Please, bikin nyaman (blog) pembaca, dong!

Seminggu lebih gak update blog, selama itu pula tidak blogwalking. Sengaja tidak ikut list bw dulu, serasa masih trauma ketemu sama blog begitu, soalnya.

Maksudnya blog yang bikin saya lelah. Jadinya bw tidak happy. Bolak balik melulu karena tampilan blognya ribet, bukan bikin nyaman, tapi menjengkelkan. Kalau saja tidak ingat list bw itu hutang yang harus diselesaikan, pengen rasanya langsung klik x alias keluar dan gak balik lagi ke blognya. Duh, saya kok jadi sadis gitu ya…? Tapi beneran rasanya bikin kapok kok bw ke blog macam gitu…

Jadi teringat obrolan lama di sebuah group yang membicarakan tentang optimasi blog. Disebutkan kalau salah satu daya tarik supaya pembaca betah dan berlama-lama tinggal di blog kita ialah dengan membuat tampilan blog nyaman dibaca.

Pantas kalau saya jengkel dengan blog yang begitu (yang saya maksud di atas itu) secara jangankan nyaman dibaca, dibuka saja luammmanya minta ampun! Lola, beut! Alias loading lama pisan. Belum susah nyari kolom komentar dimana, nyari artikel selanjutnya dan sebelumnya kemana, udah gitu pemandangan artikel juga rungseb sama iklan yang gak sinkron dan berserakan di antara artikel. Lelah pokoknya mata ini.

Jadi ingat pula sama peririmbon, ada sedikit catatan dari WhatsApp group hasil merangkum tulisan teman yang saya simpan. Saya coba upload disini aja deh, biar kalau saya lupa bisa baca lagi, kalau teman mau baca juga kan lebih mudah, malah siapa tahu bermanfaat dan bisa diambil juga ilmunya. Karena meski menurut saya ini penting, buat teman-teman mungkin hal ini hanyalah remeh temeh…

Sedikit catatan dari wag blogger yang saya saved itu adalah:

 

Statistik bukan segalanya

Domain Authority (DA) tinggi bisa jadi tidak dijadikan  patokan sebagai syarat seorang blogger ikut campaign atau job, asalkan tulisan atau kontennya bagus, runut, gaya penulisan menarik, jelas dan mudah dipahami.

Bukan blogger pemalas yang suka seruput kopi press rilis eh salah, maksudnya suka copy paste rilis meskipun hasilnya berantakan. Ga teliti meskipun penulisan dengan paragraf yang jomplang, tetap paste saja. Meskipun kita tidak bisa menyangkal, ada job yang syaratnya nilai DA/PA/DR nominal tertentu.

 

 Permak blog

Tampilan blog dipercantik. Kaya mengerjakan konten produk skincare gitulah…

Mau pakai blogspot atau wordpress, atau CMS lain, selama loading cepat, tampilan nyaman di mata, user interface dan navigasi memudahkan user, itu sudah jadi satu poin yang bisa memikat para pengunjung blog kita lho.

Catatan, itu termasuk dalam memudahkan mencari kolom search, tombol-tombol atau icon sosmed yang berfungsi baik, dan penataan iklan yang tak berantakan, apalagi sampai menutupi tulisan, oh please…

 

Diet loading, dong

Loading web jadi salah satu yang harus diperhatikan seorang blogger. Karena jika tidak segera diatasi, jangan nyesel para pembaca ilang feeling lalu berpindah ke lain blog. Jangan salah, cukup banyak blog teman-teman yang loading webnya lama, dan ini bolak-balik bikin bisa jadi klien kesal.

Yuk coba blognya didietkan, yang asalnya butuh waktu belasan sampai puluhan detik, coba turunin berat badannya, eh waktu loading nya, syukur-syukur bisa jadi cuma dalam hitungan jari detik saja, tu blog langsung muncul.

Bagaimana cara mudahnya, coba pelajari bagaimana meningkatkan kecepatan web melalui internet, dan praktikkan.

 

Typo

Seharusnya saya unjuk tangan nih. Masih ada kok blog yang tulisannya bagus, tampilan blog menarik, tapi typonya luar biasa. Itulah gunanya baca ulang dan lakukan self editing. Ada kesalahan ejaan segera perbaiki.

 

Traffic

Meskipun ini penting tidak penting, tapi bukankah akan membahagiakan kalau kita setor analitik tulisan ke klien hasilnya memuaskan?

Kan sayang banget kalau udah nulis, lalu yang baca tulisannya cuma sedikit orang itu pun dengan lingkaran pertemanan yang sama.

Di satu sisi sayang banget jika manfaat tulisan tak menyebar luas, di sisi lain kalau artikel ini adalah tulisan berbayar, baik sponsored post ataupun content placement, kasihan klien yang udah berupaya juga utk gaining traffic ke web atau sedang bangun awareness tapi pesannya tak sampai karena pembaca blog kita mentok di kisaran hitungan jari.

Salah satu cara biar tulisan kita banyak dibaca, ya ikut komunitas blogwalking, share tulisan di sosial media dengan kata pembuka yang menarik dan bikin penasaran sehingga pembaca secara sukarela masuk ke artikel sebenarnya di blog kita. Kecuali kalau mau yang berbayar ya ikutkan iklan saja.

Hanya 5 point itu yang bolak balik disorot oleh beberapa teman mastah blogger saat berdiskusi di wag. Kalau punya point tambahan boleh free berbagi ya. Nanti akan saya update ulang artikelnya.

So, setelah baca point-point tersebut, yuk kita sama-sama belajar dan terus melakukan perbaikan.

Kalau tidak bisa melakukannya sendiri, ikuti saja kelas-kelas atau wag komunitas blogger yang banyak banget share tentang dunia kepenulisan, blogging, bikin konten dan semacamnya. Atau bayar jasa perbaikan blog juga bisa.

Sekian curhat saya. Mau publish dulu artikelnya biar bisa ikut list bw terbaru. Udah semangat lagi ikut list-nya kalau udah curhat. Hahaha …

Comments

  1. Hendra Suhendra says

    Satu lagi. Iklan di mana-mana. Paling ngeselin, klik anu, malah keluar iklan. Geser dikit, keluar iklan. Ini pasti auto close tab!. BTW, blog saya udah sesuai dengan syarat di atas nggak sih Mba?? Atau jangan-jangan ini semua ada di blog saya, hwehehehe….

  2. Semoga bukan blogku…..

  3. Duh langsung klik blog sendiri.. iklan berserakan rupanya 😀 ampunn.. saya masih belum ada waktu mau benerin blog nih hehee

  4. Mau komen khusus typo, Teh. Kemungkinan penyebabnya (menurutku), kejar tayang, nggak tahu itu salah, atau memang nggak peduli. Ada aja yang begini: “Blog, blog gw. Suka-suka gw mau typo atau gimana.”

  5. Tulisan ini membuatku bertanya-tanya. Apakah blogku termasuk yang nggak bikin nyaman pengunjung. Karena blogku juga ada iklannya. Baiklah. Mari introspeksi blog dulu.

  6. Teh Oktiii masyaAllaah, dikau sungguh mewakili suara hatiku hahaha. Tapii bukan berarti tampilan blogku sudah oke sih cuman aku jugaa punya perasaan sama kayak teh okti. Males kalo baca blog iklannya terserak dimana-mana, hikss jadi ga fokus mau bacanyaa :((
    yg loadingnya lama punn :(( akhirnya ditinggal dehh, dan baca seadanya. Ahh mudah2an kalau teh okti mampir ke blogku nyaman yaa, ngga bikin kesel 😀

  7. kalau saya yang kadang bikin sebel itu iklan yang ada di mana-mana sama kolom komentarnya susah dicari. hehe. padahal blog saya juga ada iklannya sih. semoga aja tampilannya nggak mengganggu pembaca. pernah juga nih dulu pas masih pakai wp self hosted blog saya loadingnya lambat banget ternyata karena sudah penuh kapasitasnya. akhirnya saya berhenti deh paka self hosting dan pindah ke blogspot

  8. Langsung scroll blog sendiri dan introspeksi hahaaa
    Tapi emang sih kak karena blog ini media online jadi kita kudu punya tampilan online yang mumpuni juga, buat pembaca dan pengunjung blog nyaman. Jadi inget udah lama ga benahi blog sendiri, jangan sampe jadi ganggu pembaca ni huhuu

  9. Bener banget Kak, blog ku sekarang juga lagi aku optimasi pelan-pelan buat mempercepat waktu loading. Karena kecepatan loading akan bantu kita menyamankan pembaca. Dan satu lagi yang aku setuju dengan blog ini, statistik bukan segalanya, tapi segalanya itu angka hehehe..

  10. Setuju Kak karena kecepatan loading akan membantu pembaca untuk berlama-lama di blog kita. Sama statistik bukan segalanya aku setuju banget. Makasih atas pendapatnya.

  11. hehe
    emang bikin sebal ya teh klo menemukan blog yang seperti ini
    hmm aku jadi instrospeksi, jangan jangan nlogku juga gini

  12. Fenni Bungsu says

    Yang pas bagian iklan, memang bikin kesel Teh. Soalnya daku pernah:
    *) Gagal fokus bacanya
    *) Nutupin artikel

    Tahu sih tujuan masang iklan buat apa, tapi ya coba meletakkannya itu jangan di tengah atau diantara artikel.

  13. Saat baca ini, spontan jadi ngecek blog sendiri , perlu diet ngga blogku. Tapi bnr kak Yang ngeselin kalau lagi baca blog orang itu iklannya yang kebanyakan sampa artikelnya ketutupan.

  14. Saya pasang adsense di blog, sekaligus saya juga pasang adblock di browser jadi ga pernah keganggu soal iklan ini. Semoga salah satu blog saya bukan yg bikin Teh Okti trauma.

  15. Damar Aisyah says

    Kalau saya paling ruwet sama iklan, Mbak. Ya ampun, berasa kudu lari aja kalau baru satu paragraf udah ada iklan. Noted banget untuk poin-poin di atas. Typo ini juga masalah saya. Apalagi kalau nulis malam-malam, besok paginya harus edit ulang karena pasti ada typo-nya. Nice sharing.

  16. Damar Aisyah says

    Kalau saya paling ruwet sama iklan, Mbak. Ya ampun, berasa kudu lari aja kalau baru satu paragraf udah ada iklan. Noted banget untuk poin-poin di atas. Typo ini juga masalah saya. Apalagi kalau nulis malam-malam, besok paginya harus edit ulang karena pasti ada typo-nya. Nice sharing.

  17. Betul mbak. Sebelum buat pembaca nyaman, kita harus nyaman dulu sama blog sendiri
    Aku termasuk yang sering banget permak blog karena bosan hehe.
    Tetap semangat untuk selalu memperbaiki kualitas blognya

  18. Saya paling setuju dengan pemasangan iklan, kak. Apalagi setahu saya sekarang ini ada yang kalau kita klik menuju halaman lain dengan maksud ingin membaca, eh taunya malah muncul iklan popup yang kalau kita klik, justeru kita akan “kehilangan” bacaan yang menjadi tujuan sebelumnya.

  19. Aku masih banyak typonya… Padahal udah edit ulang tapi kadang masih nwmu aja si typo ini.. Tapi semiga yang dimaksud Teh Okti bukan blogku…

  20. Blog saya belum ada iklannya sih. Tapi semoga ngga lola deh. Mau mendietkan tampilan blog belum ada waktu khusunya. (Ini mah ngeles aja)

  21. Jujur belakangan kalau lagi bw, banyak lihat blog yg iklan dimana2.

    Sampai bingung, ini mana gambar yg aesuai dengan judul artikelnya ya? Karena hamoir di setiap 2 paragraf ada iklan nongol. Duhh.. Hikssss… Antara kzl dan gmn gitu mau bw. Upsss

  22. habis baca ini, langsung ingat masalah blog aku hihi. Bener ya ka, kadang juga suka jengkel sama iklan yang tampil di mana -mana, apalagi ketika pas asik mebaca iklan ditengah artkel atau yang suka muncul tiba-tiba gitu.

  23. Pas bagian typo, langsung glek.

    Aku pun masih ada saja typo-nya yang baru disadari setelah lama. Huhuhu kadang kalau dikejar tugas sana sini, ada aja nggak telitinya.

    Nah soal mencaplok langsung dari press realease itu sih yang nggak asik.

  24. Setuju, Kak. Aku juga suka kesel kalo loading blog lama, dan iklan rame bermunculan. Baru baca dikit, iklan lagi, baca dikit, iklan lagi.

  25. Teteh makasih remindernya nih, aku juga masih sering typo wwkwk kelemahan seorang penulis ya Teh
    tapi siap belajar meneliti lagi nih before posting

  26. Aku sempet pernah ngotot pengen pasang adsense, udah dua kali daftar tapi tetep blm sukses diterima juga. Setelah pasrah, makin sering ikut list bw, kok makin nyadar jg kalo iklan itu suka ngeribetin keberadaannya tiap lg baca artikel. Trs aku malah jd males pasang adsense lg gt. Udah gt penghasilannya jg kan katanya gak terlalu cepet dapet banyak ya. Jd kok aku pikir mending cari CP atau PP aja ya lebih berasa hehehe. Semoga bukan blog ku yang tampilannya neko2 yaa Kak. Aku udah berusaha pake template se-clean dan se-simple mungkin untuk enak dibaca, dan tanpa iklan yang bertubrukan di dalamnya.

  27. Kalau saya malah nggak ditambahin iklan sama sekali, hihi… Selain supaya nyaman dibaca, juga memang untuk job content placement atau sponsor post lebih memuaskan advertiser. Soalnya pernah lihat artikel review skincare A, iklan adsennnya menampilkan skincare B, haha… Kecuali, blog khusus Adsense sih, saya pasang auto ads yang pasti lumayan banyak. Tapi nggak sampai mengganggu bacaan. Semoga, hehe

  28. PR besar juga buat loading fast respon untuk blogku Teh. Makasih ya Teh udah diingatkan selalu.

  29. Hahaha aku ngakak kak bacanya. Tapi ini sungguh relate. Kalau aku pribadi PR yg masih susah itu terkait loading blog. Masih gak was wes wo nih blog aku.

    Tapi aku setuju bgt terkait malesnya blog walking ke blog yang iklannya berantakan bgt dan suka nggak sengaja ke klik jd ke web lain. Trs musti balik lagi ke web itu. Belum lagi kalau kolom komentarnya harus nyari2. Duh :'( !

  30. Hahaha aku ngakak kak bacanya. Tapi ini sungguh relate. Kalau aku pribadi PR yg masih susah itu terkait loading blog. Masih gak was wes wo nih blog aku.

    Tapi aku setuju bgt terkait malesnya blog walking ke blog yang iklannya berantakan bgt dan suka nggak sengaja ke klik jd ke web lain. Trs musti balik lagi ke web itu. Belum lagi kalau kolom komentarnya harus nyari2. Duh :'( !

    Artikelnya reminder bgt kak untik para blogger nib. Makasih…

  31. Hahahahaha…. Diet loading ya teh?
    Masih jdi PR nih. Udah lepas beberaa javascrip tapi masih aja lambat.

    Ada rencana gnti template sih. Cuma belum ada waktu untuk otak-atiknya

  32. Hahahahaha…. Diet loading ya teh?
    Masih jdi PR nih. Udah lepas beberapa javascrip tapi masih aja lambat.

    Ada rencana ganti template sih. Cuma belum ada waktu untuk otak-atiknya

  33. Diet laoding saya masih jadi PR juga nih. Terus memang ya, saya juga sebel banget kalau BW buka blog loadingnya lama. Udah gitu, nyari kolom komentarnya susah, eh pas klik komentar suka eror. Kan sebel juga jadinya. Hahaha

  34. Diet laoding saya masih jadi PR juga nih. Terus memang ya, saya juga sebel banget kalau BW buka blog loadingnya lama. Udah gitu, nyari kolom komentarnya susah, eh pas klik komentar suka eror. Kan sebel juga jadinya. Hahahaha

  35. Omg curhat nya menampar hehe. Tapi aku suka. Jadi introspeksi diri lagi. Soalnya di blog ku iklan letaknya otomatis karena pakai plugin. Semoga ga menyulitkan pembaca

  36. Kalo saya nggak pasang google ads sing biar ga ada iklan yang nangkring. Takutnya kl kebanyakn iklan jadi mengganggu

  37. Kalau aku paling males sama iklan mba, apalagi pas klik eh kok malah pindah halaman, perasaan tadi nggak klik iklan. Di situ rasanya males balik lagi ke blog tersebut kalo nggak terpaksa

  38. Aku jadi mikir, blogku udah nyaman dibaca orang belum ya? hahaha.
    memang blog yang terlalu ramai sama iklan itu ngeselin banget. kadang ada juga blog yang template bagus, tulisan rapih, tapi anehnya ngeklik asal tiba-tiba muncul halaman iklan. Lah, salah saya ga ngeklik iklan padahal.

  39. penempatan iklan yang tepat perlu juga diperhatikan. kadang masih aku temukan letaknya iklan malah selalu nutupin artikel, jadi aku bingung juga sama model template begini. kayaknya juga bukan salah templatenya juga
    pas baca ini, jadi mikir blog sendiri, kira kira temen temen kalau buka blogku nimbulin masalah ga ya

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: