Destinasi Wisata Pekalongan

Destinasi Wisata Keren di Kota Batik Pekalongan

 

Indonesia mempunyai banyak spot menarik yang tersebar di berbagai macam daerah. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Pekalongan.

Kota yang terkenal akan batiknya ini, adalah salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Selain keindahan seni dan budaya yang dihadirkan, keindahan alam yang ada di kota yang terletak di kawasan jalur pantai utara Jawa ini, juga memiliki segudang destinasi wisata alam yang ditawarkan.

Karena letaknya di tepi jalur pantai utara, maka tempat wisata di Pekalongan ini tentunya bisa menjadi pilihan utama buat kita yang sedang mudik atau istirahat sejenak dari lelahnya perjalanan berkendaraan. Terdapat banyak destinasi wisata di Pekalongan mulai dari air terjun (curug) pantai dan museum.

Berikut ini lokasi wisata di Pekalongan yang bisa kita kunjungi ketika mampir ke sana:

1. Desa Wisata Lolong Pekalongan

Untuk seorang pecinta buah durian, maka mengunjungi kawasan wisata Desa Lolong ini bisa menjadi salah satu pilihan. Desa Wisata Lolong ini berada di Desa Lolong, Karanganyar, Pekalongan. Selain mencicipi manisnya buah durian, kita juga bisa menikmati wisata air seperti olahraga arung jeram di sungai yang terdapat di desa ini. Atau bisa juga melakukan river tubing yang bisa kita lakukan di Sungai Sengkarang.

2. Lokasi Wisata Curug Bajing

Tempat wisata Curug Bajing ini berada di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono. Untuk menuju kawasan wisata air terjun ini, kita tidak perlu menempuh perjalanan yang sulit. Karena medan yang terdapat di sekitar curug ini terbilang mudah untuk dilalui.

Di lokasi air terjun ini pengunjung akan disuguhi hijaunya pemandangan yang menyejukkan mata. Tidak hanya di sekitar air terjun namun juga di sekitar wilayah perjalanan menuju lokasi.

3. Tempat Wisata Pantai Pasir Kencana

Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Pasir Kencana kita hanya perlu menempuh perjalanan berjarak 4,5 km dari daerah kota atau stasiun kereta. Jika kita menyambangi destinasi wisata Pantai Pasir Kencana ini, selain menikmati keindahan deburan ombak dan hamparan pasir putih yang berkilau, kita juga bisa menikmati fasilitas permainan untuk anak-anak.

Pantai Pasir Kencana selalu dipenuhi pengunjung dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga terutama setelah Hari Raya Idul Fitri atau saat perayaan bulan Syawal.

Obyek wisata Pantai Pasir Kencana terletak dekat dengan tempat pelelangan ikan atau pelabuhan perikanan nusantara. Dengan luas pantai sekitar 1,5 hektar, objek wisata ini dikelola oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Jam buka lokasi obyek wisata Pantai Pasir Kencana ini dari jam 06.00-21.00 wib. Fasilitas di Pantai Pasir Kencana memang cukup lengkap ada mainana anak-anak, panggung terbuka, koleksi satwa taman untuk bersantai, becak air, café juga warung makan dan sebagainya.

Wisata lainnya di sekitar Pantai Pasir Kencana yaitu ada krematorium, pura, tambak, mangrove park serta aquarium ikan laut pelabuhan perikanan Kota Pekalongan.

4. Air Terjun Curug Muncar

Wisata air terjun Curug Muncar merupakan tempat wisaya alam baru yang bisa dikunjungi pada waktu kita lewat atau sedang berada di Pekalogan. Tempat Wisata air terjun Curug Muncar Pekalongan terletak di lereng Gunung Ragajambangan. Tepatnya di desa Curugmuncar Kecamatan Petungkriyoni.

Curug Muncar berada di ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke Curug Muncar diperlukan waktu kurang lebih 2 jam dari alun-laun Pekalongan dengan akses jalan yang tidak begitu mudah. Kita harus melewati jalan yang mendaki dan juga berkelok-kelok. Tapi seru pastinya.

Di Curug Muncar selain terdapat air terjun, di sini juga ada tersedia camping ground yang dilengkapi pendopo, toilet, tempat bermain dengan sumber air dari Rogo Jembarang yang memiliki 3 tingkayan yaitu Telogo Lumbu, Kalibanteng, dan Telogo Lawe dengan ketinggian air terjun 100 meter.

