Ciri Toko Online Terpercaya

Ciri Toko Online Terpercaya

Sekarang situs belanja online semakin banyak, ya. Kadang semua aplikasinya pengen diinstal saja. Semua menawarkan kelebihannya. Galau akutu jadinya.

Belanja online memang sangat banyak sekali manfaatnya. Seperti mempermudah kita berbelanja seluruh kebutuhan meskipun kita sedang sibuk dalam suatu pekerjaan. Musim hujan apalagi, bawaannya mager pisan. Tapi kebutuhan mah tidak bisa kita tangguhkan, yekan?

Seperti berbelanja online di Nah Project ini memungkinkan kita untuk berbelanja meskipun kita sedang sibuk dan dalam aktivitas lain. Saat kita sedang di rumah sekalipun sedang mengenakan daster sebagai kostum kebesaran, kita tidak perlu menggantinya dan pergi keluar rumah, kita hanya cukup mengambil smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet. Langsung buka beberapa situs beberapa online, jadi deh belanja.

Semakin maraknya situs belanja online, semakin banyak juga orang yang tidak bertanggung jawab yang menyalah gunakan kemajuan teknologi yang satu ini. Pernah ketipu saat belanja online? Atau merasa kecewa dengan pelayanan seler? Yuk kita bahas mengenai gimana supaya kita bisa belanja online dengan aman.

Bagaimana ciri toko terpercaya? Bagaimana agar kita terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab?

Ciri toko online terpercaya:

1. Memiliki fitur keamanan

Hal yang paling utama dan hal yang harus di perhatikan adalah bahwa toko tersebut harus memiliki fitur keamanan. Umumnya pembeli akan diminta untuk memasukan dan memberikan beberapa informasi data pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon hingga nomor kartu kredit. Sebelum melakukan pengisian data, ingat kita harus memastikan bahwa situs belanja online ini dilengkapi sertifikat SSL. Kalau blogger mah pasti tahu dong ya…

Patokan cirinya yaitu alamat situs memiliki alamat https. Dan disertai dengan symbol gembok. Jika alamat situs hanya http dan tidak memiliki symbol gembok sebaiknya pikirkan kembali untuk mengisi data-data pribadi yang diminta. Ingat resikonya guede loh…

2. Menampilkan foto asli dan juga resolusi yang tinggi

Ciri yang kedua adalah harus pasti bahwa foto produk yang ditampilkan oleh toko online adalah foto produk asli yang merupakan hasil foto mereka.

Gimana bisa tahu? Kita bisa mengeceknya dong. Biasanya jika foto tersebut bukan foto asli yang mereka ambil resolusinya akan rendah, dan kita bisa memastikan apakah produk tersebut dicari di google atau tidak.

Jika ternyata toko online tersbut mengambil foto orang lain, sebaiknya kita berhati-hati dengan toko online yang seperti itu.

3. Customer service 24 jam

Ciri toko terpercaya lainnya adalah jika toko tersebut memiliki nomor customer service ataupun memberikan email yang bisa dihubungi oleh pembeli, sehingga jika ada masalah atau keluhan mengenai pembelian yang kalian lakukan, kita bisa langsung menghubungi kontak yang tercantum disitu.

Jika toko online tidak menyebutkan nomor atau email resmi yang dapat bertanggung jawab, sebaiknya kita tidak melanjutkan proses berlanja di toko online tersebut, deh. Kecuali memang yakin saja transaksi ga bakal meleset.

4. Ada alamat dan nomor telepon yang jelas

Biasanya toko online terpercaya tidak akan ragu mencantumkan alamat atau nomor telepon yang bertanggung jawab. Saat ada masalah, kita bisa menghubungi atau mendatangi tempat jika memang harus ada yang diselesaikan terkait transaksi.

Jika tidak menemukan alamat dan nomor telepon pada toko mereka, sebaiknya mulai mencurigai toko yang satu ini. Pikir-pikir lagi beneran mau belanja di sana?

5. Adanya testimony

Jika akan membeli belanja secara online, sebaiknya mencari tahu dulu seluk beluk dari toko online tersebut. Kita bisa melihat beberapa review toko dari pembeli lain. Biar lebih yakin, kitaย  juga harus melihat testimony yang ditampilkan oleh penjual. Jika testimony nya terpercaya dan konsumen ternyata memang menyukai setiap produk yang dijual toko tersebut, maka kita bisa melanjutkan berbelanja di toko online tersebut.

Nah manteman, itu lima ciri toko terpercaya yang biasa saya kategorikan aman untuk berbelanja. Saya kategorikan tidak aman, jika toko yang akan kita beli produknya tidak memenuhi salah satu ciri dari lima ciri di atas tersebut.

Belanja online memang mengasyikkan ya. Tapi ya kalau punya uang dan memang sedang butuh saja. Tidak ada salahnya kita sedikit berhati-hati dan berpikir dua kalia untuk melanjutkan transaksi jual beli saat berbelanja secara online.

41 thoughts on “Ciri Toko Online Terpercaya”

  1. Nah bener banget ini. Aku sering banget parno kalau lihat postingan jualan online burem. Banyak pertanyaan yang tiba tiba muncul, termasuk kecurigaan pada penjual. Sering juga gara gara foto produk yang burem aku ga jadi belanja di toko online itu

    Reply
  2. Beberapa kali aku belanja online dan hamdalah super duper hepi karena harganya relatif murah dan produknya cucok bangeeett
    Tapii, abis gitu jadi nyesel, karena kok dompet kayak terobrak-abrik hahahaha
    sekarang rada ngerem sih Teh

    Reply
  3. Iya mbak adanya testimoni membuat kita bisa memilih toko online yang terpercaya, karena dengan testimoni oranglah berpengaruh besar untuk membuat keputusan

    Reply
  4. Nah iya teh Bener bngt tips Ada satu lagi sih teh dia tergabung Juga di e-commerce berskala besar jd Kita bisa mudah ngecek nya. Kadang klo beli akupun lihat dulu testimonial ny

    Reply
  5. Belanja online itu praktis, tapi memang butuh banget yang namanya cek n ricek agar nggak ketipu, pilih market place terpercaya kayak blibli juga amat sangat membantu nih.
    Toko yang terdaftar di sana juga insha Allah terpercaya ๐Ÿ™‚

    Reply
    • Toko online yang punya CS 24 jam juga asyik banget tuh Mba, jadi bisa klaim sesuatu kapan saja.
      Dan biasanya kalau CS 24 jam gitu lebih terpercaya sih ya.
      Demikian juga punya alamat dan notelp yang mudah dihubungi ๐Ÿ™‚

      Reply
    • Kalau e-commerce memang melalui beberapa tahap seleksi dan syarat, termasuk aman karena punya nama besar e-commerce itu sendiri yang dijual ke konsumen

      Reply
  6. Setuju. Kita harus kenali ciri-ciri toko online yang bisa dipercaya dan amanah. Sekarang banyak kasus tertipu belanja online. Jika bukan kita yang aware, bisa jadi kita bakalan bernasib sama.

    Reply
  7. Semakin mudah untuk mendapatkan produk yang diinginkan di jaman sekarang karena market place online semakin menjamur saja. Dan ya, poin poin yang Teteh sampaikan tepat sekali. Jadi kalau mau belanja online tetap perlu teliti dan hati-hati, alih-alih sudah mudah sekali di jaman ini.

    Reply
  8. Maraknya bisnis online memang kitanya selaku konsumen kudu cerdas memilih. Jangan hanya karena misalnya harga rada miring, udah buru-buru transfer aja ya. Sip, kuy kita jadi konsumen cerdas

    Reply
  9. Belanja online memang praktis ya mba..namun waspada tetap perlu. Setuju aekali dg hal ini,karena bukan hanya 1-2 saj yg bermasalah Krn kurang hati2 dlm memilih.. TFS, Teh..

    Reply
  10. Menurutku salah satunya juga punya website, Kak. Testimoni juga kudu teliti yah.. real testi atau bukan ๐Ÿ˜€ kalau CS 24 jam kayaknya ga semuanya bisa deh wkwk aku dulu pernah punya toko online dan gak bisa 24 jam jugaa CS nya hihi

    Reply
  11. Testimoni itu memang salah satu acuan yg penting ya Teh dalam berbelanja online, trusted online shop pasti punya real testimoni yang bisa buat calon pembelinya yakin. Saya juga gitu sih klo baru mau belanja pertama kalinya di toko online, heheh.

    Reply
  12. Kalau belanja online itu kaya utung-untungan gitu ga sih kak. Kadang sering banget nih belanja online eh barangnya ga sesuai harapan kan. Tapi tipsnya oke juga nih, makasih ya infonya

    Reply
    • Ya kalau bukan sama penjual yang kenal atau terpercaya, biasanya ada yang meleset
      Maklum tidak melihat barang secara langsung sih

      Reply
  13. Memang ya, Teh, semakin banyak toko online membuat semakin banyak pilihan yang kita punya. Etapi, kudu hati2 banget karena ga semua toko online bisa dipercaya.

    Dan tips yang Teh Okti berikan tuh udah sip banget. Kudu banget cek ricek poin2 di atas saat memilih mau belanja di online store mana. Thanks for the tips, Teh Okti.

    Reply
    • Gak gitu juga. Kalua tahap toko onlinenya masih skala kecil ya konsumen juga mengerti. Yang penting bisa dihubungi saja kalua ada masalah. Cepat respon kalau konsumen bertanya atau menghubungi

      Reply
  14. Saya dan suami saat tinggal di Ameriak, lebih pilih belanja online, sampai laptop, kamera..dan alat rumah tangga beli online. Tapi saat balik ke Jakarta karena pernah kena tipu, barang jauh dari harapan, enggak sesuai janji, pernah kurang dikirim dan lainnya..jadi agak mengurangi belanja online ini, meski masih belanja sih
    Memang tetap perlu hati-hati dengan toko online-nya

    Reply
  15. Apalagi kalo toko online yang sukses gitu CS nya sampe banyak teh
    banyak nomer teleponnya. Tapi kalo marketplace ga boleh nampangin no telepon kita bahkan ngasi ke konsumen kadang chatan kita langsung dihapus otomatis

    Reply
  16. Setuju banget, nih. Kita harus jadi smart buyer, jangan sampai merasa dikecewakan atau malah tertipu oleh toko online abal-abal. Sebelum memesan pastikan jika kita bernelanja di toko online yang tepat.

    Reply
  17. belanja online kadang memang suka bikin geregetan ya. kadang foto tidak sesuailah dengan aslinya. trus ada juga yang testimoninya palsu. memang kita harus pintar-pintar dalam memilih toko online

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: