5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Melamar Lowongan Kerja

Saat ini informasi mengenai lowongan kerja banyak dicari oleh para fresh graduate ataupun yang sudah berpengalaman.

Kebutuhan akan informasi lowongan kerja bisa dikatakan menjadi hal yang penting dan harus cepat untuk didapatkan. Apalagi, saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat, sehingga para pencari kerja harus pintar-pintar dalam memilih lowongan kerja.

Selain pintar memilih lowongan kerja, untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang ketat, kita juga membutuhkan persiapan yang matang.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 hal yang harus disiapkan saat melamar lowongan kerja:

1. Curriculum Vitae (CV) dan Portofolio yang Menarik

Hal pertama yang harus disiapkan dengan baik sebelum melamar lowongan kerja adalah Curriculum Vitae (CV) dan portofolio yang menarik.

Adanya CV dan portofolio sangat penting untuk bisa lolos melamar lowongan kerja. Bisa dikatakan, CV menjadi faktor awal penentu apakah kita akan diterima di perusahaan atau tidak.

Untuk membuat CV yang baik, kita bisa menuliskan semua pengalaman serta skill yang dimiliki. Mulai dari pengalaman kerja, prestasi yang pernah diraih sebelumnya, serta masih banyak lagi.

Sedangkan portofolio digunakan perusahaan untuk menilai kinerja atau kemampuan kita dalam pekerjaan selanjutnya, dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk penempatan kerja selanjutnya.

2. Kuasai Bidang Keahlian dan Skill Lainnya

Sebelum melamar lowongan kerja, pastikan kita sudah menguasai keahlian di bidang yang ditekuni.

Dengan menguasai bidang keahlian yang dimiliki, kita bisa berkesempatan untuk mendapatkan tiket supaya diterima di lowongan kerja yang kita lamar.

Perusahaan tempat lowongan kerja yang jadi tujuan kita biasanya juga akan lebih senang terhadap calon karyawan yang memiliki skill lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kita juga harus mempersiapkan dan mempelajari sedikit skill lain yang bisa digunakan di berbagai pekerjaan.

Misalnya, kemampuan berbahasa asing, dengan mempunyai skill ini, perusahaan akan mempertimbangkan potensi kita untuk direkrut dan siapa tahu membutuhkan skill ini sewaktu-waktu.

3. Tunjukan Pengetahuan Tentang Perusahaan

Ketika hendak melamar sebuah lowongan kerja, pastikan terlebih dahulu kita mengenal perusahaan tersebut.

Mengenal dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan bisa membantu kita untuk lolos di sesi atau tes wawancara lowongan kerja.

Untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang kita lamar, kita bisa mencarinya di berbagai kanal sosial media. Dengan demikian, kita bisa selalu update mengenai informasi perusahaan tersebut.

4. Tampil Percaya Diri

Ketika melamar sebuah lowongan kerja, sikap yang harus kita punya dari awal adalah sikap percaya diri.

Dengan percaya diri, aura positif di dalam diri akan terpancar sehingga nantinya bisa membuat kita terlihat lebih unggul dari kandidat lainnya.

Perusahaan juga pastinya akan sangat senang ketika mendapatkan calon karyawan yang percaya diri dan tidak ragu terhadap keputusannya.

Tampil percaya diri sangat dibutuhkan ketika melamar lowongan kerja, apalagi saat sudah sampai di tes wawancara.

Tunjukkan kepada perusahaan bahwa kita layak untuk menjadi salah satu karyawan yang berkompeten.

5. Bangun Jaringan yang Luas

Membangun jaringan atau koneksi yang luas juga sangat perlu dilakukan ketika hendak melamar sebuah lowongan kerja.

Dengan membangun jaringan serta relasi, kita bisa dengan mudah mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan kerja.

Selain itu, relasi yang luas juga bisa kita manfaatkan untuk bisa meningkatkan usaha atau bisnis yang mungkin sedang dijalani.

 

Nah semoga dengan memperhatikan lima hal penting  tersebut, harapan untuk mendapatkan pekerjaan dan diterima di tempat kerja yang diinginkan bisa tercapai dengan lancar. Aamiin…

Comments

  1. Nah iya, membangun jaringan/networking ini terkadang terlupakan. Padahal itu sangat penting bagi kita. Dengan networking, k ita akan dapat memperoleh informasi sebanyak-banyaknya tentang lowongan pekerjaan.

  2. keren tipsnya, Mbak. Dan semua memang harus diterapkan saat ingin melamar pekerjaan. Apalagi saingan semakin banyak, jadi kita harus lebih dibandingkan dengan pelamar lainnya.

  3. keren tipsnya, Mbak. Dan semua memang harus diterapkan saat ingin melamar pekerjaan. Apalagi saingan semakin banyak, jadi kita harus lebih dibandingkan dengan pelamar lainnya. Pastinya harus terus semangat dan optimis juga. Jadi saat melamar di sebuah perusahaan belum berhasil, terus mencari di perusahaan lainnya.

  4. Bener banget mba, aku selalu menerapkan tips ini soh kalau lagi nyebar lamaran kerja dan masuk wawancara. Kalau zaman sekarang mungkin agak gugup karena wawancaranya dilakukan online ya

  5. Sumpah deh portfolio yang informatif dan jelas menginformasikan skill itu adalah koentji! Beberapa kali aku sempet ditugasi kantor utk screening para pelamar kerja kan, kalau udh ga oke di tahap screening dokumen tuh udah lah bye!

  6. Hendra Suhendra says

    Wah penting banget nih tipsnya saya pegang. Terkadang saya malah kurang memahami pengetahuan tentang perusahaan yang saya lamar. Terima kasih atas tipsnya yang super keren ini.

  7. Saya langsung angguk-angguk kepala pas baca bagian harus percaya diri 😀 soalnya saya sendiripun sangat suka orang yang percaya diri karena terlihat lebih meyakinkan dan cerdas.

  8. Jadi inget pas duuluuu jadi jobseeker. Bikin dan cetak PV mulu hahaha, tapi emang seru sih momen jadi jobseeker ini karena bisa nambah relasi yang lebih luas juga yah

  9. Bener banget 5 point itu mbaak. Setuju bangett soalnya kadang orang jg nggatau yah visi misi perusahaannya ga dipelajari. Nah gimana mau sejalann yaak

  10. Nah, iya nih kalau mau mencari lowongan kerja emang butuh persiapan ekstra nih biar peluang untuk diterima kerja juga makin besar

  11. Networking yang luas memang akan memberikan peluang lebih besar
    Karena terkadang pekerjaan itu hadir karena sekadar menyambung silaturahim

    • Setuju mbak. Kadang lowongaan pekerjaan itu tahu dari circle pertemanan kita loh. Itu penting banget networking yqng luaas dengan jaringan pertemanan yg luas.

  12. Setuju mbak. Kadang lowongaan pekerjaan itu tahu dari circle pertemanan kita loh. Itu penting banget networking yqng luaas dengan jaringan pertemanan yg luas.

  13. CV yang menjual ini penting banget ya mbak, karena menggambarkan profil dan kompetensi diri. Dan sebaiknya CV ini dibuat menyesuaikan dengan lowongan yang di lamar. Kalau saya dulu bikin CV satu aja dicopy dan dipakai untuk semua bidang kerja yang dilamar. Jaman itu belum ngerti

  14. Selain tips-tips di atas,yang memang wajib dipenuhi calon tenaga kerja, satu lagi gak kalah penting, perusahaan sering minta dan ingin melihat akun sosial media kita. Nah ini nih yang kadang bikin calon terkaget-kaget. Makanya perlu banget mengisi sosmed dengan hal-hal yang postif. Gak asal galau apa lagi sering nyebar hoax, itu mah bakalan Big Noooo…

  15. Biasanya recruiter lihat dari CV dulu ya. Makanya emang penting banget nih bikin CV yang menarik. Trus semua tips di sini juga bener ya Teh, kaya kita harus punya skill lain biar ada nilai plus di mata recruiter.

  16. Sekarang CV banyak yang kreatif. Gak hanya tulisan di selembar kertas gitu aja. Memang jadi semacam menarik perhatian juga kalau CVnya udah bagus

  17. Kapan hari buka canva dan saya tercengang, CV masa kini sungguh keren. Template desainnya cantik-cantik. Teringat CV zaman melamar kerja duluuu, cuma pakai word. Jadi terasa kuno sekalii hihihii

  18. wah kelima hal ini benar adanya. Pengalam pas pertama kali melamar kerja dulu, belum lulus kuliah, masih nunggu sidang skripsi. Melewati tes tulis & psiko tes hingga tersisa 5 orang saja di wawancara akhir. Diterima cuma 1. Berapa hari sebelumnya saya nanya ke sana-sini perihal perusahaan yang saya tuju. Masa itu internet masih baru banget di Indonesia, jadi saya nyari info dari majalah dan buku di gramedia, juga naya teman. Eh, beneran pas wawancara saya lancar ditanya info tentang perusahaan. Alhamdulillah lolos…

  19. Mengenal tentang perusahaan yang diapply itu penting banget sih. Saya waktu masih jadi job seeker suka asal aja masukin CV ke situs-situs penyedia lowongan kerja. Pas dipanggil ternyata nggak tahu apa-apa soal job desk dan perusahaannya, akhirnya ya gagal deh.

  20. Persaingan dunia kerja memang ketat sekali sekarang dan ini berasa banget saat kemarin anakku mencoba cari kerja, karena mau kerja sambil lanjut kuliah katanya. Butuh banyak persiapan, nggak cuma sekadar bikin CV cakep dan masukin ke situs lowongan kerja. Skill dan keahlian juga perlu disiapkan banget

  21. Boleh nih mbak tipsnya, bisa disimak nih buat para fresh graduate atau pencari kerja. Tampil percaya diri emang modal besar ya selain aspek-aspek yang disebut di atas, asal nggak over pedenya.

  22. Ternyata mengetahui informasi mengenai perusahaan yang dilamar untuk bekerja juga menjadi point penting ya dalam pertimbangan menerima calon pegawai.

  23. Membangun jaringan ini yang masih banyak diabaikan orang, kadang sudah merasa berhasil, sudah merasa tidak butuh, melepas seseorang yang sebenarnya merupakan networking kelak. Btw makasih sharingnya mba

  24. Makin banyak skill yg kita punya makin bagus ya mbak. Apalagi bisa bahasa asing selain bahasa inggris wah jd nilai plus banget

  25. Tampil percaya diri itu perlu banget ya, jaid ingat waktu tes mau jadi guru di SDIT dulu, tes ini itu dan deg-degan banget, alhamdulillah berjalan lancar

  26. Baca ini auto flashback waktu ngelamar kerja. Dari 5 hal diatas, tampil percaya diri ini harus banget ya. Tampil percaya diri punya skill yang mumpuni, plus wawasan luas, insya Allah keterima

  27. Point terpenting Kita harusBangun Jaringan yang Luas dengan Membangun jaringan bisa bnyak Kita dapatkan koneksi yang luas..info yg suatu saat Kita butuhkan

  28. Bikin CV dan portofolio yang menarik itu penting karena yang pertama dilihat tim HRD. Sisanya adalah keberuntungan, menurutku sih itu. OIa sama koneksi juga, kan biasanya ada yang saling berbagi info di mana ada lowongan kerja

  29. Bikin CV dan portofolio yang menarik itu penting karena yang pertama dilihat tim HRD. Sisanya adalah keberuntungan, menurutku sih itu. OIa sama koneksi juga, kan biasanya ada yang saling berbagi info di mana ada lowongan kerja.

  30. Bener nih itemnya mungkin bisa ditambah dengan portofolio karya sehubgga semakin sempurna cv kita

  31. Jadi inget dulu saat masih mw cari kerja,
    Bikin CV nya pakai tulis tangan atau langsung dikirim manual via email atau ketikan gitu
    Btw TIPS nya berguna banget nih mbak utk yg baru mau Apply kerja

  32. Baca ini jd inget masa masa melamar pekerjaan. Rapihin CV update CV. CV itu memang kunci karena dr CV HRD bisa menilai kemampuan kita

  33. saya belum pernah melamar kerja lagi mbak, setelah bertahun-tahun lamanya hehe. Jadi inget waktu nulis CV dan mengantar surat lamaran. Ternyata salah satu pengetahuan yang harus dimiliki memiliki pengetahuan tentang perusahaan yang kita lamar yaa. Noted ini. Biar nanti aku share ke anak-anakku. Mereka juga kudu tahu tips melamar lowongan kerja.

  34. Relasi, networking atau Jaringan yang Luas tak bisa dipungkiri memang memiliki peran yang penting saat kita melamar pekerjaan. Bukan untuk nepotisme, tapi bisa menjadi informasi tentang detail requirement lowongan pekerjaan yang akan di lamar, setidaknya bisa menjadi bekal saat sesi wawancara, karea bisa lebih mengenal sektor lapangan pekerjaan yang hendak dilamar

  35. Relasi, networking atau Jaringan yang Luas tak bisa dipungkiri memang memiliki peran yang penting saat kita melamar pekerjaan.

    Bukan untuk nepotisme, tapi bisa menjadi informasi tentang detail requirement lowongan pekerjaan yang akan di lamar, setidaknya bisa menjadi bekal saat sesi wawancara, karea bisa lebih mengenal sektor lapangan pekerjaan yang hendak dilamar

  36. tipsnya bermanfaat banget buat yang baru mau melawar lowongan kerja niy kak, termasuk saya sekarang yang lagi mau melajar kerja lagi

  37. CV meyakinkan, skill plus attitude pasti dilirik ya mba. Tp bnr bngt, ketika seseorang pny networking plus percaya diri jadi punya nilai lebih banget.

  38. alhamdulillah teh, kemarin aku sudah wawancara dan sudah sangat percaya diri ketika proses wawancara. dan sudah sangat sopan dengan HRD-nya termasuk perkara kecil seperti ucapan terima kasih hehehe

    tinggal nunggu hasilnya saja

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: