Anti Nastar Garpu Bawang pun Jadi

Entah karena kami orang desa yang jadi tidak biasa, entah karena lidah kami beda dengan lidah orang pada umumnya, yang pasti setiap lebaran, sejak menikah sepuluh tahun terakhir ini, saya tidak pernah bikin kue kering khas lebaran favorit yang kata sebagian orang wajib ada seperti kue nastar, coklat cornflakes, lidah kucing, sagu keju, putri salju, kastengel, dll.

Alasan utamanya sih karena suami tidak suka dengan kue yang menurutnya giung gitu (istilah untuk eneg) apalagi setelah berpuasa katanya justru menurutnya cocoknya makanan yang segar seperti asinan, atau camilan lain yang garing asin atau gurih. Ditambah di rumah memang tidak memiliki peralatannya jadilah sepuluh tahun terakhir ini absen dari perkuehan icon lebaran.

Berawal dari ketidaksukaan suami itu akhirnya tidak membuat, peralatan peninggalan mertua untuk membuat kue yang lengkap itu pun lama-lama karatan, hancur dan rusak. Sampai sekarang tak ada keinginan untuk memiliki peralatan bikin kue sendiri. Saya pikir kalau sesekali mau mencicipi kue khas lebaran itu, kan bisa beli dari teman atau tetangga saja, sekaligus membantu memajukan usaha bisnis kuliner mereka.

Karena suami bilang sukanya yang asin dan gak bikin eneg, iseng buat kue garpu bawang yang suka ditemui sebagai jajanan rentengan di penjual bakso, atau di warung kecil perkampungan. Kue bawang yang ukurannya mini segede bawang ini banyak istilahnya, ada yang menyebut kue garpu (karena dicetak di atas garpu) kue kewuk, kareket, durukduk, dan sebagainya.

Bahannya pun tidak susah, begitu pula peralatan yang diperlukan saya rasa setiap rumah memilikinya. Jadi bikin kue garpu bawang ini memang mudah dan murah. Tapi rasanya, nah itu tergantung kepada yang membuat. Hehe…

Begitupun lebaran kali ini, meski harga minyak sedang melambung tinggi, saya menyisihkan satu kg khusus untuk menggoreng kue garpu bawang. Ya karena kue garpu bawang ini matangnya bukan dioven melainkan digoreng ya …

Biar ga penasaran, yuk kita praktikan resepnya sekalian kue bawang garpu bawang renyah tanpa santan ini. Dijamin kue bawang garpu ini jadi camilan gurih tahan lama. Meski di keluarga saya gak bisa tahan lama karena satu toples bisa sekali habis oleh kami bertiga. Hihi…

Resep kue garpu bawang

Bahan:

  • 1 kg tepung terigu protein
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 200 gram margarin
  • Secukupnya air
  • Kaldu bubuk non MSG
  • Garam
  • Batang daun bawang iris halus, jika suka.

 

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Cara membuat kue garpu bawang:

  1. Ayak tepung terigu dan tepung tapioka. Campurkan dengan telur, margarin, kaldu bubuk, garam, daun bawang iris, ulekkan bumbu halus dan air. Aduk rata hingga adonan kalis elastis.

Garpu bawang keluarga Bringka

  1. Gilas, potong, dan bentuk menggunakan garpu atau sekarang cetakan khusus untuk kue bawang ini juga sudah banyak dijual ya.

Garpu bawang keluarga Bringka

  1. Siapkan minyak goreng panas, goreng adonan hingga matang kekuningan. Angkat, tiriskan, dan dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam stoples

Garpu bawang keluarga Bringka

 

Waktu pembuatan tergantung berapa banyak yang mengerjakan sehingga mencetaknya bisa lebih cepat. Adonan 1 kg biasanya dikerjakan oleh saya, suami dan Fahmi menghabiskan waktu sekitar 30-45 menit.

Kini toples camilan di rumah tidak kosong lagi karen diisi dengan kue garpu bawang ini. Jadi siapa saja bisa membuatnya ya karena bahannya cukup mudah dan alat-alat tidak susah.

Garpu bawang keluarga Bringka

Kue lebaran favorit  keluarga saya dan resepnya ini dulu dikutip dari buku “120 Resep Kue Cantik Hits di Instagram” (2018) oleh Veronica Dhani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Sekarang sih gak usah melihat resepnya cukup dikira-kira saja bahkan bikin resep kreasi sendiri juga bisa.

Selamat menyambut lebaran ya…

23 thoughts on “Anti Nastar Garpu Bawang pun Jadi”

  1. Kue bawang garpu memang enak. Pengalaman Mpo jangan pakai tapioka bikin lengket adonan. Pakai adonan kue simping aja. Ketumbar ganti dengan bawang merah

    Reply
  2. Wah ternyata bikin kue bawang ini bisa pakai garpu ya teh. Kalau orang padang biasanya suka dipanjang panjangin kayak stik gitu. Aku sih belum pernah bikin. Cuma pernah bantuin mama yang bikin. Rasanya enak dan bahan bahanya gampang di dapetin dan murah lagi menurut aku. Beda ama kue nastar, lidah kucing dll yang butuh modal gede kalau mau bahannya berkualitas dan rasanya jadi enak

    Reply
  3. ini mah enak ya jadi cemilan juga pelengkap saat makan makanan yang berkuah gitu… wah enak banget sih, kebayang kriyus krecesnya teh

    Reply
  4. Kue Garpu ini suka bikin juga teeh, Mama bikin dua macem ada yang manisnya dan asinnya. Kue jadul tapi ngangenin, simple resepnya pulak. Soalnya dari dulu anak2nya doyan nyemil, kalo udah yang asin pasti nyari yang manis2 atau sebaliknya.
    Kue Garpu melengkapi kue2 lainnya di hari raya. Mohon maaf lahir dan batin Teteeh,sesakeeun kue garpunaa, aku mau nganjaang nih..

    Reply
  5. Saya juga pernah berpikir seperti itu mbak, apa karena saya dari desa jadinya nggak kenal sama namanya kue-kue lebaran. Tapi jaman kuliah pun, nggak ada teman kost saya yang pernah bahas kue lebaran. Bisa jadi karena teman-teman kost saya juga dari desa ya hehehe….

    Setelah jaman media sosial, baru deh saya kenal dengan istilah kue lebaran, nastar, kastangel, lidah kucing.

    Reply
  6. Aku kenalnya kue bawang, eh tapi ini ada ‘garpu’nya wkwkwkwkkw. Jadi lucu ya bentuknya seperti garpu. Oh kituuu teh, ya ga apa2 kalau kurang cocok lidah dengan kue2 nastar dan semacamnya. Justru kue praktis dibuat gini dengan bahan2 mudah diperoleh, enak dimakan buta ngemil2 cantik hihihi 😀 Bagi dunk!

    Reply
  7. oo bikinnya digelindingin ke garpu ya? dan sekarang ada alatnya juga? jadi makin gampang bikinnya ya. kayaknya kue ini aku belum coba. atau pernah liat tapi lupa lagi dimana. aku juga suka yang asin2. kalo kebanyakan manis jadi giung dehh

    Reply
  8. Dulu saya juga suka diajak buat kue bawang oleh ibu, tapi bentuknya dibuat segitiga, Teh.
    Kalau punya Teh Okti pakai garpu, ya, itu bisa bentuknya menggulung gitu gimana caranya?
    Pengen nyobain, bentuknya bagus.

    Reply
  9. Wah, ini resep dan cara masak zaman saya SD dulu Mba, hehehe. Sama almarhum Emak, alhamdulillah sering bikin kue lebaran sendiri, pake garpi juga rasanya enak dan asik mungkin karena dibuat sendiri dan ramee ya

    Reply
  10. Kok lucu ya bentuknya kue garpu bawang & cara bikinnya juga gampang. AKu juga suka makanan yg gutih2 tapi tetep suka sih sama nastar juga

    Reply
  11. Namanya lucuuu maak “garpu bawang” …
    Toss aah sesama ga mau ribet dan ga biasa jugaa menyiapkan kue kering lebaran soalnya selalu mudik. Di rumah ortu ada kue kering karena di kasih hampers jd keluarga kami ga mau rempongg begadang bikin kuker.

    Reply
  12. Kalo aku nyebut ini stik bawang, karena aku lihat bahannya mirip kok dengan yang biasa aku bikin. Dan kemarin aku bikin juga Teh, bahannya juga dengan terigu 1 kg, jadi banyak dan bisa aku bagi ke ibuku

    Reply
  13. Ini kemarin lagi viral banget yaa, teh..
    kue garpu bawang dan teteh berhasil membuat bersama keluarga. Seneng banget sama kerjasamanya, teh..
    Saat santap kue garpu bawang terasa lebih menyenangkan.

    Reply
  14. Kalo aku nyebut ini stik bawang, karena aku lihat bahannya mirip kok dengan yang biasa aku bikin. Dan kemarin aku bikin juga Teh, bahannya juga dengan terigu 1 kg, jadi banyak dan bisa aku bagi ke ibuku. Mayan sih rasanya karrena paling pertama abis karena katanya mirip kue bawang Mama fuji, hahahaa

    Reply
  15. Wah, ayahnya Fahmi gak suka nastar ya. Padahal itu kue legend yang the best ya. Hehe. kue pertama yang duluan habis. Btw, aku nih malah yang belom pernah bikin kue kacang bawang. Enak pastinya. Dulu tetanggaku sering bikin. Kalo ke rumahnya pasti selalu dikasih.

    Reply
  16. Ya Allah … ternyata garpu bawang itu nama kue. Ku pikir ngapain teteh makan garpu.
    masih bingung gimana cetaknya supaya jadi melingkar dan bermotif gitu.
    di desa mertua juga jarang nastar. Banyakan kue gurih sama kerupuk.

    Reply
  17. Aku tuh malah nggak tau ama kue garpu bawang. Baru di artikel ini liat penampakannya. Jadi penasaran pengen nyobain.Btw cara ngebentuk supaya adonannya jadi melingker gitu gimana mak? Aku agak susah bayanginnya nih

    Reply
  18. Kue bawang tu andalan turun temurun. Satu minggu sebelum lebaran sambil menunggu berbuka biasanya nyicil membuat kue ini untuk persiapan lebaran. Hidangan murmer tapi lezaat…

    Reply

Leave a Comment