Saat PNS Banting Setir jadi Blogger?

Saat PNS Banting Setir jadi Blogger?

www.tehokti.com (2)

Saat Pegawai Negeri Sipil (PNS) banting setir jadi freelancer atau blogger. Mungkin dunia akan tertawa dan menertawakan. Posisi lahan basah kok ditinggal dan beralih ke profesi yang mengap-mengap? Tapi itu bisa jadi lho! Rencana pemangkasan 1 juta pegawai negeri sipil oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bisa saja menendang para pejabat hingga beralih jadi freelncer kan?

Rencana Menteri PAN dan RB, Yuddy Chrisnandi yang mewacanakan akan memberhentikan PNS yang tidak produktif tentu sangat meresahkan. Apalagi kalau bukan masalah usaha dan uang. PNS sudah pasti tiap bulan mendapat gaji dan tunjangan, belum kalau pensiun ya juga dapat uang pensiunan. Nah kalau tiba-tiba terpilih menjadi bagian dari PNS yang diberhentikan? Apa tidak tepok jidat itu jadinya?

Mau usaha, usaha apa? Terbiasa kerja duduk di belakang meja, pas harus buka usaha pribadi untuk yang tidak biasa pastinya bakal keliyengan bukan kepalang. Mau dagang kok ya rasanya malu, mau diem saja juga gak mungkin, kecuali pas uang pesangon habis, anak dan istri tidak usah makan dan tak perlu dipenuhi kebutuhannya. Tapi masa iya sih ya? Jadi intinya tetap harus berusaha dan bekerja kan? Masalahnya kerja apa?

Nah, profesi freelancer ini pasti bakal jadi rujukan. Dan tidak menutup mata, ngeblog yang sedang in alias kekinian saat ini pastinya bakal jadi usaha sampingan dan bahkan tidak menutup kemungkinan ngeblog bakal jadi usaha utama.

Blogger-

Saat ini jika blogger didominasi oleh para perempuan, khususnya ibu rumah tangga yang menjadikan ngeblog sebagai ajang curhat dan sampingan mendapat produk endorse, kedepannya blogger bapak juga sepertinya bakal banyak bermunculan. Saya sih bukan peramal, hahaha! Tapi melihat kondisi dan perkembangan dunia blogger, sepertinya akan ada banyak blogger bapak yang menyaingi Pak Abdul Cholik, Pak Agung Han, dan Pak Hazmi pendiri Blogger Reporter. Selain alasannya β€œperangkat” ngeblog itu sudah jadi bukan hal yang aneh bagi PNS, pun sudah bisa dipastikan kalau PNS itu tidak akan gaptek.

Komputer, internet dan mengetik pastinya sudah tidak asing ya bagi para PNS. Meski tinggal dan tugas di kampung, susah mengakses gadget, tapi paling tidak saat kuliah dan seleksi PNS mereka sudah lebih dahulu mengenal perangkat ini pastinya. Untuk menjadi freelancer atau blogger, ya paling tidak siap-siap saja untuk mengekslporasi lagi keahlian ini. Yang sudah suka menulis dan baca, tinggal mempraktekkan. Yang tidak suka? Yo segera belajar, hehe… Banyak lho workshop ngeblog yang kekinian. Tinggal cari infonya saja.

Langkah awal coba saja gabung di komunitas-komunitas ngeblog, atau komunitas yang memang jadi hobi dan kesukaan. Dan jika sudah masuk, jangan lupa untuk terus semangat serta konsisten. Freelancer bukan berarti semau gue, justru karena tidak ada jadwal tetap (termasuk penghasilannya) maka kita sendiri yang kudu rajin dan terus semangat supaya hasilnya pun berlimpah.

Saya harap sih semoga tidak ada PNS yang diberhentikan, Tapi jika benar ada PNS yang banting setir jadi blogger, ya selamat datang saja. Yakin saja kalau rezeki itu tidak akan tertukar, apa yang kita tanam, itu yang akan kita panen. Usaha apapun, yang penting halal, bisa dinikmati dan menghasilkan pastinya. Salam blogger dari kampung.

Comments

  1. Waah PNS posisi lahan basah ya teh?
    Posisi di mana tuh…yang basah ya basah… Yang kering harus disiram hahaha.
    Sy pns yg hobby ngeblog aja deh…
    Blom siap dibanting setirnya

    • y mba yang basah mah basah kalau kering yah tiap akhir bulan ngebon hahaha

      • tetehokti says:

        Nah, ngeblog bisa sekaligus jadi sampingan kalo gitu πŸ™‚ hihihi
        semoga tidak termasuk yang dicanagkan oleh Pak Kemenpan ya Mbak πŸ˜‰

    • tetehokti says:

      Moga2 tidak termasuk yang dimaksud kemenpan ya Mbak πŸ™‚
      belum tahu ya? kalau di daerah, PNS itu identik sama lahan basah itu tadi. Meski birokrasi dan revolusi mental selalu digembar-gemborkan, tapi buktinya di daerah saya mah masih kuat banget itu teh Mbak πŸ™‚

  2. Salam kenal sesama PNS. Hmm…tadinya sempat lho kepikir mo pensiun dini. Tapi dimarahin ama KaBag Kepegawaian. “Ibu mo ngapain coba?”…lhah jadi jiper mo pensiun. Krn emang belum siap deh kayaknya. Yawda…masih dijalani deh…

  3. Masih belum untuk direalisasikan dlm waktu dekat kok pengurangan 1 juta pns itu. Apapun profesinya, kalo mau banting setir tetap harus persiapan dulu. Apalagi dr profesi terikat aturan pindah ke profesi kreatif, bukan hal mudah.

  4. kalo yang dipangkas itu PNS yang ga produktif aku setuju2 aja mba, biar yg fresh bisa gantiin tugas n tanggung jawab mereka ya kan, tapi kaya’nya PNS sekarang banyak yg kreatif ko mba, selagi aktif aja mereka udah punya usaha sampingan malah, jadi ga akan begitu kelimpungan mereka nya πŸ™‚

    • tetehokti says:

      Kalau di kota percaya Mbak
      Tapi coba lirik di daerah, daerah saya khususnya, pasti bikin jengkel deh kalo udah tahu nyatanya

  5. Wuaaa.. pns jadi blogger?
    Biasa tiap Bulan dapat gaji.. tiba2 gaji tiap Bulan enggak menentu gitu.. hehe

    • tetehokti says:

      Hihi… Semoga sih semua PNS tetap pada tempatnya, ya Mbak. Kita doakan semoga kinerja PNS baik dan disiplin supaya negara ini smakin baik dan maju. Amin…

  6. saya pe-en-es yang punya blog tapi dah lama gak nge-blog *apasih πŸ˜€

  7. Rezeki udah ada yang ngatur ya Mba’, habis PNS timbullah bloger.. πŸ˜€

    • tetehokti says:

      Hihi… Semoga tidak ketuker
      Yg status pns leha2 kerjanya kaya freelancer, lah yg freelancer sendiri jungkir balik mati2an biar dapat hasil setara pns

  8. eh ada kok PNS yang punya hobby ngeblog πŸ™‚

  9. ohh, jadi PNS itu lahan basah yah?? *ngangguk-ngangguk* πŸ™‚

    • tetehokti says:

      Kalau kaya Mbak Evrina, Mbak…
      Kerjanya di sawah dan parit gitu maksudnya, hihi…
      #bukanstandupcomedi

  10. Saya pns, mau banting stir juga rencananya, tapi mau sekolah lagi. Hihihi

    • tetehokti says:

      Alhamdulillah. Semoga tercapai dan terkabul ya Mbak. Sekolahnya lancar dan kerjanya makin sukses. Amin…

  11. Kalo saya wartawan yang banting setir jadi blogger, biarlah ga apa-apa yang penting masih sama-sama nulis. Bedanya kalo dulu di media mainstream, sekarang di media sosial.

  12. Bisa juga berwirausaha. Apa saja yang penting kerja halal.

  13. Kata teman2 di kantor kalau pesangonnya setengah M pada mau mbak, mending bikin usah daripada jadi PNS katanya, banyak tekanan PNS sekarang mah, apalagi instansi vertikal tidak sebasah dengan pemda. Mudah2an sih gak jadi hihihi

  14. saya bukan pns, saya asn hihi, ngeblog hobi, dan profesi asn menjadi profesi utama, alhamdulillah setiap hari memang lahan ku basah karena kerjanya di sawah dan ladang petani

  15. Kereen mbaakk

  16. Wah… butuh kesabaran dan konsistensi yang tinggi agar blognya menghasilkan πŸ™‚

  17. Saya kuli kantoran, hobi ngeblog, malah mau nyoba PNS (tp gagal) πŸ˜€

  18. Saya juga ga banting setirlah… lha wong masih cinta jadi PNS. WKkwwk.. lagian ga punya setir buat dibanting :Dw

    • tetehokti says:

      Banting daun kering aja Mbak, asal jangan sekarung, hihi
      ngeblog tetap jadi sampingan dan hobi ya πŸ˜‰

  19. Hihihi.. nggak semua PNS lahannya basah, kalau PNS di Indonesia Timur menderita *serius ini* πŸ˜€
    ya maklum ya, Indonesia timur daerah yang paling dikucilkan, bak anak tiri tapi statusnya kandung,

    • tetehokti says:

      Pak Menpanrb di berita juga menyisirnya PNS yg tidak produktif kayanya
      Turut prihatin dengan PNS daerah, jangankan di wilayah timur, di kampung saya aja yang dekat jabodetabek, ya gitu… ketimpangan birokrasi dan kebiasaan turun temurun masih berlangsung, Mbak…

  20. PNS yg tidak produktif memang harus diberi tindakan tegas. Secara mereka gaji dari uang rakyat.

    Dan, kalau PNS jadi blogger? Why Not, welcome welcome.. tentunya akan bisa menambah wawasan dan pengalaman baru πŸ™‚

  21. hi..hi.. lahanku emang basah banget
    di mulut soalnya

  22. wah ini berita hangat ya, iya sih blogger emang bisa jadi alternatif profesi, siapa aja bisa jadi blogger, asal bisa menulis dan paham internet, yang penting ngeblognya bisa bermanfaat juga buat yang baca πŸ™‚

  23. Beberapa teman saya PNS dan hobbi ngeblog πŸ™‚
    Salam kenal mak^^

  24. Belum pernah ngerasain jadi PNS teh, jadi ga tau sebasah apa lahannya. Hehehe. Soalnya cuma pernah jadi pegawai swasta dan wiraswasta aja ;). Tapi ngeblog itu memang asik !

  25. kalau kita serius dengan menjadi bloger kita juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan, bahkan kini banyak pebisnis online yang bisa menjadapakan puluhan sampa ratusan juta perbulan hangan dengan menjadi seorang bloger !

Speak Your Mind

*