Masih banyak destinasi wisata lainnya di kota batik Pekalongan. Kalau kamu sudah ke mana saja saat mampir ke Pekalongan?

 

Comments

  1. Wah, saya belum pernah ke pekalongan nih mbak. Tapi berharap bisa segera keliling jawa nantinya,soalnya keluarga kami banyak disana.

  2. Saya cuman pernah lewat doang di Pekalongan Teh, padahal kalau saya lihat di peta, Pekalongan itu hanya sebuah kota kecil, ternyata destinasi wisatanya keren-keren ya, harus dicatat nih, kali aja kapan-kapan bisa berlibur di Pekalongan 🙂

  3. Waaah banyak ya ternyata destinasi wisata di Pekalongan, Teh Okti. Noted ah, siapa tahu kapan-kapan, kelak bisa ke Pekalongan.

  4. Aku belum pernah ke Pekalongan Mba..
    Asyik juga ternyata ya.. banyak tempat wisata yang gak jauh dari alun-alun kota Pekalongan.

    Nanti kalo ada kesempatan mIn ke sana, aku kunjungi Curug Muncar deh..

  5. Wah indahnya teteh. Aku ke Pekalongan numpang lewat aja pas ke Kudus. Dan baru tahu euy kalau ada banyak wisata alam Pekalongan yang sayang kalau terlewati.

  6. Ternyata di Pekalongan selain batiknya yang selalu mencuri hati, tempat wisatanya pun bagus ya teh. Sepertinya menambah list untuk destinasi wisata tahun ini yang akan aku datangi

  7. Wah, di Pekalongan banyak juga ya ternyata tempat wisata alam yang indah. Batiknya yang terkenal, ternyata membuat wisata alamnya gak banyak yang tahu. Atau memang aku ajanya yang kudet, ya. Hehehehe…

  8. Lokasi wisata Curug Bajiing nampaknya sudah tertata ya. Nyaman sekali lihat fotonya. Cantik. Terima kasih sudah merekomendasikannya Teh. Mana tau suatu waktu ada rencana untuk nyobain ajak keluarga wisata ke Pekalongan sekalian belanja batik.

  9. Aku belum pernah ke pekalongan, ternyata banyak objek wisata yang menarik ya teh. Pekalongan ini kampungnya sahabatku, jadi kalau dia mudik pasti aku selalu titip kain atau daster batiknya hehehe

  10. Aku belum pernah main ke pekalongan..
    Ini bagus2 smua ya mbak..
    Tapi cukup mrnantang scr fisik

  11. Aku pernah ke pekalongan kak okti waktu zaman kuliah. Seneng sama suasananya karena seringnya sepedaan dengan hamparan hijau dan hunting batiknya.

  12. Visya Al Biruni says

    Waaah banyak wisata airnya di Pekalongan yaah. Lokasinya ngga terlalu jauh dari Jakarta nih teh. Yang paling menarik menurutku air terjun Mancur hehe.

  13. Rekomendasinya soal curug lumayan juga nih Teh, pemandangannya apik apalagi pas lihat gambarnya yang menarik. Tinggal cari yang paling banyak Kuliner kesukaan dimana

  14. Ake belum pernah explore Pekalongan, teh..
    Hanya selewaatt aja…
    Semoga bisa main-main di curug yang cantik jelita di Pekalongan.

  15. Meilia wuryantati says

    Subhanallah keren2 banget yah.. belum oernah saya ke Pekalongan. Tahunya cuma batik nya aja. Kalau mudik sekedar lewat jalannya. Kapan2 pengen diagendakan nih kesana bareng keluarga

  16. Aku belum pernah ke pekalongan nih, ternyata ada banyak tempat wisata yang menarik banget buat dikunjungi ya. wajib bgt nih ke pekalongan

  17. Destinasi wisata yang ada di Pekalongan ini menarik sekali ya Mbak apalagi di curug muncarnya. Berasa pengen jalan2 ke sana juga deh 🙂

  18. Masyaalloh, betapa indah segala ciptaan Alloh pengeen suatu saat kesini mbak. Semoga ada rezeki bisa main ke Pekalongan

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: