Gaya Rambut Kriwil: Saat Kecil Lucu, Sudah Besar Nyebelin

Gaya Rambut Kriwil: Saat Kecil Lucu, Sudah Besar Nyebelin?

Ngomongin soal gaya rambut, karena saya berjilbab, dan merasa gak tahu apa yang harus dibahas, jadinya saya jadikan rambut Fahmi saja, yang akan jadi bahan kelinci percobaan ulasan. No picture hoax kan? Nyari foto rambut saya risih, udah pakai foto rambut anak lelakiku saja yang bertebaran.

Sejak lahir, rambut Fahmi tampak kelimis. Orang bilang bakal ikal tuh. Saya bersyukur saja. Selama di rumah sakit umum daerah Cianjur, yang jadi doa tiada henti saya saat itu justru semoga anak saya tidak tertukar atau ditukar. Hehehe. Serius. Ini efek dari tayangan sinetron tanah air yang suka kejadian bayi dijadikan objek kepentingan pihak tertentu, kali ya.

Di bawah usia setahun, rambut Fahmi tipis hitam. Ujungnya memang terlihat ikal. Mama mertua bilang dulu, ayah Fahmi juga waktu kecil rambutnya begitu.

Rambutnya selalu kelimis jadi ikalnya tidak begitu terlihat

Usia setahun lebih, kami coba mau potong rambut Fahmi yang selalu kelimis. Padahal itu mungkin karena keringat. Selalu tampak basah gitu deh. Bau asem lagi. Hihihi. Tapi ketika dibawa ke tukang cukur di pasar (ga ada salon maklum di kampung) itu rambut Fahmi saking kelimis nya sampai susah dipotong. Berbagai alat cukur dikeluarkan si barber. Tapi gak kena juga. Rambut Fahmi seolah nempel ke kepalanya. Coba gunting manual dengan tangan malah lebih riskan. Soalnya anaknya gak mau diam. Ujungnya nangis. Kami menyerah.

Usia 2 tahun lebih, Fahmi pertama kali dipotong rambut oleh ayahnya. Ini penuh drama banget. Sampai telinga Fahmi kejepit gunting sedikit. Ayahnya merasa bersalah sekali. Sejak itu trauma membayangi kami. Enggan bawa anak gunting rambut. Meski anak laki-laki, biarlah panjang juga tidak apa. Lagian belum sekolah ini.

Nah, sejak membiarkan rambut Fahmi panjang ini, ikalnya baru ketahuan. Percis jadi anak perempuan deh. Banyak yang bilang neng, ke Fahmi. Meski ia jelas pakai baju laki-laki.

 

Baru dicukur lagi waktu usia 5 tahun. Itu karena saya takut dia ada kutu. Sering lihat Fahmi garuk-garuk kepala, meski pas saya periksa ga ada ketombe apalagi kutu. Tapi keseringan lihat anak garuk-garuk kepala gitu kok ya saya risih sendiri. Akhirnya sepakat sama suami, mencukur rambut Fahmi.

Kebetulan nih anak mau saja dipotong rambut meski harus nego dengan jajan ini jajan itu dulu. Minta potong rambutnya juga di tukang cukur rambut di Cianjur Kota, langganan sepupunya. Ayahnya setuju saja. Yang penting bisa gundulin kepala anak.

Sejak potong rambut itu, lumayan deh ga ada lagi yang manggil Neng ke Fahmi. Hehehe. Meski dalam hati saya ada rasa galau. Kalau dicukur itu rambut ikalnya hilang dong? Dan sampai sekarang jujur saya suka kangen juga itu sama kriwil-kriwil rambutnya. Sepertinya tidak akan menjumpai lagi rambut kriwilnya secara sejak itu Fahmi masuk sekolah dan aturan sekolah pada umumnya rambut anak laki-laki tidak boleh panjang.

Seseorang pernah bilang sambil berkelakar ke saya, paling kalau mau lihat rambut ikalnya Fahmi nanti aja bisa dipanjangkan lagi rambutnya kalau sudah keluar sekolah tingkat atas. Itupun kalau anaknya mau.

Saya sendiri yakin Fahmi tidak akan mau memanjangkan rambut. Lihat sifat dan tipenya seiring ia terus tumbuh dan berkembang kayanya gak akan betah manjangin rambut. Fahmi anaknya mudah keringatan. Gak betah gerah.

Saat ini saya hanya bisa memandangi foto Fahmi yang sedang rambut panjang dan kriwil-kriwil. Rasanya lucu dan beruntung ada kenangan itu. Karena kelak sudah besar kemungkinan masa itu tidak akan pernah ditemui lagi.

BEFORE

AFTER

Saat kecil rambut anak kriwil itu memang tampak lucu dan menggemaskan, ya. Tapi setelah dewasa, bisa saja jadi nyebelin kata si empunya. Buktinya banyak yang memiliki rambut ikal sejak lahir, tapi ditolak dan berusaha untuk meluruskannya dengan merebondingnya.

Comments

  1. Baru tau kalau pas lair rambutnya klimis itu tanda bakal ikal. Pantas anakku ga ada yg lahir klimis

  2. tapi aku suka loh sama anak-anak remaja berambut kriwil, lucu dan unik loh teh. malah ya temen ku sengaja gak pernah nyisir demi mendapatkan rambut kriwil ala bastion koboy junior.

  3. Aku lihatny kok lebih ke berombak sih mb kayak rambut anakku hehehe
    Iya emang rada rieweh kalau rambut gak lurus rus, tapi kalau cowok mah sebenarnya g masalah sih
    Kalau cew emang beneran bawaanny pengin rebonding atau nyatok
    Kalau cow mah tinggal potong2 aj yes xixixi

  4. bagus teh rambutnya lebat dari kecil gtu, anakku mah pada botak semua, dari bayi rambutnya tipis hampir ga ada. Apalagi ini yg ketiga, dr awal dicukur smpe skrg ga numbuh2 rambutnya

  5. Rambut kriwil kadang lucu kadang nyebelin tapi banyakkan lucunya dan bikin ketawa terus kalau melihatnya..

  6. Heheh, di foto yg air terjun itu emang mirip cewek ya Mbak, heheh. Kriwil2nya bikin gemes ya Mbak.
    Sekarang makin cakep dong yah.

  7. Rambut kriwil unik juga mbak, saat sudah dewasa nanti si anak pasti senyum deh lihat foto diri waktu kecil, menggemaskan.
    Anakku yang cowok juga baru umur 5 th kubawa ke salon untuk potong rambut, biasanya kupotong sendiri. Tapi kalo aku yg potong, modelnya kok jadi seperti model rambut cewek, ada poninya pula haha

  8. Kayak aku kecil gitu teh..kecil rambutku keriting ikal gitu bikin gemes kata ibu ku udah gede malah gak pede haha ujung-ujung nya bonding πŸ™‚

  9. Ahh mau lurus atau kriwil kaka Fahmi tetep ganteng kok hehe. Btw anak2 ku Shakila dan kezia kecilnya juga ikal tapi aku potong terus rambutnya dan sekarang lurus2 semua hehe.

  10. Gemes lihat Fahmi yang masih kriwil-kriwil hihihi… Tapi bagaimanapun saat udah dipangkas habis rambut gondrongnya si Fahmi tetap cute, lucu juga kalau sampai besar bisa gondrong. Untung Fahmi ga betah untuk manjangin rambut

  11. Kriwel itu keritingnya kayak ponakanku
    Keriting lucu he he
    Tapi makin besar krn dicukur dicukur jadi nggak kriwel lagi, jadi berombak aja rambutnya
    Tadinya kayak mie hehe

  12. Saya juga gemas pada anak kecil yang rambutnya kriwil, ikal melingkar-lingkar. Kala di rumah sakit lagi galaunya habis melahirkan dan khawatir karena terpisah dari bayi, ada anak pasien lain yang rambutnya kriwil panjang. Gemesin banget. Bikin dia tambah imut dan cantik. Saya sampai pengen ngelus rambutnya sayang tak kesampaian. Hi hi.
    Hem, efek sinetron bayi tertukar atau dituikar di RS emang ngaruh banget, Teh. Bikin mamah muda macam kita galau. Syukurnya di pergelangan tangan sudah dilingkari nomor tag ibu dan bayi terhubung.
    Masa kanak anak kita memang cepat, nyesal jika tak mengabadikan hal spesial. Anak-anak yang imut dan lucu akan bertambah besar.

  13. Adikku cowok waktu abis khitan, rambutnya gak sempat dipotong. Dan waktu jadi kriwil, banyak yang mengira dikeriting di salon. Padahal memang keturunan keluarga bapak yang kebanyakan berambut ikal. Tapi emang kalo masih kecil rambutnya kriwil gitu lucu sih, tapi anaknya biasanya yang nggak suka karena nyisirnya jadi susah

  14. Hihihi Teh Oktikebanyakan nonton sinetron nih takut bayinya tertukar, tapi memang wajar juga sih apalagi kalau bayinya disimpan di ruangan bayi ya.
    Biasanya kalau rambut pendek gak terlihat ikalnya, kalau agak panjang baru deh. Kalau sodaraku malah ada yang aneh tiap dipotog jadinya ikal, kalau panjangan dikit malah lurus. Fahmi rambutnya apa aja tetep ganteng kok.

  15. Deuh potong rambut anak itu drama banget aku pun pernah trauma huhu..saat abinya sibuk dulu jd urusan potong rambut anak cowok jg aku yg urusin..ah kalau inget itu….

  16. Jadi ingat Nicholas Saputra pas gondrong yaa…
    Hehehe…
    Sebenarnya memang menggemaskan kalau anak laki rambutnya bergelombang. Beneran, asa sayang di potong.
    Huhuu~
    Eh, kok jadi aku yang nangis. Hhaha…

  17. hmm aku pikir rambut ikal dari lahir udah langsung ikal gitu ternyata tanda tandanya klimis gitu ya

  18. Bener mbak rambut kriwil saat kecil memang terlihat lucu dan menggemaskan….tapi itulah manusia dikaruniai rambut kriwil diluruskan, diberi rambut lurus malah dikeriting…. rasanya tergantung selera aja kali ya suka rambut kriwil atau lurus ???? Hehehe

  19. Wakakakka keriwil itu jarang banget ya Teh didapatkan
    aku gemes lho sama kecilnya dek Fahmi ahhaha
    sekarang ya tetep aja gemes, dia itu anaknya keliatan mandiri ya Teh, pas bisa menaklukan gunung takjub lho aku

  20. Saya termasuk org yg seneng lihat anak kecil kriwil. Gemesiiiin. Tapi anaknya bete sendiri pas udah besar ya, hahahaha. Anak saya malah jd berombak (sdkt kriwil) pas masuk usia remaja. Saya bingung kenapa…hehehe pdhl dulunya luruuuus banget.

  21. Kejadiannya hampir mirip dengan anak sulungku mba. Dulu waktu masih kecil, rambutnya ikal banget. Sampe pas dikucir gitu, ujung rambutnya bisa melengkung sendiri kayak habis di-roll. Eeehhh begitu gede entah kenapa rambut kriwilnya itu berubah lurus dan kaku. Huhuuu… kangen dengan si kriwil πŸ˜‰

  22. tapi karena ada keturunan juga kan ya. Di keluargaku ga ada yang ikal jadi anakku pun lurus aja rambutnya

  23. Saya justru suka lihat anak-anak yang rambutnya kriwil-kriwil, Mba, kesannya kok lucu gitu lihatnya πŸ™‚
    Anakku waktu lahir rambutnya juga gak tebal tapi karena sering dibotakin akhirnya jadi lebat dan lurus

  24. Anakku pernah panjang sih rambutnya gegara pas aku baru melahirkan dia sulit dibawa ke tukang cukur, alhasil nunggu aku bisa keluar bermotor dulu

Speak Your Mind

*