Cara Jadi Anggota Koperasi Simpan Pinjam

Cara Mendaftar Menjadi Anggota Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam merupakan kegiatan usaha koperasi untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada para anggota. Apabila dikelola dengan baik sebuah koperasi bisa menjadi unit usaha yang mampu berkembang pesat dan menyejahterakan anggotanya.

Contohnya koperasi di sekolah tempat sepupu mengajar dan koperasi di tetangga kecamatan. Kebetulan sudah dua tahun sepupu mendapat amanah menjadi pengurus koperasi. Setiap akhir bulan dan akhir tahun, selalu ada saja “kejutan” dari koperasi yang diupayakan oleh pengelola untuk semua anggota, katanya.

Memang jika dikelola dengan baik perekonomian anggota koperasi sangat terbantu. Jika itu terjadi tentu banyak orang kemudian ingin menjadi anggota koperasi. Tetangga di rumah sepupu pun jadi banyak yang nanya kalau mau jadi anggota koperasi gimana caranya? Berikut ini syarat dan tata cara mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi.

 

Syarat dan Cara Menjadi Anggota Koperasi Simpan Pinjam

Sebelum membahas tentang cara menjadi anggota koperasi mari ketahui dulu tentang keuntungannya. Ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika menjadi anggota dari sebuah koperasi.

Misalnya saja kita bisa meminjam dana untuk modal usaha dengan bunga yang kecil. Kemudian ada pelatihan usaha bagi mereka yang menjadi anggotanya. Selain itu dengan bergantung pada koperasi resiko untuk terjerat dengan rentenir sangat kecil.

Setelah tahu tentang keuntungannya tentu kita jadi semakin mantap untuk menjadi anggota koperasi simpan pinjam, itu kan ya…

Untuk menjadi anggota, setiap koperasi memiliki syarat tertentu tergantung aturan yang diberlakukan. Namun, ada beberapa syarat umum yang wajib diberlakukan jika ada orang ingin menjadi anggota koperasi.

Syarat umum yang pertama adalah calon anggota merupakan warga negara Indonesia. Kedua, saat mendaftarkan diri status pendaftarannya adalah sebagai perseorangan dan bukan badan usaha. Ketiga, jika diterima sebagai anggota maka harus bersedia untuk membayar simpanan pokok dan simpanan wajib dengan besaran sesuai ketentuan dari koperasi. Terakhir, semua anggota wajib menyetujui Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan seluruh aturan yang berlaku dalam koperasi. Cukup mudah bukan?

Kalau sudah mengetahui keempat syarat umum tersebut, berikutnya cari tahu tentang syarat-syarat khususnya. Setiap daerah pasti punya aturan sendiri yang menyesuaikan ya. Selanjutnya kita tinggal mengikuti prosedur dan tata cara pendaftaran anggota koperasi.

Berikut ini tata cara mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi simpan pinjam.

1. Menyerahkan Berkas

Langkah pertama untuk menjadi anggota koperasi adalah menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Biasanya berkas yang dibutuhkan adalah KTP dan pas foto. Siapkan juga berkas lain untuk berjaga-jaga seperti dokumen kepemilikan usaha.

Selanjutnya kita diwajibkan untuk mengisi dan menyetujui formulir permohonan menjadi anggota koperasi. Untuk cara pengisiannya bisa secara manual, online maupun keduanya.

Setelah pengisian formulir selesai, serahkan kepada pengurus yang bertugas. Sedangkan jika memakai cara online tentu harus memiliki aplikasi atau masuk ke situs koperasi yang bersangkutan. Setelah itu tinggal mengikuti prosedur yang ditetapkan.

2. Proses Verifikasi Oleh Pengurus

Selanjutnya kita tinggal menunggu apakah permohonan keanggotaan yang diajukan disetujui atau tidak. Lama waktu tunggu yang dibutuhkan juga berbeda-beda untuk setiap koperasi simpan pinjam, ada yang langsung segera diputuskan jawabannya namun ada proses verifikasi yang memakan waktu lama.

3. Membayar Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib

Kalau sudah dianggap memenuhi syarat maka hal terakhir yang perlu dilakukan adalah membayar simpanan pokok dan simpanan wajib dengan besaran sesuai ketentuan koperasi.

Setelah itu jadi deh, kita sudah bisa menikmati fasilitas serta layanan yang ditawarkan oleh koperasi tersebut.

Beberapa koperasi simpan pinjam yang ada di dekat tempat kami tinggal

Ingat ya teman, menjadi anggota koperasi bukan lagi menjadi hal yang kuno. Apalagi saat ini banyak berkembang koperasi berbasis online sehingga memudahkan anggotanya untuk mengakses layanannya.

Itu tadi beberapa syarat dan tata cara mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi simpan pinjam. Sok yang belum jadi anggota koperasi segera cari info apakah di sekitarnya ada koperasi? Jika ada segera bergabung.

Selain syarat dan caranya yang mudah, menjadi anggota koperasi juga akan membantu banyak masyarakat untuk mengembangkan usaha. Salah satu koperasi yang saat ini berkembang pesat adalah Pracico. Semoga semakin banyak berdiri koperasi  seperti Pracico supaya kesejahteraan anggota diperhatikan maksimal.

 

Comments

  1. Aku paham banget sama urusa koperasi simpan pinjam, karena dulu suka ikut papa ngurusin beginian dari usia TK. Semakin besar kan mulai tanya2 tuh jadi paham. Tapi sampai sekarang belom pernah nyobain daftar dan pinjam sih..
    Aku mau coba baca2 pracico deh

  2. di jakarta keknya gak pernah saya liat koperasi simpan pinjam.. padahal pengen tuh kalo lagi BU… thanks info persyaratannya

  3. Saya merasa koperasi simpan pinjam sudah jarang ya mba, malah tau nya hanya di tempat saya bekerja dulu. Pengen tau lebih dalam lagi nih tentang si Pracico, siapa tau nanti perlu suatu saat 🙂

  4. Koperasi sejatinya jadi solusi ekonomi kerakyatan karena memang fungsi dan tujuannya yang membuat semua anggota memiliki kemajuan dan keuntungan sebagai bagian dari koperasi itu sendiri. Meskipun dalam skala kecil, di sekolah saya ikut menjadi anggota koperasi dan memang terasa manfaatnya

  5. Koperasi ini sistem keuangan yang digagas Bung Hatta. Indonesia banget. Mudah-mudahan makin maju dan berkembanh koperasi-koperasi kita ya

  6. Menarik menyimak koperasi berbasis online. Setor dan tarik lewat online. Menghemat waktu dan praktis. Dan berkoperasi adalah sistem ekonomi Indonesia. Semoga tetap lestari

  7. Benar sekali mba, koperasi jika dikelola dengan baik dan tepat memiliki nilai manfaat bahkan bisa mengembangkan kesejahteraan anggota, pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya

  8. Syaratnya nggak sulit yah buat ikutan jadi anggota koperasi. Meski banyaknya kehadiran fintech, koperasi masih banyak peminatnya, semoga terus menawarkan yang terbaik

  9. Mudah ya untuk jadi anggota koperasi,. Koperasi banyak membantu masyarakat kecil menengah. Oya sekarang juga sudah banyak koperasi dengan sistem syariah juga mbak

  10. Mbak, aku produk koperasi simpan pinjam. Karena Ortuku dulu sekolahin anak pakai uang pinjaman dari KSP Guru..Kalau enggak gitu enggak bisa nyekolahin 6 anak. Maka rasanya aku perlu bertsyukur dengan adanya lembaga ini.
    Tapi aku sendiri belum pernah menjadi anggotanya.

  11. Sekarang koperasi pun sudah merambah ke dunia digital, ya. Bagus lah jadi menyesuaikan zaman. Semoga banyak yang merasakan manfaat dari koperasi ini

  12. Koperasi ini kalau terus berkembang dan dimanfaatkan oleh masyarakat banyak manfaat dan juga bisa membantu perekonomian ya Teh. Sayang Koperasi dekat rumah Aku nggak berjalan lagi, padahal dulu sempat merasakan keuntungan menjadi anggota Koperasi.

  13. Belum pernah sama sekali ikutan yang namanya Koperasi Simpan Pinjam. Ternyata bermanfaat juga yaa

  14. Koperasi sekarang sudah semakin maju ya teh..dan banyak yang berbasis online juga

  15. semoga yah kak banyak berdiri koperasi seperti Pracico.

Speak Your Mind

*