Cara Membuat Slime

Cara Membuat Slime

Salah satu kegiatan bersama Fahmi selama di rumah saja beberapa bulan kemarin, adalah membuat mainan slime sendiri. Seru dan Fahmi suka.

Sepertinya hampir seriap orang tahu slime. Slime itu mainan anak anak yang sempat booming beberapa tahun terakhir ini. Mainan anak yang unik dari adonan kenyal seperti jelly saat disentuh ini akan terasa dingin dan berlendir. Slime tidak hanya terkenal dikalangan anak anak saja, tetapi remaja dan sebagaian orang dewasa juga ada yang terobsesi dan bahkan hingga ada yang membuka bisnis slime sendiri untuk mendapatkan keuntungan, lho.

Bahkan saat ini ada beragam jenis slime yang dijual dari beragam macam bahan juga. Memang harga slime cukup terjangkau, sampai anak SD saja bisa beli sendiri di Amang penjual mainan tetapi ada juga slime yang yang cukup mahal. Tergantung kepada jenis slimenya, dan dimana slime itu dibeli.

Cara memainkan slime ini bisa dibilang sangat unik yaitu dengan terus saja memerasnya ataupun mengepalkannya seperti adonan. Dan yang membuat mainan tersebut unik adalah adonan tersebut tidak bisa terputus. Jadi meski terus kita tarik, adonan tetap tidak akan terputus. Karena itu kali ya slime ini dapat memberikan sensasi mainan tersendiri bagi anak-anak.

Saat ini ada beragam cara membuat slime, termasuk juga jenis bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuatnya. Sebenarnya kita bisa membuat slime sendiri karena memang caranya cukup mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. Dengan hanya menggunakan bahan sederhana dan tersedia di rumah saya bersama Fahmi bisa membuat slime sebagai pengisi kegiatan selama di rumah saja beberapa waktu lalu.

4 Cara Mudah Membuat Slime Dari Bahan Sederhana

Berikut dibawah ini 4 cara mudah membuat slime dari bahan sederhana diantaranya yaitu :

1. Bahan Dasar Shampoo Dan Garam

Bahan bahannya :
• Shampo (merk apa saja) lebih kental lebih baik.
• Garam halus.
• Obat sariawan GOM (tersedia di apotek) sebagai slime activator.

Cara membuatnya :
• Mencampurkan 4 sdm shampoo dan 2 sdm garam, lalu diaduk rata hingga mengental.
• Menambahkan slime activator (secukupnya).
• Setelah itu masukkan adonan yang sudah tercampur dengan bahan bahan tadi kedalam
kulkas selama kurang lebih 20 menit hingga tidak lengket.
• Dan slime pun siap dimainkan.

2. Bahan Dasar Susu Cair

Bahan bahannya :
• Susu cair (merk apa saja) atau susu kental manis.
• Tepung maizena.
• ¼ sdm air.

Cara membuatnya :
• Mencampurkan susu (cair atau kental manis) dengan tepung maizena dan ¼ sdm air.
• Setelah itu panaskan susu yang sudah dicampurkan tadi, lalu dinginkan.
• Menyiapkan bubuk vanilla lalu dimasukkan kedalam adonan.
• Sambil diaduk, lalu masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit hingga adonannya membentuk tekstur yang diinginkan.
• Setelah itu panaskan lalu dinginkan.
• Setelah adonannya dingin, tambahkan pewarna makanan.
• Dan terakhir masukkan adonan kedalam kulkas.
• Dan slime pun selesai.

3. Bahan Dasar Lem Povinal

Bahan bahannya :
• Lem Povinal.
• GOM (bisa dibeli di apotik) dengan harganya yang murah sekitar Rp. 5 ribu.

Cara membuatnya :
• Menyiapkan wadah atau baskom dan pengaduk (seperti sendok).
• Tuangkan GOM satu tetes lalu campurkan dengan lem povinal, lalu aduk rata.
• Supaya menarik, bisa menambahkan pewarna.
• Aduk terus hingga adonan slime mengental.

4. Bahan Dasar Bedak Bayi

Bahan bahannya :
• 1 botol bedak bayi.
• Baby oil.
• Pewarna.

Cara membuatnya :
• Coba tuangkan 1 botol bedak bayi.
• Lalu campurkan ¼ sdm baby oil dengan air sedikit demi sedikit.
• Kemudian aduk adonan hingga mencapai tekstur yang diinginkan.
• Dan terakhir tambahkan perwarna supaya menarik.

 

See, bikinnya gampang dan bahan bisa didapat dengan mudah, bukan?

Itulah 4 cara mudah membuat slime dari bahan sederhana. Selain itu masih ada bahan dasar lainnya yang bisa digunakan seperti tepung kanji, sabun cair dan lem rajawali (white glue). Bahkan mungkin masih ada beberapa bahan lainnya yang saya tidak tahu. Saya sendiri dan Fahmi di rumah membuat slime ala-ala ini menggunakan bahan tepung kanji. Ga apa lah gak jadi bikin cilok, yang penting anak seneng, hehehe…

37 thoughts on “Cara Membuat Slime”

  1. Gampang banget ternyata cara bikinnya..
    boleh juga nih, jadi ide buat main bareng anak..
    aku save dulu ya caranya.. hihi.. makaciw mbaa..

    Reply
  2. Daku ndak pernah dengar mainan ini Teh, hihi, karena ponakanku belum memainkannya. Namun dengan cara dari Teteh ini, asik juga nih bisa bikin sendiri

    Reply
  3. Wahhh jadi mau coba belajar bikin Slime dari bedak bayi sama baby oil deh. Daeipada tiap ke mall beli, kan lumayan kalo keseringan trus nggak bisa disimpan lama.

    Reply
  4. Yang dari shampo kayaknya gampang pisan. Mau nyobain ah besok beli bahan2 nya hehehe. Nuhun teh buat tips nya

    Reply
  5. Ternyata semudah itu ya membuat slime dari bahan2 yg ada di rumah, cuma butuh 3 bahan aja rata2 😀 anak2 suka nih sekalian ikut proses pembutannya 😀

    Reply
  6. Anakku waktu SD pernah bikin slime pakai bedak bayi mb. Hmm ternyata tdk sulit ya bahan dan cara buatnya jg bermacam caranya. Thx mb infonya.

    Reply
  7. kebetulan banget anak-anak lagi bilang aja slime. udah aku foto-fotoin nih caranya. tinggal praktek satu-satu menyesuaikan bahan yang ada di rumah. penasaran dari yang bahan dasar susu sama shampo.

    Reply
  8. Sejak kelas 1 anak saya selalu minta dibeliin slime, tapi saya selalu ngga bolehin dan dialihkan main yang lain aja. Tapi kayanya yang berbahan dasar susu cair itu paling aman dimainkan anak-anak yah hehehe.

    Reply
  9. Ah iya, mainan slime ini sempat hits banget beberapa waktu lalu. Sampai seorang teman dibikin galau karena anaknya jadi “collector” slime. Anaknya juga suka coba-coba bikin slime sendiri di rumah

    Reply
  10. Ponakanku pernah pakai lem dan GOM. Hasilnya bagus ditambahi pewarna dan glitter.
    Eh kalo yang bedak bayi dan baby oil bisa juga ya? Wah … aku punya banyak bedak yang ga terpakai.

    Reply
  11. Aku juga bikin slime di rumah, entah sudah beberapa kali. Kebetulan kita beli untuk activatornya, kalau bahan lainnya menggunakan yang ada di rumah. Bikin dengan beberapa warna dan juga diberikan glitter, salah satu kegiatan yang menyenangkan karena si anak bikin sendiri dengan arahan saya.

    Reply
  12. Banyak ternyata bahan-bahan yang bsia dipakai ya Mbak. Aku mau coba bedak ah, kebetulan ada bedak yang mau expired hehe. Dulu nyoba terigu, besoknya jadi basi berjamur gitu wkwkw

    Reply
  13. Awalnya agak bingung, kenapa bocah-bocah suka banget main slime? Sampai ponakan saya yang masih kelas 3 SD pun jualan slime. Hehehe. Tapi pas ikutan main, emang seru sih. Hehehe

    Reply

Leave a Reply to Wenda Cancel reply

%d bloggers like this: