Persiapan Anak Menuju Pondok Pesantren

Persiapan Anak Menuju Pondok Pesantren

Meski belum tentu berjodoh, tapi keinginan sebagai orang tua untuk mengantarkan putra semata wayang kami, Fahmi untuk mengenyam pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor sudah melekat kuat.

Meski nanti kami harus berpisah, karena pondok pesantren Gontor terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur sementara kami domisili di Cianjur Jawa Barat, kami yakin selama anaknya memiliki niat dan harapan, sebagai orang tua kami pastinya hanya bisa mendukung.

Meski berat hati nanti harus berpisah dengan anak satu-satunya tapi demi masa depan anak yang lebih baik saya akan support apapun kebutuhannya. Saya ikhlas melepas anak untuk belajar di Pesantren Gontor karena selain terkenal dengan penerapan disiplin, penguasaan bahasa asing Arab dan Inggris, kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat, juga sebagai lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi kemasyarakatan apapun.

Sesuai dengan motonya “Berbudi Tinggi, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas, Berpikiran Bebas,” maka saya ingin anak saya kelak bisa mandiri, jadi dirinya sendiri.

Salah satu upaya saya mempersiapkan anak supaya bisa berhasil masuk pondok pesantren modern ini ialah dengan mengajaknya belajar bahasa Inggris.

Memang sih, putra saya belum tentu berhasil diterima di sana, tapi sebagai orang tua rasanya tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya dari awal, termasuk belajar bahasa.

Untuk bahasa Arab, sedikit demi sedikit ayahnya bisa mengajarinya secara langsung. Sementara untuk bahasa Inggris, saya mencoba mencari tahu dari bimbingan belajar English Academy by Ruangguru.

Saya rasa kursus bahasa Inggris online di English Academy bisa jadi pilihan terlebih disaat pandemi dan adanya penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

Ruangguru dengan produk English Academy-nya mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan belajar selama PJJ. Meski PPKM Darurat diberlakukan, belajar Bahasa Inggris tetap bisa dijalankan.

English Academy ini ada bisa jadi sebagai solusi orangtua macam saya yang kesusahan dalam membantu anak belajar bahasa Inggris ketika PJJ. Sebagai orang tua yang sering kesulitan memahami materi Bahasa Inggris, apalagi di kampung tidak banyak orang yang bisa dimintai bantuan untuk menyelesaikan soal-soal bahasa Inggris, adanya kursus bahasa inggris online di English Academy sangat membantu anak ketika belajar.

Saya juga merasa banyak terbantu dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak karena harga produk English Academy lebih murah dibanding kompetitor. Adanya English Academy ibarat sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar khususnya belajar Bahasa Inggris.

Kelebihan belajar Bahasa Inggris di English Academy:

Pengajar professional kurikulum berstandar internasional

English Academy by Ruangguru menggunakan Kurikulum Cambridge International. Beda Kurikulum Cambridge dengan Kurikulum 2013 di Indonesia ada pada sistem pembelajarannya. Kurikulum Cambridge lebih tepat pada mata pelajaran yang diminati anak. Sementara Kurikulum 2013 di Indonesia materi disamaratakan untuk semua anak.

Jadwal fleksibel

English Academy menawarkan jadwal kursus online sebanyak empat kali dalam satu minggu. Jadwalnya fleksibel, sehingga anak bisa menyesuaikan kehadiran.

Harga Terjangkau

English Academy menawarkan kursus online komprehensif dengan harga per bulan Rp 500 ribu atau ambil paket Rp 5 juta per tahun. Harganya lebih hemat 50 persen dibanding kursus Bahasa Inggris konvensional lainnya.

Toefl iBT Preparation

Ada TOEFL iBT Complete Preparation juga loh. Program online ini membahas materi berkualitas secara intensif, 26 pertemuan dalam dua bulan. Kita bisa langsung berdiskusi dengan guru terkait materi TOEFL iBT.

Terhubung dengan aplikasi Ruangguru

Seluruh proses belajar di English Academy terintegrasi dan terhubung dengan sistem dan aplikasi Ruangguru, mulai dari placement test, akses materi, sertifikat digital, pembelajaran online interaktif, dan pembayaran.

 

Sebagai langkah awal, kita bisa coba aja dulu pembelajaran yang gratisan. Install aplikasi Ruangguru dari PlayStore atau dari AppStore, atau kunjungi langsung website ruangguru.com dan pilih fitur English Academy.

Masuk di trial class dan ikuti placement test English Academy. Placement test diperlukan untuk mengukur kemampuan dan menentukan kelas anak di trial class.

Placement test English Academy tersedia dalam dua bentuk, yaitu test tertulis dan percakapan.

Selesai placement test, konsultan English Academy by Ruangguru akan menghubungi kita mengenai hasil tes. Selain menawarkan produk English Academy sesuai hasil tes, juga mengirimkan sertifikat placement test.

 

Empat jenjang di English Academy by Ruangguru.

1. Runner

Metode dan materi pembelajarannya mudah dipahami, sehingga sangat cocok untuk pelajar dengan rentang usia 7-10 tahun.

2. Sprinter

Metode belajarnya menyenangkan dan relevan bagi pelajar berusia 11-14 tahun.

3. Ranger

Program Ranger meningkatkan keterampilan lanjutan Bahasa Inggris pelajar SMA atau SMK. Cocok bagi pelajar berusia 15-18 tahun.

4. Explorer

Program yang dikemas dengan metode belajar komunikatif dan menyenangkan, cocok untuk pembelajar berusia di atas 18 tahun.

 

Memberikan kesempatan pada anak untuk mempelajari bahasa asing sejak dini sama artinya dengan kita membukakan banyak pintu kesempatan untuk masa depan mereka. Tidak ada salahnya kita mendorong anak belajar Bahasa Inggris setelah menguasai bahasa ibu mereka, apalagi bahasa ini akan dipakai dalam keseharian selama belajar di pondok pesantren impiannya. Semoga saja cita-cita putra saya tercapai. Aamiin.

 

Comments

  1. Jadi punya referensi english course buat anak nanti nih mbak❤️
    Btw, gimana caranya supaya anak memiliki keinginan untuk mondok juga mbak?

  2. Wah, kebetulan nih mba Okti.
    Anak sulung saya baru aja saya daftarkan di English Academy kelas Runner.
    Udah 2 kali ikut kelas besarnya.
    Dan pembelajar sesuai level Runnernya nanti setelah tanggal 20 Juli ini.
    Moga-moga anaknya cocok belajar di English Academy

  3. Baru tau Ruangguru punya fitur English Academy, memang lebih keren kalau belajar bahasa inggris dipisahkan seperti ini anak jadinya akan lebih fokus belajar bahasa inggris sampai mahir, ada levelnya juga ya tambah keren lagi dong

  4. Mondok pun harus jago bahasa inggris. Justru kawan saya yang anak-anak pondokan lebih jago bahasa inggrisnya ketimbang saya yg sekolah di sekolah umum.

    Asik banget bisa join di English Academy mba. Kelasnya beragam, mulai dari usia SD ada sampai buat yang mau expert juga ada.

  5. Wah, jadi punya referensi english course untuk anak suatu hari nanti nih. Ruangguru inovatif sekali

    Bayangin anak mau mondok saja ikut baper mbak, bagaimana caranya supaya anak mau mondok dengan keinginan sendiri tanpa banyak intervensi dari kita sebagai orang tua mbak?

  6. Keren Teh… Sudah menyiapkan anak untuk masuk pondok pesantren. Apalagi pesantren Gontor yang terkenal dengan keunggulannya. Semoga lancar dan sukses ya Teh..

  7. Wah keren Fahmi yaa…insyaallah jd santri Gontor.. aamiiin yra. Hmm persiapan tes masuknya khususnya materi bahasa Inggrisnya belajar di English Academy yaa, noted. Barakallah yaa Teh Okti dan keluarga… insyaallah bs jadi ibunya santri

  8. Saya juga pengen nih kak anaknya masuk ke Gontor. Meski jauhnya dari sumatera. Dan memang sih, khusus putera ada juga cabang Gontor di Aceh. Tapi masih kepengen anaknya masuk Gontor Ponorogo.
    Btw English Academy memang pilihan pas buat belajar bahasa Inggris. Tutor nya juga berpengalaman dan profesional.

  9. Wah nice info ini kak, aku juga lagi nyari tempat les Bahasa Inggris buat anak, tapi belum nemu yg pas. Aku mau lihat-lihat profil Ruang Guru siapa tau cocok

  10. Hwaaa jadi inget punya anak yang kelak juga pengen kumasukin ponpes mbaa.
    Tantangannya ya begini nihh, hehe. Adekku dlu jg masuk ponpes dan untuk urusan bahasa inggris dia juga lemah. Kayaknya memang perlu yah bekal ini sblm masuk ponpes memang jadi ngga kaget

  11. Sekarang belajar bahasa banyak tempatnya, nggak kayak zaman saya dulu. Banyak aplikasi bermunculan untuk memudahkan generasi Z mengasah keceedasannya.

  12. Semoga putra solehnya bisa masuk ponpes impiannya ya, Teh
    Memang persiapan diperlukan karena masuk ke Ponpes Gontor tesnya juga berat ya..Insya Allah dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin
    Pas bener ini kalau persiapan materi Bahasa Inggrisnya di English Academy!

  13. Semoga impian Dek Fahmi untuk kelak bisa mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Gontor tercapai ya. Apalagi dengan membiasakan berkoiunikasi dengan bahasa inggris sejak dini.

  14. Ruangguru totalitas banget ya mbak, ada english academy yang lengkap untuk beberapa jenjang. Apalagi bahasa Inggris penting banget dijaman sekarang ini.

  15. Baru tahu ruangguru juga punya kursus bahasa Inggris. Kalau liat jenjangnya, English Academy bisa untuk pelajar dan dewasa. Harganya cukup terjangkau juga untuk ukuran kursus bahasa Inggris.

  16. Mungkin hampir semua orang berharap anak-anaknya bisa sekolah di pesantren ya mom termasuk aku nih. Mudah-mudahan kita sebagai ortu bisa mendukung penuh kebutuhan pendidikan anak

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: