Tiga Sumpah Pemuda untuk Indonesia Lebih Baik

Sebagai generasi muda Indonesia yang berdomisili di daerah, dengan segala keterbatasan ini, sumbangsih yang bisa diberikan berupa ide dan pemikiran. Berharap besar secuil pemikiran ini bisa berkontribusi banyak untuk merubah bangsa menjadikan Indonesia yang lebih baik.

Tiga sumpah generasi muda yang paling penting untuk Indonesia yang lebih baik:

1. Sumpah Menjunjung Tinggi Kejujuran
Moralitas warga negara, khususnya generasi muda bangsa Indonesia harus digembleng sedini mungkin dengan hal utama yaitu kejujuran. Banyak tokoh politik dan pejabat meski pintar dan nasionalis, namun karena tidak mengindahkan nilai kejujuran, maka tergoda oleh bujuk rayu sogok dan suap. Ujungnya korupsi dan menyengsarakan bangsa yang merdeka dan kaya ini. Banyak pejabat yang alim, namun tergoda pula oleh narkoba dan narkotika yang menyebabkan rapuhnya moral serta rendahnya martabat manusia.

2. Sumpah Menjunjung Tinggi Toleransi
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama dan budaya. Keanekaragaman budaya dan adat istiadat itu bukan sebagai awal perpecahan, melainkan sebagai alat pemersatu bangsa. Nilai toleransi, menghargai dan menghormati satu sama lain akan menciptakan kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Indonesia akan lebih baik jika warga negaranya hidup aman, rukun dan bergotong-royong bahu-membahu meski berbeda latar belakang.

3. Sumpah Melestarikan Kekayaan Alam
Indonesia negara kaya tidak terbantahkan. Mulai dari gunung, laut, kekayaan tambang, semua di alam Indonesia tersedia. Terbentang dari Sabang sampai Merauke. Alam menyediakan semuanya untuk kita dan kita kelola untuk membangun negeri. Sebagai salah satu negara dengan penduduk terpadat dan kaya sumber daya, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan meningkat pesat. Meskipun sumber energi tersedia melimpah di nusantara, negeri ini ternyata belum mampu mengoptimalkan penggunaannya. Jika pelestarian kekayaan alam tidak segera dilakukan, Indonesia akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan energi.

Comments

  1. Dear Vloggers,
    Tolong kirim data-data berikut untuk kelengkapan lomba blog Neo Sumpah Pemuda, dan kirim ke rizal.maulana [at]viva.co.id dengan di beri subjek “Neo Sumpah Pemuda”
    Username VIVAlog, Judul Blog, Link Blog, Nama Lengkap, Alamat, No Telp.
    Trims.

Speak Your Mind

*