Jobless No THR, Tips Ramadanku Tetap Produktif

1444 Hijriyah ini tahun ke-dua saya berstatus sebagai non pekerja. Otomatis kedua kalinya pula saya tak memiliki anggaran pemasukan dari THR. Sedih? Ada dong dikit. Tapi lebih besarnya ke survive supaya bisa tetap produktif hingga meski jobless tapi saya tetap bisa punya penghasilan.

Jujur sebagai ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan, mencari kerja seperti dulu cukup susah. Mau berbisnis atau berdagang, selalu gagal dan ujungnya tak menyenangkan. Pada dasarnya memang gak ada passion di sana kali ya.

Tips ketika sulit mendapatkan pekerjaan baru

Saya tidak ingin ngoyo. Bukankah hidup tetap harus berjalan? Yang bisa tetap saya lakukan, ya itu yang terus saya perdalam. Apalagi teringat petuah dari seorang blogger senior, dimana saya pernah meminta pendapatnya saat mengalami kesulitan mendapat pekerjaan baru.

Menurutnya penyebab orang tak lagi bekerja di tempat semula banyak faktor, mulai dari usia yang menua, tergantikan dengan generasi yang lebih mahir dan inovatif termasuk masalah lainnya.

Tips yang diberikannya simpel, tinggal perdalam ilmu yang berkaitan dengan media teknologi terbaru dan profesi kekinian. Itu saja.

Meski pada kenyataannya, ketika diberikan saran tersebut banyak yang mundur duluan karena udah males belajar. Jangankan untuk belajar lagi, yang ada pusing dan gak konsen karena kejar-kejaran dengan biaya hidup yang juga harus dipenuhi. Belum lagi urusan keluarga, bagi yang sudah berkeluarga seperti saya, ya kan?

Sementara disarankan cari kerja buruh kasar, yang tidak memerlukan skill juga tidak mau. Gengsi dan malas. Haha! Ada yang begitu?

Berkaca pada kondisi itu, saya bisa ambil pelajaran. Kita jangan terpaku dan mengharapkan hanya pada satu sumber. Karena who knows? Kapan pun perusahaan tempat kita kerja bisa bangkrut, kapan pun kita bisa digantikan orang lain, dan sebagainya.

Jadi, mengutip kalimat blogger senior di atas, selagi hayat di kandung badan, belajar lah apa pun yang bisa kita pelajari. Supaya saatnya tiba harus ninggalin kerjaan sekarang, sudah ada fondasi dan bekal pengetahuan serta ilmu lain yang bisa dijadikan sumber penghasilan.

Belajar lagi bisa dari berbagai sumber, mau kuliah lagi, kursus singkat atau belajar sendiri melalui tutorial online, dan sebagainya. Yang penting punya beberapa skill yang berbeda untuk berjaga-jaga.

Manfaat dari teknologi fiber optik dalam mendukung berbagai aktivitas

Saya harus bersyukur dengan adanya program internet masuk desa karena dengan adanya jaringan internet, meski tinggal di pelosok, saya bisa mensejajarkan diri dengan mereka yang tinggal di perkotaan.

Sejak tahun 2010 kami sudah berlangganan internet. Saat itu jaringan internet ke desa kami belum menggunakan jaringan fiber optik. Masih menggunakan kabel tembaga konvensional.

Fiber optik jaringan internet IndiHome

Semakin canggih teknologi dan meluasnya perkembangan jaman, seiring Telkom Indonesia  yang terus mengembangkan jaringan IndiHome ke seluruh pelosok Indonesia agar layanan koneksi internet cepat tersebut dapat dinikmati seluruh rakyat Indonesia, pelayanan internet masuk desa semakin maksimal setelah diganti ke jaringan fiber optik.

Fiber optik adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi. Teknologi ini tidak terpengaruh oleh cuaca, sehingga wilayah pedesaan seperti tempat saya tinggal sangat cocok dengan teknologi ini.

Geliat perekonomian di desa pun terlihat makin meningkat. Dengan koneksi internet yang menggunakan teknologi fiber optik sudah banyak membantu berbagai aktivitas sehari-hari kami. Seperti jual beli online makin lancar, kegiatan ngeblog semakin baik, dan promosi desa wisata makin terkenal.

Pernah dengar berita yang sedang viral, rumah panggung Abah Jajang yang ditawar seharga 2 M karena view yang cantik menghadap Curug Citambur?

Sebelum Kecamatan Pagelaran dimekarkan menjadi Kecamatan Pasirkuda, kampung tempat Abah Jajang tinggal adalah tetangga desa menginduk ke Kecamatan Pagelaran, tempat saya tinggal.

Siapa sangka, rumah Abah Jajang yang lebih pelosok dari rumah saya lokasinya itu, kini jauh lebih terkenal dan banyak dikunjungi netizen termasuk Gubernur Jawa Barat, Kang Emil.

Semua itu berkat kecepatan internet yang bisa diakses yang sudah sampai di desa kami sehingga dunia bisa menyaksikan bagaimana suasana rumah dengan pemandangan surga dunia versi netizen.

Viral, salah satu manfaat dari Internet IndiHome

Menikmati Akses Internet Cepat dan Efisien dengan Teknologi Fiber Optik

Saya pribadi banyak diuntungkan dengan adanya jaringan fiber optik ini. Pengguna internet sudah tahu lah, bagaimana kesalnya ketika menghadapi jaringan yang lola, alias loading lama, bukan? Setelah beralih ke jaringan fiber optik, permasalahan seperti itu tak lagi sering saya alami.

Banyak sekali manfaat dari teknologi fiber optik dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Pengalaman pribadi aja nih, dengan adanya akses internet yang cepat dan stabil itu, saya bisa menjalankan banyak aktivitas yang bisa menghasilkan cuan, meski saya diam di rumah saja sambil mengerjakan tugas ibu rumah tangga.

Manfaat Teknologi Fiber Optik dalam Mendukung Aktivitas Sehari-hari

Teknologi fiber optik memiliki banyak manfaat dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan akses internet dan telekomunikasi. Beberapa manfaat dari teknologi fiber optik yang saya alami, seperti :

Akses internet cepat dan stabil:

Memungkinkan saya sebagai pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet yang stabil, seperti streaming video saat ikut acara webinar dari kementerian dan instansi lain, atau konferensi video bersama kawan aktivitas buruh migran yang berada di beberapa negara di luar negeri.

Kirim data cepat dan efisien:

Kecepatan dalam mentransfer data yang jauh lebih tinggi daripada teknologi kabel tembaga konvensional membantu banget suami mengirimkan dokumen yang diperlukan untuk akreditasi, sertifikasi, dan urusan lainnya yang berkaitan dengan instansi tempat kerjanya.  Kini mentransfer file besar dan mengakses data dari jarak jauh bisa kami lakukan lebih cepat dan efisien.

Menggunakan aplikasi dan layanan digital lebih baik:

Menggunakan aplikasi Zoom, YouTube, dan Google Meet secara bersamaan kini gak lagi loading lama. Sangat menyenangkan saya bisa membuka sekaligus berbagai aplikasi dan layanan digital dengan lebih lancar dan tanpa hambatan.

Meningkatan produktivitas:

Dengan akses internet yang cepat dan stabil, saya dan masyarakat desa jadi bisa meningkatkan produktivitas dalam berbagai hal. Baik melakukan pekerjaan, jual beli bisnis online, mengirim email, menjalankan aplikasi bisnis, dan mengakses data dari jarak jauh.

Meski tinggal di pelosok Cianjur, masyarakat sudah bisa belanja apa pun termasuk gadget keluaran terbaru tanpa harus mengeluarkan ongkos lebih besar dan waktu lebih lama seperti kalau harus datang ke kota. Berkat adanya jaringan internet, masyarakat sudah bisa akses situs review gadget Pricebook sebagai situs perbandingan harga gadget yang berkualitas dan terpercaya.

Akses tontonan lebih baik:

Teknologi fiber optik yang dapat digunakan dalam mentransmisikan sinyal telepon dan televisi, mempermudah masyarakat dalam mengakses tayangan yang lebih baik dan lebih jelas baik saat berkomunikasi maupun menonton acara televisi.

Salah satu  internet provider yang menawarkan teknologi fiber optik yang sudah ada di tempat saya adalah Indihome dari Telkom Indonesia. Sebagai pengguna setia Indihome selama belasan tahun tentu saja saya dan keluarga sangat mengapresiasi hal itu.

Ramadan tetap produktif berkat internet IndiHome Indonesia

Kesimpulannya, dengan menggunakan teknologi fiber optik, saya dan masyarakat di desa ini sudah merasakan manfaat yang signifikan dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari belajar, bekerja, dan hiburan.

Ramadan kali ini boleh saja saya berstatus jobless no THR, tapi dengan adanya internet masuk desa, alhamdulillah, saya gak lagi mati gaya. Yang ada saya tetap bisa produktif dan punya penghasilan meski recehan. Setidaknya bisa diandalkan sebagai cadangan THR untuk anak dan keponakan.

83 thoughts on “Jobless No THR, Tips Ramadanku Tetap Produktif”

  1. Yup jaman sekarang ini bagi yang kreatif dan punya kemampuan untuk meningkatkan ketrampilan ada banyak cara yang bisa ditempuh, berkat koneksi internet kencang bisa mengakses berbagai macam kursus untuk meningkatkan ketrampilan.

    Ketrampilan meningkat, bisa buat cari cuan, jadi walau nggak dapat THR, aliran dana tetap mengalir

    Reply
  2. Emang betul sih, dengan jaringan internet yang cepat dan stabil, apapun bisa kita kerjakan dan rasakan kebermanfaatannya.
    Pilihan saya jatuh ke indihome yang terbukti jadi nomor 1 di Indonesia…

    Reply
  3. Di kantor saya, internetan pakai fiber optik IndiHome lancar banget gak pakai lama. beneran ya IndiHome sangat mengetahui kebutuhan pelanggannya sehingga jaringan internetnya pun menggunakan fiber optik

    Reply
  4. Kecepatan internet memang menjadi salah satu faktor koentjie supaya kita tetap bisa produktif dan tetap bisa menghasilkan cuan. Tetap semangat mba..

    Reply
  5. mbaa ini aku banget deh, habis resign bbrp saat lalu, pengen cari kerja lg tapi masih sulit ninggal si bungsu.
    cuma bisa kadang-kadang aja yg ga rutin. means aku harus cari kerjaan yg waktunya fleksible.

    setelah bikin usaha sendiri, aku jg suka ikut kelas malam buat nambah skill. berharap bisa makin banyak ilmu buat kerjaan online šŸ™‚
    malam2 enak bgt kalau belajar gitu, pakai indihome sat set jaringannya

    Reply
  6. Masya Allah – definisi : rejeki ngga pernah tertukar ya teh Okti
    Aku jadi ketawa sendiri, status aku saat ini yang sedang mati gaya – itu sama dengan jobless no THR,

    Untunglah ada internet cepat sehingga bisa mencari cuan dengan berbagai cara!

    Reply
    • Wah aku juga baru tahu dengan fiber optik, kecepatan 1 cahaya setara dengan 300.000 km/detik,

      jadi, dalam satu kedipan saja, data yang ditransmisikan sudah melaju sejauh 300.000 km. so, nggak sampai 3 detik data dari Jakarta sudah sampai Malang jika ditransmisikan dengan fiber optik.

      Reply
    • Iya Mbu. Kapan Ambu ke sini? Bunda Elisa Koraag dan keluarga, sudah pernah ke Curug Citambur jauh sebelum Abah Jajang ini terkenal. Sekarang semakin banyak orang kota yg main ke pelosok sini setelah tahu bagaimana pelosok nya kami, melalui internet ini, hehehe

      Reply
  7. Resogn dari tempat kerja bukan berarti gak produktif, karena jaman now bekerja bisa kok dari mana aja gak mesti harus ke kantor. Apalagi punya jaringan internet jadi memudahkan, bukan?

    Reply
  8. Sekarang memang udah mudah sekali mengakses internet walaupun kita tinggal di pedesaan. Aku pun jg lagi stay di rumah ibu cukup pedalaman juga. Tapi aku masih bisa akses internet dengan baik, berkat teknologi fiber optik, salah satunya IndiHome. Bisa bantu para ibu bekerja di rumah lebih produktif

    Reply
  9. Bener banget Teh. Seperti kata pepatah, sumur rejeki, meskipun tak dalam, akan lebih baik jika berasa dari lebih satu sumber. Setidaknya ya itu, jika satu sumur kering, kita bisa berusaha, menggayung air rezeki di sumur yang lain.

    Semoga dengan hadirnya fiber optik yang jempolan, bisa memungkinkan kita mencari sumur rezeki yang lain itu ya. Off-line maupun on-line. Yang penting tidak lelah berusaha di jalan yang halal.

    Reply
  10. Di zaman kayak sekarang mah, internet super ngebut itu udah jadi kebutuhan ya, Teh. Jangankan untuk orang kota, kita aja yang di kampung, perlu banget. Apalagi yang memang kuli online kayak kita. Tanpa internet cepat, melayang deh cuan, ya.

    Reply
  11. Sekarang ngak ada alasan lagi buat ngak produktif meskipun di rumah aja, apalagi kualitas internet cepat sekarang makin keren berkat fiber optik dan IndiHome menjadi salah satu ISP yang tidak hanya memberikan layanan akses internet cepat tapi juga hiburan yang berkualitas serta kemudahan mengakses berbagai informasi yang harusnya bisa bikin kita makin produktif.

    Reply
  12. IndiHome ini emang gak diragukan lagi, dengan jaringan fiber optiknya yang maksimal tentu bikin kecepatan dan kestabilan internet makin kencang..mantap nih dan dicoba di kantor saya.

    Reply
    • Nikmatnya bekerja dengan jaringan fiber optik yang bikin jaringan internet cepat dan stabil.
      Jadi pekerjaan cepat selesai dan bisa lebih produktif melakukan pekerjaan selanjutnya.

      Reply
  13. Wah, samaan nih Teh. Saya pun sedang berjuang mencari peluang dari rumah. Semoga kita semua tetap semangat belajar dan berjuang.
    Teknologi zaman sekarang memang canggih dan banyak manfaatnya, dengan fasilitas fiber optik seperti milik Indihome, kisah seperti rumah Abah Jajang pun bisa cepat diketahui orang banyak ya.

    Reply
  14. salah satu keunggungan jaringan fiber optik ini, bisa menjangkau seluruh pelosok ya kak. Jaringan juga memiliki kecepatan tinggi. Pilihan tepat, berkatnya mendukung procuktivitas sehari-hari

    Reply
  15. Alhamdulillah ya, Teh, dengan koneksi internet yang menggunakan teknologi fiber optik sudah banyak membantu berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk kerjaan online seperti yang kita tekuni.
    InsyaAllah meskipun gak dapat THR seperti para pegawai tetapi bisa tetap dapat cuan berkat jaringan internet yang mendukung produktivitas kerja.

    Reply
  16. Udah waktunya THR an ya, mbak. Semua sudah ada rezekinya sendiri. Paling penting tetap ikhtiar insya Allah lebih dari cukup. Biar produktif manfaatkan saja internet yang cepat dan stabil. Seperti IndiHome yang sudah menggunakan fiber optic.

    Saya sangat merasakan perbedaan antara semasa pakai kabel tembaga dengan yang menggunakan fiber optic.

    Reply
  17. Aku banget neh, belajar lagi rasanya tak mampu, tapi butuh duit untung ada indihome jadi tetap bisa cari peluang dengan internet yg cepat dan stabil

    Reply
  18. Aku juga tipikal gak ngoyo, teh..
    Jadi makin ke sini, makin terpetakan apa yang aku butuhkan selain pekerjaan, tentu kebahagiaan saat melakukannya.
    Dengan memanfaatkan jaringan fiber optik, semoga pekerjaan tetap lancar dan terhubung sampai seluruh dunia.

    Reply
  19. Banyak jalan untuk meraih rejeki ya teh, selain berkomunitas menambah teman, menjelajahi internet dengan dukungan yang mumpuni seperti fiber optik ini juga patut diancungi jempol supaya makin belajar dan menambah skill, cuan pun mengalir

    Reply
  20. Internet cepat dan stabil seolah menjadi kebutuhan primer di era digital saat ini ya, Teh.
    Memang, untuk hidup yang lebih produktif, kita harus pintar2 mencari celah dan peluang aktivitas yang bisa menghasilkan cuan, meski dari rumah saja. Misalnya berjualan online.

    Reply
  21. Aku pun sebenarnya udah nggak punya THR Teh. Mudah-mudahan Allah cukupkan buat yang lagi mencari nafkah buat keluarga. IndiHome dengan teknologi fiber optiknya pantas saja menjadi rekomendasi internet cepat di Indonesia.

    Reply
  22. Alhamdulillah internet sudah masuk pedesaan ya, Mbak. Jadi peluang untuk usaha lebih terbuka lebar. Misalnya bisa jualan produk online juga. Termasuk bisa menambah pengetahuan untuk meningkatkan usaha. Walau tinggal di desa, tetap produktif dan menambah penghasilan.

    Reply
  23. Semangat Teh Okti, rezeki Allah itu luas dan bisa dijemput melalui media apa saja yang penting sudah ikhtiar seoptimal mungkin
    Apalagi saat ini dengan adanya internet, semakin banyak pekerjaan yang dilakukan secara daring

    Reply
  24. Wah semangat mbak, keberadaan jaringan internet cepat seperti IndiHome sangat membantu siapa yang yang ingin mencari sumber penghasilan baru, bahkan ada banyak pekerjaan yang lumayan menghasilkan dan bisa dikerjakan dari mana saja serta kapan saja, semua ini berkat kemajuan teknologi dan internet cepat lho. Apalagi sudah didukung kualitas jaringan fiber optik.

    Reply
  25. Makanya Indihome cepet banget, super kenceng. Yah emang udah pake teknologi fiber optik sii. Semoga semakin bisa memperluas jaringan hingga pelosok negeri biar makin merata dan merasakan manfaatnya. Jadi makin mudah cari kerja lewat onlen.

    Reply
  26. Halo Teteh. Tetap semangat ya untuk selalu produktif. Bener deh kalau ada jaringan internet yang stabil dan handal ini sangat dibutuhkan sekali dalam kegiatan sehari-hari

    Reply
  27. Makanya ya. Sodaraku yang pake IndiHome nggak pernah mengeluh internetnya lemot atau apalah gitu. Ternyata emang fiber optik bikin jaringannya nggak terkendala sama cuaca. Mantap.

    Reply
  28. I feel you Mbak. Aku pun tinggal di desa dan memang cukup jadi PR kalau mau kerja jadi karyawan yang pergi pagi pulang sore apalagi usia juga udah gak muda. Jadi bersyukur banget karena ada internet. Memang sih kita tetap kudu upgrade ilmu biar tetap bisa mengejar apa yang ada sekarang ini, mengikuti perkembangan zaman

    Reply
  29. Adanya internet IndiHome yang menggunakan fiber optik, koneksi internet kian lancar, dan mudah untuk koordinasi atau kirim file. Apalagi buat yang kerja dari rumah. Koneksi internet adalah hal utama.

    Reply
  30. Jaringan fiber optic IndiHome yang stabil, sudah membantu sekali bagi saya agar tetap produktif di rumah. Cari ide tulisan, baca-baca informasi terbaru, cari referensi resep masakan yang enak-enak, atau cari ide bermain bersama anak.

    Reply
  31. Keberadaan internet memang bikin di manapun akhirnya bisa mengakses informasi sekaligus mendapatkan pekerjaan ya kalau di masa2 skrng ini.
    Kalau jaringan internet pakai fiber optik biasanya jarang ada gangguan, sehingga aktivitas atau pekerjaan pun lebih lancar ya.

    Reply
  32. Dengan adaya teknologi internet, kita semua bisa tetap produktif dari rumah ya…
    Meskipun sudah resign, saya juga tetap bisa dapat penghasilan dengan memanfaatkan internet. Apalagi didukung dengan internet cepat dan stabil dari IndiHome.

    Reply
  33. Spt curhatan tmnku krmn suami pensiun dia bingung mau usaha apa, kalau jualan modal gedhe sewa tmp dkk….
    Aku bilang jualan tanpa modal.aja jd reseller atau suka.posting hsl karya kue ke sosmed dkk memaksimalkan teknologi ajaa….

    Kebetulan dia gaptek sih jd kudu mau belajar hari ginii jgn males buat belajar yaa…

    Reply
  34. Relate banget sama aku, Teh. Jobless mah enggak, tapi untuk standar hidup biasa aja di tempatku, asli udah babak belur. Alhamdulillah, masih bisa akses internet jadi masih bisa cari tambahan sana-sini.

    Btw, aku nggak pengen ke rumah Abah Jajang. Pengennya ke rumah Teh Okti, trus kita barengan ke rumah Abah Jajang. Hehe… Sarua we ieu mah.

    Reply
  35. Saya pun tahun ini masuk Lebaran ke-4 jobless tanpa THR Teh, tapi tetap Alhamdulillah disyukuri, anggap aja kalau ada fee ngeblog cair jelang Lebaran itu sebagai THR, Alhamdulillah.
    berkat internet masuk desa dan sudah menggunakan fiber optik, gak perlu worry lagi ya kalau mudik, karena tetap bisa terhubung dengan internet dong šŸ™‚

    Reply
  36. Bersyukur akses internet saat ini sudah sampai ke pelosok, zaman dulu mau internet kudu ke warnet, sekarang cukup dari rumah. IndiHome salah satu yang memberikan akses internet hingga sampai ke pelosok, terus koneksinya cepat juga karena menggunakan teknologi fiber optic

    Reply
  37. Kalau di daerahku, ada pepatah lama, “Ora obah, ora mamah,” yang artinya, “Enggak gerak, enggak makan,”

    Jadi, apa pun backgroundnya mau kerja di mana. Selama kita gerak, berusaha, pasti bisa. Apalagi di jaman sekarang yang udah disupport teknologi dan internet kenceng, udah pasti memudahkan kita dalam menghasilkan cuan.

    Reply
  38. Kecepatan internet dengan fiber optik ini pastinya membuat semuanya lebih mudah dan banyak masyarakat yang terbantu terutama yang bekerja dengan bantuan internet, atau yang jobless juga bisa mencari dan mengirimkan lamaran melalui internet

    Reply
  39. Beneran deh, keberadaan internet telah menyingkap harta karun di berbagai wilayah yg dulunya hanya dinikmati masyarakat lokal saja, sekarang bisa mendunia. Semua berkat teknologi fober optk yg bisa menjangkau daerah terpelosok.

    Reply
  40. Berkat internet aku tetap bisa cari penghasilan tambahan, btw pernah lihat video orang nyambung kabel fiber optik dan kabel inti nya sangat halus dan harus pake alat khusus agar berfungsi dg baik

    Reply
  41. nyari kerjaan yang bersentuhan dengan teknologi internet udah jadi pilihan tepat sih menurutku, melihat kondisi sekarang yang serba digital. meski untuk itu emang gak tentu dan butuh effort luar biasa. tapi kalau konsisten pasti bisa dan kerjaan seperti ini bisa jadi kerjaan utama juga. untungnya ada IndiHome nih yang bantu pekerja digital terus dapat berkarya dan bekerja

    Reply
  42. Mengasah skill terus efektif banget ya Teh buat meningkatkan performa sebagai freelancer. Tetap semangat Teh… Insyaallah rezeki dr Allah SWT akan mengalir terus bagi hamba-Nya yg mau berikhtiar.

    Reply
  43. Baca cerita teh Okti, aku jadi inget adikku yang tinggal di Kabupaten Malang.
    Daerahnya jauh banget dari Malang Kota. Sehingga sulit mau ke rumah adek tanpa punya kendaraan sendiri. Namun karena adanya teknologi fiber optik ini, maka adek bisa bisa menikmati nyamannya internet cepat dan bisa digunakan untuk berjualan online.

    Alhamdulillah banget bersama IndiHome.

    Reply
  44. Internet tuh emang mempengaruhi semua segi kehidupan ya mak, terumatama buat blogger freelancer kaya kita nih. Emang butuh banget internet yang mumpuni yaaa

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: