Resep Sayur Asem Kesukaan Anak

Resep Sayur Asem Kesukaan Anak

Dengan resep sayur asem ini anak di rumah makin suka makan sayur-sayuran dan makannya semakin lahap. Saya meniru pemahaman anak yang sederhana terhadap apapun, dalam membuat sayur sehingga dengan penyesuaian ini racikan sayur yang dibuat mudah diterima anak.

Pengalaman pun ikut memberikan insight. Secara saat saya masih kecil, melihat mama membuat sayur asem itu terlihat sangat njelimet. Bahan yang segala macam ada, bumbu yang segala dimasukan, meski rasanya (setelah saya dewasa) memang tiada tara. Tapi kenapa saat itu saya dan anak pada umumnya tidak suka makan dengan sayur?

Saya pribadi merasa aneka rempah dan aneka macam bahan itulah yang jadi penyebabnya. Bau, rasa semua itu pastinya sangat mempengaruhi. Dan itu tidak bisa diterima anak begitu saja. Beda antara pemahaman anak yang simple dengan pola pikir dan cita rasa lidah orang dewasa, pastinya.

Karena itu saya coba membuat sayur asem dan jenis sayur lainnya secara sederhana dan simple. Terlebih saat ini sudah banyak tersedia aneka bumbu jadi siap masak. Kita tidak perlu repot mengumpulkan bumbu apa saja untuk buat sayur tertentu. Cukup pakai bumbu siap saji pun sudah oke.

 

Sayur asem simple ala saya tidak banyak bahan ataupun bumbu. Tetapi dengan begitu justru selalu habis dan disukai anak. Bagaimana cara membuatnya?

Resep Sayur Asem Kesukaan Anak

Bahan

Labu
Terong
Daun Melinjo
Jagung

Bumbu

Cukup dengan bumbu instan
Jika perlu tambah gula atau garam sesuai selera

Cara Buat

Cara buatnya sama dengan membuat sayur pada umumnya. Bersihkan sayuran dan potong sesuai selera.

Rebus air, setelah mendidih masukan bahan mulai dari yang lama matang sampai terakhir daun melinjo nya. Setelah setengah matang masukkan bumbu. Cicipi dan jika dirasa sudah pas rasanya tinggal matikan api, sajikan.

Tips

Yang membedakan, saya libatkan anak dalam membersihkan dan memotong bahan-bahannya ini. Selain melatih anak mengenal sayuran, juga menanamkan rasa menjaga kebersihan. Dan setelah sayur matang akan ada semacam rasa kebanggaan pada anak bahwa itu sayur ia ikut membuat. Sekaligus ada rasa tanggung jawab dalam dirinya untuk ikut menikmati dan menghabiskan sayur yang telah dibuatnya. Karena selama kami membersihkan dan memotong sayur selalu saya sertai obrolan atau cerita mengenai sisi positif jika kita makan sayur serta khasiat atau kandungan dari setiap jenis sayur untuk tubuh kita.

Alhamdulillah saat ini sayur asem jadi salah satu sayur favoritnya di rumah. Seminggu bisa dua kali buat sayur ini. Semoga dengan banyak makan sayur dan makanan yang disarankan untuk kesehatan lainnya, anak kita pertumbuhannya pesat, pintar dan cerdas. Amin.

View this post on Instagram

Sayur asam untuk makan besar berbuka nanti. Sayur favorit keluarga dan tidak bosa meski memasaknya bisa beberapa kali dalam seminggu. Hanya jenis kerupuk, sambal dan ikan asin nya saja yang diganti-ganti supaya keluarga tidak jenuh. Siapa bilang masak sayur itu ribet? Gampang kok. Yang penting banyak belajar aja. Soal enak tidaknya suami dan anak nanti bakal kasih masukan kok. Dan itu proses… jalani dan enjoy aja ๐Ÿ˜Š Pilih sayuran yang disukai keluarga, terutama anak. Ya, Fahmi doyan makan dengan sayur asam. Apalagi kalau sebagian labu yang dipotong dadu dia minta lalu dimainkan bagai mainan balok kayu. Haha…itu saya izinkan karena Fahmi sudah menepati janjinya makan habis dengan sayur kesukaannya. Jangan heran Kalau sayur asam versi kami cukup terdiri campuran labu, terong, jagung, melinjo dan daunnya plus kacang panjang. Alhamdulillah, biasanya sekali masak langsung habis. Dan karena supaya sahur tidak repot lagi, siang ini masaknya dobel aja. Buat makan sahur sebagian ๐Ÿ˜† #sayuran #ayomakansayur #sayuranhijau #sayurasam #kuliner #tipsanakmakansayur #ramadhan1437h #hidupsehatselagimuda

A post shared by Okti Li ้˜ฟๅงจ (@tehokti) on

Comments

  1. Sayur asem mah cocok dan banyak dijadikan menu di bulan Ramadhan apalagi ketika sahur yang biasanya suasana dan mood makan berbeda dengan ketika berbuka.
    Si kecil juga makin rajin belajar puasanya, ijin referensiin resepnya ke chef di dapur ๐Ÿ™‚ biar masak sayur asem.

  2. Wah istri saya suka banget sayur asem…Boleh nih dicoba resepnya…. Makasih resepnya teh….

  3. Sayur asem plus ikan asin dicocol bareng sambal terasi, wuih mantapnya.. Untung hari ini kakak iparku buat sayur asem

  4. akuu tunjuk tangan teh pecinta sayur asem, heheh. Aplalagi nganggo sambel, asin, tempe goreng, duh gak akan berhenti makan

  5. Swastivita says

    Serunyaa memasak bersama si kecil. Cara belajar paling ampuh ya melibatkan anak dalam kehidupan sehari – hari ya.. Tanpa didikte, anak bisa melakukannya sendiri, karena sudah sering menemani Mamanya.

  6. Seger amat ini ya sahur pakai sayur asem, apalagi kalau ditambah dengan ikan asin. Jadi pengen masak ini nanti untuk buka puasa dan sahur, pasti pada lahap nih nanti makannya.

  7. Sayur asam jawa ini saya sampai sekarang gagal melulu bikinnya. Soalnya bahannya banyak nggak kayak sayur asam banjar. Mungkin nanti bisa dicoba pakai bumbu instan aja juga. Heu

Speak Your Mind

*