Peluang Kerja Green Jobs untuk Anak Muda dan Ibu Rumah Tangga

Usia saya sudah empat puluh lewat. Bukan anak muda lagi. Tapi bukan berarti saya tidak bisa melakukan hal baik seperti generasi muda dalam kegiatan mereka yang green jobs banget untuk Indonesia lebih bersih. Karena meski hanya seorang ibu rumah tangga di pedesaan, saya bisa kok berbuat semaksimal mungkin untuk ikut berkontribusi dan mendukung pembangunan berkelanjutan dan bumi ini jadi lestari.

Susah juga sih sebenarnya mensosialisasikan green jobs apalagi di perkampungan yang masyarakatnya masih awam dengan gerakan ini. Jujur, saya sendiri baru tahu lebih jelas terkait green jobs setelah mengikuti webinar Selasa Sharing kolaborasi antara Komunitas ISB dengan Coaction Indonesia.

Memahami Green Jobs

Jadi melalui Coaction Indonesia siapa saja bisa berkolaborasi, mengadvokasi dan mengkampanyekan kegiatan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan green jobs.

Jadi apa sih green jobs itu? Secara garis besar bisa disimpulkan kalau green jobs adalah pekerjaan layak yang ramah lingkungan. Mau apa saja profesinya, selama itu tidak merusak lingkungan, dan menghemat sumber energi dengan berbagai upaya baik langsung maupun tidak, sudah bisa bisa dikategorikan sebagai green jobs.

Kenapa kita disarankan untuk mengutamakan pekerjaan yang green jobs? Karena selain layak, pekerjaan yang dimaksud juga menguntungkan secara ekonomi dan punya nilai plus terhadap kelestarian lingkungan.

Kita sudah tahu kalau kebutuhan akan energi adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi dalam kehidupan ini. Sementara energi itu ada yang bisa diperbaharui dan ada yang tidak. Bagaimana nasib anak cucu kita jika pada jamannya nanti, energi yang tidak bisa diperbaharui itu sudah habis?

Karena itu digalakan pekerjaan yang tidak bertentangan dengan konsep green jobs yang mana bila dilakukan terus menerus, berkesinambungan akan membuat pembangunan berkelanjutan jadi makin lestari.

Coaction (Koaksi) Indonesia mendorong adanya transisi energi untuk percepatan pengembangan energi terbarukan agar Indonesia berhasil mencapai target bauran energi terbarukan dalam bauran energi nasional.

Kita harus mendukung penggunaan energi terbarukan mulai dari sekarang karena isu energi terbarukan menjadi bagian dalam penanggulangan perubahan iklim yang menjadi ancaman terbesar dunia.

Ancaman dampak buruk pemanasan global sudah banyak terjadi. Hal itu dapat dilihat dari terjadinya perubahan iklim dan munculnya banyak bencana di berbagai daerah. Kita tidak mau hidup dalam ketakutan dengan kondisi seperti itu, bukan?

Untuk menahan dampak kerusakannya di bumi, kita harus segera mengubah kebiasaan kurang tepat yang selama ini dibiasakan dan mempertimbangkan semua pilihan tindakan, memilih sumber energi serta memperbaiki gaya hidup kita sehari-hari.

Memang melakukannya tak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi paling tidak, dengan gencar mensosialisasikannya, memulai tindakan kecil yang bisa kita lakukan, lalu menularkannya kepada keluarga, lingkungan kecil, dan lingkungan yang lebih besar lagi, diharapkan pembangunan yang berkelanjutan dan lestari yang sesungguhnya itu bisa kita raih.

Peluang Pekerjaan Green Jobs di Indonesia

Pernah dengar program pemerintah di salah satu provinsi di negara kita yang menyasar usia produktif 19-39 tahun untuk jadi petani milenial? Jadi melalui program ini kedepannya kemajuan pertanian masa depan melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi digital berada di tangan generasi muda.

Profesi petani ini bisa jadi peluang kerja yang menerapkan pola green jobs banget, lho. Anak muda bisa jadi penggerak pertanian modern yang mandiri, produktif, dan berkelanjutan. Tinggal di desa, rejeki kota, bisnis mendunia, siapa tidak tergoda?

Petani sebagai green jobs disini tentu saja petani yang benar-benar memperhatikan kelestarian lingkungan, penggunaan pupuk organik yang tidak merusak habitat, penanaman, pemanenan dan pemasaran hasil tani yang tidak melanggar kaidah green jobs itu sendiri.

Sayang banget meski saya tinggal di desa, tidak bisa mengikuti peluang kerja green jobs jadi petani milenial ini karena terbentur persyaratan yang sudah tidak bisa dipenuhi, yaitu usia. Tapi meski demikian, saya tidak kecil hati. Toh seperti definisi green jobs itu sendiri, profesi apapun, selama layak dan memenuhi kriteria ramah lingkungannya, itu sudah masuk pekerjaan green jobs.

Lalu upaya apa yang bisa dilakukan sebagai ibu rumah tangga dalam peran sertanya di green jobs ini? Ada banyak. Contoh nyata yang bisa kita lakukan di rumah adalah menghemat penggunaan air, menghemat penggunaan listrik, menghemat penggunaan bahan bakar dan masih banyak lagi.

Karena memang ada banyak sampai tidak terhingga upaya yang bisa dilakukan oleh apapun profesinya demi menciptakan pekerjaan yang layak sekaligus ramah lingkungan di sektor green jobs ini.

Kamu yang bekerja berjualan online, bisa kok mendukung campaign green jobs ini. Contoh mudahnya mulai gunakan bahan untuk mengemas barang dari bahan yang bisa dipakai ulang. Barang yang sudah dipakai bisa digunakan lagi seperti mengganti bubble wrap dengan guntingan kertas yang sudah tidak dipakai.

Kamu yang jadi fotografer, jangan dikira tidak bisa bekerja secara ramah lingkungan. Coba deh manfaatkan penerangan saat ambil foto dengan sinar matahari. Dengan menyesuaikan jam pemotretan berdasar waktu dan cuaca, kamu juga sudah banyak menghemat listrik, bukan? Di situ peluang fotografer secara green jobs ditemukan.

Yang jadi travel blogger, ketika melakukan perjalanan dalam kendaraan roda empat ke berbagai daerah, dimana pepohonan hijau masih banyak ditemukan, coba matikan air conditioner, sebagai pengganti penyejuk udara buka saja jendela selebar-lebarnya. Tarik nafas, keluarkan… Rasakan kesegaran memenuhi paru dan saluran pernapasan…

Buat calon pengantin, kalian juga bisa ambil peluang dalam mempraktikkan pola hidup green jobs ini. Caranya? Daripada bikin baju terus tidak dipakai lagi karena gak mungkin baju resepsi dipakai sering-sering, lebih baik sewa baju untuk acara sakral seperti itu. Jadi hemat biaya, hemat tempat dan hemat bahan pula.

Dan masih banyak lagi pola hidup hemat (energi) lainnya yang selalu bisa kita lakukan dan terapkan dalam pekerjaan.

Bahkan untuk setingkat karyawan pabrik pun, mulai sekarang kita bisa lho melihat dan memilih, mana pabrik atau perusahaan yang dalam menjalankan roda bisnisnya ramah lingkungan, ke sanalah sebaiknya kita coba peruntungan.

Apapun profesi pekerjaannya, mau tinggal di desa atau di kota, diyakini bisa sambil melakukan diet plastik, kan? Diet plastik ini upaya untuk mengurangi sampah atau limbah yang sulit terurai sekaligus mendukung peluang kerja dan pola hidup di sektor green jobs juga.

Jadi memang benar kan, profesi apapun baik yang dilakukan oleh orang tua maupun yang muda bisa menjadi layak dan tetap peduli akan kelestarian lingkungan jika setiap individunya memperhatikan apa yang sebaiknya kita lakukan, dan mana yang seharusnya kita hindarkan.

Action!

Wahai anak muda, jangan takut tidak akan menemukan pekerjaan yang cocok hanya dengan menyisipkan kebiasaan baik energi muda sesuai dengan pola hidup green jobs, dalam berbagai profesi yang dijalani.

Semua teori tidak akan memperoleh hasil jika tidak disertai dengan praktik. Jadi jangan ditunda lagi, yuk segeralah mulai melakukannya. Kita mulai dari dan oleh diri kita sendiri. Mulai hemat pemakaian energi dan peduli kebersihan lingkungan demi terciptanya kehidupan Indonesia yang bersih di bumi yang lestari.

Pupuk kebiasaan baik yang mulai kita lakukan ini dengan siraman informasi terkait green jobs dan energi terbarukan dari sumbernya melalui:

Facebook Coaction Indonesia

Instagram Coaction Indonesia

Twitter Coaction Indonesia

YouTube Coaction Indonesia

 

Comments

  1. Wahh.. saya.sendiri baru mengetahui istilah green jobs ini. Mudah-mudahan masyarakat lebih aware terhadap lingkungan ya teh.

  2. aku baru dengar tentang green jobs ini teh
    bagiku green jobs ini sangat menarik ya teh…
    nggak hanya menjadi pekerjaan yang layak, tapi juga ramah lingkunga

  3. Akhirnya semua orang harus pindah ke green jobs ya?
    Karena Energi fosil pasti habis, kalaupun ada Jumlah nya terbatas dan sangat mahal

  4. Saya juga baru tau tentang green jobs ini, ternyata peluangnya besar sekali ya. Selama ini taunya green lifestyle doang 😀 Bagus nih untuk edukasi anak sejak dini mengenalkan green jobs.

  5. iya bener mba, semua bisa green job.. bahkan dr sebuah green job, kl di kulik lbh dlm lagi bisa menghasilkan cuan, punya pembeda dari yang lain dan punya dampak postif untuk bumi juga, cuan dapet, bumipun terlestarikan.. mantafff

    • Betul kak. Jgn lupa kalo belanja online, bubble wrap dipakai ulang hehe. Aku sih begitu soalnya. Sayang plastik sebanyak itu dibuang2, sampah makin banyak.

  6. Green job solusi yang tepat untuk menjadi peluang pekerjaan buat anak muda dan ibu rumah tangga. green jobs juga mempunyai dampak positif untuk bumi yang kita cintai

  7. Kalau mau dicermati, Green Jobs dan berbagai kegiatan penyertanya ini luar biasa loh dampak kedepannya. Harus lebih sering disosialisasikan supaya lebih banyak orang yang aware dan mau melakukan hal-hal kecil yang nantinya akan berpengaruh pada keterbelangsungan alam di masa yang akan datang. Setidaknya kita bisa mulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu.

  8. oia teh untuk informasi lowongan green job ini apakah ada platform, atau forum yang memaparkan dengan detil peluang pekerjaan green job.

  9. Literasi green job peluangnya membuat kesempatan mengenal lebih mendalam baik siapapun. Edukasi seperti ini penting ya.

  10. grrenjobs ini bisa masuk ke semua bidang pekerjaan, asal ramah lingkungan ya teh…
    wah, anak anak dari sekarang kudu dibekalin wawasan ramah lingkungan nih, biar nggak kaget pas udah terjun ke masyarakat nanti…

  11. Saya lagi coba berhemat listrik nih mbak. Usahakan tidak menyalakan lampu di siang hari, mencabut colokan charger ketika tidak dipakai. Memang terasa sepele tapi ini bisa berdampak besar jika dikerjakan oleh banyak orang

  12. Ibu rumah tangga juga mampu meciptakan green job ya teh. Dengan mencontohkan kepada anak-anaknya dan anak-anaknya kelak pasti akan melakukan aksi yang sesuai dengan apa yang dilihat

    Sebagai ibu rumah tangga, kemungkinan yang dapat dilakukan untuk mendukung green job adalah dengan hemat energi dan paling tidak, dengan tidak merusak lingkungan

  13. Karena energi fosil tidak mungkin terus-menerus dimanfaatkan. Maka itu perlu adanya green jobs agar bisa memberikan energi lain yang lebih ramah lingkungan.

  14. Green jobs ini harus disosialisasikan memang ya teh jadi semakin banyak yang aware denga job-jobnya apa saja dan pastinya peduli dengan lingkungan

  15. Begitu banyak ternyata ya eluang kerja green jobs untuk anak muda dan ibu rumah tangga ya…jadi terbuka wawasan saya. Dan setuju jika kesemua itu akan terwujud jika ada action! Jadi mari bergerak untuk kebaikan lingkungan kini dan nanti

  16. aku merintis green job ala ala aku sendiri teh Okti,
    jadi petani – membuat pupuk kandang ala ala – memfungsikan pembuat humus sendiri –
    doain ya semoga ini bis amenular ke orang kampung di sekitarku

    sayang mereka malah beralih ke pola hidup plastik – semua serba plastik – dan joroknya itu loh… buang sampah ke kali! padahal kalo banjir mereka juga yang kena kan!

  17. Sampai sejauh ini ya soal go green ini. Nggak nyangka soalnya literally baru paham dan baru denger soal green jobs ini. Ilmu baru lagi nih buat aku. Potensinya juga ternyata sebagus itu ya.

  18. aku sekarang lagi nyari kerjaan mbak
    semoga ya aku bisa dapat green jobs
    sepertinya aku bakal senang dan bahagia banget

  19. Wah kalau baca dari definisi green job, saya bisa merasa bangga nih, karena sebagai bu rt (baca : ibu rumah tangga), walaupun belum total, tapi sudah membiasakan diri dengan selalu memakai tas kain utk belanja, membawa alat makan dan botol minum kemana2, foto utk content dengan sumber cahaya matahari. Semoga dengan adanya kampanye green job ini, makin banyak yang tergugah untuk melestarikan lingkungan ya!

  20. sepakat banget teh, sepakat!!! kl semua pekerjaan bisa juga menerapkan pola green jobs biar lingkungan semakin asri dan nyaman. guru, blogger, petani, semuanya bisa andil untuk merawat lingkungan. eh sampai calon pengantin sekalipun bisa ikutan andil buat menjaga lingkungan dengan cara nggak bikin gaun pernikahan, dan banyak hal lain yang bisa diminimalisir untuk menyanyangi bumi ini 😀

  21. Saya juga memulai green jobs dari rumah, Teh. Seperti menghemat listrik, air dan tentunya sampah. Meskipun kecil kontribusinya tapi setidaknya saya sudah action. Semoga para anak muda bisa yakin memilih green jobs sebagai pilihan utama mereka. Kalau buka kita siapa lagi yang akan menjaga kelestarian lingkungan di bumi ini.

  22. Alhamdulillah ibuku udah menerapkan pola hidup green jobs, hemat listrik dan air. Kami juga mengurangi pemakaian/beli barang plastik. Soal hemat listrik, malah dicibir beberapa orang karena katanya kayak hidup susah.. biarlah, yang bayar listrik bukan mereka ini hehe

  23. Keren banget Coaction Indonesia bisa memviralkan green jobs dengan baik. Ramai banget lagi dibahas ini ya. Semoga membuka mata kita semua, khususnya orang tua yang masih konvensional banget mengharuskan anaknya bekerja di jalur-jalur mainstream. Kalo ngomongin masa depan mah udah pasti ya green jobs ini. Mau gak mau kita butuh solusi lebih buat lingkungan, buat populasi penduduk yang kian besar, buat energi bersih, dan energi fosil yang kian menipis.

  24. Setuju banget mbak Okti, Green Jobs memang harus digalakkan untuk anak2 muda jaman sekarang ya. Aku pernah ikut bergerak dalam tim dalam persiapan pengembangan desa wisata. Memang hampir menuju untuk “back to nature”, bagaimana alam yang natural bisa menjadi daya tarik masyarakat di era sekarang. Dan tentunya, prinsip penghijauan tetap menjadi target desa.

  25. Saya baru tahu istilah green jobs ini. Btw, ternyata sebagai ibu rumah tangga pun tetap bisa take action ya.

  26. I see jadi green job bukan cuma mereka yang farming, environment ya teh tapi apapun bisa selama tidak merusak lingkungan justru punya kepedulian terhadap lingkungan.

  27. Apapun profesi kita, penting banget memang green job ini supaya bumi kita nggak tambah parah rusaknya.

  28. Wah, ternyata IRT juga bisa berperan serta dalam green jobs ya mbak. Jadi merasa bangga nih. Dan merasa termotivasi untuk semakin sadar lingkungan biar bumi semakin sehat.

  29. Fenni Bungsu says

    Pekerjaan yang ramah lingkungan mungkin belum banyak dilirik ya karena masih ada pemikiran bahwa kerja kantoran dengan kemeja rapi lebih mevvah, tetapi sebenarnya jadi peluang besar buat generasi muda untuk mendedikasikan diri demi lingkungan hidup yang lebih asri

  30. Dimulai dari hal kecil adalah penentu hal besar terwujud

  31. Saya sudah pernah baca nih di blog lain, semoga green jobs semakin diminati oleh anak-anak generasi muda yang ingin mencari pekerjaan serta bermanfaat untuk memulihkan lingkungan menjadi lebih baik

  32. we can start green jobs from oursel kalau belum bisa berpartisipasi dalam skala yang lebih besar.. teh most important thing kita bisa pila-pilih sampah rumah tangga terlebih dahulu, kalau sudah terbiasa akan hal itu pasti kita kedepannya bisa berpartipasi langsung dalam perkembangan green jobs di Indonesia

  33. green jobs adalah pekerjaan layak yang ramah lingkungan. Konsep ini sangat menarik dan semoga dapat diterapkan untu kedepannya

  34. Praktis sekali dalam penerapan green jobs yang diusulkan. Semoga anak muda dan milenial tertarik untuk ikut dalam program green jobs

  35. mari kita mulai hari ini untuk menerapkan konsep green jobs ini tidak hanya di lingkungan kerja tapi juga di lingkungan rumah sehari-hari, agar bumi kita makin sehat. sehingga generasi muda bisa menikmati alam ini

  36. Hemat air. Hemat energi. Dan beralih ke Green Jobs untuk para anak muda memang sudah saatnya dimulai sih Teh. Biar Bumi kita tetap nyaman untuk anak dan cucu kelak.

  37. klo ibu rumah tangga mungkin tdk susah utk merambah profesi green jobs ya…seperti bisa jadi petani yg jualan sayur dan buah organik di rumah

  38. wah memang semua kegiatan dan pekerjaan apapun kudu perhatikan efek ke lingkungan ya 🙂

  39. Mudah-mudahan semakin banyaaaak yah kegiatan seperti ini. Banyak juga industri2 yang lebih aware ke persoalan alam dengan adanya kolaboraksi kayak gni.

  40. Green jobs ini sangat menguntungkan pastinya dalam jangka panjang ya, selain menyelamatkan bumi juga akan bermanfaat bagi kesehatan kita

  41. Banyak peluang baru karena green jobs ini ya, pekerjaan yg dulu yang tak ramah lingkungan mau gak mau turut menyesuaikan agar tidak terjadi pemborosan, sebagai IRT saya dukung banget profesi ini

  42. Memang belum banyak sih yang paham konsep green jobs ini bahkan saya awalnya juga memahami maknanya secara general saja. Bagus banget pastinya bisa lebih banyak yang teredukasi ini ya mba.

  43. Hemat air penting banget sih. Pakai seperlunya, yang paling bisa diterapkan adalah saat wudhu, jangan buka kran terlalu besar karena banyak air yang terbuang nya

  44. Semua manusia harus bersatu dengan menjalankan green job ini demi menjaga keseimbangan. Belajar dari pendemi ini, bumi juga perlu dijaga dan dihargai.

  45. Makin banyak yg bahas greenjobs mudah²an jadi makin banyak yg aware ya mom. Terutama tuk generasi milenial sekarang

  46. sudah saatnya ya teh sekarang generasi muda cari kerja jangan hanya berdasarkan kebutuhan tapi juga kalau bisa yang mendukung pelestarian lingkungan. Jadi carilah kerja yang green jobs.

  47. green jobs ini keniscayaan teh Okti, karena seperti kata Kang Emil (gubernur Jabar) , sektor yang nggak terdampak pandemi tuh pertanian
    Jadi kalo teh Okti dan suami mau sedikit cape bisa banget kirim komoditi Cianjur ke perkotaan

  48. Green jobs ternyata banyak membuka pelauang ya teh baik anak muda maupun irt keren programnya semoga sukses ya

  49. peluang kerja green jobs ini menarik ya teh apalagi untuk para anak muda dan ibu-ibu rumah tangga, setuju banget teh, kalo banyak yang menekuni green job, dunia pasti akan jadi tempat yang lebih baik

  50. sebenarnya baru ini tau ada green jobs, soalnya kalau emang pekerjaan ramah lingkungan yaaaa banyak sih ya. mulai dari yang sepele sampai yg emang berat banget kayak berhubungan energi terbarukan, dll hehe

  51. Teh, saya bener2 diet plastik, jd kl ke warung semisal males bawa keranjang krn yg dibeli cuma 1-2 item, saya bawa plastik aja dr rumah, atau shopping bag, bener nih Teh, IRT pun berpeluang besar sukses di Green Jobs

  52. Kalo emang ngaku cinta dan peduli sama bumi yang kita tempati maka mau apapun profesi kita, wajib banget turut mengkampanyekan dan mensosialisasikan program kelestarian lingkungan.
    Jadi semuanya dimulai dari diri dan rumah kita sendiri

  53. Beneran ya teh, emang green jobs ini harus terus dioptimalkan ya teh
    karena Green Jobs ini peluang pekerjaan di masa depan yang sangat menjanjikan sekaligus ramah lingkungan

  54. Sepertinya seru dan keren jadi urban Farmers menjawab peluang kerja di green job ini. Peluang kerja yang ramah lingkungan dan menghasilkan pundi-pundi.

  55. sebagai ibu rumah tangga kita juga bisa jadi stay at home mom yg green ya teh, maksudnya dgn hemaat air dan listrik ya teh

  56. Semoga green jobs ini kedepannya makin umum ya. Jadi bumi juga terselamatkan. Untuk ibu rumah tangga seperti aku juga berusaha untuk diet plastik. Tiap ke pasar bawa tas sendiri.

  57. Setuju banget teh kalo green jobs ini bisa banget buat memberdayakan buibu rumah tangga, dengan menjadi unit pengolah sampah menjadi bahan-bahan yang bisa berfaedah kembali seperti kompos, kerajinan dari barang-barang bekas

  58. alhamdulillah berarti sedikit demi sedikit sudah melaksanakan kegiatan go green yaa. Harapan besarnya, melalui kegiatan koaksi ini semakin banyak orang yang peduli sama lingkungan yaa, baik penguasaha, ibu rumah tangga, perusahaan dan bahkan pemerintah. Peduli terhadap alam semakin urgen, karena alam sudah semakin sakit sekarang

  59. Semoga program yang bagus ini informasinya lebih genacar lagi ya kak. Mengingat bumi sudah semakin tua.

  60. Yey, akhirnya ibu rumah tangga bisa juga kerja menjadi Green Jobs. Padahal selama ini aku sendiri juga sudah menjadi pelaku Green Jobs walaupun informal

  61. Duh saya termasuk pemuda yg kurang peduli lingkungan. Berkat Green Jobs nih jadi nyadar utk mulai dari sekarang. Cita2 sih pengen punya usaha yg berhubungan dgn produk2 organik hehe

  62. bagi yang tidak tau dan belum mempelajari lebih jauh, green jobs dianggab pekerjaan yang tidak menghasilkan. nyatanya seorang ahli linkungan, instalasi surya PV , pekerja daur ulang malah memiliki gaji yang fantastis

  63. Iya nih peduli pada lingkungan harus terus digalakan ya Teh mulai dari diri sendiri, mulai saat ini dan mulai dr hal yg kecil .

  64. memang harus terus digaungkan yaa issue lingkungan ini biar bumi kita selamat sampai anak cucu 🙂

  65. Awalnya saya pikir green job itu hanya pekerjaan yang berkaitan sama lingkungan hidup, pertanian dan kehutanan. Ternyata lingkunpnya luas ya, dari kegiatan sehari-hari di rumah bisa masuk kategori green job.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: