Menilik Bumbu Nasi Biryani, Makanan Khas Timur Tengah yang Menggugah Selera

Source: Pixabay

 

Di negeri timur sana, momentum lebaran tidak lengkap tanpa suguhan nasi biryani. Menu satu ini seolah wajib disantap selepas shalat ‘id. Dengan kenikmatan yang tiada banding, nasi biryani akan membangkitkan gairah saling memaafkan.

Apa itu Nasi Biryani?

Bagi mereka yang sudah pernah menjejaki kawasan Timur Tengah, pasti sudah pernah mendengar popularitas nasi biryani di sana. Hidangan satu ini umumnya diolah dari bahan dasar beras basmati. Beras basmati ini kemudian diolah dengan perpaduan rempah-rempah, sayur, dan daging (bisa daging ayam, kambing, atau sapi).

Merujuk pada informasi yang disebutkan Wikipedia, nasi biryani merupakan makanan yang berasal dari India dan Pakistan. Jika dikupas asal muasal namanya, kata ‘biryani’ mengandung makna makanan yang digoreng atau dipanggang. Lalu di Indonesia sendiri, kata ‘nasi’ disematkan karena adanya bahan beras di dalamnya.

Nasi biryani dibuat dengan cara merebus beras dengan panci atau wadah terpisah. Ketika beras tersebut hampir matang, baras kemudian dipadukan dengan kaldu atau bumbu-bumbu pilihan, lalu diungkep di panci, hingga beras itu meresap dengan kaldu dan matang.

Begitu aroma masakan ini keluar dari asap yang menyeruak ke dalam hidung, naluri untuk makan seolah membuncah. Dengan warna yang khas, aroma, lalu dicampur dengan sayur dan olahan daging, sudah pasti mereka yang melihatnya ingin segera menyantapnya.

Bumbu Nasi Biryani yang Bikin Selera Membuncah

Tentu saja, nasi biryani berbeda dengan nasi biasa yang diolah tanpa bumbu. Secara garis besar, rempah-rempah pilihan benar-benar memainkan sebuah peran penting sehingga rasa nasi biryani begitu khas dan menggoda.

Paling tidak, untuk meracik bumbu nasi biryani, kita memerlukan 15 jenis rempah. Yukk checklist, mulai dari bunga pala, kayu manis, ketumbar, jahe, kapulaga, lada, saffron, hingga cengkeh.

Selain itu, kita juga memerlukan bahan lain, seperti: cabai, paprika, bawang putih, dan cumin. Sedangkan apabila kita ingin menambahkan sensasi manis pada nasi biryani, bisa coba tuk menambahkan kiskis, nanas, apel, atau kacang mete.

Bumbu Nasi Biryani dari Cairofood yang Praktis dengan Rasa Super Nikmat

Untuk yang belum pernah melihat cara memasak nasi biryani, tentu saja akan mengalami kesulitan jika ingin mencoba memasak sendiri di rumah. Belum lagi proses meracik bumbu rempahnya. Kurang takaran saja, rasanya tidak akan sesuai dengan ekspektasi.

Eh, namun semenjak hadirnya bumbu nasi biryani dari Cairo Food, kini kita tidak perlu lagi bingung ketika ingin memasak hidangan khas Timur Tengah ini di rumah. Sebagai industri spesialis resep masakan, Cairo Food benar-benar mengedepankan kualitas cita rasa, serta standar tinggi yang sudah dipercaya oleh banyak chef restoran, hotel, dan juga catering di Indonesia.

Resep nasi biryani yang variatif itu, sudah teracik lengkap di satu kemasan praktis bumbu nasi biryani dari Cairo Food. Yang jelas, bumbu dari Cairo Food 100% terbuat dari rempah-rempah alami pilihan, tanpa pengawet dan pewarna, tanpa msg, bahan kimia, apalagi perisa buatan.

Oh ya, hanya dengan bumbu nasi biryani kemasan 100 gram dari Cairo Food, kita sudah bisa memasak 7 liter beras. Sangat praktis dan hemat tentunya. Dan soal rasa, dijamin sama sebagaimana olahan nasi biryani asli dari India.

Bagi yang ingin mencoba memasak nasi biryani, bisa banget membeli bumbu dari Cairo Food ini di Tokopedia, atau membelinya secara langsung secara online di https://cairofood.id/product/jual-bumbu-nasi-biryani-briyani/ yang merupakan website resmi dari Cairo Food.

Selamat makan.

Comments

  1. Aku banyak makan nasi biryani ini pas di India. Enak banget apalagi yang di Kashmir. Dan, ternyata udah ada bumbunya wah, pengen suruh ibu masak ini ah kapan-kapan. 🙂

  2. AKu suka deh rasa nasi biryani 🙂 Makannya pake ayam khas dan kuah/ bumbu kentalnya yang khas hhmm…. 🙂 Bumbu rempahnya buanyak bener sampai 15 macam gitu hehehe…Ga sanggup masak sendiri deh. Tapi mau coba deh pakai CairoFood, siapa tau berhasil hihihi 😀

  3. asyikkkk ….. beli ah

    udah lama pingin masak nasi biryani, tapi malas ngeracik bumbunya

    selain banyak jenisnya, kita kan nggak mungkin beli sesendok bumbu, atau 4-5 cengkeh 😀 😀 …. akhirnya kebuang

    Dengan adanya bumbu rempah siap pakai, kita terbebas buang-buang bumbu makanan ya?

  4. Makanan Timur tengah apa yang ga kenal takut?

    ” Nasi Breeeyaaaniiiii”

    Kriiik kriiiik

    udah lama nih aku ga makan nasi Biryani ini, suka sih tapi kayaknya karena enak banget aku jadi takut hihihi BB bisa melesat naik tak terkendali!

  5. Laela Dzuhria Wahyudo says

    Wahh boleh juga nih masak nasi biryani pakai cairo food. Kita paling demen make bumbu2 yang sudah jadi.. krn gak ribet. Hehehe

  6. Fenni Bungsu says

    Kalau udah nasi khas timur tengah nikmatnya mantul dengan bumbu rempah, karena udah wangi, warnanya menarik. Namun kalau disuruh buat, daku milih makannya aja haha, karena belum pernah buat juga

  7. Nasi biryani mengingatkan pada baklava dari turki, kuliner nasi biryani bisa dicoba di rumah. Saya sendiri belum pernah mencoba.

  8. Salah satu nasi favorit keluarga saya. Dimakan dengan potongan daging kambing yang sudah diproses (dipanggang), dikasih sambal bawang dan aneka sayuran, duuhh rasanya luar biasa.

    Selama ini saya beli jadi dengan langganan resto yang ada di dekat rumah. Kali ini boleh juga ya bikin sendiri. Beli beras Basmati dan diolah dengan bumbu dari Cairofood.

  9. wuah enak juga ya sekarang bisa beli bumbu nasi biryani
    jadi gak pelru repot2 cari rempah2nya nasi biryani yg sungguh susah karena bukan lidah kita, haha
    btw makasih rekomendasinya teh okti

  10. Nasi Biryani ini bedanya aroma kaldunya lebih kaldu daging ya mba. Hahahaha. Aku jadi ingat nasi liwet, cuma aromanya ikan asin. Kekekeke.

  11. duh aku ngiler baca deskripsimu mbak, jadi bayangi begitu panci yg berisi nasi briyani dibuka aromanya uwwww auto laper baru jam 9 pagi 🙁
    mau coba beli bumbu nasi briyani ah, siapa tahu skill masakku makin oke nih

  12. Meskipun enggak nyampe ke Kairo tetep bisa nikmati sajian makanan Timur Tengah di rumah aja ya,Mba. Boleh banget dicobain nih untuk membuat nasi biryani juga. Rempah-rempahnya wangi dan buat nafsu makan makin menggelora ya.

  13. Meskipun enggak nyampe ke Kairo tetep bisa nikmati sajian makanan Timur Tengah di rumah aja ya,Mba. Boleh banget dicobain nih untuk membuat nasi biryani juga nanti untuk berbuka. Rempah-rempahnya wangi dan buat nafsu makan makin menggelora ya.

  14. Bumbu-bumbu rempah yang dipakai untuk membuat nasi biryani ini tentunya semakin membuat badan sehat ya kak karena mengandung obat herbal di dalamnya.. Thanks ya kak atas infonya tentang nasi biryani ini, mudah dan praktis ya dalam membuatnya…

  15. Ahaaa! Sip markosip ini mbaaa
    Aku juga sukaakk bgt maem nasi biryani, tapi matgay kalo kudu bikin bumbunya from scratch
    asik nih kalo ada bumbu yg udah siap

  16. wahh ini nasi kesukaanku mbak
    klo buka puasa kadang masak nasi biryani ini
    bumbu rempahnya enak apalagi kli pakai beras basmati

  17. Kapan hari mau coba masak makanan timur tengah, ternyata ada cara praktisnya ya, gak perlu repot cari bumbu susah payah, langsung ke Cairo Food aja ya hehe!

  18. wah ternyata buat nasi biryani bisa di rumah yaa. udah ada bumbu jadinya kayak gitu. menarik banget ih, jadi pengen buat juga ni aku teh

  19. keren juga ya, dari 100 gr bumbu cairo food bisa masak 7 liter.
    selama ini kami masak nasi briyani dengan bumbu racikan sendrii.
    Nanti boleh juga nyoba pake bumbu dari cairo food.

  20. Nasi biryani ini emang khas, enak, dan nagih. Kalau beli, pasti rasanya penasaran gmn bumbu untuk buatnya. Nah kalau ingin praktis, bisa pakai Cairo Food ya jadi bisa membuat makanan ala di rumah saja hihi

  21. Wah, seneng banget ada nasi biryani versi gampang dibuat kaya gini. Cocok buat aku yang suka makan tapi malas masak ribet-ribet. Duh, jadi pengen beli deh, soalnya kalau beli di warung Timur Tengah, mayan banget nih harganya hehe.

  22. Nasi biryani cukup terkenal sebagai makanan khas Timur Tengah. Yang cukup istimewa dari hidangan ini rempah-rempahnya yang memberikan rasa juga aroma yang kuat
    Udah tau bumbunya bisa dicoba di eksplore bikin sendiri dirumah tuh

  23. Ini praktis banget, secara bikin sendiri bakal ribet, dengan bumbu nasi biryani kemasan 100 gram dari Cairo Food, kita sudah bisa memasak 7 liter beras. Sangat praktis dan hemat tentunya. Pas jadi stok di rumah bumbunya

  24. Baru tadi bilang ma istri mau coba nasi biryani yg baru buka dekat rumah. Eh baca tulisan ini. Apa buat aja ya hehe

  25. Kalau punya bumbu jadinya enak ya mbak tinggal masak aja dan ngikuti resep resep yang ada di channle youtube. Skrng semua serba mudah

  26. Nasi biryani kesukaan keluargaku nih mba setiap event seringnya pesen nasi biryani. Kadang juga bikin sendiri. Hehe approved banget ini rasanya

  27. wah bahkan sudah ada versi praktisnya yaaa bumbu briyani ini, tinggal nyiapin nasinya aja yg percis begitu zaman sekarang memang kemudahan tuh ya apapun bisa aja

  28. wah bahkan sudah ada versi praktisnya yaaa bumbu briyani ini, tinggal nyiapin nasinya aja yg percis begitu ya teh enak bgt sih emg, lgsg kenyang

  29. Erin Friyana says

    Sering dengar nama Nasi Biryani, namun belum pernah makan. Ternyata ada bumbu instannya ya, Mba. Bisa deh masak sendiri kalau mau makan Nasi Biryani.

  30. Salah satu makanan di rumah adalah nasi briyani. Kalo kepengen pasti pesen sama kerabat. Waaah tapi kalo ada bumbu nasi briyani dari Cairo Food, pasti bisa buat sendiri ya..
    Gak perlu pesen lagi nih. Buatnya praktis, rasanya pun lezat ya teh..

  31. dari beberapa negara yang saya kunjungi, biryani yang paling enak waktu saya berkunjung ke Nepal. Dan itu orang India yang punya toko makannya wah enak bangte, bikin nagih dna rempahnya ga terlalu terasa, saya suka banget

  32. Baru kenal nih sama brand Cairofood yang menghadirkan produk bumbu nasi biryani. Bahkan hanya dengan mencamour 100 gram saja sudah cukup untuk memasak 7 liter beras. Bisa buat dinikmati sekeluarga deh.

  33. Baru kenal nih sama brand Cairofood yang menghadirkan produk bumbu nasi biryani. Bahkan hanya dengan mencamour 100 gram saja sudah cukup untuk memasak 7 liter beras. Bisa buat dinikmati sekeluarga deh. Lumayan jadi menu pas kumpul keluarga.

  34. Wiiih praktis banget Ada bumbu masak nasi briyani, selama ini beli yang sudah matang saja belum bisa masak sendiri. Trims ya teh

  35. Wah teh, aku baru tau kalo safron juga salah satu bumbu yang digunakan untuk nasi biryani ini. Dan kapulaga yang digunakan untuk pembuatan nasi khas timur tengah ini beda ya dengan kapulaga Indonesia

  36. Saya sering denger nama ini, tapi baru kali ini lihat penampakannya. Wah, asyiknya bisa order via Tokopedia, praktis banget nih ordernya. Apalagi kelihatan menggugah selera gini hehe

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: