Tips Traveling ke Singapura dengan Modal Backpackeran

Tips  Traveling ke Singapura dengan Modal Backpackeran

Kalau traveling itu obat stress, ngapain masih pelit ngeluarin budget buat piknik? Demi kewarasan dan kestabilan hidup, jalan-jalanlah dan nikmatilah hidup ini. Atau mau uang hasil kerja kerasmu siang dibuat malam malam dibuat siang itu disalurkan ke rumah sakit untuk biaya berobat?

Saya sih NO!

Makanya meski bukan orang kaya, piknik bersama keluarga itu sudah jadi jadwal rutin kami. Piknik kemana saja, jauh dekat, gunung pantai, homestay hotel, tidak jadi masalah yang penting hati senang pikiran nyaman.

Piknik ke luar negeri? Alhamdulillah, saya sudah menginjakkan kaki di Singapura, Hong Kong dan Taiwan. Semoga lain kali bisa traveling ke belahan negara lain. Melihat keindahan dunia di bagian lainnya.

Sebenarnya traveling ke Singapura tidak harus mengeluarkan budget yang besar. Karena kita bisa menghemat dana dengan liburan ala backpakeran.

Bagaimana caranya? Ada beberapa pengalaman yang insyaallah bisa lebih menghemat pengeluaran kita selama traveling di negara pulau ini. Caranya:

Bawa Botol Air Minum Sendiri

Liburan hemat di Singapura bisa banget kita lakukan. Salah satu caranya adalah dengan membawa botol minum air sendiri. Jangan salah, harga air minum di Singapura cukup mahal lho. Jadi daripada buat beli air minum, mending kita bawa bekal air minum sendiri saja. Uangnya kan bisa kita anggarkan buat kepentingan lain.

Lebih hemat, bawa minum sendiri

Ada beberapa tempat di Singapura yang menyediakan air minum gratis. Misalnya di bandara Changi yang menyediakan beberapa keran air minum yang siap untuk kita konsumsi. Bahkan ada beberapa lokasi umum di Singapura yang menyediakan mesin dispenser untuk air panas.

Untuk menghemat biaya pengeluaran air minum, kita tidak harus sungkan untuk membawa botol air minum sendiri. Anak-anak di Singapura justru sejak kecil dibiasakan untuk membawa bekal botol air minum sendiri, loh. Sejak kecil sehingga sampai dewasa mereka tidak gengsi lagi.

Buat kita yang traveling ke luar negeri, di pesawat juga sebenarnya masih diizinkan untuk membawa air minum sendiri. Namun saat kita melewati pemeriksaan imigrasi, kita harus pastikan jika botol dalam keadaan kosong. Nanti di dalam botol air minum itu baru bisa kita isi di tempat yang sudah disediakan tadi.

Baca juga: Amazing Suspension Bridge Terpanjang di Indonesia 

Coba aja bandingkan, di Singapura harga satu botol air mineral kisaran 20 ribu rupiah. Sedangkan di Indonesia harganya dibawah 5 ribu rupiah. Jadi daripada mengeluarkan banyak dana untuk minum maka lebih baik membawa botol air minum sendiri.

Gunakan Ez Link Untuk Moda Transportasi Yang Murah

Cara menghemat lainnya ketika traveling ke Singapura adalah dengan menggunakan jasa transportasi umum yang tersedia seperti LRT, MRT atau Bus dengan kartu Ez Link. Untuk jalur dan rutenya sangat jelas. Saya yang ndeso saja bisa jalan-jalan hanya dengan mengikuti petunjuk di peta yang bisa kita dapat di berbagai fasilitas umum di sana. Apalagi teman-teman yang sudah terbiasa bepergian di ibukota.

Kita bisa tetap mendapatkan panduan arah untuk bisa menuju ke suatu tempat baik dalam keadaan terhubung dengan internet ataupun tidak.

Harga Ez Link juga sangat murah, mulai dari $5 hingga $10. Ez Link bisa kita dapatkan dengan mudah dengan membeli di stasiun atau di Seven Eleven.

Cari Hotel Yang Tidak Dekat Dengan Stasiun

Bukan rahasia umum lagi jika hotel di Singapura memang cukup mahal. Maka salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah lokasi. Dengan kata lain semakin dekat dengan MRT maka harga hotel akan semakin mahal. Artinya jika kita ingin mendapatkan hotel dengan harga yang lebih terjangkau maka usahakan mencari tempat untuk menginap dengan lokasi yang agak jauh dari stasiun MRT.

Biasanya kawasan Bugis Street adalah tempat yang sering direkomendasikan untuk yang ingin liburan ala backpackeran. Buat yang liburan bersama keluarga, perhatikan juga beberapa hal yang harus dipertimbangkan mengenai liburan bersama dengan keluarga.

Baca juga: Tips Mendapatkan Hotel Murah dan Nyaman

Diantaranya kita harus memastikan jika penginapan yang kita pilih memang sudah bisa mengcover anak-anak. Pilih hotel dengan harga sewa yang lebih bersahabat memang harus teliti dan sabar.

Memilih Akomodasi Yang Murah

Ini adalah satu hal yang harus kita siasati sejak awal. Ada banyak sekali para backpacker yang berburu tiket promo dengan jangka waktu satu tahun sebelumnya. Karena harganya akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga normal. Tahukah berapa harga rata-rata jika beruntung mendapatkan tiket promo ini? Kita bisa mendapatkan tiket dibawah 500ribu untuk pulang pergi. Serius lho. Banyak teman blogger yang sudah berhasil dan mendapatkannya.

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai 

Beli Paket Internet Murah Traveloka

Browsing persiapan sebelum traveling

Jika sehari-hari kita selalu menggunakan internet, maka membeli paket internet adalah hal yang wajib kita lakukan. Biasanya di bandara atau pusat kota menyedikan SIM Card lokal yang bisa kita pilih. Namun, untuk memudahkan ada juga optional lain misalnya dengan membeli paket internet Singapura yang bisa kita lakukan melalui Traveloka Aps.

Iya, Traveloka Aps adalah fitur baru yang ada di Traveloka. Langkah yang bisa kita lakukan juga sangat mudah. Kita hanya perlu memilih daftar dari paket internet yang sudah disediakan. Kemudian klik menu Internasional Data Plans yang ada di halaman utama dari aplikasi.

Nanti kita akan menemukan beberapa daftar paket data untuk internet di Singapura yang tersedia. Dimulai dari paket roaming, rental wifi singapore, Wifi dan SIM Card.

Proses selanjutnya tinggal mengikuti beberapa petunjuk yang disediakan untuk bisa melakukan proses pembelian paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah melakukan transaksi, kita juga bisa melakukan konfirmasi voucher untuk melakukan pembeli paket internet yang sesuai dengan pilihan.

Setelah transaksi selesai, konfirmasi paket voucher internet Singapura akan dikirimkan melalui e-mail ataupun SMS. Selanjutnya kita bisa menggunakan akses internet di Singapura dengan praktis dan tanpa batas waktu. Mudah kan? Dijamin waktu liburan selama di Singapura akan lebih menyenangkan.

Happy backpacker traveling!

Baca juga: Destinasi Wisata Luar Biasa di Jambi 

Nah dari pengalaman-pengalaman itu, kita bisa mengadoposinya sehingga traveling kita ke luar negeri bisa lebih hemat dan lebih lancar.

Semoga pengalaman-pengalaman ini bermanfaat, ya. Buat yang punya pengalaman lain yang dirasa akan dibutuhkan oleh sesama traveller boleh share juga ya.

 

Source :
https://www.idntimes.com/travel/destination/reza-iqbal/8-alasan-liburan-ke-singapura-1
http://blog.reservasi.com/5-tips-liburan-murah-di-singapura-dengan-rp-1-5-jutaan/
https://www.kongkow.com/blog/read/rekomendasi-kartu-sim-untuk-jalanjalan-di-singapura

Comments

  1. Penginapan memang sudah lumrahnya begitu yah, kalau dekat dengan stasiun atau perkantoran, udah deh ketebak harganya. Memang lebih baik agak jauhan dikit, anggap saja sekalian menikmati perjalanan. Toh juga kan namanya sedang berwisata

  2. Dulu waktu masih kuliah lg semangat2nya backpacker-an mba, walaupun blum sampe ke luar negeri sih. Sekarang udh mau punya buntut kok rasanya bakalan riweh yaa. Tapi, boleh deh dicoba utk destinasi yg memungkinkan :p

  3. Seru deh bisa travelling ke SIN. Prepare tumbler deh karena panas di sana cepat haus hahahaha kan mihil air

  4. Noted mba, penting untuk di catat nih.
    Dan setuju banget, mending duit dipake jalan2 ketimbang bayar obat hehehe

  5. Woah, tips yang internet dari traveloka baru banget denger loh teh. Jadi enggak perlu khawatir lagi ya kalau mau tetap update sosmed di negeri singa. Hanya dengan beli paket internet lewat Traveloka, kita pun bisa tetap terhubung dengan jaringan internet. Mantap!

  6. Aku kalau ke Singapore selalu tunggu dapet tiket gratis AA aja. Lumayan, berburu tiketnya udah bisa sampe empat kali ke sana

  7. Wuih, aku baru tahu kalo di Traveloka ada paket internet. Suamiku gak tahu nih. Dia bolak-balik ke sana selalu ganti SIM lokal. Kudu kukasih tahu nih. Mayan ya buat ngirit budjet. Kan jadi bisa dialihkan untuk oleh-oelh. Wkwkkwwk…

  8. Setuju banget aku dengan bawa botol sendiri. Menghemat banget nih karena harga air minum nya 1dolar. Sebotol. Mayan hemat kalau bawa botol sendiri

  9. Bener banget Teh, ngetrip ke Singapore gak mahal kok asal ya begitu hehe.. ayo teh kita ngetrip bareng lagi 🙂

  10. Kringinan untuk menginjakkan kaki ke Singapura belum tercapai nih mba, makasih banyak ya tipsnya.. Apalagi untuk cari penginapan.. awalnya saya kira yg enak di dekat stasiun hehe

  11. Wah aku belum pernah nyobain nih ke Spore dengan backpackeran tapi tipsnyq boleh juga dicoba nanti. Aku pun kalau pesan tiket pesawat atau hotel biasanya ke Traveloka karena bisa mengubah jadwal kalau kita mau ganti.

  12. Untuk urusan traveling aku selama ini, hampir semuanya kupercayakan sama Traveloka. Walaupun nggak sedang jalan jalan, urusan isi paket data aja aku pakai Traveloka.

  13. Kalo soal internet, aku biasanya ngandalin free WiFi aja. Di bandara sama di penginapan hehehe…

  14. Teh Okti, tipsnya cucok meong pas dan berguna banget. Semuanya pernah aku praktekin wkwkwk, kadang aku beli roti sebelum jalan ke tempat wisata. Takut laper di jalan eh tapi belum nemu resto yang harganya pas di kantong wkwkwk. Semoga Teh Okti bisa travelling ke lebih banyak negara ya.

  15. Waahh… keren nih tipsnya. Saya juga selalu bawa botol.kosong kemana mana. Giliran dapat fasilitas gratis air minum lamgsung deh ku isiin lagi tuh botol hahahaa… lumayan kan soalx harga air minum saja mahal banget

  16. Aku belum pernah backpackeran dan belum berani juga.. liat tulisan ini jadi terpacu untuk memberanikan diri, ternyata tidak sesulit yang dibayangkan ya.. tinggal kemauan dan keberanian saja..

  17. Moda transportasi ini apa ya maksudnya, modal mungkin yaah. Kukira nama alat transportasinya. aku juga suka tuh, bawa botol minum sendiri….hemat dan hemat

    • Moda ya moda Bu Guru… Masa ga tahu sih?
      Moda sama modal jelas beda dong!

      Menurut wikibooks:

      Moda transportasi merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan alat angkut yang digunakan untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain. Moda yang biasanya digunakan dalam transportasi dapat dikelompokkan atas moda yang berjalan di darat, berlayar di perairan laut dan pedalaman, serta moda yang terbang di udara. Moda yang di darat juga masih bisa dikelompokkan atas moda jalan, moda kereta api dan moda pipa.

      Indonesia sebagai negara kepulauan yang tersebar dengan 17 ribuan pulau hanya bisa terhubungkan dengan baik dengan sistem transportasi multi moda, tidak ada satu modapun yang bisa berdiri sendiri, melainkan saling mengisi. Masing-masing moda mempunyai keunggulan dibidangnya masing-masing.

  18. pengen deh nyoba backpackeran ke luar negeri mbak..selama ini maunya cari yang aman..pakai travel agent yang budgetnya jadi mahalan..hiks

  19. Berfaedah banget kak tips’a. Hari ini juga banyak beredar di medsos dan WAG promo tiket murah untuk libur akhir tahun ke Malaysia dan Singapura. Kalo aku sih mau keliling Indonesia dulu aja deh*

  20. wah aku jadi kangen ke Singapura hehe. dan memang tips nya bener banget mba! enak bawa botol jadi bisa isi minum 😀

Speak Your Mind

*