Wirausaha Baru Jabar 2018: Praktis Bikin Putri Genit

Wirausaha Baru Jabar 2018: Praktis Bikin Putri Genit


Kamis ini saya dan seluruh peserta pelatihan Wirausaha Baru Jawa Barat 2018 magang ke Ina Cookies di Bandung. Nah di sana itu, kami diajarkan cara membuat Putri Genit. Seru habis pokoknya. Meski sudah emak-emak plus bapak tua, tapi kami peserta konyol bin kocak pada pede seperti usia remaja saja. Gakgak habis pokoknya.

Di Ina Cookies kami disambut oleh Pak Tito dan seluruh jajarannya. Ramah dan nyaman tempat nya. Kontur daerah Bandung bagian utara yang bergunung-gunung bikin suasana seperti di desa dan udara masih bersih. Betah.

Peserta seperti semula duduk dibagi menurut kelas masing-masing. Bahan dan peralatan semua disediakan pihak penyelenggara. Jadi kita tinggal praktik saja.

Putri Genit adalah salah satu nama kue yang diproduksi oleh Ina Cookies dari sekian banyak kue-kue kering yang jadi andalannya. Enak dan renyah jadi ciri khas kue ini. Karena genit dengan taburan warna warni yang menarik hati pada bagian atas kue ini, dipastikan sangat disukai anak-anak.

Yuk mulai saja bagaimana cara buat Putri Genit nya.

Bahan-bahan yang disediakan untuk membuat Putri Genit:

Margarine 100 gram
Butter 200 gram
Telur 1 butir
Gula halus 100 gram
Terigu 400 gram
Mede bubuk 80 gram
Kacang tanah 70 gram
Cornflakes 20 gram
Cokelat dark 340 gram
Trimit 30 gram

Setelah komplit yuk muali ke praktik pembuatan kuenya:

Masukan butter, margarine, gula halus dan telur ke dalam mixer. Lalu kocok hingga kalis, hingga warnanya menjadi kuning pucat.

Oya ada yang tahu apa perbedaan butter dan margarine? Di Ina Cookies juga kami diajarkan cara membuat butter lho. Gampang dan cepat ternyata. Nanti caranya saya ulas di bagian lain ya.

Nah setelah adonan kalis, sudah campur merata gitu, matikan mesin (mixer) lalu tuangkan adonannya ke dalam tempat yang lebih besar seperti baskom.

Setelah adonan dipindahkan ke dalam wadah yang lebih besar lalu kita masukan cornflakes, terigu, mede bubuk, dan kacang tanah sambil diuleni dengan tangan sehingga adonan benar-benar tercampur rata.

Di Ina Cookies hampir semua pembuatan kue manual pakai tangan. Kecuali cetak kue tertentu dan membuat adonan di awal tadi. Jadi tidak heran kalau Ina Cookies memperkerjakan pekerja sampai ribuan orang, khususnya pas setiap empat bulan menjelang lebaran.

Lanjut ke bikin Putri Genit lagi yuk…

Kita siapkan loyang untuk proses pembentukan kue. Caranya ambil adonan secukupnya kemudian cetak menggunakan tangan sehingga berbentuk bulan sabit dan susun di loyang yang telah disediakan.

Atau bisa juga bentuknya sesuai dengan kreasi sendiri. Mau bulat, lonjong atau dicetak bentuk tertentu juga boleh.

Setelah selesai, kue dibakar dalam oven sampai matang dalam suhu 150 sampai 175 derajat Celcius kira-kira selama 35 menit. Wangi kue mulai bikin perut bertalu-talu nih…

Setelah kue matang kita siap ke proses selanjutnya yaitu menghias kue.
Lelehkan cokelat dark dan kita tempatkan di mangkuk tahan panas. Satu per satu celupkan bagian punggung atas kue ke dalam cokelat. Maklum pada konyol dan iseng, ada saja di antara kami yang menyelupkan semua kue ke dalam lelehan cokelat. Dimandiin katanya!

Setelah dicelupkan cokelat, sebelum cokelat mengering segera berikan taburan terimit untuk lebih mempercantik kuenya.

Nah diamkan sampai kue dan cokelat bener-bener kering. Udah deh kue tinggal masukkan ke dalam toples atau wadah lainnya untuk disajikan. Cantik dan enak!

Ternyata mudah dan seru cara buat si putri genit ini. Apalagi bikinnya rame-rame sambil diselingi canda dan guyonan dari teman-teman yang berasal dari berbagai kota kabupaten di Jawa Barat.

Eh tunggu! Saat pulang kue hasil bikinan kita ini bisa kita bawa pulang lho. Lengkap dengan toples dan hiasan lainnya. Oleh-oleh kunjungan dari Ina Cookies ya bawa kue kering dong pastinya ya.

Pas pulang ke Cianjur Fahmi dan ayahnya juga suka. Asyik, kapan-kapan bikin sendiri yang lebih banyak lagi. Hahaha!

Comments

  1. Rame nyak

  2. Baru tau namanya putri genit 😀 ina cookies punya nama banget ya teh di bdg, bahkan jadi salah satu pengusaha lokal yg sukses di bidangnya. Ikut bangga.

  3. Wah langsung praktek ya Teh. Mantab nih pelatihan wirausaha baru Jabar.
    Btw, kenapa ya kemarin susah banget mau BW ke sini. Loading lama katanya. Apa space kepenuhan?

  4. Wah enak sekali sepertinya kuenya..
    Terimakasih info resep dan cara membuatnya..

  5. Maaaannntaaabb ini mbak bahan2nya. Boleh dicoba juga langsung ke dapur, mumpung tgl 17 besok ada acara, bisa di bagiin ke anak2 buat snack waktu ikutan lomba

Speak Your Mind

*