Cuan Tambahan Ibu Rumah Tangga Dari Canva

Pembaca blog ini pasti tahu, jika setahun ini saya kerja serabutan demi bisa tetap menghasilkan cuan, setelah akhirnya saya kena PHK juga.

Bukan mau mengesampingkan nafkah dari suami yang sudah lebih dari cukup, membiayai kebutuhan saya pribadi, rumah tangga dan keluarga. Tapi mungkin karena sebelumnya saya terbiasa bekerja, merasa bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi menulis yang saya jalankan, dengan tidak mengganggu waktu dan tugas utama saya sebagai ibu rumah tangga, mendapatkan penghasilan tambahan ini macam sebuah keberhasilan dan kepuasan.

Ya, dengan menulis di blog alias ngeblog saya bisa mendapatkan cuan tambahan yang jika saya kalkulasikan setiap bulannya, sering nominalnya tidak kurang dari besarnya gaji seorang pegawai negeri sipil golongan tiga. Alhamdulillah.

Blog ini tidak hanya sebagai tempat saya curhat, tapi juga sebagai sumber kekuatan dan sumber penghasilan. Jika healing sultan itu pelesiran, maka healing saya cukup bikin tulisan. Ngeblog itu me time.

Dulu pernah ada tetangga yang nanya, pekerjaan saya apa kok diam di rumah saja tapi banyak paketan yang datang. Takut jadi fitnah saya pun menjelaskan kalau saya memilih diam di rumah saja karena saya punya kegiatan berselancar di dunia maya, bukan tidak mau bertetangga atau bersosialisasi. Paket yang datang itu produk milik orang yang harus saya review. Atas jasa semua itu saya dibayar. Jadi posisi saya bisa dibilang bekerja dari rumah.

Namun tentu saja hobi ngeblog ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Saya bisa bicara ngeblog itu menulis. Tapi pada kenyataannya bukan hanya sekadar keahlian menulis yang diminta. Tanpa ilmu dan triknya, dengan hanya menulis saja, tidak akan ada yang bersedia membayar.

Apalagi saat ini semua beralih serba digital. Dunia ngeblog tidak hanya membutuhkan kreativitas dalam menulis saja, melainkan juga dituntut untuk bisa menguasai dunia desain, grafis dan pembuatan video serta olah vokal.

Lalu ibu rumah tangga seperti saya ini, yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal untuk semua itu apakah bisa mengikutinya? Insyaallah bisa. Selama ada niat dan kemauan disitu pasti selalu ada jalan. Belajar ngeblog dan perintilannya saat ini bukan sebuah hal sulit. Tidak harus datang ke lokasi acara untuk bisa memungut ilmu dan wawasan yang dibagikan para pakar. Cukup mengikuti dari rumah saja, sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga, saya sudah bisa belajar sambil mempraktikkannya.

Bagaimana cara ngeblog biar bisa menghasilkan uang? 

Mendapatkan uang di zaman serba teknologi seperti sekarang ini bisa dibilang semakin mudah. Kita hanya dituntut untuk kreatif dan tidak segan menyalurkan hobi dan bakat apapun. Karena dengan teknologi, kita akan merasa lebih mudah untuk memperkenalkan dan memasarkan hasil-hasil karya kepada orang lain.

Sekarang ini, orang seolah tidak bisa lepas dari smartphone dan jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari jual-beli barang secara online, belajar atau kuliah secara online, bahkan mencari pengalaman pun bisa dilakukan secara online.

Nah, dari perubahan gaya hidup ini, kita bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Bagi yang hobi menulis atau mengulas sesuatu seperti saya ini, pun bisa menghasilkan uang melalui blog yang kontennya yang dapat kita ciptakan sendiri, atau melalui berbagai kerja sama maupun lomba.

Namun terkadang, sekalipun memiliki minat dalam dunia menulis, sering kali dihadapkan kendala sulitnya menemukan ide yang hendak dituangkan dalam blog tersebut, atau minim kreatifitas sehingga merasa minder untuk bersaing. Minimnya pengalaman maupun kemampuan teknis, sering kali menghantui siapapun yang akan memasuki dunia blogging.

Langkah Menghasilkan Uang dari Blog

Buang rasa minder dan take action! Sebagaimana tergolong umum bagi blogger pemula, untuk bisa menghasilkan uang dari blog langkah pertama ialah tentu saja dengan terlebih dahulu memiliki blog. Jadi mulailah dulu dengan membuat blog. Bisa yang berbayar maupun yang gratisan. Kewajiban utama menjadi seorang blogger tentunya memiliki platform blog, lalu menghasilkan konten-konten yang bermanfaat. Jangan khawatir ada banyak tutorial membuat blog di internet, dari yang gratis hingga berbayar.

Kreasikan blog semenarik mungkin. Pilih design yang bikin orang nyaman melihatnya, mobile friendly, dan kecepatan membuka halaman per halaman blog sangat singkat.

Buat konten yang bermanfaat dan menarik. Menuliskan apa pun pikirkan jika semua itu bermanfaat dan dicari orang. Prinsipnya, konten sebuah blog harus dibuat semenarik mungkin hingga menjadi yang menginspirasi, menghibur, penyelesaian masalah, serta mampu mengubah gaya hidup yang lebih baik bagi para pembaca.

Sebagai seorang blogger, pikirkan juga bagaimana target pembaca blog. Untuk menjalin komunikasi, interaksi dengan cara menjawab komentar. Apa pun lakukan supaya terbangun kedekatan dengan para pembaca.

Konten is the king

Sekarang adalah era konten. Netizen akan selalu mencari lebih banyak hal baru untuk diserap dari dunia internet yang luas dan tak terbatas. Saya jalani dengan enjoy tanpa harus stress melalui hal-hal yang menyenangkan. Jadi jatuhnya menjalankan hobi yang dibayar. Menyenangkan bukan?

Media sosial adalah cara hebat lainnya untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas cuan dan menumbuhkan pengikut blog. Terus saja posting konten yang bermanfaat dan menarik, hingga blog dan sosial media yang dikelola akan berkembang.

Jadi blogger saat ini, tidak bisa hanya memiliki kemampuan menulis saja. Blogger juga dituntut untuk bisa menguasai dunia design, grafis dan pembuatan video bahkan merambah ke dunia olah vokal. Terbayang gak sih bagaimana terseok-seok nya saya yang pada dasarnya tidak punya pendidikan basic untuk semua skill tersebut?

Namun Tuhan memberikan jalan. Melalui Canva, saya bisa mensejajarkan diri dengan blogger pro lainnya dalam meningkatkan kualitas konten.

Canva memaksimalkan karya

Tulisan tanpa disertai gambar atau design yang menarik sekarang ini banyak disisihkan, lho! Gambar jadi hal penting yang dapat digunakan untuk menarik perhatian dan memecah teks. Memenuhi semua permintaan pembaca itu, saya hiasi blog dengan foto gratis tanpa khawatir terkena copyright dari Canva untuk membuat setiap postingan kita tambah keren.

Canva adalah aplikasi desain grafis yang didirikan oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya.

Diluncurkan tahun 2013 aplikasi yang berkantor pusat di Sydney Australia ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk bebas digunakan.

Sejak mengenal Canva sekitar tahun 2016, saat itu hanya bisa diakses melalui website, Canva sudah banyak membantu saya mendesain gambar dan tulisan. Sesuai dengan misinya memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

Semakin berkembang, Canva pun bisa kita akses melalui aplikasi. Ini tentu saja sangat memudahkan saya yang mana lebih banyak ngeblog melalui ponsel. Ada banyak alat desain gratis yang bisa kita pakai dan sesuaikan dengan kebutuhan kita termasuk  Presentasi dan Video.

Sejak itu saya semakin jatuh cinta kepada Canva. Tidak hanya menjadi alat desain grafis online yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan blog, tapi juga untuk membuat kiriman media sosial, presentasi, poster, video, template dan grafis cantik.

Salah satu layanan Canva yang bikin saya happy adalah ukuran design yang bisa disesuaikan untuk berbagai sosial media.

See, melalui Canva yang terus menerus diupgrade, saya bisa membuat ide konten menjadi lebih menarik dan maksimal.

Saya bisa mengolah inspirasi menjadi kerangka artikel dengan papan tulis Canva. Saya bisa dengan mudah  menghapus latar belakang video TiKTok maupun YouTube berkat bantuan pengeditan Canva. Saya bisa membuat presentasi dengan mudah dan terstruktur dibantu Canva. Gambar animasi dan pengeditan saya jadi terlihat lebih profesional setelah menggunakan fitur Penghapus Latar Belakang untuk postingan yang difasilitasi Canva.

Pokoknya saya bisa percaya diri memublikasikan karya saya seperti postingan instagram di atas itu setelah melalui berbagai proses pengeditan melalui Canva.

Canva ini gratis gak sih?

Canva terdiri dari dua jenis layanan. Ada Canva versi gratis ada Canva versi berbayar (Canva Pro). Karena ingin totalitas bisa mendesign sekaligus bikin konten yang terbaik, saya memilih menggunakan Canva Pro alias Canva berbayar. Hasilnya tidak akan mengecewakan. Banyak elemen, foto maupun video yang bisa kita pakai sepuasnya.

Sekiranya masih ragu, kalau mau mencoba dulu juga bisa, coba dulu Gratis Canva Pro. Jadi kita bisa mencoba sendiri kehebatan Canva Pro dalam mendesain dengan ribuan template gratis, fitur dan pustaka konten yang lengkap. Masa percobaan gratis ini selama 30 hari. Jadi bisa sepuasnya mencoba membuat design apapun, bukan?

Setelah mengetahui bahwa menggunakan Canva Pro bisa memaksimalkan konten yang kita buat, baru melanjutkan kepada Canva Pro berbayar.

Dengan berlangganan Canva Pro, kita bisa mendapatkan semua yang ditawarkan gratis di Canva termasuk akses lebih. Bisa mengakses semua template, font dan grafis, alat editor yang efektif seperti Background Remover, hingga akses analytics presentasi.

Langganan Canva Pro, sangat terjangkau hanya Rp95.000,-/bulan. Dan lebih menyenangkan lagi, itu bisa bayar patungan hingga lima orang. Jadi jatuhnya per orang hanya bayar Rp19.000,- saja.

Manteman yang mau daftar Canva untuk jalan usaha sehingga bisa menumpuk pundi pundi cuan seperti saya bisa berlangganan melalui link ini:

Canva Pro untuk untuk Berlangganan 

Canva jalan Ibu rumah tangga menghasilkan cuan

Sejak blog dan sosial media saya lebih kekinian karena dukungan grafis dan desain Canva akhirnya pelan-pelan bisa mendapatkan penghasilan. Cara saya selama ini menghasilkan cuan sebagai seorang blogger melalui:

  • Menulis advertorial dan konten bersponsor.
  • Menerapkan tarif (rate card)/biaya untuk postingan media sosial bersponsor.
  • Menulis postingan blog tamu (guest post).
  • Bekerja sama dengan agensi untuk job yang ditawarkan berkaitan dengan blog dan sosial media.

Dan masih ada banyak cara yang bisa menghasilkan cuan lainnya, hanya tidak saya lakukan pada blog saya.

Begitulah manteman. Pada akhirnya, blog bisa menjadi jalan saya mengumpulkan pundi-pundi cuan. Jika saya saja sebagai ibu rumah tangga di pedesaan bisa melakukannya, tentu saja manteman akan memiliki kesempatan lebih. Apalagi jika dibarengi dengan doa dan usaha. Karena  membuat blog yang sukses adalah tentang kerja keras dan konsistensi dalam menghidupkan blog itu sendiri.

55 thoughts on “Cuan Tambahan Ibu Rumah Tangga Dari Canva”

  1. Memang canva ini sangat membantu. Kecepatannya mengupdate koleksi lebih tinggi daripada kecepatan saya berkarya. Jadinya selalu menemukan hal baru dan ga sampai kehabisan ide kalau pake canva.

    Reply
  2. Sejak kenal Canva rasanya semua hal yang nggak aku bisa khususnya desain mendesain, jadi gampang gitu..sangat memudahkan kita dalam membuat konten desain pokoknya. Terima kasih Canva

    Reply
  3. Awalnya dulu aku belum kenal Canva dan merasa ga bisa menggunakannya. Tetapi belakangan aku suka banget dan mulai bisa membuat cover blog, kolase dll sehingga blog makin cantik tampilannya. Cuma belum berlangganan Canva Pro nih, menunggu ada teman yang mau barengan join bayar hemat kan tahunannya kalau tim hehehe.

    Reply
  4. Bener banget mbak Okti. Sekarang jadi lebih gampang karena ada Canva. Bahkan mau buat mini blog di IG pun bisa lebih ciamik tampilannya karena Canva ini πŸ˜€

    Reply
  5. Canva ini sudah jadi penolong banget bagi Blogger juga Content Creator ya Teh, secara kita bisa mengolah gambar, infografis dan konten yang kita butuhkan dari sana.
    langganan Canva Pro pun juga jadi lebih mudah dan ringan dengan patungan berlima ya.
    bisa jadi sumber penghasilan juga nih buat emak-emak untuk menghasilkan cuan jika menjalankan afiliasinya ya.

    Reply
    • Setuju banget. Adanya Canva ini memudahkan banget untuk urusan bikin konten visual ya. Gak cuma buat bikin image di blog jadi bagus, bahkan bisa untuk bikin konten sosmed atau buat bikin slide presentasi. Pake Canva Pro juga masih terjangkau sih menurutku.

      Reply
  6. Buat di jaman now, cara mendapat cuan memang ga hanya di dunia nyata tapi juga melalui media sosial, ya teh Okti
    Setuju terus saja posting konten yang bermanfaat dan menarik, hingga blog dan sosial media yang dikelola akan berkembang.

    Reply
  7. Sejauh ini daku pakai Canva nya masih yang free, belum pro. Soalnya yang free Alhamdulillah udah sangat membantu.
    Paling uniknya antara Canva aplikasi dan versi web ada bedanya ya.

    Reply
  8. Hasil desain di Canva mendukung artikel kita di blog supaya lebih kaya dan menarik untuk dibaca ya teh. Kayak ada yang kurang kalau artikel tanpa foto atau ilustrasi. Kalau ga hobi pepotoan, bisa andalkan canva bukan bikin ilustrasi. Canva memang handal!

    Reply
  9. Canva ini bantu aku banget lho buat bikin macam-macam
    Mulai dari edit foto buat pelengkap blog, buat medsos, sampai bikin bahan presentasi
    Kerjaan jadi mudah dan cepat dengan canva

    Reply
  10. Berkreasi dengan Canva emang asik kok, apalagi bisa jadi cuan.. itu sih nilainya jadi plus-plus. Saya pun kalau edit gambar dari Canva, bisa berkreasi sesuai dg daya imajinasi hehe

    Reply
  11. Yes betul sekali teh, Canva ini membantu sangat aktivitasku juga sebagai seorang irt yang demen bikin video gitu. Biasanya paling males kan ya kalau ngedit gitu, cenderung ribet etapi setelah kenalan sama Canva, muluuuuuuuuuus

    I Love you Canva, eaaaa

    Reply
  12. Banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan blog, termasuk dengan menebar kebaikan ya Teh. Postingannya pun harus menarik untuk dilihat, jadi sekarang kekuatannya tak semata lewat tulisan saja. Keberadaan Canva ini cocok banget bagi yang tidak punya basic ilmu desain. Tinggal pakai template yang tersedia, apalagi klo yg versi Pro, banyak fitur yang sudah unlock, makin lengkap deh untuk editing gambar dan video.

    Reply
  13. Bener banget teh, nyatanya jadi blogger itu bukan cuma nulis aja memang kalau mau menghasilkan cuan. Samaaa dong, aku kebantu banget buat ngehapus latar belakang kalau pakai Canva. Canva Pro andalanku pokoknya

    Reply
  14. Aku udah luama banget pakai Canva. Udah pernah dapat cuan dari ngajar kelas Canva juga.

    Bahkan sekarang masih pakai buat ngonten. Makin ke sini, Canva makin gampang digunakan. Jadi kaya makin jatuh cinta.

    Sempet sedih waktu dulu Canva mau diblokir kominfo. Alhamdulillah, nggak jadi. Jadi masih bisa pakai deh.

    Reply
  15. Mbak Okti bagaimana kondisi rumah? Kena gempa susulan ga? Semoga sehat selalu ya mbaa….

    Insya Allah rejeki sudah diatur Allah tinggal kita jalani saja ya mbaa dengan belajar dan mencari celah yg bisa menghasilkan cuan halal & berkah

    Reply
    • Alhamdulillah kami sehat dan selamat
      Seminggu lalu kami di pengungsian karena masih ada gempa susulan. Sekarang sudah diperbolehkan kembali kalau rumah nya masih layak ditempati
      Alhamdulillah
      Terimakasih

      Reply
  16. Memberikan yang terbaik untuk konten yang disajikan memang perlu banget berlangganan Canva pro atau menggunakan canva premium. Agar gak ada watermark Canva yang bikin gak kece dan gak enak diliat.

    Reply
  17. Kebetulan Canva memang aplikasi andalanku sejak kurleb 3 tahun lalu Teh. Seneng banget bisa kenal dengan aplikasi yang mempermudah hidupku yang dulu skill desainnya pun pas2an hehehe.

    Reply
  18. setujuuu mbak, beberapa waktu lalu juga dapet cuan dari canva, menjadi kontributor atau affiliatornya, dan memang canva ini salah satui web desain yang ramah, baik bagi ibu-ibu maupun anak-anak

    Reply
  19. Aku banget nih Canva. Bener-bener ngebantu banget mulai dari ngeblog sampe bikin konten media sosial. Kadang mikir, yang bikin Canva ini kayaknya masuk surga deh, bantu banyak orang hahaha

    Reply
  20. canva ini benar-benar membantu ya, mbak dalam hal desain untuk apapun. jadi nggak cuma blogger yang sekarang perlu pakai canva tapi juga anak sekolah sampai presentasi kayaknya pada pakai canva. mana dia juga open source ya nggak perlu diinstal jadi nggak ribet makainya

    Reply
  21. Jujur terbantu banget sejak ada Canva ini. Nggak hanya untuk jadi gambar pendukung di postingan blog, lebih dari itu dengan adanya Canva, jadi bisa perbagus tampilan CV, proposal ini itu, e-flyer, dan masih banyak lagi.

    Reply
  22. Cakep banget kreasi Canva Teh Okti, terkesan hidup jadinya penggabungan foto dengan elemen yang ada di aplikasi Canva.

    Aku sejak kenal Canva juga selalu pakai, rasanya kayak ada yang kurang kalo nggak pakai desain dengan Canva. Aku nyoba klik link gabung Canva Pro ya Teh

    Reply
  23. Akupun sudah memakai canva pro mba supaya bisa lebih mengeksplore element & fitur menarik lainnya di canva

    Turut senang melihat pencapaian teh okti yang bisa menghasilkan cuan melalui nulis di blog, plus didukung kreativitas mendesain dengan canva yang membuat conten lebih menarik dilihat

    Reply
  24. Setuju banget, dengan Canva, blog makin cantik ya. Jadinya bikin brand suka deh ngasoh job ke kita. Dan pembaca juga gak bosen dengan tulisan yang polos. Gambar dari Canva bikin lebih menarik. Jd inget nih belom perpanjang Canva Premium nih. πŸ˜€

    Reply
    • Pengen banget punya temen yang bisa diajak patungan canva…kan lumayan banget kalo bisa joinan. Secara aku belum profesional pakai canvanya. Itu pun sudah terbantuuuu sekali. Memang kereeen canva ini. Dua jempolku sama pinjem jempol se-RT buat founder canva hehehe

      Reply
  25. Canva ini emang penemuan aplikasi terbaik abad ini haha. Saya yang gak jago desain jadi bisa desain dengan canva. Ya iyalah pakai templatenya doank πŸ˜€ .
    Sejak ada Canva jd lebih mudah bikin infografis di blog dan konten2 utk IG. Di rumah kami jg langganan yang premium krn yang makai semua org, Anak2 pakai buat tugas2 sekolahnya.

    Reply
  26. emang asik bangeeett pakai canva inii, bisa bikin apapun dari gambar biasa, infografis, sampai presentasi dan kartu nama (ratecard juga bisaa loh, hihii).

    aku juga pakai yang pro, tapi patungan dengan bikin tim di canva, ternyata gak susah lhoo bikin tim gitu, hehe

    Reply
  27. Bener bener bener, teh. Saya pun banyak menggunakan canva disetiap kerjaan saya. Mulai bikin video. Infografis blog, kartu nama malah kadang ada yg minta dibuatin logo xixixxi

    Reply
  28. canva beneran membantu kita membuat ilustrasi artikel biar pas dengan imajinasi kita.Soalnya kadang susah dapet ilustrasi yang cocok

    Reply
  29. Nah saya nih mba salah satu pelanggan Canva ddan sekarang juga lagi nunggu teman lain buat join in a team buat bisa dapat yang premium. Karena memang sepenting ituuu ya Mba buat kita pencipta konten.

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: