Ketahui Sumber Inspirasi Hidup Berikut

Ketahui Sumber Inspirasi Hidup Berikut

Ada beberapa tempat yang selalu membangkitkan inspirasi hidup saya. Tidak jauh, tidak elite, bahkan mungkin tidak dibayangkan sedikitpun oleh kamu, dan yang lainnya.

Ya, inspirasi yang kalau didefinisikan menurut saya sebagai tindakan yang bisa memacu pikiran kita melakukan hal yang lebih baik, itu bukanlah inspirasi kekinian yang banyak dicari orang di kolom pencarian seperti inspirasi rumah minimalis, inspirasi cat rumah, inspirasi kamar tidur, atau inspirasi baju kondang. Melainkan inspirasi yang bisa menjadikan saya semakin semangat untuk kembali menjalani hidup dan kehidupan manakala semangat sedang down, atau diri tengah dirundung kesedihan.

Jadi sumber inspirasi pagi eh sumber inspirasi hidup menurut saya ini adalah hanya beberapa tempat yang oleh banyak orang mulai hanya dilirik sebelah mata, atau bahkan dilupakan.

Tapi sungguh buat saya tempat sumber inspirasi datang berikut, sejak saya ingat sampai detik ini, menjadi inspirasi hidup utama dan membangkitkan semangat saya.

Jadi darimana saja sumber inspirasi hidup saya berasal?

Kuburan

Ya, sumber inspirasi hidup pertama dan utama buat saya adalah pekuburan.

Saat masih kecil mengaji di kampung, guru mengaji pernah memberikan wejangan, apa yang kita lakukan di dunia ini, pada akhirnya akan berakhir di kuburan.

Kuburan tempat inspirasi Okti

Hal itu selalu jadi pelajaran hidup buat saya. Saat berada dalam kesuksesan, maupun sedang dalam berada dalam keterpurukan, hadapi saja semuanya dengan ikhlas dan sabar. Toh semuanya tidak akan kekal. Suatu saat semua itu akan berakhir.

Yang jadi masalah adalah bagaimana kita mempersiapkan semuanya jika kelak semua itu benar-benar telah berakhir. Bayangkan ketika kita memasuki liang kubur, atau dibakar bagi penganut kepercayaan lain, apa sih yang bisa kita bawa? Tidak ada bukan?

Hanya kebaikan yang bakal dan bisa dikenang oleh yang kita tinggalkan. Karena itu, secara langsung maupun tidak, kuburan telah menyemangati saya secara pribadi untuk terus berbuat baik. Gak peduli balasannya baik lagi, atau malah menyakitkan.

Perpustakaan

Sumber inspirasi hidup kedua buat saya adalah dari bacaan, pengalaman, dan kisah sesama. Semua itu lengkap berada di perpustakaan, toko buku, atau file digital.

Ada banyak sumber inspirasi yang bisa saya ambil dari sana ketika saya benar-benar membutuhkannya. Masalah apapun, soal hidup dan lainnya, insyaallah ada solusi dari berbagai artikel pilihan yang sesuai dengan permasalahan yang ingin dipecahkan.

Masalah parenting, keluarga, teknologi, kuliner, bisnis, sampai masalah yang belum kepikiran oleh saya, saya yakin semua ada jawabannya di perpustakaan sana. Asal mau bongkar dan mencarinya saja.

Tempat Insp

Itulah kenapa saya selalu merasa nyaman dan betah kalau sudah masuk ke perpustakaan, toko buku, taman bacaan, atau tempat lain sejenisnya. Karena di sana seolah saya menemukan isi dunia yang tidak saya miliki. Saya bisa mendapat semua apa yang saya tidak miliki. Dengan begitu pulasemangat dan inspirasi diri ini selalu muncul.

karena itu saya rekomendasikan tempat ini buat anak dan suami. Bahkan anak mengaji di rumah. Dengan cara menyediakan beberapa buku bacaan yang meski tidak selengkap perpustakaan, tapi paling tidak ada kemiripannya.

Panti asuhan atau panti jompo

Inilah tempat inspirasi hidup saya ketiga muncul. Saat merasa sedih dan dunia tidak berpihak, coba luangkan waktu main ke panti asuhan atau panti jompo.

Mungkin yang kita lihat hanya anak-anak yang sudah tidak punya orang tua, atau sebaliknya, orang tua yang kesepian karena sudah tidak punya keluarga, atau memang dititipkan keluarganya yang masih ada. Tapi coba intip lebih jauh lagi ke dalamnya. Ada binar mata bahagia meski mereka sudah kehilangan separuh jiwanya. Ada banyak harapan yang mereka pupuk meski sebagian penopang hidupnya telah rapuh, bahkan tidak berfungsi.

Lalu masa kita yang masih lengkap dan sempurna ini mau kalah begitu saja? Coba luangkan waktu untuk menemani anak yatim piatu dan dengarkan apa keinginan mereka. Coba dampingi para lansia dan rasakan bagaimana tingginya harapan mereka untuk bisa dikasihi dan diperhatikan oleh anak cucu bahkan orang yang sudah tidak bisa dikenali nya lagi… Saat itu kita akan merasakan betapa beruntungnya kita dengan kondisi yang dimiliki…

Panti asuhan dan panti jompo tempat inspirasi Okti

Buat saya, saat itulah inspirasi hidup kembali muncul. Kekuatan yang entah darimana datangnya tapi bisa menguatkan bahkan mengisi daya kelesuan. Ya, dunia serasa baru dimulai lagi ketika saya baru pulang dari tempat-tempat yang banyak memberi inspirasi tersebut.

Ibarat lampu charge yang kehabisan daya, sekembalinya dari kuburan, perpustakaan ataupun panti asuhan dan panti jompo, daya itu kembali penuh karena sudah diisi dengan berbagai masukan ide, pemikiran dan pengalaman yang sangat menginspirasi.

 

Comments

  1. Ada kalanya kita bisa dapetin sumber inspirasi dari orang-orang yang kehidupannya kurang layak atau malah fakir miskin. Dari situ kita akan berpikir jauuuuh ke depan dan menengok ke belakang kira2 hal2 apa yang selama ini belum disyukuri. Kadang suka malu dengan keadaan kita yang baik namun masih belum puas aja. Inspirasi lainnya ketika aku jalan2 bareng keluarga. Menikmati pemandangan ciptaan Allah SWT yang amaziing banget. Masih banyak lainnya, Teh Okti šŸ™‚ TFS yach.

  2. Mba, kamu tuh aku bangeeet.. xixixi.. saya juga setiap melihat 3 hal itu terinspirasi banget. Terutama kuburan. Banyak hikmah yg bs kita ambil dr berjiarah kubur. Bukan minta doa dan lain-lain. Tapi membuat kita tersadar kalau hidup cuma transit utk ke akhirat.

  3. Mbaaaa
    kok aku merinding banget bacanyaaa šŸ™
    Yap, tempat2 yg menginspirasi tuh “dekaaattt” bgt dgn kita ya.
    Bikin dzikrul maut, mengingat kematian.

  4. Diah Woro Susanti says

    Dalam beberapa bulan ini dua org berpulang ke rahmatullah. Ibu saya dan jarak 100 hari kemudian diikuti adiknya alias bibi saya. Runtuh dunia seketika. Dan melihat kuburan jd mengingat kapan gantian aku diantarkan huhuhu

  5. Topik ODOP ISB ya teh?
    Wah gak kepikiran di sekitar kita
    Padahal benar kata teh Okti, sumber inspirasi hidup ada dimana mana
    Yang terdekat di sekitar kita

  6. Kalau ke kuburan berasa banget diingatkan pada mati, bahwa hidup ini begitu singkat, dan sayang banget kalau nggak dibikin berarti dengan menjadi sosok baik yang melakukan banyak kebaikan.

    Aku kalau ke kuburan bapakku, paling suka di waktu pagi, saat matahari bersinar, cuaca cerah, namun sejuk udara dari pepohonan lebat yang menaungi. Nggak suka ke kuburan sore-sore, nuansanya ga enak, dan aku takut šŸ˜€

  7. MasyaAllah kadang inspirasi justru datang dari tempat tempat tidak terduga ya asal kita mau mengosongkan hati untuk berkontemplasi… Makasih insightnya Mba

  8. Yang pertama beneran bikin merinding ya Kak ngebayangin kalau jatah hidup kita nggak ada yang tahu sampai kapan.
    Kalau saya yang ke-4 suka cari inspirasi di jalanan. Banyak view jalanan yang bikin kita benar-benar bersyukur dan juga mengkoreksi rasa sabar kita ketika menghadapi hidup.

  9. Bener banget sih kalau bicara soal kuburan juga panti asuha. Aku kalau ke dua tempat itu pasti mewek. Ke kuburan ingetin kalau dunia itu bentar doang. Ke panti ingetin kalau masalah seberat apapun, gak ada bandingannya sama yang dihadapi mereka yang di panti.

  10. ingat mati, ingat kuburan.. sekarang juga kalau ada sesuatu sukanya ingat ini biar tahu dan sadar tujuan hidup kita emang kesana ya Teh.
    hikks, sedih ya lihat para lansia yang di panti jompo itu, mereka sesungguhnya juga ingin dekat dengan keluarganya, anak-anaknya tapi malah di sisa hari mereka malah dihabiskan disana ya šŸ™
    makasih sudah mengingatkan ya Teh.
    semoga kita semua selalu bersyukur dengan apa yang kita dapatkan saat ini dan mau berbagi kepada mereka yang membutuhkan.
    jadi ingat juga nih udah lama gak ke perpustakaan.

  11. Bener banget mbak, 3 hal diatas bisa banget kita jadikan pedoman. Kuburan mengingatkan tentang akhir hidup, perpustakaan untuk menggali ilmu dan panti asuhan atau panti jompo mengingatkan kita tentang rasa syukur.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: