Review Buku Resep Sehat JSR (Jurus Sehat Rasulullah) dr. Zaidul Akbar

Review Buku Resep Sehat JSR (Jurus Sehat Rasulullah)

 

Identitas Buku

Judul : RESEP SEHAT JSR (JURUS SEHAT RASULULLAH)

Penulis : dr. Zaidul Akbar

Penerbit : PT. Sygma Media Inovasi

ISBN : 978-623-95687-1-9

Ukuran buku : 13,5 x 20,5 cm

Halaman : xii 524 hlm full colour

Harga: Rp.249.000

Tahun terbit : 2021

Bisa mendapatkan Buku Resep Sehat JSR karya dr. Zaidul Akbar ini, bikin saya tenang, melebihi ketenangan mereka yang sudah divaksin sinovac. Padahal saya sendiri belum divaksin covid-19 lho. Boro-boro tahu kapan akan divaksin, masuk pendataan saja entah kapan…

Bagaimana tidak senang, jika disaat pandemi, manakala orang jadi sensi dan dikit-dikit mendelik curiga kalau deket sama yang kena flu, batuk dan demam, buku ini memberi banyak cara meramu makanan dan minuman yang menyehatkan, sekaligus mengobati berbagai penyakit tersebut.

Meski ada BPJS, masih diakui banyak kalangan kalau sehat itu mahal. Orang miskin dilarang sakit. Tidak heran jika salah satu pilihan pengobatan yang jadi rujukan adalah pengobatan alternatif, alias pengobatan tradisional.

Alam jadi rujukan setelah muncul penelitian yang menyatakan “kembali ke alam jadi kunci kesehatan mental”. Banyak yang mempercayai ketika kita berada di alam efeknya cukup signifikan dalam mengurangi depresi, risiko penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Karena yang lebih alami, jauh dari zat kimia, mungkin ya…

Cocok jika gaya hidup sehat sejalan dengan teladan dari Rasulullah yang banyak dishare oleh dr Zaidul Akbar –hingga viral di media sosial– semakin banyak dicari. Jelas sekarang ini pengobatan berbahan alami herbal banyak peminatnya.

Sudah tahu dr. Zaidul Akbar? Ya, beliau seorang dokter umum lulusan Universitas Diponegoro Semarang, sekaligus ahli pengobatan islami dan menjadi pengurus pusat di Asosiasi Pengobat Tradisional Indonesia (ASPETRI). Sepuluh tahun lebih mendalami pengobatan islami berdasarkan Al Quran dan hadits Rasulullah. Beliau juga salah satu pendiri Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) dan menjabat ketua pada tahun 2012-2016.

Orang lebih mengenal beliau melalui penerapan pola hidup sehat. Tips yang disarankan dr Zaidul Akbar bisa dilakukan siapa saja. Banyak tips dan nasehatnya sangat praktis menjadi daya tarik tersendiri karena mudah diikuti. Tidak hanya oleh muslim, melainkan masyarakat umum yang senang dengan contoh resep sehatnya yang mudah dipahami, mudah dipraktekkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu juga dengan ratusan resep yang dibagikan beliau yang sudah terangkum dalam Buku Resep Sehat JSR yang saya bedah ini. Resep yang diberikan beliau ditulis dengan sederhana sehingga sangat mudah dipahami. Menginformasikan ramuan dari bahan yang harganya terjangkau dan banyak kita temukan di sekitar karena mayoritas mengambil dari kekayaan alam sebagai anugerah Allah SWT.

Menurut dr Zaidul Akbar, makanan merupakan sumber segala penyakit. Maksudnya saat kita menderita sakit kemungkinan disebabkan ada yang salah dengan makanan yang dikonsumsi.

Memilih makanan tidak hanya yang halal, namun juga mengandung kebaikan (toyyiban). Ada banyak dicontohkan Rasulullah sebagai penjelasan dan perpanjangan tangan terperinci dari firman-Nya dalam Al Quran sehingga sebenarnya kita bisa mengikutinya.

Dalam buku Resep Sehat JSR ini, dr. Zaidul Akbar merangkumnya sehingga kita bisa dengan mudah mengobati berbagai keluhan kesehatan seperti resep mengobati infeksi dan alergi, resep memperlancar saluran pencernaan, mengatasi permasalahan reproduksi, mengobati permasalahan sistem endokrin, resep untuk kesehatan saraf dan resep masalah sistem pernafasan.

Tidak hanya itu, kita juga bisa dengan mudah membuat racikan untuk kesehatan rangka dan otot, kesehatan jantung dan pembuluh darah, ada juga resep untuk kekebalan tubuh, masalah ekskresi dan urinaria, resep terkait darah dan gangguan darah, dan masih banyak resep lainnya untuk mengobati rasa sakit yang sangat sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dokter kelahiran 30 November 1977 yang kerap dipanggil ustad, sebab selain penampilannya yang Islami, dr. Zaidul Akbar juga gemar berbagi resep dan gaya hidup sehat yang terinspirasi dari Nabi Muhammad SAW, menyampaikan bahwasanya ketika kita merasa penyakit tidak kunjung sembuh, maka naikan dosis kebersamaan kita dengan Al Qur’an. Tingkatkan iman dan taqwa karena sejatinya “Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku,” (QS Asy Syu’ara 26:80)

Karena itu capailah kesehatan dalam tiga hal berikut: hati yang sehat, raga yang sehat, dan makanan yang sehat niscaya penyakit tidak akan mendekat. Sakit adalah ujian bagi orang beriman. Jika iman kita kuat insyaallah badan pun akan sehat.

Mengenai makanan sehat, hal ini yang melatarbelakangi dr. Zaidul Akbar melahirkan buku Resep Sehat JSR. Beliau yang gelisah terhadap kehalalan obat karena halal dan haram sangat penting dalam perjalanan hidup manusia. Berharap buku ini jadi tribun nabawi yaitu menjadikan agama sebagai tuntutan kesehatan dan kehidupan. Buku resep sehat ini bertujuan mendorong masyarakat kembali kepada panduan hidup sehat yang sejalan dengan Al Quran dan As Sunnah.

Kenapa obat alami lebih dianjurkan daripada obat kimia? Pertama, karena obat dari alam memiliki efek samping yang lebih sedikit. Kedua obat alami lebih murah dan bisa didapat di sekitar kita seperti kunyit, jahe, temu lawak, serai, sirih, bawang, dan bumbu dapur lainnya. Dan yang ketiga, obat alami jelas kehalalannya.

Di sekitar kita, bisa dengan mudah kita dapati kunyit, serei, jeruk nipis dan garam, semua itu jika kita racik dan rutin dikonsumsi, memiliki khasiat tersendiri. Mungkin banyak yang belum tahu jika bumbu dapur adalah obat yang penuh khasiat. Bisa melancarkan pencernaan, reproduksi, dan melancarkan perjalanan pembuluh darah.

Begitu juga dengan buah-buahan yang enak dan kaya manfaat, sayuran segar membuat kita bugar, berbagai jenis umbi yang khasiatnya sudah teruji, daun-daunan, bunga-bungaan, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi obat dari alam lainnya.

Salah satu resep favorit saya dari buku resep sehat ini adalah ramuan untuk nyeri haid. (Halaman 250). Bahannya mudah didapat, caranya sangat simpel, tapi khasiatnya sangat terasa mengurangi nyeri ketika datang bulan.

Resep Ramuan Nyeri Haid

Bahan:

Kunyit seukuran telunjuk orang dewasa

Satu batang serai

Jeruk nipis secukupnya

Air panas satu gelas

Cara:

Seduh kunyit dan serai yang sudah dimemarkan dengan air panas. Setelah hangat, tambahan jeruk nipis. Minum secara rutin.

Mudah dan simpel, bukan? Bagi sebagian orang, kunyit mentah memiliki bau yang kurang mengenakkan. Padahal jika disiasati, bisa ditambah dengan madu, atau jeruk nipis niscaya rasanya akan lebih enak dan menyegarkan.

Mengutip dari kata pengantar penulis, bahwasanya resep yang ada pada buku Resep Sehat JSR ini hanyalah ikhtiar kecil. Tidak ada jaminan kesembuhan apa pun dari resep ini kecuali atas izin Allah SWT. Resep yang saya praktikan terasa bermanfaat, namun belum tentu berpengaruh untuk yang lain.

Buku Resep Sehat JSR cetakan pertama, Januari 2021 sudah bisa kita dapatkan secara umum. Informasi pendaftaran mitra Syamil Quran selaku distributor buku resep sehat ini bisa menghubungi 082117630395.

Jangan lupa ikuti juga @syaamil_quran dan @zaidulakbar

 

 

Comments

  1. Masha Allah bagus bgt ini bukunya ya, belajar nerapin gaya hidup sehat sejalan dengan teladan Rasulullah. Aku mau bikin ah resep untuk nyeri haid, anakku sering ngalamin nyeri haid soalnya.

  2. memang sedini mungkin harus hidup sehat ya mbak, agar ketika tua bisa menikmati masa tuanya. Kadang aku lihat orang tua sakit akibat mudanya gaya hidup tidak sehat

  3. Kunyit + Serai + Jeruk Nipis bisa hilangkan nyeri haid?
    Wakks, mupeng banget untuk ngasih tau adek sepupuku
    dia tuh ampe sekarang (umur 35++) masih ngalami nyeri haid.
    Semoga cocok nih prinsip JSR untuk adekku

  4. aku tuh penyuka resep utk buat ramuan tradisional krn mnurutku bahan bahan alami lebih aman utk tubuh kita. Baiklah utk 1 buku ini sngt worth it utk dimiliki

  5. aku harus punya juga nh mba bukunya.. sangat bermanfaat pastinya dan banyak resep yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita

  6. Dyah ummu AuRa says

    Setuju banget dengan penyataan dr Zaidul Akbar bahwa makanan itu merupakan sumber segala penyakit. Soalnya bisa kita liat semakin banyak macam-macam makanan zaman sekarang, makin banyak penyakit. jadi pengen punya buku ini juga, soalnya biasanya aku baru cari-cari di sosmed dan goggle aja tentang JSR ini.

  7. memang semakin dini kita menjaga kesehatan, kita akan menuai hasilnya di masa tua ya 🙂 soalnya makin nambah usia tuh bener2 semua makin berasa hahaa

  8. Saya yg kelewat baca atau memang blm dituliskan harga buku inu, Teh? Jadi penasaran euy..

  9. Saya yg kelewat baca atau memang blm dituliskan harga buku ini, Teh? Jadi penasaran pengen baca euy..

  10. Pantesan pas ngisi acara di masjid undip rame banget, ya. Ternyata memang lulusan sini. Buku yang menarik!

  11. Pengobatan tradisional kadang masih dianggap kuno dan mereka yang beralih dari pengobatan ke kedokteran ke pengobatan tradisonal serba herbal misalnya, kadang dianggap tidak punya pengetahuan modern. Aku pernah mengalami hal tersebut, karena aku telah beberapa kali melakukan pengobatan tradisional (herbal). Padahal ya, aku sudah melalui pengobatan kedokteran terlebih dulu, karena ga mau menyerah atas hasil yang seringnya ga nampak, baru aku ke pengobatan tradisional denga herbal. Anak-anak dan suamiku, berkat pertolongan Allah jua tentunya, bisa sembuh dari penyakti2 yang mereka alami. Kisah ttg itu, sudah sering aku tulis di blog ku, meragukan bagi banyak orang, tapi itu nyata.

    Jadi, dengan direviewnya buku resep sehat JSR ini, sebagai pencinta pengobatan herbal, aku menyambut gembira karena isinya bagus. Pasti bermanfaat bagi banyak orang.

  12. Saya dulu masih bandel dengan makanan halal tapi masih kurang toyyiban, udah tahu ga baik untuk badan, tapi karena pengen, tetap aja dilahap. Hikks, setelah itu kesehatan badan semakin menurun yg jadi risikonya.
    Dengan adanya buku resep sehat jurus sehat Rasulullah dr. Zaidul Akbar ini, saya sangat senang, karena sangat membantu banget resep-resep dari bahan alami yang mudah didapat dan racik.

  13. Mengkonsumsi berbagai menu yang ada di resep ini dan divaksinasi menurut saya sama-sama ikhtiar. Tentu akan lebih bagus bila mendapatkan keduanya. Resepnya juga sudah diakui oleh banyak orang

  14. Ternyata ada bukunya juga, ya. Sudah banyak yang mebgakui kalau resep-resepnya bermanfaat. Semoga kita semakin menjaga kesehatan

  15. Fenni Bungsu says

    Tahu resep sehat Rasulullah yang disampaikan dr. Zaidul Akbar waktu itu daku via youtube. Alhamdulillah sudah terbit bukunya, jadi lebih memudahkan buat dibaca berulang dan ditandai hehe

  16. Ah, aku suka banget Buku Resep ini, bahan2nya familiar dan ada disekitar kita, apalagi kek kunyit, jahe dll selalu ada di dapur. Aku udah nyobain beberapa resepnya juga teeh..
    Semoga kita semua sehat selalu yaa.

  17. Aku kalau nyeri haid biasanya beli jamu kunyit asem kak biar enakan gt. Kalau rajin biasanya bikin air rebusan kaya diatas itu kunyit, sereh , jeruk nipis dan biasanya aku tambahin jahe dikit badan lebih seger aja kalau minum itu.

  18. Memang bgs juga kembali ke makanan alami. Sekarang ini sptnya sedang digandrungi ya..
    Buku ini bgs juga kl di baca istri, suka nyeri haid

  19. Pernah hadir di salah satu acara beliau di Bali. Seperti yang beliau sampaikan, pola hidup sehat adalah poin penting agar kondisi tetap terjaga. Semua kebutuhan itu semua ada dari alam. Jika kita disiplin inshaAllah semua akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

    Saya belum sempat baca rinci isi dari buku ini. Tapi pastinya akan membuka mata kita soal hidup sehat yang bersumber dari apa yang kita konsumsi.

  20. Buku karya ustadz zaidul akbar bagus. Pengobatan herbal lebih dikenalkan ke masyarakat di temgah tantangan pengobatan modern.

  21. Pas banget teh Okti.
    Aku sedang mens juga niih… Dan sering banget kalau pas mens, jadi lemeess.
    Enak bikin Resep Ramuan Nyeri Haid, bikin perut nyaman dengan mengikuti ramuan herbal JSR dr Zaidul Akbar.

  22. Banyak resep dan ramuan di dalam bukunya ya mbak. Aku pernah coba yg tempe mentah pakai kurma itu aja.
    ITupun aku bikin buat suamiku.
    Kayaknya pas banget buku itu untuk dieksekusi resepnya di masa pandemi begini

  23. Astagaaa. Untung baca ini. Selama ini kukira dr Zaidul Akbar bukan orang Indonesia. Hohoho begitu kudet dirikuuh.

  24. Teh.. sedikit koreksi di atas teh.. thibbun Nabawi. Mungkin tulisan teteh auto prediksi ya.. jadi balik lagi jadi tribun.
    Saya selalu suka minuman jahe serenya teh. Apalagi pas lagi flu.. bikin badan cepat pulih.

  25. Aku dan mertua juga sering ngikutin gaya hidup sehat ala Dr.Zaidul Akbar terutama yg JSR itu karna hits banget di instagram, terasa memang perubahannya perut lebih enak dan enteng

  26. Kesehatan terjamin lewat hati yang sehat, raga yang sehat, dan makanan yang sehat. Pertama harus hati dulu ya teh, hihihi, bener banget itu.

  27. Saya udah beberapa kali ditawari teman buat beli buku ini.
    Tapi entah mengapa kok ya ndak pernah jadi transaksinya…
    Jadi nyesel saya, sekarang saya dah pindah, kalo mau beli kan jadi kena ongkir hiks

  28. dr Zaidul ini memang dari dulu suka denger dan ikutin juga soal tips sehat ala rasulullahnya yang sederhana dan bisa ditemukan di keseharian kita, enak sih ya semuanya dikompilasi dalam bentuk buku, mau cari ah teh bukunya

  29. Resep sehatnya nya bisa di tiru nih mbak terima kasih ya emang nih harus banyak konsumsi makanan minuman sehat seperti ini

  30. Teh, saya sampai nyimpen nomor kontaknya nih Teh biar mudah beli buku JSR Ust Zaidul Akbar. Udah lama jd subscriber channel Youtube beliau saya. Keren ya jurus2 sehatnya

  31. Udah lamaa banget ngincer ini tuhhh. Hihi sekarang baca reviewnya jadii makin ngiler pengen segera punyaa. Banyak banget yg bisa dipraktekin di sini

  32. Buku yang super duper lengkap isinya, nggak cuma bagi-bagi resep tapi juga sharing tentang kandungan dari resep tersebut ya. Sayangnya aku kok masih maju mundur cantik untuk memraktekkan resep2nya dalam keseharian. Kalah ama mager… duh duh.

  33. Aku sering nyoba resep jsr ini teh di rumah. Terutama yang rebusan rempahnya. Enak banget di badan.

  34. Inget setiap resep JSR aku jadi teringat prof hembing yang jago bangettt urusan perherbalan.

    Anyway salah satu buku JSRnya Zaidul Akbar aku udah ada mba. Yang baru ini yang belum punya. Asik banget ya lengkap isinya

  35. Wah, bukunya besar, sampulnya keren dan isinya penuh manfaat. Beruntung sekali mbak Okti berkesempatan untuk membacanya. Semoga makin menebar manfaat untuk sesama

  36. Resep ustad zaidul akbar ini kebanyakan menggunakan rempah, ya, mbak. Aku mau nanya untuk rempahnya itu setelah digunakan masih bisa dipakai lagi nggak ya soalnya kan dia direndam gitu jadi bentuknya masih utuh?

  37. Saya penasaran bingit saya JSR ini Teh. Saya pengen punya buku “resep”nya tapi belum kesampaian, hehe. Terima kasih sudah membagikan resep ramuan obat nyeri haid. Itu diminum kapan ya Teh?

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: