Cara Mengobati DBD Secara Alami

Cara Mengobati DBD Secara Alami

 

DBD (Deman Berdarah Dengue) merupakan sebuah jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Dimana, DBD ini bisa menyebabkan perdarahan organ dalam yang berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Namun sayangnya belum ditemukan jenis obat yang manjur untuk menyembukan penyakit demam berdarah ini. Dalam hal ini, biasanya dokter akan menyarankan orang yang terkena DBD untuk diopname dan meminum obat pereda nyeri seperti aspirin atau paracetamol untuk meringankan gejalanya. Namun selain obat dari dokter, ada juga obat yang terbuat dari bahan alami.

Daftar Obat Tradisional dan Alami Untuk DBD

Perlu diketahui bahwa infeksi DBD ini menyebabkan kadar trombosit tubuh menurun drastis sehingga jumlah sel darah merah akan menurun. Hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko kita mengalami perdarahan dalam yang bisa menyebabkan kehilangan banyak darah. Nah, ada sejumlah obat tradisional DBD yang bisa membantu untuk meningkatkan kadar trombosit secara alami. Bahkan ada juga yang bekerja untuk melawan infeksi guna mempercepat proses penyembuhan.

Berikut beberapa cara mengobati demam berdarah secara alami:

1. Echinacea

Cara mengobati demam berdarah secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan Echinacea. Echibacea ini merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati demam dan flu. Dalam hal ini, menurut Pakistan Journal of Clinical Biomedical Research, tanaman herbal ini dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan. Kedua zat ini berfungsi sebagai reaksi imun guna melawan serangan bakteri serta virus, dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Echinacea sumber Wikipedia

2. Daun Pepaya

Nah ini mah daun kesukaan saya banget meski kata orang ada pait-paitnya. Tidak sangka ya ternyata kesukaan sejak kecil ini bisa mengobati demam berdarah. Bukan hanya enak untuk dijadikan lalapan,ย  daun pepaya juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk DBD.

Dalam hal ini, ada dua penelitian berbeda dari India yang menyelidiki komplikasi laporan manfaat daun pepaya sebagai obat DBD alami. Dimana, dalam penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun pepaya bisa membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah pengidap demam berdarah.
Itu diduga karena daun pepaya membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, kita cuci bersih 50 gram daun pepaya –atau beberapa lembar saja kita sesuaikan– dengan air mengalir. Lalu tumbuk daun sehingga halus namun jangan sampai bubuk. Lalu seduh gerusan daun pepaya tersebut dan saring airnya. Setelah itu minum air rebusan daun pepaya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Daun Pepaya sumber Wikipedia

3. Patikan Kebo (Gulma)

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan patikan kebo atau biasa disebut gulma. Patikan kebo ini merupakan sejenis tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan. Dimana, tanaman liar ini diyakini memiliki manfaat kesehatan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan DBD. Gulma ini banyak digunakan dengan cara dibersihkan dulu, lalu airnya direbus untuk diminun oleh penderita DBD.

Bahkan, di Filipina gulma ini dijadikan penelitian untuk mengetahui benar atau tidaknya manfaat tanaman ini dalam mengatasi DBD. Dan hasilnya tanaman ini memang dapat mengurangi pembentukan plak virus DBD stereotip 1 dan 2.

Gulma sumber Wikipedia

4. Daun Sambiloto

Cara lainnya mengobati DBD secara alami adalah dengan menggunakan daun sambiloto. Sambiloto ini merupakan daun herbal yang biasa digunakan dalam bahan jamu. Walaupun rasanya sangat pahit namun ramuan ini memiliki banyak manfaat dan menyehatkan terutama untuk mengobati DBD.

Sambiloto sumber Wikipedia

 

Demikian obat tradisional yang bisa kita jadikan alternatif saat ada yang kena DBD. Saat ini sebenarnya korban DBD sudah sangat banyak, hanya beritanya kalah buming sama virus corona. Semoga kita semua senantiasa sehat selalu.

