Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) untuk Kesehatan

Inilah 3 Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) yang Baik untuk Kesehatan

Sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia secara luas, jinten hitam memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mungkin bagi yang belum tahu jinten hitam itu hanya sebagai bumbu yang bisa digunakan untuk keperluan memasak saja. Padahal pada kenyataannya manfaat jinten hitam sangat banyak dan tidak hanya bisa digunakan untuk memasak saja. Banyak yang percaya dan yakin bahwa kandungan di dalam jinten hitam bisa digunakan untuk obat herbal alami yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Gambar sumber herbana.id

Jinten hitam atau yang sering disebut dengan habbatussauda memang sudah lama sekali dikenal sebagai obat herbal alami. Jadi memang manfaat tanaman ini sudah tidak diragukan lagi. Telah banyak dilakukan penelitian dan hasilnya menyatakan bahwa memang jinten hitam ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan. Ya, jinten hitam bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Penelitian telah dilakukan dan memberikan bukti bahwa jinten hitam memang memiliki kandungan berbagai macam zat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.

Tidak hanya itu saja, jinten hitam juga memiliki efek antibakteri yang sangat bagus untuk tubuh. Yakni bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan bisa juga digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Khasiat itu didapatkan dari jinten hitam karena adanya kandungan thymoquinone (TQ) yang memang sudah ada di dalam jinten hitam dengan kadar cukup.

Baiklah, untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat yang bisa di dapatkan dari jinten hitam untuk kesehatan, berikut ini penjelasan jinten hitam bisa mengobati penyakit apa saja

• Obat untuk kolesterol tinggi

Jinten hitam bisa digunakan untuk keperluan kesehatan yakni untuk mengobati penyakit kolesterol tinggi. Pada dasarnya kolesterol itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi kalau jumlahnya sangat tinggi dan berlebihan maka tidak bagus untuk kesehatan. Yang ada malah jadi salah satu sumber berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh dan nyawa. Untuk itu, jika ada masalah dengan kolesterol yang tinggi, maka bisa memanfaatkan jinten hitam sebagai obatnya.

Caranya konsumsi saja jinten hitam. Bisa dicampur dengan masakan, atau minuman. Biar lebih praktis, ada kok jinten hitam berbentuk kapsul. Bisa diminum sesuai anjuran.

 

• Menjaga kadar gula darah dalam tubuh

Apabila seseorang memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi maka akan timbul penyakit yang cukup serius yakni diabetes. Gejala dari penyakit ini adalah seperti sering haus, mudah sekali lelah, dan sangat sulit untuk bisa konsentrasi. Padahal jika diabetes tidak diobati secara rutin dan obat yang dipilih tidak tepat maka bisa menyebabkan kerusakan syaraf. Salah satu obat yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah adalah jinten hitam ini.

Caranya hanya dengan konsumsi jinten hitam beberapa minggu saja, kadar gula darah dalam tubuh insyaallah bisa turun.

Gambar sumber herbana.id

 

• Mencegah kanker

Tahukah bahwa jinten hitam juga bisa digunakan untuk obat kanker? Adanya kandungan thymoquinone di dalam jinten hitam tersebut menurut hasil penelitian merupakan salah satu obat antikanker. Di dalam kandungan thymoquinone mengandung senyawa yang sangat bagus untuk melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Dan tidak hanya itu, jinten hitam juga bisa digunakan untuk menyembuhkan tumor yang sudah ganas.

Konsumsi zat thymoquinone yang terdapat di dalam jinten hitam sesuai dengan aturan yang disarankan oleh dokter.

Jinten hitam dari herbana.id

Gambar sumber herbana.id

 

Manfaat jinten hitam seperti yang sudah disebutkan di atas memang hanya sebagian kecil saja dari khasiat obat herbal terkenal sejak jaman Rasulullah ini. Karena pada dasarnya khasiat dari jinten hitam ini masih banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Oleh karena itu, jika sedang mencari jinten hitam yang ingin digunakan untuk obat menyembuhkan penyakit kita bisa mendapatkan jinten hitam di Herbana.id. Coba deh kunjungi websitenya. Di Herbana.id kita bisa mendapatkan jinten hitam kualitas terbaik dengan harga cukup terjangkau.

 

Comments

  1. Aku malah pernah dengar bahwa suplemen habbatussauda bisa membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh. Bagusnya lagi, para partisipan dalam riset bahkan tidak merasakan adanya efek samping dari penggunaan suplemen ini, ngga mules atau buang air kecil atau keringat berlebihan.

    Bahkan ada riset dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders yang menyimpulkan bahwa minyak jintan hitam berpotensi digunakan untuk mengatasi masalah obesitas!

  2. Sejujurnya aku belum pernah melihat langsung wujud dari jinten hitam, tapi aku percaya tanaman hebat ini kaya manfaat dan sudah terbukti berkhasiat. Asalkan rutin dan sesuai anjuran minum ya teh.

  3. habatussaudah ini emang uda terkenal bagus buat menjaga daya tahan tubuh teh, aku minim rutin 2x sehari
    alhamdulillah jarang sakit

  4. Baru tau kalo habbatussauda adalah jinten hitam, bisa untuk masak teh?
    Walau untuk mendapat khasiat emang lebih enak dalam bentuk pil ya?

  5. Eh di atas ditulis bisa untuk bumbu masak juga, he he he maaf teh Okti
    Karena jinten yang ada di pasaran warnanya bukan hitam, jadi penasaran rasanya, apa sama dengan yang selama ini saya pakai

  6. Menyenangkan mengkonsumsi herbal panduan alami menyehatkan, semangat untuk membiasakan herbal untuk sehat

  7. Ternyata banyak juga khasiat dari habtussaudah ini ya mba. Oia, aku juga pernah dengar habatusaudah ini juga dipakai sebagai bahan kecantikan. Terima kasih sharing informasinya.

  8. Fenni Bungsu says

    Makanya jinten hitam ini kerap menjadi kandungan produk herbal, maupun kecantikan karena manfaatnya yang baik untuk asupan di anggota tubuh kita.

  9. Tersedia dalam berbagai bentuk ya mba ini. Bisa beli yang masih bubuk, bisa dalam bentuk kapsul, dan ada juga minyaknya. Saya masih ada tuh di rumah dalam bentuk kapsul. Memang saya gak rutin minum setiap hari, tapi dalam seminggu pasti saya minum 1 atau 2 hari. Sekali minum itu 2 kapsul. Manfaatnya tentu saja sangat bagus buat daya tahan tubuh.

  10. Semangat banget kluarga aku konsumsi jinten hitam ini Mba
    Karena khasiatnya udah terbukti bgt sihh
    Bermanfaat utk kesehatan ya

  11. aku baru ngeh masa teh ternyata habattussauda teh ternyata jinten hitam, tapi memabg kandungannya berkhasiat banget dan banyak dipakai diproduk2 suplemen jadinya kan, bagus buat jaga imun tubuh juga

  12. Aku juga konsumsi ini mbak, untuk menjaga daya tahan tubuh. Eh penasaran dengan yang berbentuk minyak, belum pernah lihat.

  13. Betul banget teh, syariatnya dulu saya pernah sakit kelenjar teriod dan salah satu obat yang saya konsumsi saat itu adalah jintan hitam ini, tapi bukan minyak melainkan gel, memang agak mahal sih, tapi khasiatnya alhamdulillah terasa banget.

    sampai sekarang saya masih konsumsi jintan hitam, baik yang serbuk di kapsul atau di campur di makanan, malah kalau saya makan mie rebus pakai, sayur, pakai telor, plus pakai jintan hitam, lebih maknyok rasanya…

Leave a Reply to tetehokti Cancel reply

*

%d bloggers like this: