dari saudara. Terakhir ketemu Emis di Yogya itu beberapa waktu lalu pas ada acara Kompasiana Community.

Batal Ke Yogya emang kesal juga. Apalagi Emis manas-manasin aku dengan kuliner gudeg jogjanya. Gimana gak ngiler coba hampir setiap hari terus aja kirim gambar gudeg yang dimasak nya sendiri. Emis emang jago masak gudeg meski ia baru mau 4 tahun ini tinggal di Yogya bersama keluarga besar suaminya.

Siapa tidak tahu olahan gudeg salah satu masakan khas Jogjakarta? Gudeg dibuat dari bahan-bahan sayur nangka muda yang diolah dengan menggunakan santan dan juga bumbu-bumbu dapur lainnya. Dulu saya pikir masak gudeg ribet dan lamaaa… tapi sering diracuni Emis yang hasil masakannya emang enak dan bikin nagih itu beberapa hari lalu akhirnya saya mau juga mencoba resep masak gudeg yang dishare nya di whatsapp. Yah itung-itung ngabeberah diri saja sebelum kesampaian kulineran beneran di Yogyakarta nya.

Biar gak lupa saya catat ulang nih. Kali aja bisa bermanfaat juga buat yang lagi belajar masak kaya saya.

Pada umunya gudeg disajikan dengan menggunakan areh atau kuah santan kental, sambal goreng krecek, telur, beserta opor ayam dan juga tahu. Karena di rumah gak semua bahan tersebut ada, jadi masaknya apa yang ada saja.

Di Indonesi sendiri sebenarnya banyak ragam variasi menu masakan gudeg. Seperti gudeg basah yang di sajikan dengan santan encer, gudeg kering yang disajikan dengan santan kental, dan juga gudeg Solo yang disajikan dengan santan berwarna putih.

Nah, buat yang suka dengan gudeg jogja karena santan kentalnya, ini saya dapat bocoran resep bagaimana cara memasaknya.

Resep Gudeg Jogja Praktis Pakai Sasa Santan Kelapa

Rasa lezatnya gudeg jogja tak lepas dari perpaduan sayur lengkap yang ada di dalamnya, ditambah dengan kuat santan dan berbagai lauk pauk lainya.

Cara Membuat Gudeg Jogja

Lebih dulu siapkan bahan dan bumbunya dulu ya. Untuk membuat gudeg jogja bahan yang perlu kita persiapakan adalah:

1 kg nangka muda, kupas dan potong sesuai selera.
1 liter air kelapa.
200 gram gula aren, lebih enak pakai gula aren ya ketimbang gula merah lainya.
10 butir telur (rebus lalu kupas).
10 lembar daun salam dan 4 cm lengkuas
2 bungkus Sasa Santan Kelapa.

Ya cukup 2 bungkus saja. Karena meski mungil ini kualitasnya sama dengan santan kelapa yang baru diperas. Enaknya belajar masak zaman now itu gak harus repot marut sampai berdarah-darah kaya jaman old. Terus karena santan ini sudah matang dan siap di pakai, jadi tidak perlu dimasak dulu ya. Secara aroma dan rasa, Santan Sasa ini sesegar kelapa yang baru diperas. Cocok lah untuk segala jenis masakan, baik makanan maupun minuman. Sehat juga lho. soalnya enggak pakai pengawet.

Ngomong mulu, masaknya kapan? Oke deh. Lanjut!

Setelah bahan siap beralih ke bumbu halusnya. Bumbunya terdiri:

15 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 butir kemiri yang sudah di sangrai
1 sendok teh ketumbar yang telah di sangrai
2 sendok makan garam
½ sendok makan teh merica bubuk

Bukan hanya itu saja, karena masih ada pelengkap lainnya seperti:

Kuah aren
Opor ayam dan tahu
Sambal goreng krecek
Nasi putih
Sambal

Waduh belum selesai nulis eh masak udah merasa lapar aja nih.

Nah setelah semuanya lengkap, yuk sekarang waktunya kita membuat gudeg jogja praktis.

Caranya:
Cuci nangka muda hingga bersih, rebus sebentar dan angkat
Alasi dasar panci dengan daun salam, kemudian masukkan lengkuas di atas daun salam. Selanjutnya masukkan potongan nangka muda, telur rebus dan gula aren

Campur kan sebagian air kelapa dengan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk hingga rata kemudian tuangkan ke dalam panci.

Tuangkan sisa air kelapa tadi hingga nangka dan telur terendam, kemudian tutup panci tersebut.

Masak dengan api sedang kurang lebih 2 jam. Jika airnya sudah sedikit angkat telurnya dan sisihkan

Tuangkan Sasa Santan Kelapa, aduk sambil hancurkan potongan nangka, aduk terus sampai matang pokoknya.

Masukkan kembali telurnya hingga terkubur dalam nangka

Kecilkan api, masak kembali kurang lebih 3-4 jam. Masak hingga matang atau santan habis dan berwarna kecoklatan.

Gudeg pun siap di sajikan bersama menu pelengkap tadi.

Nah itulah resep gudeg jogja praktis yang baru saja saya coba. Gak jadi liburan ke Yogyakarta tak apa lah yang penting kulinernya udah bisa dinikmati di rumah.

Mumpung liburan sekolah sesekali coba deh ajak anak masak bareng. Pasti seru dan bisa jadi moment berharga buat anak dan keluarga. Kalau serba praktis gini masak bukan lagi hal yang bikin malas. Apalagi banyak bahan siap pakai seperti Sasa Santan, Aslinya Santan. Yuk dicoba.

Semoga bermanfaat dan liburannya menyenangkan ya.

Comments

  1. Wah mau coba juga argh gudeg homemade. Tp aslinyaa nggak begitu suka masak wkwkwk. Untung ada sasa aantan jadi praktis yaa mbaa

  2. Aku suka gudeg. Meski belum pernah bikin sendiri sih. Ribet soalnya hehe. Tapi santan sasa bisa jadi solusi nih buat bikin gudeg yang yummy ^^

  3. aku suka banget makan gudeg tp gak bisa masaknya. ntar nyobain ahh pake santan

  4. Yah mba, batal ke jogja? Semoga liburan di penghujung tahun 2017 ini tetep seru ya mba bersama gudeg jogja buatan sendiri, jadi laper ngeliat nya

  5. Hehehe aku sering teh liburan gagal mulu, makanya resolusi tahun depan banyakin jalan2 traveling aamiin
    Wah makasih resep gudegnya, selama ini blm pernah masak sendiri, kapan2 cobain ah 😀

  6. Belum pernah cobain gudeg euy..itu rasanya kayak gimana yaa?

  7. Ratna Dewi says:

    Wah aku sering gagal nih masak gudeg Jogja nggak tahu kenapa nangkanya susah empuk kayak di gudeg-gudeg yang dijual itu. Kayaknya sih kurang lama masaknya, harus telaten ya sampai berjam-jam.

  8. Belum pernah dan belum berani masak gudeg padahal makannya doyan banget. Hihi… Entah kenapa suka langu klo masak kuah santan nangka. Tapi aku mau nyoba ah resepnya kapan2 tfs mba

  9. Mau coba bikin gudeng pakai resepnya teh Okti di rumah ah! Lumayan untuk mengobati kangen Jogja..

  10. Daripada gudeg jogja, aku lebih suka gudeg Solo karena gak terlalu manis. Tapi kalau disodorin gudeg Jogja ya tetep langsung disikat, hehehe.

    Ada santan sasa jadi lebih praktis ya, gak perlu parut memarut.

  11. sedap nih masakan kalo pake santan.

  12. Aku gak bisa memasak gudeg padahal suami doyan banget. Udah nyobain Sasa santan ini emang gurih enak.

  13. Tuty Queen says:

    Waaah.,gudeg kesukaan aku banget teh.

  14. Heroes Evolved says:

    Mau dong Mba Gudeg Jogjanya :p

  15. bisa bikin gudeg sendiri di rumah yaa.. mkasih mbak.. :))

  16. Wah, jadi praktis ya mbak pakai sasa santan instan. Sepertinya wajib dicoba resepnya nih.. 🙂

  17. Mbaak… makasih resepnya ya… Saya ijin copas ya buat praktik, hehe. Biasanya sih saya bikin gudeg dari sisa sayur nangka kemarin, hahaha

  18. Waah saya mah anak kos, kalau di iming iming gudeg ya mau.Tapi kalau di panas panasin buat masak, mikir dua kali mana sempet. Hahaha
    Ternyata gini toh caranya.
    Thanks for info mbak. saya bookmark dulu siapa tau bermanfaat buat masa depan nanti.
    Hahahaa

    *karna blm nikah belum ada request masak macem macem
    *aku mah cukup tumis aja udah seneng buat makan sendiri hihihi

Speak Your Mind

*