Comments

  1. DBD ini memang susah obatnya karena sebabnya virus. Tidak seperti sakit disebabkan bakteri, minum antibiotik beres, ya, Mbak. Mesti daya tahan tubuh yang diperbaiki supaya bisa lawan virusnya. Menarik nih mbak beberapa referensi tanamannya sebagai salah satu tanaman untuk mengobati DBD. Beberapa belum pernah tahu saya kecuali daun pepaya yang udah familiar banget..hihi

  2. Belum pernah lihat patikan kebo teh, jadi penasaran

    Eniwei, kalau mau ditelisik banyak penyakit yang belum ada obatnya ya?

    pasien sembuh karena imunitas

  3. Wahh aku baru tau dedaunan yang pahit-pahit kaya kenangan mantan itu #eeehhh bisa buat obat DB. S3lama ini taunya pake jambu merah. Nice info kak

  4. Woalaahh, ternyataa banyak ya obat2 alami untuk DBD.
    Pas duduk di bangku SMP aku pernah opname kena DBD.
    Jadi rutin minum jus jambu biji jadinyaaaa
    Dan ini aku baru tau banyak TOGA buat DBD

  5. Ugik Madyo says

    Aku baru tahu semua bahan obat-obatan alami ini Mbak. Kalau sambiloto sudah tahu. Paling kaget gulma. Biasanya dibuang kalau di kebun dan di sawah eh ternyata bermanfaat banget buat obat DBD. Kalau dulu pernah DBD buat naikin trombosit-nya makan nasi bebek. Alhamdulillah sih naik cepat tapi kolesterol juga naik tinggi hehe. Terima kasih infonya ya Mbak.

  6. Ahha.. saya suka poin 2 dan 4
    Soal sayuran saya banget dan suka buat lalap atau kerawu dengan bumbu urap2, hihi

  7. Wahh baru tahu ternyata echinacea, daun pepaya, gulma, dan daun sambiloto bisa buat mengobati dbd, terutama daun pepaya soalnya biasa makan lalapan pakai daun pepaya. Thanks ya mbak buat infonyaa

  8. Ternyata DBD bisa diobati juga dengan cara alami ya Mbak. Oke saya baru tahu nih salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati DBD adalah daun pepaya yang pastinya mudah didapat karena ada ditanam juga di depan rumah saya. Ya walau rasanya super pahit sih

  9. Wah banyak ya cara alami mengibati dbd..
    Aku kok tahunya jambu biji yg mengobati dbd..
    Yg ditulis disini justru baru tahu..

  10. Wah baru tahu nih kalau bunga pepaya bisa untuk DBD. Nice info Mbak.

  11. Aamiin, semoga sehat selalu senantiasa, ya, Teh. Saat ini waktunya waspada sama berbagai jenis penyakit, semoga keluarga kita terlindungi dengan baik.

  12. ternyata daun sambiloto bagus ya teh buat nyembuhin DBD, dulu aku pernah rawat inap gara-gara DBD, aku dirawat di RS Kawaluyaan selama 3 harian dan BB aku turun sampai bersisa 47kg-an teh

  13. DBD ini di Indonesia banyak banget penderitanya. Alhamdulillah aku dan keluarga belum pernah dan jangan sampai kena penyakit ini. Tindakan pencegahan itu sangat penting. Aku juga baru tahu nih kalau ternyata ada banyak ya obat DBD alami..

  14. Visya Al Biruni says

    Waah aku baru tahu khasiat daun2 di atas bisa untuk DBD Teh. Selama ini mikirnya lgsg ke obat bgerus atau Kimia :’) btw gulma ternyata bermanfaat juga yah

  15. Wah membantu sekali ini artikelnya ya Teh…scr kan selain Corona, DBD juga mewabah lagi di Indonesia ini huhuuu… air daun pepaya tumbuk yg direbus trus disaring memang pahit sekali ya kl diminumkan ke penderia DBD anak2. Tp kl efektif menyembuhkan, mengapa tidak.

  16. bermanfaat banget nih mbak informasinya terimakasih ya soalnya lagi musim jg ya kayaknya jd harus antisipasi sih. semoga aemuanya selalu sehat

  17. Wah, baru tahu dengan semua tanaman-tanaman ini yang ternyata bias jadi obat alami DBD. Dulu suami pernah kena. Cuma pake obat dari dokter aja. Noted, walopun amit-amit ya ada yang kena lagi, tapi kudu inget ini nih buat referensi.

  18. AKu inget guru SMPku dulu yang ngajarin karya ilmiah bikin penelitian soal sambiloto dan kami diminta nanam di apotek hidup sekolah.
    Indonesia punya banyak sekali tanaman yang berkhasit utk obat2 an ya mbak, khususnya buat DBD.

  19. Echinacea ini keknya dipakai buat suplemen semacam imboost gitu deh. Fungsinya meningkatkan imun tubuh. Kalau diminum saat sakit, boleh, tetapi tidak untuk jangka panjang.

  20. Selain wabah Corona, Indonesia juga lagi diuji wabah dbd ya mba. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT, aamiin. Terima kasih untuk info obat herbalnya.

  21. Aku baru tahu kalau daun pepaya bisa untuk menyembuhkan DBD, aku tahunya cuma buah jambu merah aja mbak. Kebetulan aku juga suka banget makan daun pepaya

  22. Dari beberapa daun diatas yang aku familiar hanya daun pepaya.. ternyata bisa mengobati DBD secara alami ya mbak, semoga tulisan ini banyak yang baca ya mbak, jadi semakin banyak juga orang yang tahu bagaimana cara mengobati DBD secara alami

  23. Sekarang tuh emang lagi musim DBD ya, apalagi musim hujan gini. Ternyata bahan tradisional buat menyembuhkan DBD ini sederhana ya dan mudah didapatkan.

  24. Some genuinely superb info , Gladiola I detected this.

  25. Ternyata nggak jauh-jauh bahannya ya, daun pepaya termasuk yang gampang mendapatkannya daripada yang lain. Memang kalau bahan alami biasanya lebih manjur mengobatinya. Gpp deh pahit yang penting sembuh DBDnya.

  26. Echinacea itu bunga matahari ya Mbak Okti?
    Kalau patikan kebo, saya belum pernah lihat dan baru tahu jenis tanaman ini.
    Kalau daun pepaya, lezatos dijadiin sayur Mbak Okti, suka beli kalau di warung Padang, hehehe

  27. Selain menghadapi bahaya nya Pandemi corona sekarang juga kita menghadapi penyakit DBD ya ya

  28. Bener banget mbak, sekarang DB lagi ikutan eksis.. Beberapa kenalan saya juga sekarang terkena DB. Mau saya coba kasih usulan soal cara mengobati DB dengan alami ah..

  29. Ternyata itu semua tanaman untuk DBD ya teh? aku tahunya daun pepaya sama sambiloto doang. daun pepaya enak juga tuh dibikin urap (hayoh weh, kana emam-eun wae uwien mah) hahaha

  30. Kebo itu daku pikir kerbau, ternyata nama tanaman ya. Semoga bahan-bahan yang ada disekitar kita ini bisa jadi solusi penanganan DBD, dan tetap jaga kesehatan itu penting

  31. Satu-satunya obat DBD yang aku tau dan pernah aku coba cuma angkak. Waktu itu sempet kena DBD bwrtiga sama ibu dan adikku. Dan kita disuruh minum itu selain obat dr RS.

  32. Paling enak cuma echinacea, ga pahit seperti daun samiloto yang biasa dipakai buah nyapih anak , dasyat pahitnya

  33. Teh Okti daun pepayanya 59 gr teh berapa lembar daun?
    Nuhun infona Teh

    • tetehokti says

      50 gram sekitar satu lembar teh kalau yang lebar dan besar. Untuk yg suka takaran bisa kita sesuaikan. Saya sendiri ga pernah diminum airnya, ribet. Langsung makan daunnya saja dilalap sama ampasnya hehehe

      Dua tiga lembar juga insyaallah gak masalah

  34. Kayaknya daun pepaya doang yang gampang didapat ya teh. Kalo tanaman lainnya susah euy. Apalagi di jakarta jarang yang nanam hehe

  35. Waaa…baru tau yang nomor 1 dan 3. Malah belum pernah liat. Jangan2 semua penyakit ada obatnya di sekeliling kita ya…tapi belum ngeh.

  36. Wah kalau DBD Kasi pecel daun pepaya Aja ya. Enak. Sembuh lagi. Btw kalau mau nyari echinacea itu dimana ya Teh. Apakah tanamannya ada yang jual. Bagus Kan buat imun tubuh

    • tetehokti says

      Biasanya orang bilang rempah echinacea aja Kang. Banyak dijual kok kalau di perkotaan. Pengobatan herbal Chinese biasanya sudah pada tahu

      Cmiiw

  37. Ternyata daun pepaya bisa buat mengobati DBD ya, Teh,
    Tapi aku mikir nih, itu rasanya apa gak pait banget yah? Kalau dicampur sama bahan pemanis, misal kayak madu gitu gimana?

  38. Aamiin. Iya sebetulnya saat ini juga DBD mengkhawatirkan untuk beberapa daerah

  39. Jadi inget dulu abang sempet demam tinggi kena gejala typus tapi mengarah ke dbd, karena dia gak mau dirawat, ibu ngasih rebusan sambiloto yang pahitnya amit-amit, eh alhamdulillah cepet pulihnya

  40. Ditengah corona virus ini justru anak penyakit lain yang harus tetap diwaspadai ya yaitu DBD penyakit ini juga mematikan.. dan perlu banget kita mengetahui bagaimana cara pengobatan dbd secara alami.. semoga kita semua terhindar dari DBD ya mbak

  41. Wah makasih tipsnya
    Jadi ingat dulu istri waktu masih pacar kena dbd, sudah kritis, trombositnya sudah rendah banget
    Diboostingnya pakai jus kurma
    Mau pakei jambu merah ga bisa karena dbd baeeng tipus. Tipusnya gs bs cerna jambu

  42. Wah ternyata banyak alternatifnya ya. Dulu pas saya kena DBD cuma suruh minum jus jambu buat naikin trombosit darah. Itu aja ogah-ogahan. Obat-obatan ini kenapa banyaknya daun sih. Saya nggak suka sayur ini gimana aduh ๐Ÿ™

  43. Seriusan daun pepaya bisa Mba ? Vina baru tahu lho kalau daun pepaya bisa menyembuhkan dbd. Taunya sambiloto aja. Cuma jarang banget disekitaran rumah, beda dengan daun pepaya yang bertebaran dibelakang rumah. Terimakasih infonya mba, semoga wabah-wabah yang lagi berkeliaran lekas menghilang ya..

  44. Untuk obat dbd yang aku tahu cm daun pepaya aja. Yang lainnya baru denger. Semuanya sepertinya pahit ya rasanya. Hehehhe. Bunga echinacea ini mirip bunga matahari ya mbak. Cantik

  45. aku baru tau ternyata dbd bisa diobati secara alami, dan buah pepaya bisa menjadi salah satunya. aku kira harus dirawat aja biar optimal. semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan ya mbaaa, aamiin.

  46. Gegara isunya kalah besar sama corona yang lagi booming sekarang jadi gak keangkat ya mbak soal dbd ini heu. Boleh nih alternatif obatnya buat dbd, bookmark deh siapa tau nanti perlu hehehe Terima kasih.

  47. Aku baru tau lho Teh. Selama ini taunya hanya sebatas Daun Pepaya saja. Ternyata Sambiloto juga bisa.

    Nah bagaimana dengan minum jus jambu merah, Teh? Katanya kalau DB, dicekoki jus ini.

  48. sekarang mulai banyak yang terkena DBD lagi ya, mbak. DUulu anakku pernah kena DBD, tapi efektif pakai angkak karena bisa diminum seperti teh manis. kalau yang daun pepaya memang efektif juga tp pait anak2 suka ga mau makan ๐Ÿ™

  49. Ternyata ada yang lain selain angkak yah, daun pepaya bahkan bisa buat pengobatan alami. Kalau dikonsumsi beriringan dua sekaligus misalnya dalam waktu beda bakal efektif juga nggak ya kak

  50. efektif banget pake yg alami, dulu aku pas kena DBD belum kepikiran untuk mengobati secara alami dengan dedaunan seperti daun pepaya atau sambiloto ini nih, aku minum sari kurma yang banyak

  51. Wah yang ku tahu malah jambu biji sih enak juga gitu hehe. Kalau lihat list atas ya namanya juga obat ya yg penting itu sehat mahal ya

  52. Wah ternyata obatnya ada dan dekat di sekitar kita ya, banyak yang selama ini tergantung dengan obat dokter karena belum tahu

  53. Saya mau menambahi angkak dan jambu biji.
    Yang terakhir itu, cara asyik menaikkan trombosit.
    Yang jelas, memang memperbaiki imunitas itu yang paling penting ya Mbak, selain menjaga kesehatan tentunya.

    Selalu sehat ya Mbak…

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: