3 Prestasi Siti Atikoh Bikin Cemburu Kaum Perempuan

Nama Siti Atikoh Supriyanti semakin melambung ketika sang suami didapuk menjadi calon presiden berpasangan dengan calon wakilnya yaitu Mahfudz MD. Tahukah jika sebelum menjadi calon ibu negara Siti Atikoh sebenarnya sudah cukup terkenal karena sekian banyak prestasi yang dimilikinya?

Secara garis besar, ada tiga bidang prestasi yang dimiliki Siti Atikoh hingga tak hanya membawa nama harum bagi dirinya sendiri  melainkan membawa harum pula bagi keluarganya, komunitasnya, hingga provinsi di mana sebelumnya sang suami Ganjar Pranowo menjabat sebagai gubernur selama dua periode.

Makin tidak sabar untuk mengetahui prestasi apa saja yang dimiliki Siti Atikoh, dan konon bikin kaum perempuan merasa cemburu (pertanda tudak mampu?) itu… yuk kita cari tahu…

Prestasi Siti Atikoh di bidang pemberdayaan perempuan

Semasa mendampingi sang suami saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, Siti Atikoh kerap menjadi sorotan publik karena prestasinya di bidang pemberdayaan perempuan.

Siti Atikoh memberikan memberikan edukasi dan kegiatan bermanfaat lainnya bagi kaum perempuan di Jawa Tengah.

Lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang kemudian melanjutkan ke Universitas Tokyo dengan program yang diambil studi Public Policy seraya mendampingi Ganjar Pranowo yang ketika itu memimpin Jateng dua periode, tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan.

Banyak jabatan yang dipegangnya seperti menjabat sebagai Ketua Kelompok Penggerak PKK Jateng, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Jawa Tengah, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Tengah, dan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jateng.

Ibu seorang putra ini terus berperan sebagai pemimpin dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya perempuan dan anak di Jawa Tengah.

3 Prestasi Siti Atikoh Bikin Cemburu Kaum Perempuan
Penghargaan tertinggi dari BKKBN sumber jatengprov.go.id

Prestasi dan pencapaian itu menunjukkan komitmennya untuk memajukan provinsi Jateng dan menjadikannya tempat yang lebih aman dan sehat bagi setiap generasi.

Prestasi dan pengakuan yang diraihnya berasal dari upaya Siti Atikoh dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya perempuan dan anak di Jawa Tengah.

Contoh nyata, PKK Jawa Tengah berperan aktif membantu dalam pendampingan dan pembinaan keluarga dan ibu-ibu di daerah tersebut.

Keberhasilannya dapat menurunkan angka stunting. Jawa Tengah berhasil menurunkan angka stunting sebesar 51 persen. Dari 24,4% di tahun 2018 menjadi 11,9% di tahun 2022 berdasarkan perhitungan elektronik – Pencatatan dan Pelaporan Gizi Masyarakat (ePPGBM).

Prestasi selanjutnya melalui program 5NG (JateNG GayeNG NginceNG woNG meteNG) yang dicanangkan Siti Atikoh. Program kegiatan sistematis dan terpadu yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Melalui prestasi ini Siti Atikoh mendapatkan penghargaan saat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang digelar di Banyuasin, Sumatera Selatan. Siti Atikoh menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dianggap berjasa besar dalam program pengendalian jumlah penduduk.

Dari sederet prestasi tersebut adalah bukti nyata adanya pemberdayaan perempuan di Jawa Tengah yang dibawahinya.

Siti Atikoh membuktikan mampu berjuang memajukan provinsi sebagai perempuan yang bersanding dengan tokoh kesayangannya.

Bikin para perempuan cemburu karena prestasi yang diraih Siti Atikoh menjadikannya ikon seorang Kartini modern yang memperjuangkan hak-hak kesejahteraan dan kesetaraan perempuan.

Prestasi Siti Atikoh di bidang olahraga khususnya Atletik

Bikin terpukau ketika tahu istri calon presiden Ganjar Pranowo ini mampu menyelesaikan Full Marathon (FM) sepanjang 42 km dengan catatan waktu 5 jam 46 menit dalam ajang Borobudur Marathon 2023.

Keberhasilannya menaklukkan rute yang terbilang cukup menantang dengan berbagai variasi dan di bawah teriknya matahari bikin semua orang merasa takjub, mengingat usianya saya ini sudah lewat jauh dari setengah abad.

Dukungan warga yang begitu antusias diakui Siti Atikoh jika FM kali ini menjadi pengalamannya yang berat. Terutama karena faktor cuaca dan kurangnya latihan.

3 Prestasi Siti Atikoh Bikin Cemburu Kaum Perempuan

Tidak hanya itu, sebelumnya Siti Atikoh juga berhasil menyelesaikan FM pertamanya pada event Pocari Run 2022.

Siti Atikoh juga telah menyelesaikan FM di Tokyo Marathon sebagai ajang world marathon major pertamanya di awal tahun 2023.

Prestasi dalam hal kompetisi olahraga atletik lainnya yang berhasil dijuarainya sebagai Best Half Marathon Bank Jateng Tilik Candi Borobodur Marathon 2022, juara tiga untuk kategori 14 kilometer di UGM International Trail Run 2022, juara empat di Bank Jateng Friendship Run Makassar 2022, dan Personal Best Half Marathon Borobudur Marathon 2021.

Prestasi Siti Atikoh di bidang pola asuh anak (Parenting)

Siti Atikoh Supriyanti, memiliki seorang anak bernama Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang terkenal mandiri, tidak manja apalagi menggunakan fasilitas jabatan orang tuanya.

Semua itu bukti keberhasilan pola asuh anak yang diterapkan Siti.

Bagi seorang ibu adalah sebuah prestasi yang membanggakan jika buah hatinya menjadi karakter baik yang membanggakan, bukan?

Bagi Siti Atikoh cara mendidik anak perempuan dan anak laki-laki harus beda. Pendekatan yang digunakan dalam pola asuh anak laki-laki mungkin perlu lebih persuasif, sedangkan pada anak perempuan, pendekatan harus mempertimbangkan kondisinya.

Ia menekankan bahwa anak perempuan cenderung memiliki kemampuan yang lebih seimbang antara sisi kanan dan kiri otaknya, sementara anak laki-laki mungkin memiliki karakteristik yang berbeda.

Siti Atikoh juga menyoroti pentingnya pendidikan bagi para ibu muda tentang pola asuh anak. Ia berpendapat bahwa orang tua perlu mendidik anak-anak mereka secara dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, pola asuh juga harus disesuaikan dengan umur dan kondisi anak.

Siti Atikoh Supriyanti rupanya juga menerapkan prinsip parenting yang mencakup tidak memberikan perlakuan berlebihan atau memanjakan anaknya terlalu jauh, terutama dalam hal memanfaatkan fasilitas yang mungkin tersedia sebagai anak dari seorang pejabat.

Hal ini bertujuan untuk memastikan anak semata wayangnya tumbuh dengan pemahaman nilai-nilai kerja keras dan kemandirian.

Begitulah sosok Siti Atikoh dengan segudang kemampuannya…

Memiliki banyak prestasi, memiliki goal dan hobi dan komunitas, memiliki keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah, semua itu secara tidak langsung bikin kaum perempuan iri dan cemburu…

33 thoughts on “3 Prestasi Siti Atikoh Bikin Cemburu Kaum Perempuan”

  1. Dibalik kesuksesan ini tentu ada proses kerja keras dan kerja cerdas yang panjang, jadi kalau para perempuan cuma bisa iri dan cemburu, mestinya itu tak cukup. Harus pula mempelajari dan meniru supaya bisa sukses seperti ibu Atikoh ini

    Reply
  2. Suka banget pada bagian ini:

    “… Siti Atikoh juga menyoroti pentingnya pendidikan bagi para ibu muda tentang pola asuh anak. Ia berpendapat bahwa orang tua perlu mendidik anak-anak mereka secara dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, pola asuh juga harus disesuaikan dengan umur dan kondisi anak”

    Iyes.
    Aku percaya, pola asuh anak sangat signifikan dalam kehidupan anak itu kelak.
    Pola asuh memang harus disesuaikan dengan umur dan kondisi anak.
    Semua ada tahapannya!
    Hmmm. Catat!

    Reply
  3. Saya baru tahu hari ini, kalau siti Atikoh punya banyak prestasi dalam pemberdayaan perempuan. Semoga bisa terus dipertahankan,mau jadi ibu wagub atau calon ibu wapres,atau masyarakat biasa semua kontribusinya semoga tetap terjaga

    Reply
  4. Emang benar ya, kesuksesan seorang pria itu karena ada sosok wanita hebat di belakangnya. Keren banget ibu Atiqoh, punya segudang prestasi dan juga cerdas.

    Reply
  5. wah calon ibu negara nih ya, prestasinya oke juga kalo dilihat-lihat, yah semoga siapapun yang menang nantinya amanah dan memajukan Indonesia lah, sampai ke rakyat2nya, gak cuma segelintir org aja

    Reply
  6. Masya Allah, Ibu Atikok ini memang sedari kecil/muda sudah berprestasi dan berbagai kegiatan diikutinya dengan sangat baik. Beliau senang bersosialisasi dengan siapa saja ya dan ini membuat masyarakat makin mencintainya. Hebatnya lagi beliau masih kuat sekali fisiknya, sanggup menyelesaikan lari sejauh puluhan kilometer dan urusan parenting juga oke banget. Keren, Ibu Atikoh!

    Reply
  7. Pas saya lihat dia cerita tentang kehidupan pribadinya, cukup mengiris hati saya. Apalagi pas melanjutkan kuliah di Tokyo, penuh perjuangan.

    Maka pas beliau datang ke kampung halamannya di Purbalingga, selalu banyak orang yang ingin berjumpa. Padahal dia datang karena urusan mudik lebaran/sekedar melepas rindu.

    Reply
  8. Galfok kenapa ada poto Dikta wkwk πŸ˜€
    Wow keren banget si ibu berhasil ikutan marathon sampai 42 km dengan waktu 5 jam, luar biasa jadi malau krn aku lari aja belum berani πŸ˜€
    Selama jadi istri gubernur Jateng banyak kegiatan yang dilakukan ya khususnya ttg pemberdayaan perempuan TFS infonya.

    Reply
  9. Baru-baru aja berita tentang Ibu Siti Atikoh ini ramai diberitakan. Tapi baru baca lengkap di sini sih…
    Kayaknya beliau ya satu-satunya perempuan istri capres yang menempuh pendidikan di LN. Pantaslah jadi contoh karena prestasinya segudang. Perempuan lain engga perlu cemburu, malah harus jadi motivasi untuk berprestasi juga.

    Reply
  10. Dedikasinya Ibu Siti Atikoh ini keren, terlebih perhatiannya kepada permasalahan angka kematian ibu dan kematian anak, sehingga bisa diminimalisir ya

    Reply
  11. Keren banget ya Bu Siti Atikoh ini, banyak prestasinya. Semangat lari maraton juga, duh aku jadi malu ya g kalau lari tapi dikit2 capek.
    Oh ya, aku setuju sama Bu Siti Atikoh, tentang pentingnya pendidikan pola asuh bagi ibu muda.

    Reply
  12. Banyak banget ya prestasi beliau. Smg trs berlanjut hingga nanti, bahkan kalo sampe jd ibu negara.

    Apalagi masalah di Indonesia itu begitu bnyk. Smg dgn kehadiran beliau bs meningkatkan kesejahteraan atlet hingga menurunkan angka stunting.

    Reply
  13. Di balik kesuksesan suami ya.. ada Ibu Siti Atikoh yang luar biasa.
    Selain terus belajar, berolahraga dan memberikan banyak sekali teladan luar biasa untuk keluarga juga masyarakat.

    Reply
  14. Ternyata rekam jejak Bu Siti Atikoh ini hebat juga ya. Lulusan UGM dan Univ Tokyo. Salut juga bahwa beliau bisa menyelesaikan lari marathon yang menurut saya bukan main-main sih.

    Reply
  15. Bu Siti Atikoh bener2 sosok yang punya kriteria almost perfect as ibu negara. Semoga apapun hasilnya nanti, beliau tetap bisa terus menjalankan program pemberdayaan perempuan seperti yang sekarang sedang diusahakan

    Reply
  16. Pas baca judulnya aku pikir ini artis siapa mukanya nggak asing, wah ternyata istrinya pak Ganjar, hehe. Masya Allah banyak sekali prestasinya dari mulai akademik PKK, olahraga hingga parenting semuanya diborong. Urusan ketahanan keluarga udah gak diragukan lagi. Seneng banget nih pasti masyarakat Jateng sama perubahan yg dilakukan Siti Atikoh ini.

    Reply
  17. Pernah bertemu langsung dengan beliau saat menghadiri hari jadi kabupaten Pemalang beberapa tahun lalu. Karena posturnya mungil, jadi kelihatan masih muda sekali. Ternyata prestasinya luar biasa.

    Reply
  18. Wah salut banget sama kegiatan Ibu Siti Atikoh
    Luar biasa aktif ya beliau ternyata
    Saya ini bener-bener kudet, baru tahu prestasi beliau banyak begini
    Semoga sehat selalu, Ibu

    Reply

Leave a Comment