Cara Alami Efektif Menghilangkan Jerawat

Cara Alami Efektif Menghilangkan Jerawat

 

Perempuan Korea kok wajahnya kinclong dan glowing ya? Rahasianya apa sih? Etapi perempuan di negara kita Indonesia ini juga banyak sih kok ya yang wajahnya lus-mulus licin seperti belut. Loh, kok jadi belut sih?

Oke, kita kembali ke laptop. Jadi sudah bukan rahasia umum lagi sih ya, kalau memiliki kulit wajah yang bersih dan terbebas dari jerawat itu pasti didambakan setiap orang. Itu pasti karena perempuan mana sih yang tidak ingin tampil sempurna? Dan saya yakin setiap perempuan akan tampil percaya dengan kondisi kulit wajah yang bersih dan kinclong begitu. Meski pada kenyataannya, kita selalu dihadapkan pada permasalahan jerawat di bagian wajah. Jerawat muncul, mana bisa tampil maksimal dong ya?

Tapi sebenarnya kita ini tidak perlu panik, karena pada dasarnya banyak jalan menuju Roma. Maksudnya ada banyak cara gimana supaya jerawat bisa berkurang bahkan hilang. Dan berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang paling efektif. Yuk, simak baik-baik ulasannya…

1. Menggunakan Kulit Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki rasa manis dan agak sedikit asam yang menyegarkan. Buah yang tidak mengenal musim ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Tapi tahu gak kalau ternyata kulit buah jeruk ini sudah terbukti ampuh dalam mengatasi masalah jerawat?Iya, kulit jeruk bisa mengatasi jerawat yang membandel sekalipun lho.

Hal itu terjadi karena kandungan vitamin C yang ada pada kulit buah jeruk cukup tinggi.

Cara menggunakan kulit jeruknya pun sangat mudah, cukup hanya dengan menggosokkan kulit buah jeruk bagian dalamnya, yang ada berwarna putih-putihnya itu lho, ke jerawat yang ingin kita hilangkan secara perlahan dan berulang-ulang.

Diamkan selama 10 menitan, lalu bilas kembali wajah dengan air hangat sampai bersih. Tunggu deh hasilnya setelah melakukannya beberapa kali.

2. Menggunakan Masker Buah Bengkoang

Selain menggunakan kulit buah jeruk, kita juga bisa menggunakan bengkoang dengan dijadikan masker untuk mengatasi masalah jerawat.

Bagaimana cara membuat dan menggunakan maskernya? Caranya cukup mudah pula. Jadi tinggal kita siapkan 1 buah bengkoang, kupas kulitnya, kemudian tumbuk atau blender sampai hancur.

Aplikasikan masker bengkoang tersebut tepat di bagian jerawat. Tunggu kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menitan.

Kalau sudah, coba bilas lagi wajah dengan air hangat sampai bersih. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, gunakan masker buah bengkoang ini secara rutin setiap malam sebelum tidur.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Tak sulit bagi kita untuk menjumpai keberadaan tanaman yang satu ini disekitar tempat tinggal. Ya, terang saja demikian, sebab tanaman lidah buaya memang terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Selain berkhasiat untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan rambut, ternyata tanaman lidah buaya juga dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Kita langsung saja ke cara membuat dan cara menggunakan maskernya. Pertama siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, ambil dagingnya yang berbentuk gel, lalu tumbuk sampai hancur.

Oleskan gel lidah buaya tersebut pada jerawat, tunggu hingga terasa kering, dan setelahnya bilas kembali wajah dengan air hangat sampai bersih.

4. Menggunakan Yogurt dan Strowberi

Cara alami terakhir yang sudah terbukti efektif menghilangkan masalah jerawat yang membandel, ialah dengan menggunakan buah strowberi dan yogurt.

Mungkin bagi orang yang tinggal di kampung seperti saya untuk mendapatkan bahan tersebut agak susah. Tapi kalau memang berniat menjadikannya sebagai obat, insyaallah akan dipermudah untuk mendapatkannya.

Jika sudah tersedia, caranya mulai dengan siapkan beberapa buah strowberi yang masih segar, kita tumbuk sampai hancur. Setelah itu campurkan dengan 1 cup yogurt tawar, lalu aduk-aduk agar tercampur merata.

Nah tinggal oleskan deh masker tersebut ke seluruh wajah. Diamkan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu segera bilas lagi wajah dengan air hangat sampai bersih.

Selain ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, masker ini juga dapat melembapkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mengikis noda hitam, sampai mencerahkan kulit. Bagaimana, tertarikkah untuk mencobanya?

Itulah beberapa cara alami yang sudah terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat, sehingga wajah menjadi lebih bersih, glowing dan kinclong. Saya sendiri yang berbahan stroberi dan yogurt ini memang belum pernah mencoba. Selain susah mendapatkan bahannya, kalau ada juga rasanya terlalu mahal. Jika hasilnya maksimal, tidak ada salahnya juga sih kita coba.

Comments

  1. Jadi ingat, beberapa hari lalu lihat ada kelas bikin aloe vera gel alami, tapi aku nggak ikutan. Baru tau manfaat lidah buaya untuk meredakan jerawat juga. Kirain sebatas soothing gel.

  2. Ada lagi, Mbak.
    kalau masih merah atau mau muncul tempelin sama pasta gigi.
    Pakai pasta gigi yang baking soda itu.
    Saya manjur lho…xixixixi.

  3. Ada yang pake bawang putih juga ya. Lihat yg yogurt strawberry jadi pingin makan hehe

  4. Wah, kulit jeruk bisa juga tho?
    baeklahh nanti aku bilang anakku
    Dia ABG mba, lagi jerawatan bgt

  5. Anak sulungku nih jerawat kecil2 banyak. Dia sih nggak rajin merawat wajah. Kayaknya harus aku yg nyiapin plus nemplokin sekalian ke wajahnya. Makasih tipsnya ya. 🙂

  6. Teh dulu aku pernah pake air jeruk nipis, perih banget tapi alhamdulillh sih sekarang jerawat jadi berkurang. Tapi skrg udah jarang aku pake cara itu, sekarang lebih sering pake mudmask

  7. Bagaimana dengan jerawat batu ya? Sudah mencoba telaten uapi wajah dengan air anget, hehe masih jerawatan juga

  8. Ujame Gaja says

    wih Ujame sih biasanya suka pake lidah buaya, adeeeem. hehehe. tapi yang penting sih kalau gak mau jerawatan harus aware sama kebersihan muka dan jaga pola makan.

  9. cara alami buat bikin wajah kinclong ternyata pakai buah semua ya…
    tapi aku dilema deh kalau harus make buah utk masker, lebih enak dimakan langsung gitu lho… 😀

  10. Aku kebetulan lagi ada jerawat juga di dagu, ganggu banget huhu. Bisa nih aku praktekin, makasih yaa tipsnya Mba

  11. Mau nyobain untuk anakku nih mbak, secara jerawatnya bnyak banget sampe rusak kulit wajahnya. Mau dibawa ke klinik kecantikan gak mau mending pakai yang alami aja..TFS mbak.

  12. Ini mah bahannya enak semua dimakan hihihi, tapi ternyata bisa buat menghilangkan jerawat juga ya

  13. Aku pernah coba pake kulit jeruk, tapi jeruk nipis. Dan perih hehehehe. Cobain deh pae jeruk lain besok, kalo yogurt belum pernah mba.

  14. Wah boleh-boleh nih anak gadisku pake cara-cara ini. Remaja memang masanya banyak jerawat. Dan kalo ngilanginnya pake obat kimia suka khawatir. Kalo pake bahan alami gini kan tenang ya.

  15. Saya barusan beli jeruk di warung dekat rumah, kulitnya mau coba uintuk ngilangin jerawat. Ada beberapa nongol tersebab cuaca dan faktor banyak begadang. Biasanya kulit jeruk dibuang ternyata bermanfaat juga.
    Tapi pengen coba maskeran dengan yogurt dan stroberi. Itu lebih efektif untuk sekalian mencerahkan dan melembapkan, ya. Makasih tipsnya.

  16. Alhamdulillah kulit ku jarang banget jerawatan. Tapi Cobain masker strawberry yoghurt boleh juga

  17. Baru tau kulit buah jeruk bisa untuk mengatasi jerawat ya, kalau aku lagi pakai masker ampas teh hijau sama perasan lemon teh terus bee polen sama madu aja.

  18. yogurt ini emang lumayan ampuh, apalgi didinginkan dulu . pas kena muka adem cessss

  19. Aku suka pake lidah buaya. Bahkan aku nyetok gelap lidah buaya buat di rumah. Untuk mengurangi pedih saat kulit kena panas juga ampuh

  20. Ternyata banyak cara alami juga ya Mbak untuk menghilangkan jerawat. Boleh dicoba nih selain tentu bahannya aman mudah pula didapatkan kayak menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini

  21. Nah, kebetulan nih mba, di kebun aku punya lidah buaya. Baru tau lho kalau lidah buaya bisa untuk mengobati jerawat. Asyik kan ya ga perlu harus beli obat jerawat ke apotik, cukup olesi pake daging lidah buaya ini

  22. Saya pernah sekali dulu menghilangkan jerawat pakai tanaman ildah buaya dan ini benaran sukses banget mbak. Cuma agak geli waktu dioles ke wajah hihi.

  23. Yogurt sama stroberi andalankuuu buat jerawat. Soalnya juga nyetok di rumah. Tp kalo pas males ya pake sheets mask gitu sih

  24. Yang menggosokkan kulit buah jeruk aku belum pernah coba kebetulan lagi ada jerawat nih ta coba ah

  25. Kandungan vitamin yg okeee banget yaaa mbaaa.. aku juga senang yang natural sources seperti ini

  26. Ini bermanfaat banget infonya Mak. Gak kayak jamanku pas jerawatan dulu, sukanya jerawat dipencetin terus dioles odol. Perih padahal mah. Tapi emang gak ninggalin bekas jerawat sih.

  27. Vicky Cahyagi says

    Sauna juga facial alami lah untuk menghilangkan jerawat, komedo, dan sejenismya. Juga rajin berolahraga, keringat keluar, nah itu menyehatkan kulit. Nice info

Leave a Reply to Bety Sulistyorini Cancel reply

*