Etika Berinteraksi di WhatsApp Group

Etika Berinteraksi di WhatsApp Group

Salah jalan dalam berinteraksi di group wa alias WhatsApp, bisa-bisa kita jadi orang yang dibenci anggota group lainnya. Karena itu meski group wa sudah dimiliki para pemilik smartphone sejak lama tapi tetap ada aturan berinteraksi yang harus kita perhatikan dan patuhi.

Group wa dibuat berdasarkan kepentingan para anggotanya. Karena itu kita tidak bisa memaksakan kehendak sendiri selama masih ingin menjadi anggota group tersebut.

Akan ada banyak aturan yang dibuat masing-masing group sehingga satu sama lain pasti aturan berinteraksi berbeda-beda. Namun secara garis besar berikut interaksi dalam group wa secara umum:

 

1. Mengikuti aturan yang dibuat admin

Jelas karena group dibuat berdasarkan sebuah kepentingan. Apakah sarana informasi, sarana promosi, atau sarana edukasi dan masih banyak lagi lainnya. Kita sebagai member group tidak bisa seenaknya saja melanggar tata tertib yang sudah disepakati. Karena itu agar semua member group menghormati keberadaan kita, maka hormati juga aturan serta kesepakatan yang telah dibuat bersama.

 

2. Jangan keluar group tanpa izin

Ibarat tamu yang datang dan pergi tidak berpamitan, tentu pribumi akan merasa heran dan menganggap sang tamu tidak punya etika atau sopan santun.

Meski masuk dan keluar sebuah group itu sangat gampang namun kita tidak boleh keluar dan atau masuk group secara sembarangan atau apalagi tampa lebih dahulu meminta izin.

 

3. Jangan mengundang orang sembarangan

Termasuk jangan sembarangan mengundang orang lain masuk ke dalam lingkaran pertemanan kita. Orang yang tidak berkepentingan pastinya tidak akan fokus dan ujungnya malah bisa mengganggu kepada anggota group yang lainnya.

 

4. Mengikuti diskusi yang digelar

Sebagai member group kita berhak mengikuti dan berinteraksi terkait apa yang dibicarakan para anggota di dalam group. Asal jangan melenceng dari tema, dan tetap mengedepankan asas kekeluargaan agar satu sama lain saling terjaga kerukunan nya.

 

5. Memberikan respon jika dimintai

Pendapat atau pertanyaan dan hindari obrolan sepihak
Namanya dalam group pasti akan ada lebih dari 2 orang member. Respon saja percakapan yang penting seperlunya sesuai kapasitas kita. Hindari asal menjawab karena berpotensi melahirkan percakapan yang tidak diperlukan. Jangan hanya berkomunikasi dua arah dalam group karena akan mengganggu kepada anggota group lainnya. Jika berkomunikasi dengan seseorang sebaiknya lakukan wa jalur pribadi.

6. Tidak mengirimkan pesan apapun di luar ketentuan group

Ini jelas sangat dilarang. Membuat group pengerjaan tugas sekolah, misalnya. Jangan pernah berkirim pesan atau apapun di luar aturan itu. Apalagi kalau mengirim berita hoax jangan sampai tangan gatal untuk langsung menshare nya lagi kecuali sudah terbukti fakta dan kebenaran dari beritanya. Informasi jualan, acara pribadi, politik dll kirimkan pada tempat yang tepat.

7. Minimalisir kendala dengan menghubungi administrator

Untuk menghindari kesalah pahaman dalam group sebaiknya ada admin yang tegas dan mengayomi. Admin mendorong member supaya satu sama lain saling menguatkan baik dalam argumentasi maupun perdebatan. Tidak hanya bergantung kepada admin karena setiap orang bisa menenangkan sesama member dan itu adalah tanggung jawab bersama. Kita sebaiknya segera saling intropeksi diri.
Gunakan pesan jalur pribadi kepada admin jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut.

8. Baca baca dan baca sebelum clear chat!

Ini penyakit buruk para member group wa apalagi attitude mereka yang belum terlalu bagus. Belum sempat membuka notifikasi sudah muncul lagi notifikasi yang lain sehingga notifikasi menumpuk tidak jarang hingga ribuan!

Akhirnya malas membaca karena terlalu banyaknya percakapan. Clear chat pun jadi pilihan.

Tapi bagaimana kalah dalam percakapan yang dihapus itu ada informasi yang sangat penting?

Karena itu dari awal ditekankan etika berinteraksi dalam group salah satunya jangan mengirim pesan yang tidak penting atau tidak relevan dengan topik, agak tidak banyak notifikasi yang datang ke member group lainnya sehingga menjadi sampah.

 

oo00oo

Saya sendiri saat ini terus mencoba untuk bisa konsisten merealisasikan semua etika interaksi group wa tersebut supaya group wa semakin banyak manfaat dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Comments

  1. Seringnya ketika diminta untuk dilarang posting, eh yang ada malah tetep posting tanpa izin lebih dulu. Giliran diminta posting, malah postingnya telat . Nasib, eh curcol

  2. Ketika kita masuk dalam suatu grup WA sudah tentu harus mematuhi ketentuan yg ada dalam grup ya Mba agar tidak ada salah komunikasi..

  3. Betul teh okti, apapun juga harus ada etika.. Karena etika pun membuat bnyak orang yg akan respon baik di grup tersebut karena kita bisa dianggap orang yang sangat asyik untuk diajak mengobrol dan mempunyai etika ..

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: