Keseruan Field Trip Online Medikids Kemang: Klinik Ramah Anak Bikin Betah dan Nyaman

Keseruan Field Trip Online Medikids Kemang: Klinik Ramah Anak Bikin Betah dan Nyaman

Medikids Kemang ramah anak

 

Jangankan saat pandemi, masa normal sebelumnya pun, memeriksakan anak ke dokter itu banyaknya diiringi drama yang cukup menegangkan. Saya yakin ini bukan hanya dialami oleh saya saja, karena banyak buibu di luaran sana juga bercerita hampir sama. Setiap mengajak anak untuk memeriksa kesehatan ke dokter itu selalu dibarengi rasa enggan bahkan penolakan secara terang-terangan.

Karena itu dukungan tenaga medis yang profesional dan ramah, serta memiliki program edukasi yang bisa masuk ke dunia anak jadi salah satu kelebihan dan privilege yang dicari para orang tua. Meski suka bingung dan bertanya-tanya, dimana ya ada dokter dan tenaga medis yang aman dan disukai anak?

Ternyata ada lho. Ya, di Medikids Kemang tenaga medisnya profesional dan ramah. Pelayanan kesehatan di sana sudah ditunjang dengan program edukasi yang bisa diterima dengan baik oleh anak-anak, sehingga anak tidak merasa ketakutan, tidak merasa bosan yang ada malah betah, hehehe. Itu kami alami sendiri ketika mengikuti Healthy Activities with Family, Rabu 11 November 2020 kemarin.

Medikids Kemang

Field trip online Medikids Kemang

 

Jadi Medikids Kemang sebagai salah satu cabang dari MHDC Group (Mulia Health & Dental Care) pada tanggal 23 Oktober 2020 lalu pindah dari Jalan Benda ke tempat yang lebih strategis dan mudah dijangkau, di Jl. Ampera Raya No.5A, RW.8, Pejaten Barat, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan.

Untuk lebih mengenal dan mengetahui lebih jelas lokasi baru yang ditempati Medikids Kemang saat ini, saya bersama beberapa orang teman termasuk anak-anak kami berkesempatan mengikuti acara tour virtual (field trip online with Medikids Clinic) yang sangat seru dan menyenangkan.

Field trip online Medikids Kemang

Field trip Medikids Memang

 

Jadi kami (para orang tua dan anak-anak) terlebih dahulu diberi waktu pemanasan dengan menari bersama Kapten Medi, tokoh yang jadi icon dari Medikids Clinic. Meski video menari yang diterima kami putus putus karena kendala jaringan internet tapi putra saya terlihat sangat tertarik dan senang menari mengikuti gerakan sang kapten. Saya ibunya cuma gerak-gerak tangan sambil manggut-manggut saja, hehehe. Mager. Tidak untuk ditiru ya…

Setelah keceriaan anak mulai terlihat dan lebih mengenal sang tokoh Kapten Medi, selanjutnya ada edukasi kesehatan gigi yang disampaikan oleh dokter gigi yang cantik dan ramah terhadap kami, ialah dokter Saskia.

Cuci tangan anjuran dokter

Narasumber dokter gigi Saskia

Fahmi tampak serius menyimak penjelasan dokter Saskia. Apalagi terkait menjaga kebersihan gigi. Kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi dan sebaiknya berapa kali menyikat gigi sehari semalam?

Nih anak kalau dibilangin ibunya suka ngeyel, hehehe. Semoga setelah mendengar penjelasan dari ahlinya langsung, ia semakin mengerti dan paham. Ini pertama kali Fahmi mendengar penjelasan dari dokter tampak serius, lho! Selama ini kalau ke puskesmas, posyandu atau rumah sakit, mana mau serius begitu. Maksudnya tuh anak bukannya mendengarkan apa yang disampaikan tim medis, yang ada dia sudah ketakutan. Ngumpet biasanya. Ngajak cepat pulang.

Tidak hanya ilmu dan informasi terkait perawatan dan kesehatan gigi karena ternyata anak-anak juga diajak praktik langsung cara menggosok gigi yang baik dan benar. Wah senang banget dong saya. Semoga kesalahan saya selama ini dalam bantu anak menggosok gigi bisa diperbaiki.

“Bu, lihat masa dia mah sikat gigi sambil loncat-loncat gitu…”

Usilnya Fahmi, ternyata dia sempat-sempatnya memperhatikan peserta field trip lain yang kebetulan bisa kami lihat dari kamera di aplikasi webinar. Hehehe. Dasar bocah…

Cara dan sikat gigi yang benar

Sebelum dokter Saskia mengakhiri bahasannya kami diberi waktu untuk bertanya. Fahmi dengan antusias nyuruh saya supaya bertanya gimana cara ngobatin gigi yang hitam-hitam seperti yang ada pada giginya.

Karena melalui video terkendala jaringan, maka saya sampaikan pertanyaan anak di kolom chat. Senang ketika moderator membacakan pertanyaan kami. Saya dan Fahmi menyimak apa yang dikatakan dokter Saskia sebagai jawabannya. Jadi sebaiknya periksakan dulu gigi ke dokter sehingga diketahui penyebabnya. Setelah itu baru bisa ditentukan bagaimana cara pengobatannya.

Yang bikin kami tenang, gigi Fahmi roges keueuseun (apa ya istilah bahasa Indonesianya?) Patah-patah dan warnanya gelap gitu, masih bisa berganti dengan tanggalnya gigi tersebut dan berganti oleh gigi baru. Kalau selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi insyaallah gigi baru yang tumbuh nanti bisa lebih sehat dan tidak roges keueuseun lagi.

Captain Medi

Kapten Medi, icon Medikids

Selesai sesi tanya-jawab karena ternyata pertanyaan dari kami adalah pertanyaan terakhir, tiba waktunya kami dibawa jalan-jalan untuk melihat lokasi Medikids Kemang secara virtual. Ada Mas Faiz yang jalan-jalan di lokasi Medikids sehingga kami bisa melihat seluruh ruangan seolah kami mengikuti langkah Mas Faiz.

Baru saja melihat ruangan bagian depannya, saya dan anak sudah merasa takjub dan refleks melongo sambil mengucapkan “Wow… Bagus …!”

Ruang Tunggu di Medikids Kemang

Klinik Medikids Kemang pantas jadi pilihan cerdas buat orang tua yang mencari dokter gigi untuk anak dan keluarga di seputaran daerah Kemang.

Tim medis yang terlatih, dan pastinya profesional jadi kelebihan yang bisa kita temukan di klinik ini. Keramahan serta suasana ruangan yang disukai anak jadi daya tarik tersendiri.

Meski demikian, klinik Medikids Kamang ini termasuk salah satu klinik yang memiliki pelayanan one stop cilinic. Yang mana di klinik ini terdapat pelayanan komplit mulai pemeriksaan dental, kesehatan umum, dan vaksin dengan pelayanan oleh tim dokter gigi spesialis anak dan dewasa, dokter umum, dan vaksinasi.

Gimana anak tidak senang, selain mengedepankan pelayanan kesehatan fisik dan mental yang prima serta ramah anak, ruangan di klinik Medikids ini juga didesain dengan suasana yang bikin anak betah. Malah anak saya bilang pengen punya kamar atau rumah dibuat seperti ruangan di Medikids Kemang itu. Wah, modalnya gede, Mi… Bisik saya.

Jangankan anak dong, saya aja kalau melihat ruangan yang playful, unik, penuh dengan warna favorit pastinya langsung merasa nyaman gitu. Pokoknya kalau kita ajak anak ke Medikids Kemang ini dapat merasakan suasana klinik yang menyenangkan.

Ruangannya diberi nama sesuai dengan tema around the world. Seperti di bandara, kita bisa melanjutkan perjalanan ke mana saja ke berbagai penjuru dunia. Anak senang dan dibuat terkagum-kagum mengikuti tour virtual ke Africa Safari Dental Room, Paris Dental Room, Japan Dental Room,Turkey Dental Room, Amerika General Room dan London Play Hospital. Beneran pengalaman ke dokter gigi yang menyenangkan ini mah.

Ruang Turki

Ruang Turki. Asyiknya serasa berada di negaranya Edrogan

 

Ruang Afrika

Periksa giginya di negara Afrika nih, eh ruang Afrika maksudnya…

 

Ruang Amerika

Sultan mah periksa gigi saja ke negaranya paman sam. Ini ruangan Amerika-nya…

 

Ruang Jepang

Periksa giginya sambil mungutin bunga sakura. Yup! Ini ruangan bernuansa Jepang

 

Suasana klinik Medikids Kemang dibangun senyaman mungkin untuk anak dan keluarga. Wajar kalau biasanya anak malas dibawa ke dokter gigi, eh di Medikids Kemang ini, anak malah betah. Hahaha.

Tidak hanya ide unik dalam mengatur ruangan yang bikin anak betah, di Medikids Kemang juga ada London Play Hospital. Semacam fasilitas dimana anak dapat belajar dan merasakan keseruan untuk menjadi dokter gigi serta tenaga medis lainnya. Bisa bermain dan belajar kesehatan gigi dengan cara yang menyenangkan di Field Trip Medikids Clinic.

Play Hospital

Play Hospital Medikids Kemang

 

Saat pandemi ini Medikids Kemang membuka layanan baru juga yaitu pelayanan dokter umum dan klinik vaksin baik untuk anak maupun dewasa. Jika susah ngatur waktu karena kesibukan aktivitas, bisa lakukan system booking jadwal dokter. Iya bisa. Jadi kita gak perlu menghabiskan waktu berlama-lama di klinik. Kecuali memang betah, seperti anak saya. Hahaha.

Untuk info pelayanan Medikids Kemang silahkan hubungi nomor telepon. 021-227 15917 atau 0811-1895-531

Medikids Kemang

 

Sementara di luar Kemang bisa mengunjungi Medikids yang berlokasi di Medikids Green Terrace, Medikids Bintaro, Medikids Bekasi, Medikids Depok, serta Medikids BSD.

Sesi terakhir dari field trip Medikids Kemang ini kami diberi kesempatan untuk mewarnai masker dan gambar cetak. Senangnya bukan main dong. Anak kalau soal gambar dan mewarnai bawaannya happy selalu ya. Meski hasilnya lumayan berantakan. Haha… Masker yang diwarnai bukannya dikasih nama sendiri, masa malah ditulisi “Upin Ipin”. Hiih… Dasar anak…

Klinik gigi Ramah anak

Sayang saat sesi foto bersama, kami tidak bisa ikut karena lagi-lagi kendala kamera di aplikasi gadgetnya. Jadilah kami foto sendiri saja. Boleh ya…

Kapten Medi

Masker Kapten Medi dari Medikids Kemang

Menjaga protokol kesehatan

Tetap 3M ya

Selain diberi masker kami juga mendapatkan tas serbaguna untuk belanja. Keren soalnya saat buming meminimalisir penggunaan kresek atau tas plastik yang susah musnah, tas belanja ini bisa jadi tas daur ulang yang lumayan kuat.

Tas serbaguna Medikids Kemang

 

Perjalanan virtual yang menyenangkan sekaligus nambah ilmu dan wawasan khususnya buat anak saya terkait perawatan dan kesehatan gigi. Buat yang penasaran tarif pemeriksaan gigi di Medikids Kemang, ini saya sertakan daftar harga ya…

Pilih paket pemeriksaan Medikids Kemang

 

Vaksin lengkap di Medikids Kemang

Vaksin anak lengkap di Medikids Kemang

Nah, semoga keseruan kami mengikuti field trip Medikids Kemang ini memberikan manfaat buat keluarga ya. Bahwasanya saat pandemi bisa kok kita memeriksakan kesehatan gigi anak maupun urusan vaksin secara aman dan nyaman. Dan yang penting anak betah dan nyaman di sana.

Comments

  1. Emang terasa beda ya Mbak pelayanan dokter gigi di jaman kita kecil dengan zaman anak sekarang. Medikids memberikan pengalaman anak bawah ke dokter gigi bukanlah hal yang menyeramkan. Sebaliknya anak-anak semakin suka bila diajak kontrol dan juga rajin merawat giginya.

    • Fenni Bungsu says

      Iya juga ya kak Icha. Apalagi jaman now makin asik lagi suasananya juga menyenangkan, sehingga anak-anak makin bersahabat untuk ke dokter

  2. seru sekali tour ke klinik walaupun hanya online ya teh….pun sebagai edukasi bagi anak agar lebih memperhatikan kesehatan gigi dan gusi

  3. MasyaAllah teh… Ruangannya memang lucu-lucu banget. Dijamin anak2 betah dan ga takut lagi pas mau diperiksa.

    • anak-anak harus dibuat nyaman,,karena dokter kadang terkesan menyeramkan. Ga ush anak-anak deh, ada sebagian ortu yg masih takut klo ke dokter atau klinik (hihi)

      • Nah sepakat nih sama pendapat Kak Gina. Anak anak memang butuh banget dibuat nyaman kalau sedang berkunjung ke dokter. Yaaa orang dewasa pun ada yang masih begini sih.

        Senangnya field trip bareng Medikids ini bikin anak anak berani ketemu dokter.

  4. Bagus pisan metode nya, anak ikut terlibat
    Pembenahan dalam pendekatan pengobatan ya teh?
    Biasanya kan ortu yang sibuk, trus anak harus terima aja apa yang dikatakan orangtua
    Dengan cara ini, Fahmi lebih paham dan ngga tuturut munding
    He he he bener ngga ungkapannya?

  5. beda banget ya pelayanannya sama jaman aku kecil dulu 🙂 keliatan banget jaman sekarang anak nggak parno ke dokter karena anak dilibatkan langsung

  6. Wuih iya banget teh, ini kliniknya bagus, lengkap, dan nyaman ya. Jangankan kita, anak aja bakalan betah kalo ke klinik kayak gini. Gak nyeremin kayak klinik biasanya.

  7. Pengiiiin banget fieldtrip kaya gini ini aku teh. Apalagi kalau sama anak-anak. lebih seru ya. Kemarin itu kesalahan saya dalam merawat gigi anak no 2 saya, huhuhu. berlubang 2 deh digeraham. karena aku menyikat gigi hanya sekali, sebelum tidur aja. Padahal harus berapa kali teh? 2 x ya?

  8. Menyenangkan sekali kalau anak-anak ke klinik yang ramah begini. Tidak ada rasa takut lagi sama klinik kesehatan.

  9. Dari pengenalan lewat virtual gini, anak-anak semakin akrab dengan yang namanya klinik, apalagi kliniknya ramah anak banget

  10. Fenni Bungsu says

    Ini dia ya yang membuat Fahmi betah karena ada Kapten Medi. Suasana yang mengasikkan, jadinya anak-anak nggak punya rasa takut ya buat ketemu dokter

  11. Anak sulung saya dulu juga punya gigi kayak Fahmi, alhamdulillah waktu giginya tanggal digantikan gigi bungsu yang bagus karena dirawat oleh dokter gigi.Tapi juga kudu rajin sikat gigi dua kali sesudah makan atau sebelum tidur. Seru ya ikutan field trip online di Medikids karena punya gambaran sebenarnya kalo ingin menikmati fasilitas perawatan klinik di sana

  12. Seru banget kayaknya webinarnya. Apalagi diiringi dengan penampakan visual yang tematik dan asik untuk dilihat. Anak-anak pasti fun banget ini sih. Salut untuk ide dan alur komunikasi yang diciptakan oleh Medikids. Mampu menciptakan atmosphere yang bener-bener pas untuk anak-anak

  13. Bener. Penuh drama banget kalau ke dokter gigi. Tapi kalau ke dokter gigi kaya mediklinik sih anak-anak di jamin pasti gak takut ya. Happy banget mereka. Tempatnya seru.

  14. BAGUUUSSS BANGEETTT
    Anak2 kan emang rada syusyaaah kalo diajak ke klinik. (asumsinya kondisi normal, ga ada pandemi)
    Kalo kliniknya kayak gini mah, insyaALLAH bocah juga makin hepi, hehehe
    Itu ruangan2 tema internasional kece amattt ya

  15. Wah kalau dokter gigi sejak dulu kala seasik dan seseru ini kayanya ga bakal ada tuh drama takut dokter gigi. Pokoknya dulu tuh dokter gigi udah kaya monster takut banget mau ke sana hahaaaaa, jadi inget masa lalu.

  16. kliniknya sangat nyaman ya teh, anak anak jadi betah klo diajak kesini..
    kulihat pricelistnya juga terjangkau, dgn fasilitas se kece ini.

  17. Aku jadi ingat masa-masa anak bungsuku masih kelas 3-4 SD, susahnya minta ampun kalau mau periksa gigi. Pergi sih pergi, tapi sampai di ruang periksa dokter nangis, mulut nggak mau dibuka. Aku pernah saking keselnya sampe nangis haha. Ya, aku ga bisa marah, bisanya nangis. Gimana ga kesel coba, jauh0jauh dan bolak-balik ke dokter nggak jadi mulu karena kebanyakan drama. Padahal ruangan udah secakep medikids Kemang lho, dokter dan susternya juga ramaaah banget 😀 Tapi setelah kelas 5 SD udah mulai nyaman, ga drama lagi :))

  18. Kalau ruang periksa giginya sebegitu menariknya, anak-anak pasti mau ya diajak periksa gigi. Soalnya pengalaman dulu waktu SD, paling takut diperiksa gigi.

  19. Medikids Kemang beneran seperti ngga berasa keklinik ya moms. malah seperti taman bermain sehingga anak tidak takut dan merasa nyaman saat di periksa

  20. Wah, tempatnya kelihatannya asyik sekali ya… bikin anak jadi nggak ngerasa takut buat periksa gigi. Coba kalau dekat rumah, anakku bakal mau nih kalau disuruh periksa gigi. Sayangnya jauh euy…

  21. Wah Teh, asyiknya Medikids itu ya. Pegawai dan para dokternya ramah-ramah terus ruangannya didesain menarik. Anak-anak nyaman pastinya dan betul, kita saja orang tua nyaman dengan yang seperti itu, apalagi anak2 ya.

  22. Keren banget Medikids, tempatnya ramah anak sangat. Kalau begini mah, bocil nggak bakal drama kalau diajak periksa gigi.

  23. Serunya field trip virtual di Medikids. Bahkan sampai bisa mewarnai masker segala.

    Jadi bisa kenal soal perawatan gigi dan Medikids Kemang lebih dekat deh

  24. asyik banget mba bisa ikutan trip ke klinik ini, Klinik anak – anak sekarang memang kereen – kereen ya. Super friendly dan desainnya cakep banget

  25. Wah asik banget ya kayaknya, btw anakku nih yang sulung agak susah diajak ke klinik gigi huhu ada aja alesannya.

  26. Jadi inget pas ponakan cabut Gigi, histeris nya ampoon sampai keluar teriakannya. Emang sih ya anak itu harus dapat pengertian dulu sebelum eksekusi. Biar rileks, btw keren sih Medikids Kemang

    Semoga bisa ikutan virtual juga, next time 🙂

  27. Mantep banget kliniknya Mbak. Si kecil mah auto senang kalau diajak ke sini. Kreatif ya bikin ruangannya

  28. Suka deh lihat klinik yang ramah anak begini. Jadi kesan “seram: ke dokter gigi bisa dihilangkan :))

  29. Wah ini solutif banget nih buat kita para orang tua yang punya anak nih, kadang dibawa ke dokter sudah takut duluan, ini mah ramah anak pisan, tempatnya nyaman dan jadi seperti tempat main anak jadi serasa ga lagi ke klinik nih..

  30. Konsep Medikidsnya unik benar2 memahami kebutuhan anak. Terus beberapa ruang juga temanya unik. Jadinya anak pasti betah nih.

  31. kliniknya colorfull bgt, anakku dibawa kesini bakal betah dan ga takut2 kayanya

  32. Desain klinik Medikids menarik ya. Konsep around the world nya bikin anak nggak ketakutan, tapi bisa nyaman.

  33. Jdi pengen cek gigi anakku ksana nih mba, anak jdi ga nyafar klo trnyata lgi di klinik ya

  34. Waahh, seru euy field trip onlen.. ke klinik pula, relate banget sama kondisi sekarang.
    Jadi keingetan sih belum sempet ke drg lagi selama pandemi ini.

  35. lingkungan klinik yang nyaman, ramah anak dan didukung dokter gigi yang mumpuni memikat hati anak, memgang penting agar anak-anak tidak parno diajak ke dokter gigi. Jadi keinget kala saya kecil, takut banget sama dokter gigi, kesannya menyeramkan, hehehe

  36. Kalau Suasanany seperti ini pasti disukai anak2 yah mba, seru juga virtual nya nih jd ad rekomendasi ntuk anak2

  37. Klinik gigi seperti ini bikin anak-anak betah ya teh.
    Selama pandemi anak-anak belum ke dokter gigi. Padahal gigi susu kakak kalila sudsh banyak yang tanggal. Selama pamdemi ada 5 yg lepas wkkwkw.

  38. Dokter saskianya cantik dan baik ya jadinya fahmi merhatiin banget hihi.. Emang skrg tuh anak2 harus dibiasakan dengan dokter gigi dan dokter umum biar ga takut lagi kalo diajak ke rumah sakit

    • Fenni Bungsu says

      Bener kak, dengan pembiasaan sejak dini apalagi suasananya asik nih ada Kapten Medi jadinya anak-anak nggak takut lagi ketemu dokter gigi

  39. Ini tuh pas banget deh, kebetulan aku memang mau bawa anakku untuk ke klinik gigi yang khusus anak. Sedang cari-cari juga kliniknya mengingat sedang pandemi dan pengennya cari yang ramah anak.

  40. Nita Juwithafina says

    Ih mba.. tembapt berobat anak kita sama nih… cuma beda lokasi eaa…
    klo anak aku di medikids bekasi, kurang lebih semua fasilitasnya sama dan bisa menemukan dokter yang proper 🙂

  41. Kebetulan deket nih dari rumah saya. Nanti coba ajak anak ke sana ah. Emang lg bingung banget soal kontrol ke dr gigi selama pandemi ini. Thanks infonya, teh.

  42. Medikids kemang ini emang ramah anak2 yah, jadinya anak2 bisa betah, so recomended banget

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: