Rahasia Freelancer Bisa Pensiun Bahagia Bersama Manulife Indonesia

Kelak kalau udah lanjut usia, pengennya tidak menggantungkan hidup pada orang lain… Kicauan itu spontan saya twitkan dan tidak diduga mendapatkan respon yang lumayan.

Padahal sejujurnya saya hanya ingin mengungkapkan rasa hati, sebuah keinginan yang mendasar dari dalam diri tentang keinginan bagaimana masa depan saya kelak saat memasuki usia senja.

Harapan semua orang ingin masa tua tetap bahagia

Memang sih ya, siapa yang tidak ingin masa pensiun alias masa tuanya nanti tetap sehat dan bahagia? Semuanya pasti mau dong ya.

Tidak muluk-muluk, saya pun sangat mendambakan kalau masa tua saya kelak, ingin tetap mandiri. Tidak merepotkan anak cucu. Ingin tinggal di lingkungan yang aman dan nyaman untuk bersosialisasi dan beribadah, punya bekal yang cukup untuk menjalani hidup dan berbagi dengan sesama, dan tetap bisa menjalankan hobi dan aktivitas produktif. Dan satu lagi, pastinya ingin menua bersama mantan pacar alias pasangan hidup, siapapun nanti yang meninggal dunia terlebih dahulu…

Tapi hal itu tentu saja tidak mudah diraih jika kita tidak tahu bagaimana rahasia pensiun bahagia yang sesungguhnya. Baiklah, karena itu, mari kita bongkar rahasianya di sini supaya kita sama-sama tahu dan kelak masa tua kita bisa benar-benar sesuai dengan harapan yaitu masa tua yang sehat dan bahagia.

Rahasia Pensiun Bahagia versi Okti

Jadi informasi “Rahasia Pensiun Bahagia” ini didapat dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia. Tentu saja ini informasinya resmi dan akurat dong, secara DPLK ini udah berbadan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Makin tenang karena #DPLKManulife Indonesia telah disahkan Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994. DPLK Manulife Indonesia juga terdaftar dan diawasi oleh OJK.

DPLK Indonesia ada di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional dengan total aset Rp 21 miliar dan pertumbuhannya meningkat 14% dibandingkan tahun sebelumnya. DPLK Manulife Indonesia sudah diikuti oleh lebih dari 570.000 peserta dan lebih dari 2.300 perusahaan. Banyaknya pengguna sudah menjelaskan bagaimana DPLK Manulife ini diterima masyarakat Indonesia, ya.

Meski kondisi sekarang masih pandemi namun DPLK Manulife terus berkomitmen untuk mengedukasi dana pensiun baik kepada perseorangan maupun perusahaan. Terus aktif membantu keluarga Indonesia dalam menyediakan solusi perlindungan hari tua guna meraih hidup yang #semakinharisemakinbaik serta memudahkan mengambil keputusan finansial.

Apa guna Dana Pensiun?

Menghindari kekhawatiran akan kondisi masa tua kelak seperti yang sudah saya jabarkan di awal, kita harus mempersiapkan finansial diri lewat dana pensiun, sehingga saat usia senja menyambangi kita tidak perlu membebani anak-cucu di masa depannya.

Dana atau tabungan pensiun adalah bekal yang kita persiapkan sedari sekarang untuk dimanfaatkan memenuhi semua kebutuhan setelah nanti kita pensiun. Sehingga meski sudah tidak bekerja atau tidak punya penghasilan kita tidak bergantung pada orang lain.

Tujuan memiliki dana pensiun ini agar kita bisa mandiri secara keuangan di masa tua. Apa yg terjadi jika di masa pensiun nanti, kita sudah tidak lagi memiliki sumber pendapatan tetap? Gak bisa pula kita selalu minta anak, bukankah mereka juga sudah berkeluarga dan tentu saja punya kepentingan masing-masing?

Pendapatan sekarang untuk masa depan dengan DPLK Manulife

Saat kita memasuki masa pensiun pun kemungkinan muncul beberapa risiko yang bisa saja kita alami. Seperti orang tua itu rentan kena penyakit kritis dan kita tahu biaya berobat saat ini sangatlah mahal. Masa tua juga rentan dikabarkan dengan kondisi yang kesepian, banyak orang lanjut usia yang terlantar dan seolah tidak memiliki sanak saudara padahal anak mantu sukses dalam berkarir.

Ditambah seiring perkembangan jaman, tingkat inflasi menyebabkan biaya dan kebutuhan hidup pun semakin melambung tinggi sementara dana simpanan kita ya segitu-segitu saja, dan masih banyak kemungkinan munculnya hal-hal lain yang tidak diduga.

Melihat begitu banyak risiko di masa tua kita nanti, oleh sebab itu kita butuh perencanaan keuangan yang matang sehingga saat pensiun nanti kita bisa memiliki bekal yang cukup. Karena itu peran dana pensiun ini terasa sangat penting, bukan?

Gimana cara punya dana pensiun sementara saya kerja serabutan?

Saya kan bukan PNS (Pegawai Negeri Sipil) tidak mungkin juga memiliki dana pensiun. Benar, karena pensiun di sini bukan pensiun dalam arti kata sebenarnya, ya. Melainkan istilah untuk waktu dimana kita nanti sudah tua, sudah tidak seproduktif sekarang ini.

Jika mengacu kepada hal itu, tentu saja siapapun akan mengalami masa pensiun alias masa tua yang tidak seproduktif sekarang ini. Tidak hanya PNS, tapi termasuk pekerja serabutan seperti saya, dan semua orang.

Lalu apa yang dibutuhkan dalam mempersiapkan dana pensiun? Mumpung masih muda (buat yang masih muda) dan produktif (da saya mah apa atuh, udah memasuki usia senja pula), coba segera manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan aset dan dana bekal masa pensiun supaya masa tua kelak jadi aman dan tentram.

Lantas bagaimana mempersiapkan dana pensiun sementara penghasilan saja tidak tentu? Tenang dulu, jangan khawatir.

Ada beberapa langkah berikut yang bisa kita ambil sehingga impian memiliki masa pensiun yang bahagia bisa tercapai.

➡️ Pertama meskipun penghasilan kita tidak tentu, tapi kita bisa memanage pengelolaan pengeluaran. Maksudnya jangan boros, euy! Jadi bisa tuh kalau kita dapat rezeki, kita sisihkan sebagian. Kalau punya uang jajan prioritaskan untuk yang diperlukan saja sehingga lainnya bisa kita hemat.

➡️ Hitung segala kebutuhan di masa pensiun nanti, mulai dari kebutuhan pokok, seperti tempat tinggal, makan, biaya berobat, biaya listrik, air, termasuk biaya untuk rekreasi. Dengan mengetahui jumlah keseluruhan kita bisa menghitung berapa uang yang harus kita kumpulkan. Biar nyaman di hari tua, perhitungkan pula kemungkinan terburuk saat sumber pendapatan kita telah hilang, pikirkan bagaimana kita akan melanjutkan kehidupan? Dengan mengetahui semua itu motivasi untuk punya dana pensiun pasti semakin tinggi.

➡️ Komitmen dan disiplin untuk menyisihkan dana tabungan tepat waktu dan jumlah nominal yang disepakati.

➡️ Biar gak bingung pakai strategi. Bisa berinvestasi menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, atau ikut program dana pensiun pribadi DPLK Manulife.

Cara mengumpulkan dana pensiun bagi freelancer

 

Hidup tenang dan nyaman di hari tua, sudah menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu, sedari muda, kita perlu mempersiapkan masa pensiun yang matang.

Bagi para pekerja, dana pensiun dari tempat bekerja mungkin bisa jadi andalan. Tapi tetap perencanaan finansial yang matang sejak awal itu perlu karena belum tentu dana pensiun yang kita miliki dapat menutup semua biaya kebutuhan kita.

Tips mengumpulkan Dana Pensiun

Agar dana pensiun kita terkumpul secara cepat dan aman lakukan hal-hal berikut:

  • Meski pemasukan tidak tentu, tapi usahakan kita bisa menstabilkan pengeluaran.
  • Sediakan dana darurat.
  • Disiplin menyisihkan tabungan pensiun setiap bulan, kalau perlu buat rekening sendiri secara terpisah.
  • Miliki asuransi yang bisa melindungi keuangan kita di hari tua sekaligus memiliki fitur investasi.

 

Manulife hadir mempermudah mengatur perencanaan masa pensiun

Menyadari pentingnya mengumpulkan dana pensiun untuk bekal kelak saat lanjut usia, dipastikan akan ada banyak pos tabungan yang disisipkan setiap bulannya. Nah, daripada bingung ngatur keuangan, coba produk dana pensiun dan perlindungan hari tua dari Manulife seperti MiFuture Income Protector (MiFIP) dan MiGolden Retirement. Kehadiran produk dari Manulife Indonesia ini tentu saja mempermudah kita mengatur perencanaan keuangan masa pensiun.

Dana pensiun lembaga keuangan dari Manulife bisa digunakan untuk pendaftaran pribadi. Kalau merasa kesulitan memisahkan tabungan antara kebutuhan lain dan dana pensiun sendiri, lebih baik pakai DPLK saja, nanti sekalian dana tabungan kita itu diputar buat investasi. Kan, disamping keamanannya terjaga jadi dananya juga kemungkinan bakal lebih tinggi dibanding menabung biasa. Karena di DPLK Manulife kita menabung sekaligus berinvestasi.

MiFuture Income Protector (MiFIP)

MiFuture Income Protector (MiFIP) adalah produk dari Manulife Indonesia yang akan memberikan penghasilan di hari tua hingga delapan kali dari total Dana Mapan.

MiFIP juga memiliki perlindungan risiko kematian dan kecelakaan hingga 100 persen dari Dana Mapan.

MiGolden Retirement

Untuk yang ingin pensiun lebih cepat, ada MiGolden Retirement yang dapat membantu mempersiapkan tabungan pensiun bahkan kalau kita berniat untuk pensiun di usia 40 tahun sekalipun.

Tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai dana pensiun dan bantuan apa saja yang bisa didapat dari DPLK Manulife, yuk kunjungi www.manulife.co.id

Dengan menghubungi kontak yang ada di websitenya kita bisa diarahkan termasuk melakukan pendaftaran. Sangat praktis pastinya karena bisa secara online. Setelah mengisi formulir dan melengkapi dokumen, kita udah bisa setor iuran pertama dan biaya lainnya.

Dan sebagai bukti kepesertaan, kita akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta dan Laporan Saldo Dana Peserta.

Terus kalau misalnya usia kita tidak sampai, meninggal dunia sebelum masa tabungan selesai misalnya, bagaimana? Kan kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok…

Jangan khawatir, manfaat dana pensiun di Manulife ini bisa diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, atau ahli waris lainnya yang berhak jika yang tertanggung meninggal dunia. Tetap memiliki manfaat kan?

Media dan Blogger Manulife

Peserta Media dan Blogger Gathering. Mendapatkan wawasan terkait rahasia mempersiapkan masa pensiun yang bahagia

 

Jadi, itulah fungsi dana pensiun dan pentingnya punya tabungan pensiun. Selain supaya kelak anak kita gak jadi generasi sandwich yg harus terbebani biaya hidup orang tua, maupun keluarganya sendiri kelak, kita pun bisa lebih tenang karena andai sesuatu tidak diinginkan terjadi, persiapan financial sudah dibantu pihak Manulife.

So, ingat ya, bekal untuk masa tua itu ngumpulin tabungan pensiunnya ya saat masih produktif, saat masih muda, ya sekarang ini, sehingga kelak saat masa tua kita bisa hidup bahagia dan bebas finansial. Masa pensiun tetap bisa bahagia? Itulah rahasianya…

 

Comments

  1. Betul teh Okti, dengan memiliki asuransi setidaknya membantu kita untuk memudahkan mengambil keputusan finansial di hari tua

  2. Ibaratnya motto hidup teh,
    Muda banyak harta.
    Sudah tua bahagia
    Meninggalnya masuk surga.

    Ah, impian bangettt ini mah.

    Asuransi Manulife premi nya berapa ya teh?

  3. Beberapa orang yang saya kenal ada yang setelah pensiun stres, padahal penghasilannya sudah cukup dan terjamin.. mungkin karena aktivitasnya berubah dari rutinitas.. jadi selain tabungan, persiapan mental juga diperlukan yaa

  4. Memang betul Teh, masa tua pengennya tuh tetap mandiri dan punya biaya hidup sendiri. Malah kalau bisa, punya warisan yang bisa mensejahterakan anak cucu dan keluarga tercinta.

  5. Dulu aku punya asuransi, sekarang udah nggak pakai lagi. Padahal sebenarnya cita-citaku juga inginnya pensiun dengan cara kerja freelancer seperti ini tuh bisa terpenuhi kebutuhan di masa emas nanti. Apalagi selama ini memang secara financial aku melakukannya secara mandiri. Hmm, jadi berpikir lagi nih, buka lagi nggak ya asuransinya? 🙂

  6. Masa tua berkualitas dan bahagia memang impian banget ya… dan itu memang harus direncanakan dan diusahakan sejak dari sekarang ya…Semoga masa tua kita bahagia selalu ya…

  7. Wah jadi inget saya punya tabungan pensiun juga nih, tinggal terus istiqamah nyisihin nabung. Dulu mikirnya sama biar bisa mandiri, gak bergantung sama anak cucu. Sungguh mulia cita-cita teteh. Semoga Allah kabulkan semua keinginannya ya. Aamiin

  8. Wah jadi inget saya punya tabungan pensiun juga nih, tinggal terus istiqamah nyisihin nabung. Dulu mikirnya sama biar bisa mandiri, gak bergantung sama anak cucu. Sungguh mulia cita-cita teteh. Semoga Allah kabulkan semua keinginannya ya

  9. Merencanakan masa depan ini bisa menjadi bentuk ikhtiar kita untuk membuat kehidupan yang tetap nyaman dan tidak membebani anak-cucu. Karena itu menyisihkan dana untuk ditabung adalah sebuah keharusan yaa..
    Dibantu oleh DPLK dari Manulife Indonesia yang mengelola dana pensiun.

  10. Di Indonesia masih banyak sekali orang yang gak mementingkan perihal dana pensiun ini teh, terutama ya freelancer, padahal menurutku justru freelancer itu harus punya perencanaan keuangan yang matang sih

  11. Dulu aku punya DPLK tapi diurusin kantor. Ternyata DPLK Manulife bisa daftar pribadi ya. Kalau ga rajin menabung Dana pensiun sendiri, lebih baik pakai DPLK nanti sekalian diputer buat investasi, Kan, jadi dananya kemungkinan bakal lebih tinggi dibanding menabung biasa.

  12. Wah iya ya punya dana pensiun penting juga ya, belum kepikiran saya. Mulai sekarang harus bisa nih sisihkan

  13. Meskipun freelance tapi kalau bisa memisahkan anggaran untuk pensiun adalah kebanggaan tersendiri ya, Mbak. Semoga bisa konsisten menyisihkan dana pensiun ya, Mbak. Bwrsama manulife.

  14. generasi sandwich… ahh tertampar
    iya ya sebagai freelancer kita emang suka ga jelas gitu penghasilannya. bikin tenang banget kalo bisa menyisihkan anggaran demi pensiun bahagia dengan asuransi manulife

  15. Yup, dana pensiun itu penting sekali supaya di masa tua menjadi tenang. Sebisa mungkin harus prepare sejak dini supaya tidak membebani anak

  16. Kadang terlupa untuk memikirkan dana pensiun gini yaaa… Padahal penting ya agar tidak berasa was-was lagi ntar di hari tua gimana.

  17. Jujurly, baru kali ini saya tau ada insurance untuk dana pensiun.
    Bagu sekali.
    Biasanya kan untuk kesehatan, atau pendidikan.
    Salut de, manulife memikirkan para sepuh agar masa pensiunnya bisa tenang dijalani

  18. kita sih enggak butuh kaya banget gimana gitu ya mbak, yang penting hidup mandiri hehehe tapi emang program DPLK ini banyak sih di bank2. baru tau di manulife jg ada 😀

    • Saya malah baru tahu mbak kalau ada program dana pensiun untuk individu kayak gini, jadi walau bukan karyawan di sebuah perusahaan pun bisa tetap merencanakan dan memiliki dana pensiun

  19. baru tau nih di manulife ada DPLK. soalnya biasanya di bank ajaaa. dan emang kita sbg manusia fitrahnya butuh jadi mandiri aja, tanpa merepotkan orang lain, gak butuh jadi kaya amat ya mbak hehe

  20. aku juga nih mempersiapkan diri agar tetap bisa bahagia dengan dana pensiun yang ada. Yes, alhamdulillah masih bisa investasi dalam pekerjaan belum tabungan sih

    • Ikutan langkah Mb Naqi aahh… dari mulai sekarang harus disiplin ya mba menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk dana pensiun gini. Pengin juga nanti di masa tua sudah memiliki kebebasan finansial agar menikmatinya dengan penuh gembira.

  21. Impian banget yaa, teh..
    Pensiun tetap bahagia bersama pasangan tanpa harus pusing dengan kondisi keuangan.
    Syaratnya kudu disiplin sedari muda, saat usia masih produktif. Dan dengan dana pensiun, membantu perencanaan keuangan di hari tua.

  22. Secara kita bukan ASN yang punya dana pensiun tiap bulan ya teh. Jadi semua harus dipersiapkan. Jangan sampe anak kita nanti jadi generasi sandwich karena menopang kehidupan orangtua.
    Alhamdulillah Manulife ada banyak plan buat rencana dana masa tua nanti.

  23. Teteh, sejak dini aju berharap bisa pensiun dini dan bahagia tanpa merepotkan orang lain termasuk suami dan anak anak. Makasih wawasan dan remindernya teh dan aku pun berharap bisa tercapai

  24. Teteh, sejak dini aju berharap bisa pensiun dini dan bahagia tanpa merepotkan orang lain termasuk suami dan anak anak. Makasih wawasan dan remindernya teh dan aku pun berharap bisa tercapai 🙂

  25. aku juga kalau pensiun ga mau repotin orang lain pokoknya siapin dari sekarang, pensiun bahagia bareng misua dengan usaha mandiri

  26. Punya dana pensiun memang penting asal kemudian dikelola dengan baik juga. Supaya bisa tetap menikmati hidup dan nggak merepotkan keluarga setelah masa produktif usai nanti.

  27. Aku juga pengennya gitu sih mbak. kalo nanti anak-anak udah punya kehidupan sendiri nggak mau nyusahin mereka.
    ternyata meskipun bukan PNS kita bisa ya merencanakan dana pensiun. ini menarik banget, aku jadi aware pengen nyisihkan penghasilan buat kehidupan tua nanti

  28. Bener mba dana pensiun harus dipersiapkan agar ga memberatkan anak-anak, jgn sampai anak-anak jd generasi sandwich

  29. salah satu hal yg aku pikirkan banget saat penisun nanti, semoga masih bisa seneng0seneng ya. Makanay perlu disiapkan dari sekarang nih. Manulife punya produk yang cocok ya

  30. masa pensiun, adalah masa yang harus dipersiapkan sejak dini ya teh
    Termasuk untuk para freelancer

    • Dyah ummu AuRa says

      Bener banget mbak. aku dan suami juga gitu. maklum suamipun pegawai swasta yang nantinya tidak punya uang pensiun bulanan.

  31. Aku pun sudah mempersiapkan dana pensiun sejak dini teh, soalnya gamau merepotkan orang lain. Pengen tenang dan bahagia di kampung halaman.

  32. Aku pun sudah mempersiapkan dana pensiun sejak dini teh, soalnya gamau merepotkan orang lain. Pengen tenang dan bahagia di kampung halaman. Semoga apa yang diinginkan teh Okti terwujud ya. Amin

  33. Sepertinya memang harapan semua orang tua sih: masa depannya nggak membebani anak. Cuma ya kalau kita di usia yang masih produktif ini nggak menyisihkan duit untuk mempersiapkan masa-masa itu, jadinya ya tetap membebani.

  34. Adq DPLK di kantornya ayah anak-anak. Tapi yg urusin kantor . Dah 10 tahunan ini lah. Mayan buat jaga jaga kalau pensiun nanti ya mbak Okti.

  35. Adq DPLK di kantornya ayah anak-anak. Tapi yg urusin kantor . Dah 10 tahunan ini lah. Mayan buat jaga jaga kalau pensiun nanti ya mbak Okti. Memang menyiapkan dana pensiun gini penting banget yaa..

  36. Pentingnya merencanakan masa depan ya mbk. Palagi memasuki masa2 pensiun.
    Sehat badan dan finansial mmg imipian semua orang. Manulife mmg udh punya nama sendiri bagi para nasabahnya. Smoga semakin sukses

  37. Kalo PNS-nya adalah Penerus Nagita Slavina, mungkin nggak terlalu pusing juga, ya, Mbak, mikir uang pensiun.

    • Tergantung dari besarnya program yang kita ambil, Mbak. Info lengkap bisa dilihat di website Manulife ya wkwkwkwkkk… Kalau itu mah tujuh turunan kita, hartanya gak akan habis hehehe

  38. Penting bnget intinya mempersiapkan Dana pensiun sejak awal agar tua bisa menikmati ya bebas secara financial ..tdk bergantung pada anak

  39. Aku pun pengennya gitu mba, kebetulan banget aku lagi cari2 asuransi jiwa sih tapi bukan pensiun gini, manulife bisa nih aku ulik produknya apa aja yahh. Thanks mbaa ulasannya lengkappp

  40. Bagus programnya ya Teh untuk pegawai atau freelancer yang tidak punya program pensiun dari kantor, kitabisa menabung mandiri untuk mengumpulkan dana pensiun kita kelak, semoga sehat dan banyak rezeki ya kita aamiin

  41. Aku freelancer sama suami, alangkah senangnya kalau bisa pensiun dengan uang berlmpah ya, Mba. Tapi memang kami harus bisa atur sedini mungkin untuk dana pensiun, makasih infonya mba

  42. Semoga cita-cita pensiunnya tercapai ya bun… bersama manulife..

  43. Setuju pisan teh Okti
    Jangan sampai kita jadi Ibu Rumah yang dikirim anaknya ke panti jompo
    Kalo pun ke panti jompo harus karena keinginan sendiri
    Karena kita sehat financial

  44. Setuju pisan teh Okti

    Kita harus menyiapkan financial untuk masa depan karena masa depan merupakan tanggung jawab kita, bukan orang lain

  45. Aku juga pengennya gitu, saat udah masa pensiun nggak mau ngrepoti anak. Tetep bisa melakukan hobi dan jalan-jalan. Eh tapi kok belum nyiapin dananya dari sekarang ya, wkwk. Keknya harus mulai dipikirkan nih, biar ntar pas usia pensiun nggak bingung lagi.

  46. Setuju sekali teh, untuk keluarga muda sebenarnya dana pensiun masih jauh sekali dari hitungan meski di kantor suami sudah ada. Menurut teteh apa hal itu sudah cukup?

  47. Nah, siapa bilang freelancer gak bisa hidup bahagia di masa tuanya. Walau gak punya gaji pensiun seperti PNS tapi masih bisa diraih lewat jalan lain ya seperti yang disebutkan di atas. Paling utama memang harus pandai atur keuangan dengan baik, jangan boros dan manfaatkan asuransi

  48. Manulife bisa digunakan untuk proteksi perlindungan keluarga di masa mendatang

  49. Kadang kepikiran gmana hidup kita kelak di usia 60 tahun
    Hmm.. sepertinya jadi pertimbangan buat bikin asuransi juga untuk persiapan masa pensiun

  50. Kadang kepikiran gmana hidup kita kelak di usia 60 tahun
    Hmm.. sepertinya jadi pertimbangan buat bikin asuransi juga untuk persiapan masa pensiun
    hatur Nuhun Teh Okti untuk informasi tentang manulife-nya

  51. Sekalipun ASN, tetapi mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun sudah seharusnya dipersiapkan sejak sekarang. Seperti saya yang tak lama lagi akan pensiun, mesti nih harus siap-siap menghadapinya. Bisa nih tengokin manulife Indonesia.

    • Wah, Bunda..
      Ini bisa menjadi contoh yang baik bagi siapapun yang merasa masa tua tidak perlu dipersiapkan kalau sudah menjadi ASN, karena sudah terjamin dari Pemerintah.

  52. Fenni Bungsu says

    Dengan punya tabungan pensiun, membuat cerah masa depan juga ya Teh tanpa disadari, karena sudah punya investasi yang dilakukan sebelum masa tua datang

  53. Menua bahagia, sehat dan mandiri. Impian bangeeet
    Semoga kita semua bisa menua dengan kondisi itu ya, Teh
    Menikmati hidup, bisa mewujudkan mimpi-mimpi

  54. dana pensiun ini emang harus dipersiapkan sejak kita punya penghasilan sendiri ya mbak. Agar di masa tua tak lagi harus repot mencari penghasilan, tinggal menikmati masa tua dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Sehat fisik, mental dan juga finansial

  55. Betul sekali…Komitmen dan disiplin untuk menyisihkan dana tabungan tepat waktu dan jumlah nominal yang disepakati itu harus ditaati. Meski memang sulit karena godaan pengeluaran ada di kanan kiri. Tapi lewat DPLK Manulife kita bisa punya solusi

  56. Impian saya juga nih Mbak Okti. Dimasa pensiun bisa tetap produktif, menikmati hidup dan mandiri (terutama dalam hal finansial). Plus tentu saja lancar beribadah dan dalam kondisi kesehatan yang prima. Berinvestasi di asuransi juga salah satu opsi yang pas ya Mbak.

  57. yah, tentunya semua orang ingin bahagia di hari tua kala sudah pensiun dan tentunya kita berharap hal ini bisa terwujud. Tulisannya sangat menarik.

  58. Memiliki asuransi dan tanggungan di hari tua itu memang meringankan beban orang-orang tercinta sekaligus memudahkan psikologis diri sendiri. Saya juga berharap nanti kalau sudah tua bisa nanggung hidup sendiri, bahkan bisa berikan banyak warisan untuk anak-anak. hihi

  59. Penting banget memang ya kak Kita memiliki Dana buat pensiun Kita nanti ya agar terjamin Masa depan kita

  60. Mempersiapkan dana pensiun ini paling penting setelah mengalokasikan dana darurat dari seluruh penghasilan kita sebelum mengalokasikan utk kebutuhan pokok. Aku juga begitu kak. Nanti kelak di masa tua ngga ingin merepotkan anak. Terbukti sekarang aku jadi sandwich generation. Duh kena hantaman atas bawah. Harus membantu orangtua, sekaligus menghidupi keluarga. Manulife ini udah terbukti pengelolaan dananya selalu benar sih. Jadi dipastikan aman deh menitipkan dana pensiun ke mereka.

  61. Aku sekarang jg lagi mempertimbangkan asjiw sih mba, tapi dana pensiun ini jg penting yaahh. Apalagi untuk freelancer kayak aku. bisa ngga sih ngajukan mba kalau misal pekerjaannya ngga tetap kayak aku gini hehe

    • Untuk cukup atau tidak saya kira itu relatif ya Mbak. Tinggal kembali masa tua seperti apa yang kita inginkan. Bisa. Di atas sudah saya sebutkan freelancer juga bisa kan… Asal konsisten menyisihkan pendapatan saja

  62. Bener mba, kalau ingin masa tua bahagia, masa muda jangan terlalu foya2. Akan lebih baik kelebihan dana di masa muda sebaiknya ditabung demi kebahagiaan masa tua. Karena mengatur keuangan itu gampang2 susah, belum tentu orang berpenghasilan besar akan terjamin masa tuanya. Kalau ia tidak bisa mengelola penghasilannya dengan baik, bisa juga masa tuanya kurang bahagia. Menabung menjadi cara menuju bahagia di hari tua.

  63. Pengennya di hari tua hidup tenang tanpa mikirin banyak biaya ya teh. Malah kalau bisa hari tua itu masa kita istirahat dan menikmati. Tapi sayangnya kenyataannya banyak dari kita ga bisa begitu karena tidak menyiapkan dana pensiun ini. Akhirnya banyak yang lahir generasi sandwich. Kasian ya. Tapi sekarang kalau mau nyiapin dana pensiun jadi lebih gampang dengan adanya program dari manulife ini ya

  64. Mempersiapkan dana pensiun adalah cara kita untuk gak membuat anak kita terbebani dan menjadi sandwich generation saat kita menua kelak

  65. Reminding yang inspiratif ni Teh.
    Disiplin dg pengeluaran, meski penghasilan tidak menentu..
    Juga disiplin menyisihkan untuk tabungan serta dana darurat. Masa tua pun jadi makin tenang.

  66. ah iya, emang harus disiplin atur keuangan ya teh
    biar bisa siapin dana pensiun juga
    Freelancer pun bisa pensiun bahagia

  67. Banyak cara untuk mempersiapkan dana pensiun, apapun profesinya. Hal yang sangat penting adalah bagaimana mengalokasikan penghasilan ke beberapa pos sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.
    Nah, agar tidak terlalu merepotkan anak-cucu kelak, alangkah baiknya kita mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin yaa Kak..

  68. Pensiun bahagia di masa tua bersama Manulife bisa banget diwujudkan ya Teh.
    Tentunya saat usia produktif harus disiplin mengatur keuangan. Bahkan freelancer juga bisa melakukannya. Menua dengan bahagia milik semua orang.

  69. benar banget ya Mbak, saya pun juga kelak ingin bisa hidup bahagia dan tidak membani orang lain bahkan anak-anak sendiri. Kudu diterapkan dari sejak dini nih tipsnya, makasiih ya Teh 🙂

  70. Memiliki dana simpanan begitu masa pensiun tiba tentunya idaman kita ya. Apalagi keperluan tentunya tetap ada & pemasukan belum tentu sebesar saat kita bekerja.

  71. Semua tentu ingin pensiun bahagia, tinggal rahasianya yang perlu digali untuk dipraktekkan dengan sungguh-sungguh. Tips yang dibagikan oleh teh Okti sudah jitu, tinggal pelaksanaan dan kemudian konsisten supaya tujuan pensiun bahagia tercapai.

  72. Fionaz Isza says

    Masa pensiun tentunya kita pengen tinggal menikmati nya dengan tenang ya teh, makanya selagi muda harus semangat nyari cuan

  73. Setuju! Pengen juga pas hari tua udh masa pensiun terus bisa mandiri secara ekonomi ga bergantung sama anak atau pun orang lain, makanya penting ya buat ikut program pensiun yaa

  74. Jujur selama ni aku belum kepikiran dana pensiun lo mbak. Baca postinganmu ni aku jd tersentil deh kayanya harus mulai nabung dana pensiun de sekarang deh. Makin cepat mulai insyaallah hasilnya bisa makin banyak ya

  75. Betul. Saya selalu memimpikan hidup berkualitas di masa tua tanpa merepotkan anak2 atau saudara. Klo tidak dimulai dari sekarang kapan lagi. Karena tak terasa usia terus bertambah.

  76. Semakin hari harus semakin baik yaa..
    Bersama DPLK Manulife, kita semua berlatih disiplin merencanakan masa depan dan masa pensiun. Bagus sekali programnya.

  77. Adriana Dian says

    Dana pensiun tuh emang penting ya mak.. Nggak boleh disepelekan, untuk masa tua lebh bahagia ya kaaaan.. Nah bisa banget nih pake manulife buat jaminan masa tua kita nanti yaaa

  78. Selama ini mikirnya dana pendidikan, dana kesehatan dan dana kebutuhan hidup. Gak pernah terpikirkan untuk memiliki dana pensiun. Habis baca ini jadi mikir juga kalau sudah pensiun alias gak bisa bekerja aq dapat penghasilan dari mana?

  79. Wajib banget mempersiapkan dan pensiun sedini mungkin ya. Apalagi buat freelancer kayak aku gini. Agak nyesal juga sebenarnya aku tuh, dulu pas awal kerja dulu kebanyakan foya-foya, padahal harusnya bisa disisihkan buat persiapan dana pensiun tuh.

  80. Teteh aku setuju banget bagaimanapun kita harus mengelola keuangan. Jangan boros. Ini berlaku buat siapapun. Baca ulasan ini jadi memotivasi buat pensiun bahagia kelak. Aamiin

  81. Teteh aku setuju banget bagaimanapun kita harus mengelola keuangan. Jangan boros. Ini berlaku buat siapapun. Baca ulasan ini jadi memotivasi buat pensiun bahagia kelak. Aamiin 🙂

    Makasih rekomendasinya ya

  82. Baru paham bedanya MiGolden Retirement dan MiFuture Income Protector, kedua produk persiapan dana pensiun yang ditawarkan oleh Maulife Indonesia.
    Keduanya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan goals keuangan di masa pensiun, tentunya yaa..

  83. Memang kalau buat freelancer kudu memikirkan nanti masa tua kelak bergantung pada biaya hidup dari mana ya teh. Makanya salah satunya dengan memikirkan dana pensiun ini. Kudu dipaksain pokoknya kalau dana pensiun, selain jg kudu inves2 sehingga di masa depan gak nyusahin anak cucu. Setuju banget.

  84. Manulife dana pensiun ini ngebantu juga berarti ya mbak. jadi mengamankan juga buat anak cucu yang ditinggalkan just in case. bener2 mesti dipikirkan yaa memang 🙂

  85. Ya, saya juga inginnya begitu. Di masa tua nanti bisa hidup bahagia. Ada dana sendiri tanpa harus merepotkan orang lain.

  86. Untuk cukup atau tidak saya kira itu relatif ya Mbak. Tinggal kembali masa tua seperti apa yang kita inginkan. Bisa. Di atas sudah saya sebutkan freelancer juga bisa kan… Asal konsisten menyisihkan pendapatan saja

  87. siapa bilang freelancer nggak bisa punya dana pensiun? kalau tahu carany, freelancer juga bisa pensiun dengan bahagia ya teh

  88. Bener banget pensiun sebaiknya ga menggantungkan diri ke anak. Sementara pengeluaran tetap banyak. Paling ga biaya makan, biaya pemeliharaan rumah kayak air, listrik, belum biaya kesehatan. Semua kudu dipikirkan sejak sekarang

  89. jadi ini rahasia para freelance bisa hidup bahagia dan nyaman saat pensiun nanti ya. Dan yang terpenting gak menyusahkan anak atapun keluarga

  90. Iya ya dana pensiun harus bener-bener dipersiapkan mulai sekarang. Apalagi mengingat semakin hari semakin naik harga barang-barang. Sebagai orang yang tak berpenghasilan tetap, memang harus ekstra ya persiapannya. Alhamdulillah ada Manulife yang bisa membantu persiapan tersebut 🙂

  91. jadi bahagia kalau ada dplk bikin hidup nanti masa tua tenaang
    tapi emang perlu perencanaan yang tepat ya mak biar tenang nanti

  92. Damar Aisyah says

    Emang lebih nyaman kalau punya DPLK. Meskipun karyawan swasta dan pekerja freelancer seperti saya dan suami, tetep ya, bakal lebih tenang kalau punya pensiun. Sekarang belum bisa daftar DPLK, tapi bismillah nabung dulu aja. Semoga setelah pandemi enyah bisa gabung di Manulife.

  93. Sama, Teh, pengen banget di masa tua tidak menyusahkan anak, pengen masih bisa mandiri dan produktif.

  94. ini bener2 pengingat banget loh teh, jadi biar mikir juga masa depan gimana untuk biaya hidupnya. biar ga mikir minta ke anak2 gitu

  95. wah bisa jadi tabungan masa tua ya, jadi gak perlu khawatir lagi nih, hihi.. biar gak ngerepotin anak-anak ya

  96. Betul, Mba. Dana pensiun harus nabungnya dari sekarang. Walau bukan PNS atau punya penghasilan yang mendapat jaminan masa tua, tetpai dengan adanya Manulife Dana Pensiun kita bisa menyiapkan sendiri. Caranya dengan menyisihkan penghasilan ya, Mba.

  97. Aku juga mikir soal dana pensiun ini nih mbaa, cuman kemarin dah terlanjur ambil asuransi jiwa wkwkwk. Jadinya yg pensiun blm bisa kalau mau ditambahin skrg, duh agak nyesel dan gimana gitu wkwk. tapi ini memang penting banget sih demi masa tua yang membahagiakan ya kan

  98. Aku udah nyambangin web nya manulife nih buat cari tambahan info soal DPLK. Kayaknya mulai tahun depan mulai persiapan dana pensiun melalui DPLK deh. udah mantep pokoknya

  99. Persiapan dana pensiun emang penting ya teh, daku juga udah mulai nih pengen rencananya usaha matang biar bikin usaha kelak masa tua bisa hidup mandiri sama suami ttp repot anak2

  100. rasanya jadi cita – cita kita semua ya untuk bisa terus menikmati hidup terutama di masa tua dengan teang dan biak. Makanya harus disiapkan dengan baik ya mba

  101. Saya juga mbak pengennya pas sudah pensiun nanti bisa hidup dengan tenang terutama dalam hal keuangan. Kadang sedih banget kalau misal lagi jalan trus lihat orang tua yang harus kerja di jalanan karena kondisi ekonominya nggak baik

  102. Bener nih, Teh. Sebaiknya kita tuh mikirin dana pensiun juga sebagai persiapan di hari tua. PNS dan pegawai swasta tertentu emang diketahui sudah siap dengan dana pensiun masing-masing. Freelancer pun sebenarnya bisa juga ya. Manulife keren nih bisa memfasilitasi. Sip.

  103. Buat influencer dan wirausahawan yang ngga dapet dana pensiun dari perusahaan memang butuh banget merencanakan dana pensiun selagi masih produktif kerja.
    Seumpama pemilik meninggal lebih dulu sebelum ketentuan dana pensiun dicairkan itu bagaimana mba?

  104. Bener sekali, dana pensiun adalah salah satu yang harus kita persiapkan sejak dini. Karena mau tak mau jika kita panjang usia akan memasuki fase ini. Saat kita tidak produktif lagi, dana pensiun adalah penopang utama yang bisa membuat hidup kita berjalan dengan lebih lancar.

  105. Penting banget memiliki Dana Pensiun agar anak-anak nanti ngak menjadi Generasi Sandwich yang harus menanggung semua kebutuhan orangtuanya, terutama untuk urusan kesehatan. Menjadi mandiri saat pensiun memang idaman banget dan hal tersebut harus mulai dipersiapkan sedini mungkin. Syukurlah Manulife memiliki layanan untuk membantu masyarakat lebih mandiri dalam soal keuangan setelah pensiun nanti.

  106. Pensiun nyaman dan bahagia dambaan setiap orang, kuncinya 1. Saat mudah bekerja keras dan menabung. Salah satunya menabung di asuransi. Manulife bisa jadi solusi disaat banyaknya asuransi yang berlomba-lomba menawarkan kelebihannya maaing-masing.

  107. Wah sekarang freelancer bisa punya tabuingan pensiun ya. Ini membantu sekali jadi sekalipun pwkwrja lepas bisa merancang masa depan yang terjamin.

  108. Membaca artikel teh okti membuat kita semua tetap semangat jalani hari-hari di masa produktif dan menabung dengan cara yang cerdas untuk masa tua atau masa pensiun. Sehingga pensiun bisa sesuai dengan bayangan atau impian.

  109. salah satu keinginan setiap manusia, apalagi freelance/wirausaha kaya kita ya teh. Ingin di masa tuanya tidak bergantung pada anak, semoga Allah mampukan kita bisa berdikari. aamiin

  110. Gajian kita tidak menentu tapi pengen pensiunan bahagia dan sejahtera. Makanya rajin nabung Dana pensiun Manu life agar bahagia

  111. Menarik ih bahasannya, gimana nih kita yang gak kerja tetap bisa punya dana pensiun . Sebab perlu banget ya kalo semisal sampai tua sebaiknya tetap produktif dan gak merepotkan banyak orang

  112. Iya nih dana pensiun, kudu dimulai nabungnya dari sekarang, biar nantinya pas hari tua gak kelimpungan, walau Allah sudah jamin rejeki seseorang hingga menginggal tapi gak ada salahnya untuk persiapan,

  113. Emang kudu harus perlu banget punya dana pensiun ini Teh. Nabung ah mulai sekarang, ngertinya cuma dana darurat dan biaya sekolah anak sama tabungan haji… Aku lupa saving dana pensiun, hiks.

  114. Biaya hidup kelak sudah pensiun gak tahu bakal seperti apa namun kalau sudah ada dana pensiun sejak sekarang tidak akan terasa berat lagi ya mbak, walaupun gak punya pekerjaan tetap

  115. Ini impian banget bisa bahagia diasa tua tanpa mikirin uang kesehatan dan hutang menumpuk, semoga kita semua dimudahkan ya

  116. Penting ini punya dana masa tua agar mandiri secara finansial ya, semangat cari cuan agar masa tua sejahtera

  117. Sama sepertiku yang memimpikan pensiun bahagia anak anak juga bahagia dengan kehidupannya tanpa merasa terganggu dengan kehadiran kita yang sudah menua.

  118. Seftina Qurniawati says

    Mempersiapkan dana pensiun memang sangatlah penting apalagi bagi freelancer yang gajinya gak tetap.harus pinter pinter buat dana pensiun

  119. Ini juga jadi cita-cita saya, aman dan nyaman di masa pensiun sekaligus berusaha memutus sandwich generation, semoga terhenti di saya saja ga perlu diwariskan kepada anak-anak kelak.

  120. Wah makasih nih Teh Okti udah ngeshare rahasia pensiun bahagia ya, penting banget deh punya tabungan pensiun di Manulife ya,, btw haru banget deh baca opening story nya di bagian atas. Nice share Teh, haturnuhun

  121. Mau nih pensiun di hari tua pake tips ini jadi lebih tertata dan terarah ya mbak keren sih rahasianya saya jadi banyak nambah pengetahuan

  122. Aaamiiin… semoga kelak kita semua bisa menua dengan bahagia ya teh, tanpa merepotkan anak cucu. Insya Allah dengan perencanaan keuangan yang baik, meski kerja freelance bisa tetap punya keuangan yang mapan di usia senja nanti.

  123. Cool! Pensiun dgn bahagia bisa dipesiapkan sejak sekarang, ya.
    Bismillah…..atas izin ALLAH, kita bisa menggapainya.
    apalagi banyak instrumen yg bisa memudahkan kita utk hal ini ya

  124. Reminder untuk rutin menyisihkan tabungan buat pensiun nanti. Plus beli asuransi juga buat proteksi. Bismillah semoga financial planningnya bisa terlaksana dengan baik..

  125. Produk baru kah ini dari Manulife? Punya reksadana Manulife dari 8 tahun yang lalu, tahu gini masukkan dana juga nih buat masa pensiun biar tetep bisa bahagia saat pensiun nanti.

  126. Keseruan membahas mengenai dana pensiun ini bisa langsung diaplikasikan sedini mungkin agar masa pensiun yang bahagia bisa kita jelang dengan indah dan bahagia.

  127. Mbak saya malah baru tahu nih mbak kalau ada program dana pensiun untuk individu kayak gini, mau Cobain juga ah nanti biar bisa pensiun dengan Hari yang tenang

  128. Ini kalau pekerjaannya nggak tetap boleh daftar nggak ya mbak? Khawatirnya pihak Manulife nya ragu hehehe. Saya lagi cari info Manulife terdekat dengan daerah saya. Masih jarang ternyata ya mbak

  129. Tergantung kitanya ya kak, kalau keuangan dikelola dengan baik, freelancepun bisa pensiun dengan bahagia. Ada persiapan sehingga di masa tua, tidak perlu kesulitan

  130. Freelancer juga pekerjaan yang lumayan pendapatannya. Asal bisa kelola keuangan bisa kok untuk menutupi kebutuhan bahkan buat nabung dan kepentingan lainnya. Termasuk untuk simpan dana pensiun seperti di Manulife ini…

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: