Drama Tunjangan Hari Raya

Sebagai karyawan yang sudah bekerja hampir dua belas tahun lamanya, setiap bulan Ramadan mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan sudah menjadi hal biasa. Namun tidak dengan lebaran kali ini. Sampai H-3 saya masih belum juga mendapatkan bonus berupa uang kaget, bingkisan, voucher, atau apapun bentuknya dari tunjangan tersebut. Tentu saja hal itu bikin saya jadi serba salah dan uring-uringan.

Masalahnya, semua staf yang ada di Jakarta sudah pada liburan. Terlebih hampir semua pegawai yang ditempatkan oleh Bos Besar dalam urusan administrasi dan keuangan sudah pada ganti. Saya pun tidak memiliki kontak mereka. Jadi solusi yang bisa saya ambil cuma dengan jalan menghubungi kontak Pak Bos langsung di Taiwan.

Tapi saya jadi mikir lagi. Masa iya cuma masalah uang THR yang nominalnya biasanya sama dengan satu bulan gaji saja kok sampai saya ungkit? Padahal saya akui kalau Bos Besar itu sudah sangat terlalu baik kepada saya. Yang lain kena PHK, saya mah tetap dipertahankannya. Padahal da saya mah apa atuh

Apakah perusahaan sedang kena dampak pandemi sehingga THR tahun ini ditiadakan? Tapi kenapa juga tidak ada informasi dari awal? Saya beneran dibuat bingung. Sementara banyak hal yang sudah saya rencanakan di rumah seperti buat parsel ala-ala untuk beberapa anak mengaji dan keponakan jadi menggantung karena dana yang akan saya alokasikan dari THR itu justru belum ada kabarnya sama sekali. Kalau dibatalkan kasihan mereka pasti sudah berharap. Kalau dilanjutkan, ya dana yang mau saya pakai darimana lagi? Bingung kan…

Nekat akhirnya saya hubungi asisten Bos Besar melalui akun media sosialnya. Menanyakan apakah tahun ini saya mendapatkan THR? Jawabnya cuma kalimat ”Oke, akan segera ditanyakan ke Bos Besar.” Tapi sampai beberapa hari berlalu belum juga ada kejelasan.

Iseng saya cari kontak Bos Besar dan ketemu. Saya kirim pesan dengan pertanyaan yang sama terkait kejelasan THR. Tapi hasilnya juga nihil. Pesan sudah sampai tapi tidak mendapat respon sama sekali. Akhirnya saya ambil kesimpulan, ya sudah, tahun ini mungkin saya tidak akan mendapatkan THR. Huhu… Sedih bin nangis bombay…

Dua hari jelang Lebaran, ada telepon masuk dari asisten Bos Besar. Ia menyampaikan, THR tahun ini ada seperti biasa. Bahkan staff di Jakarta katanya sudah transfer sejumlah nominal dan sekaligus mengirimkan email. Saya disuruh mengeceknya kembali.

Meski belum percaya sepenuhnya tapi saya sudah lebih dahulu bahagia. Alhamdulillah jadi tahun ini tetap mendapatkan THR, meski didahului dengan berbagai macam drama. Terbayang bingkisan kecil lebaran untuk anak-anak dan keponakan jadi dibuat meski serba dadakan.

Diantar suami saya segera menuju ATM untuk mengecek saldo. Alhamdulillah beneran nominal digitnya sudah bertambah. Saya sangat bersyukur dan teramat bahagia.

Ketika mengecek email, benar juga. saya mendapatkan email dari staf kantor berisi voucher elektronik Sodexo ePass.

Voucher adalah jenis alat transaksi penukaran yang bernilai tertentu dengan jangka waktu tertentu.

Sodexo ePass adalah voucher elektronik (e-voucher) yang dapat digunakan sebagai alat pembelian atau alat tukar di banyak situs belanja online Indonesia dan toko offline yang telah bergabung dalam jaringan merchant Sodexo.

Gambar sumber https://www.sodexo.co.id

 

Baca juga: Sodexo dan Pahlawan Voucher

 

Saya sebagai penerima voucher dapat menggunakannya untuk belanja secara online maupun datang langsung ke toko di lebih dari 250 merchant dan lebih dari 18.000 outlet. Toko terdekat yang biasa saya tuju untuk menukarkan voucher Sodexo adalah minimarket Alfamart.

Sama seperti belanja menggunakan uang, menggunakan voucher elektronik Sodexo ePass juga bikin kita bisa bebas memilih sendiri hadiah apa saja yang kita inginkan sesuai kebutuhan.

Mau kuliner, pakaian, rekreasi, atau belanja buku dan sebagainya. Ada sepuluh pilihan kategori yang ditawarkan Sodexo ePass yang bisa kita temui di merchant dan outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Asisten Bos Besar mengiyakan kalau pemberian e-voucher ini sebagai salah satu apresiasi mereka selaku majikan kepada saya dan teman-teman lain sebagai karyawannya di saat masa pandemi. Karena selain membahagiakan para pekerja, Sodexo ePass juga memiliki manfaat tersendiri bagi perusahaan.

Contoh Sodexo e-Pass

Gambar sumber https://www.sodexo.co.id

 

Manfaat THR Sodexo ePass bagi perusahaan:

Menjamin kepuasan karyawan selaku penerima

Nilai nominal yang sangat fleksibel. Mulai dari sepuluh ribu rupiah sampai setengah juta. Perusahaan juga bisa memesan nominal angka unik seperti bertepatan dengan tanggal hari jadi perusahaan Rp152.021 (1 Mei 2021)

Hemat mudah didistribusikan

Meski Bos Besar dan saya tinggal berlainan negara, tapi tidak lantas membuat buntu dalam pemberian THR. Kode voucher dapat dikirim kepada seluruh karyawan, relasi, atau penerima hadiah yang berada di berbagai lokasi di Indonesia melalui email ataupun SMS. Mudah kan?

Minim kerusakan atau kehilangan

Dengan menggunakan Sodexo ePass, kita tidak takut kehilangan voucher, atau takut rusak, sobek, kebasahan, dan sebagainya karena hadiah yang diberikan dalam bentuk e-voucher.

Aman

Kode voucher menggunakan 10 digit huruf dan angka (unique random alphanumeric code). Kode ini hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi.

 

Jika belum paham kita bisa mengunjungi tukar.sodexovoucher.com untuk melakukan penukaran voucher Sodexo ePass. Tapi ingat voucher Sodexo ePass yang telah ditukarkan, tidak dapat ditukarkan kembali, ya.

Setiap merchant memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda untuk penukaran dan penggunaan voucher Sodexo ePass. Silahkan kunjungi halaman setiap merchant di epass.sodexomerchant.com untuk informasi lebih lengkap

Voucher Sodexo ePass hanya dapat digunakan di merchant-merchant yang terdaftar pada website Sodexo. Ada masa berlakunya jadi perhatikan masa berlaku voucher Sodexo ePass.

 

Manfaat Sodexo ePass Bagi Pengguna

Bebas pilih.

Saya bisa bebas menentukan sendiri mau menukarkannya dengan apa selama dalam jaringan merchant Sodexo.

Proses transaksi di toko offline mudah.

Cukup menunjukkan kode voucher kepada kasir saat melakukan pembayaran transaksi.

Proses transaksi di toko online juga mudah.

Tinggal memasukkan kode voucher pada kolom yang tersedia di masing-masing merchant sebelum proses checkout atau pembayaran pesanan.

Pilihan kategori banyak.

Merchant Sodexo memiliki 10 pilihan kategori mulai dari makanan, supermarket, fesyen, hingga tour & travel. Saya biasanya cukup ke Alfamart, minimarket terdekat dari rumah saja.

 

Saya sangat berterima kasih pada Bos Besar. Beliau sangat mengerti dengan kondisi pandemi seperti sekarang dimana kita dianjurkan menjaga jarak, tidak berinteraksi langsung dengan kerumunan. Mendapatkan THR berupa e-voucher untuk belanja online menggunakan Sodexo ePass ini jadi pilihan karena sangat aman dan nyaman.

 

 

76 thoughts on “Drama Tunjangan Hari Raya”

  1. Dramanya keren kak, dan alhamdulilah saya blm pernah telat THR. Btw, Di sekolah saya sistem penggajian karyawan dan guru gak pernah pake voucer tapi lebih pake rekening bank dan ditransfer langsung dari pusat.

    Emang menguntungkan jika punya voucer sodexo ini mau belanja ke alfamrt, indomaret juga bisa. Jadi gampang ya dan praktis. Makasih infonya kak.

    Reply
  2. Alhamdulilah bisa kerja jarak jauh ya teh Okti

    sepakat, Sodexo ePass sangat solutif dan luwes

    bisa dijadikan hadiah lagi, atau membeli barang yang benar2 kita butuhkan

    kan sering banget kita dapat hadiah/parcel yang isinya gak kita sukai

    Reply
    • Setuju Ambu, daku pun juga suka kalau dapat hadiah Sodexo. Karena bisa tukar dengan macam-macam. Jadi gak hanya satu produk aja misal makanan.

      Reply
  3. Wah senangnyaaaa, jadi dapet THR ya, Teh. so niat bikin parsel ala ala buat dibagi-bagiin jadi ya , teh. Yeayyy.
    Btw aku jadi kangen belanja pakai sodexo. Kapan lagi yaaaa

    Reply
  4. Tempat kerjaku juga paling demen ngasih Sodexo, paling sukaa kalo dah dikasih vocer sodexo, lebih aman dan nyaman bisa digunakan dimana saja.
    Hhaha, Alhamdulillah ya teh,drama THR berujung dengan Voucher Sodexo jadinya happy. Asiknya yg dapet THR, aku ga pernah dapet, malahan ngasih2 huhuhu.
    Mau juga THRnyaa…

    Reply
  5. Awal dapet voucher sodexo.. yah kok dapet voucher, berharap uang tunai.. tapi ternyata gampang belanjainnya dimana2 bisa. Mini market terdekat, burger king, KFC, Transmart dll. Sekarang kalau dapet sodexo seneng, biasanya sih suka ke burger king atau ke Alfamart.

    Reply
  6. Voucher Sodexo emang bikin happy yang menerima ya, bisa digunakan dibenyak merchant yang tersebar luas.
    Alhamdulillah THR teh Okti juga bikin bahagia dan semua rencana yg sudah disusun bisa direalisasikan.

    Reply
  7. Dapat voucher sodexo menurut daku asik banget loh, karena bisa ditukarkan gak hanya untuk pakaian aja atau ke resto tapi juga buat beli bahan makanan pokok. Jadi kangen mau dapat lagi hehe

    Reply
  8. Wih info penting ini,aku aja baru tahu SODEXO ini punya banyak jenis layanan yang bisa dipake buay belanja sampai beli tiket ya

    Reply
  9. Wah, untung banget bisa dapat THR tahun ini, suamiku nggk ada dapat THR tahun ini, padahal sebelumnya ada dari kantornya. Tapi, asyik juga ya dapat THR berupa vocher Sedexo bisa milih hadiah sesuai keinginan.

    Reply
  10. Ah aku jadi inget waktu pertama kali pakai sodexo, ada rasa ragu gitu, bener nggak sih lembaran ini bisa dibuat bayar belanjaan di tempat tertentu. Dan begitu aku tau ini bisa dipakai bayar, rasanya plong gituuu, wkwkwkwk

    Reply
  11. Alhamdulillah ada solusi yang tepat ya mbak dari Sodexo. Happy Ending akhirnya mbak ikut senang juga bacanya. Pengen nyoba juga sih belanja pakai Sodexo gimana. Thanks ya mbak informasinya.

    Reply
  12. hehe baca tulisan ini aq senyam senyum sediri mba. alhamdulillah akhirnya damat y tur nya. akut sennag. kalau berupa voucher mah pasti ke pakai banget. Sodexo bisa dipakai di salah satu minimarket juga kan ya

    Reply
  13. happy banget kalo dulu event suka dapet hadiah voucher sodexo, lumayan teh buat jajan atau belanja di mini market. atau pas keluar nyari resto yang bisa pakai sodexo gitu teh.

    Reply
  14. Suka pakai voucher ini mudah bisa dipakai dimana-mana, merchant banyak. tapi untuk yang voucher non fisik pernah ditolak disalah satu mini market, padahal harusnya bisa, tapi jawabannya tidak melayani non fisik. Kayanya kasir minimarket yang belum mengerti cara pembayaran nonfisik voucher ini

    Reply
  15. Ingat voucher ini, jadi ingat awal tahun lalu, aku baru nyadar masih punya 2 voucher ini. Dengan semangat mau buat belanja ke minimarket, eh ternyata expired pada 31 Des 2020. Duh sayang banget.

    Begitulah emak2 ya.. maksud hati disimpan dulu biar nggak langsung habis sekali pakai. Eh, begitu masuk dompet malah lupa kalau masih punya voucher, wkwk.

    Btw, saya udah 4 tahunan nggak dapat THR nih, sejak memutuskan jadi freelancer. Kadang kangen juga dapat THR. Sekarang cukup berpuas diri dengan THR dari suami aja, alhamdulillah yaa …

    Reply
  16. waaah aku juga mau dong dapat THR berupa voucher Sodexo ePass, hihi
    buatku belanja dengan voucher lebih seneng, ya gimana dong nggak ngeluarin duid. ekeke
    alhamdulillah ya mbak, THRnya akhirnya dapat juga jadi bisa buat bikin2 parcel ala ala. 🙂

    Reply
  17. Aku belum pernah menggunakan Sodexo. Baeu dengar sih tentang voucher satu ini. Apa karena voucher Sodexo belum mencapai Kalimantan Timur ya?

    Reply
  18. Aku jadi berharap bisa mendapat juga vouucher sudexo ini. SUpaya tak ada drama lagi ketika lebaran 🙂 Disini banyak yang bisa dibeli dengan adanya voucher ii

    Reply
  19. Aku jadi berharap bisa mendapat juga vouucher sudexo ini. SUpaya tak ada drama lagi ketika lebaran 🙂 Disini banyak yang bisa dibeli dengan adanya voucher ya

    Reply
  20. Dramanya gak berlarut dan berakhir bahagia kok ini teh..
    Asyiknya lagi diganjar pake voucher ya teh.
    Aku pun suka voucher belanja seperti sudexo ,
    Praktis dan juga aman ya teh..
    Pilihan merchant juga banyak bangetttt

    Reply
  21. Wah, Sodexo e-Pass ya namanya, noted. Jadi perusahaan bisa memberikan semacam THR digital seperti ini ya Teh, berfaedah banget ini semisal mau belanja2 online di marketplace tinggal bayar pake Sodexo nya ajah, good info, nuhun.

    Reply
  22. Jadi kangen punya voucher e-pass sodexo yang bikin pengalaman berbelanja jadi happy dan puas ya terlebih lagi jangkauan lebih luas merchant2 yang berkerjasama

    Reply
  23. Setiap tahun selain THR berupa uang tunai sebesar gaji, boss juga kasih lebaran gift yang biasanya saya wujudkan dalam bentuk voucher belanja untuk para staf. Baca ini saya jadi penasaran juga dengan voucher Sodexo.

    Reply
  24. mba membaca ceritamu agak miris juga deh seharusnya perusahaan memberikan thr setidaknya h-14 ini baru dikasih h-2 untungnya tetap di berikan yah kalau nggak perusahaan bisa banget loh diadukan krn tidak memberikan hak karyawan.

    untuk sodexo kantorku pun tiap tahun memberikan juga selain thr, seneng karena masa pakai vouchernya lama dan bisa digunakan di banyak merchant

    Reply
  25. Nggak ngerti kenapa ya teh, saya kadang dapat voucher kaya Sodexo gini malah lebih senang daripada dapat uang cash, soalnya bebas mau belanja, kalau kurang nambahnya dikit heheh. Alhamdulillah ya teh drama THRnya happy ending

    Reply
  26. Duh…Sodexo ini mengingatkan aku event offline soalnya udah lama banget ngak dapat voucher, jadi inget dulu kalau udah dapat voucher langsung belanja hahaha, soalnya banyak merchantnya jadi mudah belanja dimana aja

    Reply
  27. dulu saya sering banget dari kantor dibagi voucher belanja sodexo ini jadi ingat, kadang juga sebagai hadiah acara atau event gitu di kantor. bener juga bisa jadi hadiah THR ya heheheh

    Reply
  28. Aku paling senang kalo dikasih sodexo, jadi kangen event terus ada best post atau jawab kuis. Atau kalo nabung di Bank juga suka ada hadiah voucher sodexo.

    Reply
  29. Sodexo ini memang multi manfaat ya mbak Okti. Yang dulu banget apat dari acara, bisa saya pake belanja kacamata di salah satu merchant di mall. Awetnya sampai sekarang loh. Jadi ada kenangan manis juga sama Sodexo 😀

    Reply
  30. Alhamdulilah banget ya teh okti THR bisa keluar juga walaupun dengan deg2an menunggunya kita karywan emang berharap sekali secara kalo hari raya ada aja butuhnya buat kasi keluarga besar sih intinyaa ada e vocer sodexo bisa lebih mudah dan menyenangkan lagi ya

    Reply
  31. Drama THR ini pernah saya rasakan dan alami di tahun 2010 mbak ketika kondisi kantor sedang tak menentu. Walau berujung dapat THR namun saya diberhentikan kala itu karena kondisi keuangan kntor yg ga sehat

    Reply
  32. Alhamdulillah ya akhirnya ada juga THR nya
    saat pandemi ini keuangan perusahaan banyak yg goyang
    tp yg namanya hak karyawan harus tetap ada
    btw saya baru tahu ni sodexo
    pengin dapat voucher juga nih hehe

    Reply
  33. sodexo tuh emang voucher yang bikin happy. Karena bisa dipake buat belanja di minimarket yaaaa.. hihihi. aku sih jga gabakal nolak kalo dikasih sodexo. hehe

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: