Manfaat Smoothie Kurma

Amalan Dianjurkan Saat Ramadan

Banyak dikisahkan dan selalu jadi bahasan utama jika saat bulan suci Ramadan, ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan seperti:

  • Membaca Al Quran
  • Sedekah
  • Memberi makan orang lain untuk berbuka puasa.
  • Memperbanyak doa
  • Salat malam atau qiyam Ramadan
  • Berbuka puasa dengan memakan kurma

Memang ya paling khas saat bulan puasa itu adanya buah khas Timur Tengah yaitu kurma (Phoenix dactylifera). Malah dulu mah identik kalau buah kurma adanya ya saat bulan puasa. Meski sekarang kapan dan dimana pun kita bisa memakan kurma. Tidak harus menunggu bulan puasa saja.

Kurma memang menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain karena rasanya yang manis, kurma juga memiliki banyak khasiat.

Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini juga memiliki berbagai macam jenis. Ada kurma barhi, deglet noor, halawy, khadrawy, medjool, thoory dan lainnya.

Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan makan buah kurma sebanyak bilangan ganjil seperti satu butir, 3 butir, tujuh butir dan seterusnya. Meski bentuknya mini, kurma ini sangat baik untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa.

Menurut pakar kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, elektrolit, mineral, dan kalori yang baik untuk tubuh.

Menurut Prof Ari dalam acara webinar daring beberapa waktu lalu yang diikuti masyarakat umum, kurma mengandung karbohidrat yang kompleks. Kurma mengandung serat, mengandung mineral sehingga sangat ideal jika berbuka dengan buah kurma.

Memang tidak salah sesuai dengan anjuran nabi yang selalu dijelaskan oleh guru mengaji maupun para da’i untuk berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma ini ya…

Seperti buah pada umumnya selain mengandung karbohidrat kurma juga mengandung air, kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma sangat baik untuk penderita kencing manis, karena manisnya alami dan tidak mengandung gula kadar tinggi seperti buah-buahan pada umumnya.

Ada banyak manfaat kurma seperti membantu pencernaan sehingga bebas dari masalah konstipasi, membantu memperlancar kinerja jantung, baik untuk penderita anemia, membantu yang memiliki disfungsi seksual kembali berfungsi, mengobati diare, dan masih banyak lagi.

Umumnya buah kurma dimakan secara langsung. Namun jika bosan dengan makan buah kurma begitu saja, kita bisa mengolah kurma menjadi sajian yang lezat dan enak.

Saya nyontek dari resep teman-teman di Cookpad, ada cara menghidangkan kurma yang enak tapi sederhana dan cepat disajikannya.

Seperti apa resepnya? Ini dia…

Smoothie Pisang Kurma untuk Berbuka

Bahan:

– 2 buah pisang

– 6 kurma-

– lemon kalau suka

– 2 sdt biji selasih

– 500 ml susu cair full cream

– kayu manis bubuk kalau ada secukupnya. Saya skip ini

– es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong kurma sesuai selera, sisihkan.
  2. Kembangkan biji selasih dengan air.
  3. Campur pisang, kurma, air lemon, susu, selasih, seujung sendok teh kayu manis (jika ada) dan es batu pada blender. Lalu blender sampai lembut. Cek rasa. Kalau sedang berpuasa kita perkirakan aja ya.
  4. Tuang ke gelas tabur toping apa saja sesuai selera. Sajikan dengan tambahan es batu atau dinginkan dulu di kulkas sebelum dinikmati.

Manfaat makan kurma saat buka puasa ialah sebagai pengganti sumber energi yang hilang selama beberapa jam kita tidak mendapatkan asupan. Saat berpuasa, nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh beraktivitas berkurang karena tidak adanya asupan makanan yang kita konsumsi. Nah untuk menggantikan dengan cepat bisa dengan nutrisi yang terkandung pada buah kurma ini

Manfaat makan kurma saat buka puasa lainnya juga bisa melancarkan pencernaan, dan menjaga kekebalan tubuh. Ini sangat dibutuhkan terlebih musim pandemi seperti yang terjadi beberapa tahun terakhir ini.

Ibarat obat, buah kurma memang banyak direkomendasikan bisa membantu mengembalikan kesehatan manusia. Wallahualam…

33 thoughts on “Manfaat Smoothie Kurma”

  1. Sebuah ide untuk orang2 yang nggak suka makan kurma kayak aku. Dibikin smoothies pasti segar dan manis yaa buat buka puasa cocok bgt.

    Reply
  2. Cuma kalo makan kurma di luar bulan puasa, kayak ada yang kurang ya, hehehe… Saya juga suka ngemil kurma nih, terutama saat bulan puasa. Tapi belum pernah nyobain diolah dengan cara smoothie. Makasih atas infonya sekaligus resepnya. Mantap artikelnya Teh Okti…

    Reply
  3. Bagi daku kurma bukan sekadar buah, tapi obat yang pas biar gak kambuh mag nya saat puasa. Makanya seneng kalau ada kurma

    Reply
  4. Waaah resepnya bisa dicontoh nih kak…secara kurma memang bisa dijadikan makanan pembuka saat berbuka puasa ya. Kalau dibuat smoothie seperti ini pastinya lebih mengenyangkan dan menyehatkan ya.

    Reply
  5. Hooh, Kak. Dulu rasanya nemu kurma cuma pas Ramadhan aja. Sekarang mah nggak. Kita bisa dapat kurma di luar bulan Ramadhan.

    Kak, misa kurmanya ditambah satu atau dikurangi satu gimana? Apa ada bahan yang perlu ditambahkan?

    Reply
    • Pada dasarnya tidak ada aturan khusus. Bisa disesuaikan dengan selera masing-masing saja. Sunnah Rasul memakan kurma dengan jumlah ganjil. Jadi itu lebih baik sesuai keyakinan

      Reply
  6. Wah, smoothie ini enak banget.. Apalagi untuk mengenyangkan perut saat berbuka ya.. Oya, resep ini 2 buah pisang untuk brp porsi gelas ya? Penasaran pingin buat jg nih..

    Reply
    • Sekitar dua gelas. Keluarga saya ada tiga orang jadi saya pakai gelas kecil, jadi bisa dibagi tiga. Anak saya ga begitu suka yg manis soalnya

      Reply
  7. zaman hamil anak pertama dlu pasti kalau puasa konsumsi kurma kayak gini mba diselang seling temennya apa kadang pisang, kadang juga susu atau kadang dimkan langsung. Buahnya seger dan banyak manfaat juga

    Reply
  8. hamil anak pertama dlu pasti kalau puasa konsumsi kurma kayak gini mba diselang seling temennya apa kadang pisang, kadang juga susu atau kadang dimkan langsung. Buahnya seger dan banyak manfaat juga

    Reply
  9. Terlihat yummy sekali, Teeeeh. Btw, kalau susu full cream-nya diganti susu kedelai gitu bisa juga kali, ya? Aku nggak kuat minum susu full cream soalnya.

    Reply
  10. Wah, resepnya saya izin atm ya, mbak. Kebetulan ada challenge untuk membuat makanan atau minuman dari kurma. Alhamdulillah saya membaca tulisan mbak ini. Bisa deh, buat dicoba dan diikut sertakan di challenge nanti. Izin atm ya, mbak. Semoga dirimu berkenan dan mengizinkan.

    Reply
  11. Wuih resepnya boleh dicoba nih, praktis juga! Alternatif buat klo ud bosen ama smoothie stroberi, or cokelat. Smoothie kurma boleh dicoba!

    Reply
  12. Dari kurma sebenernya bisa jadi banyak olahan yaa mbaa, karena ngga suka kurma biasanya aku minum air rendamannya aja. alhamdulillah bisa lebih bertenaga pas puasa

    Reply
  13. Pisang buah kurma enak kayaknya. Saya biasanya minum susu kurma. Kalau kurma aja juga aaya makan pas buka puasa Kayaknya kalo lemes makan kurma insyallah kembali tenaganya

    Reply
  14. Smoothie kurma tanpa pisang sudah pernah nyoba, kalau yang ditambah pisang kayaknya makin wangi nih. Apalagi pakek pisang ambon yang manis wangi itu. Selain bagus untuk pencernaan dan full nutrisi, aromanya juga sangat menggoda.

    Reply
  15. Banyak sekali manfaatnya konsumsi kurma.
    Yang paling aku rasakan adalah dengan konsumsi kurma sebelum shaum (di saat sahur) dan saat berbuka puasa, membuat puasa menjadi lebih mantap. Hehhee…manis dan mengenyangkan.

    Reply
  16. Kurma ini buah kecil yg kaya manfaat kesehatan. Cara makannya pun bisa dengan bebas. Dari yang langsung dimakan, dibuat minuman, dibuat campuran kue. Enaak semuanya.

    Betul banget, sekarang mah nyari kurma mudah banget meskipun bukan Ramadan. Dan saat Ramadan datang, buah kurma melimpah.

    Reply
  17. Kurma ini buah kecil yg kaya manfaat kesehatan. Cara makannya pun bisa dengan bebas. Dari yang langsung dimakan, dibuat minuman, dibuat campuran kue. Enaak semuanya.

    Betul banget, sekarang mah nyari kurma mudah banget meskipun bukan Ramadan. Dan saat Ramadan datang, buah kurma melimpah..

    Reply

Leave a Reply to hallowulandari Cancel reply

%d bloggers like this: