Tips Capai Impian Beli Rumah: Tak Harus Menunggu Tua!

Sumber gambar https://www.pexels.com

Memiliki rumah adalah impian semua orang. Demi sebuah rumah, ada banyak usaha yang bisa dilakukan, satu diantaranya adalah dengan cara investasi reksadana. Namun sayang, tak semua orang mau melakukan hal tersebut.

Kebanyakan orang lebih suka menunda serta selalu beralasan untuk tidak segera berinvestasi dan menabung. Walaupun mereka tahu bahwa investasi dan menabung sangat bermanfaat untuk masa depan. Termasuk membeli rumah impian tanpa harus menunggu tua.

Kalau begitu, langkah apa yang harus dilakukan agar bisa memiliki rumah lebih cepat? Simak tipsnya di bawah ini sampai selesai, ya …

Tips Capai Impian Beli Rumah 

Menurut saya, menunda merupakan kebiasaan yang tak baik apalagi jika kita masih muda. Apabila terus dilakukan, bukan tak mungkin ini akan jadi kebiasaan sampai tua. Mumpung masih muda, cobalah membiasakan diri menabung atau berinvestasi untuk menjamin masa depan yang lebih baik termasuk memiliki rumah idaman.

Berbicara tentang memiliki rumah impian, berikut adalah tips yang bisa kita lakukan untuk bisa segera memilikinya

  • Tetapkan tujuan yang jelas

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menetapkan tujuan dengan jelas terutama tujuan untuk apa kita menabung. Misalnya ingin membeli tanah atau menyiapkan dana untuk membayar uang muka pembelian rumah. Dengan tujuan yang jelas ini, kita akan lebih terarah, fokus dan berkeinginan kuat untuk mencapainya.

  • Menentukan budget 

Kalau sudah menetapkan tujuan menabung, tips selanjutnya adalah menentukan budget atau jumlah yang akan kita tabung. Sebelum menentukan jumlahnya, buatlah rencana keuangan berdasarkan pendapatan yang biasa dterima.

Satu poin penting yang perlu diperhatikan saat membuat budget adalah jangan menentukan jumlah yang asal-asalan. Supaya tidak membebani keinginan kita untuk menabung.  Kemudian segera sisihkan uang sesuai nominal budget yang sudah sepakat ditentukan di awal setelah menerima gaji. 

  • Hunting rumah yang murah

Ketika mulai menabung untuk membayar uang muka, tak ada salahnya jika manteman mulai melakukan survey atau hunting rumah murah. Tetap harus mencari informasi sebanyak-banyaknya serta akurat ya, pastinya yang berkaitan dengan perumahan. Dengan begitu manteman insyaallah akan menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan dan budget.

  • Pilih rumah yang memiliki cicilan kecil, tenor panjang dan bunga ringan
Sumber gambar https://www.pexels.com

Setelah uang muka terkumpul, kita bisa mulai mencari bank yang menawarkan cicilan rumah dengan KPR panjang dan bunga ringan. Caranya adalah dengan mendatangi beberapa bank, mengumpulkan informasinya lalu membandingkan layanan KPR antar bank tersebut, 

Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan besaran bunga, lama proses, syarat-syarat, nominal uang muka, biaya dan lain sebagainya. 

  • Menabung dengan konsisten untuk uang muka

Agar bisa menabung secara konsisten, rahasianya manteman bisa membuka rekening khusus dengan sistem auto debet. Cara ini akan membantu kita menyisihkan dana untuk tabungan uang muka dengan disiplin. Dengan begitu kita tak perlu lagi repot memindahkan uang dari rekening satu ke rekening khusus untuk tabungan membeli rumah. 

Bila perlu manteman bisa menabung dengan menggunakan cara investasi reksadana. Tenang, kita dapat memilih jenis reksadana yang sesuai dengan keperluan yaitu membeli rumah. Untuk investasi reksadana ini, pilihlah layanan investasi yang terbaik dan terpercaya. 

Atau manteman bisa memanfaatkan investasi reksadana secara online yang memiliki fitur terbaik pada aplikasinya sehingga memudahkan proses bertransaksi. 

Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS

Instrumen investasi yang bisa kita pilih saat menyiapkan dana pembelian rumah adalah reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS. Ada lima keunggulan yang bisa kita rasakan jika memanfaatkan investasi reksadana online pada Aplikasi digibank by DBS.

  1. Tersedia lebih dari 50 Produk yang ditawarkan

Banyaknya produk reksadana pada Aplikasi digibank by DBS ini akan membantu kita bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi. Misalnya seperti, investasi untuk pendidikan, membeli rumah, mobil atau tujuan lainnya. 

  1. Memilih produk lebih mudah dengan menggunakan fitur kategori

Aplikasi digibank by DBS telah menyediakan fitur yang membagi produk dalam 3 kategori. Tiga kategori tersebut yaitu produk dengan kinerja terbaik, jenis produk yang terpopuler serta produk dengan scoring terbaik. Dengan adanya kategori ini tentunya kita akan lebih mudah memilih produk yang paling sesuai.

  1. Dapat membeli produk reksadana secara berkala

Keunggulan lain dari Aplikasi digibank by DBS adalah adanya fitur pembelian produk reksadana secara berkala. Dengan begitu, kita bisa melakukan pembelian rutin setiap bulannya. Tak cuma itu, nominal pembelian pun bisa kita ubah kapan saja selagi pembelian berkala sedang berlangsung. 

  1. Memulai investasi hanya dengan Rp100.000

Memulai investasi reksadana online menggunakan Aplikasi digibank by DBS hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp100.000. Investasi ini begitu murah, terjangkau dan manteman tak akan kesulitan mengalokasikannya dari pendapatan yang didapatkan setiap bulan, bukan?

  1. Transaksi dalam satu Aplikasi

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, seluruh transaksi bisa tercover, mulai dari pembelian, penjualan hingga pengalihan produk. Alhasil, nantinya kita akan melakukan semua transaksi tersebut dengan praktis tanpa harus pindah ke aplikasi lainnya. 

Lima keunggulan itu tentunya akan dirasakan hanya jika menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Cara pengoperasiannya yang mudah dengan fitur terkini dan lengkap juga merupakan keuntungan yang patut dipertimbangkan. 

Lalu, untuk apa kita menunda lagi? Segera aktifkan Aplikasi digibank by DBS agar bisa menggunakan cara investasi reksadana yang tepat untuk mencapai impian memiliki rumah idaman. 

31 thoughts on “Tips Capai Impian Beli Rumah: Tak Harus Menunggu Tua!”

  1. Pokoknya tergantung niatnya ya, kalau niatnya kuat, insha Allah bisa beli rumah sejak muda, dan lebih baik lagi kalau bisa cash 😀
    Tapi kalau belum bisa, yang penting dananya dipikirkan baik-baik, jangan sampai nantinya jadi masalah ditengah perjalanan membayar tagihan KPR 🙁

    Reply
  2. Untung ada digibank by DBS karena bisa mulai investasi dengan Rp 100.000

    sehingga memungkinkan siapapun punya rumah sedini mungkin

    Gak usah nunggu tabungan penuh yang gak tau kapan

    Reply
  3. Membeli rumah memang tujuan hampir semua orang. Seenggaknya semua orang pasti pingin punya hunian yang nyaman. Karena memang hunian adalah salah satu kebutuhan primer manusia.

    Salah satu caranya memang adalah investasi sedini mungkin. Pilih investasi reksadana bersama aplikasi Digibank kayaknya emang Oke banget dah. Simple dan mudah.

    Reply
  4. Aku termasuk salah satu orang yang nggak gitu paham dengan cara kerja reksadana, tapi minimnya nilai investasi rasanya layak dicoba juga ya Teh, tapi nunggu keuangan stabil terlebih dahulu nih. Kebetulan punya mimpi untuk punya rumah sendiri juga bareng anak-anak.

    Reply
  5. Reksadana ini salah satu solusi untuk memiliki rumah ya, Mbak. Karena kan, tujuannya sudah jelas untuk memiliki rumah. jadi tinggal ditentukan targetnya berapa tahun. Apalagi suku bunga reksadana ini cukup tinggi juga.

    Reply
  6. Memiliki rumah sendiri itu katanya hampir mirip seperti jodoh, tidak tahu kapan datangnya. Jadi, mempersiapkan diri bersama investasi di DBS yang bisa dimulai hanya dengan 100K saja, pas banget!

    Reply
  7. Nah iya, kalau bisa segera eksekusi impian beli rumahnya, tak perlu nunggu tua. Dan lewat lima keunggulan yang bisa kita dapatkan jika memanfaatkan investasi reksadana online pada Aplikasi digibank by DBS bisa jadi jalan rumah impian kita.

    Reply
  8. Kalau punya tujuan terus bisa mengatur keuangan dg benar , memiliki rumah bukan lagi impian ya teh…

    Baru Tau Aku klo bisa beli rumah di Aplikasi digibank by DBS.boleh nih aplag banyak pilihannya

    Reply
  9. Hunting rumah number Wahid sih itu.
    Sama kalau belinya rumahnya udah bangunan utuh kudu ceki² juga lokasinya rawan banjir kah, dan ada bocornya gak rumahnya

    Reply
    • Rumah adalah kebutuhan primer ya Mba.. Klo blom punya rumah, rasanya masih ada yg kurang lengkap. Klo ada kemudahan dan tuntunan gini insya Allah impian punya rumah bisa tercapai dengan cepat Aamiin

      Reply
  10. Saya belum paham Reksadana ni Teh. Mau coba pelajari dari aplikasi Digibank ah..
    Kalau dalam mindset goalnya utk punya rumah atau invest lagi di property bikin maki termotivasi nabungnya

    Reply
  11. Betul sekali.
    Memiliki rumah memang tidak mudah di saat kebutuhan sudah semakin banyak. Namun bukan berarti tidak bisa yaa.. Dengan Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS, perlahan mendekati impian memiliki rumah sendiri.

    Reply
  12. Pas banget dibaca oleh aku yang belum punya rumah ini mba. apalagi makin hari apapun makin mahal terkena inflasi. Kalau ga direncanakan jauh jauh hari pasti nggak bakal bisa kebeli ya…thankyou for the insight mba. Reksadana is a good choice I guess.

    Reply
  13. Yes, sebelum ingin beli rumah kudu survey dengan teliti, syukur-syukur lingkungannya nyaman, bebas banjir, akses jalan mudah, dan miliki tetangga yang baik. Mulai saatnya menabung, apalagi sekarang bisa pilih reksadana ya..

    Reply
  14. Orang sering salah prioritas. Beli mobil mewah atau barang branded ketimbang nabung buat beli rumah. Lebih mentingin gaya hidup atau keliatan mewah ketimbang punya rumah. Cicilan mobil belum lunas, numpang tinggal ortu padahal udah nikah. Persoalan mindset.

    Reply
  15. Dari dlu aku tuh penasaran sma reksadana kepengen punya tapi bingung prosedur dllnya kan mayan bisa nabung buat beli rumah dngan keuntungan yang kita dapatkan

    Reply
  16. insyaallah tahun depan mau ngelanjutin pembangunan rumah yang sempat tertunda
    rumah memang penting banget yaa, saya nih nyesel banget soalnya lebih dulu beli mobil sebelum bangun rumah, padahal uang untuk beli mobil kalo dipake bangun rumah udah bisa setengah jalan, huhuhu

    Reply
  17. impian aku nih yang ketunda dari beberapa tahun lalu mbak
    bener banget kalau kebiasaan menunda memang nggak baik, yang ada malah penyesalan dibelakang.
    Dulu udah ditawari buat beli rumah pas DP masih minim banget
    sekarang kerja keras dari nol lagi

    Reply
  18. iya banget, alhamdulillah udh bisa realisasi punya rumah sendiri di usia 20-an juga, hemat buat gaya hidup dan bener-bener fokus nabung buat punya rumah emang harus banget, apalagi bisa cicilan pake digibank KTA ya sekarang mah

    Reply
  19. perihal membeli rumah ini memang termasuk yang benar-benar harus dipersiapkan ya, mbak dananya mengingat harga rumah yang tidak murah. untung sekarang sudah ada investasi reksadana yang bisa jadi pilihan untuk mengumpulkan dana membeli rumah impian kita

    Reply
  20. Bismillah pengen bisa beli rumah sendiri suatu saat nanti. Semoga bisa. Aaamin. Sekarang beli rumah bisa nyicil ya dan bank DBS bantu untuk mewujudkannya

    Reply

Leave a Comment