Wisata Umbul Ponggok

Mengulik Wisata Umbul Ponggok yang Lebih Seru dari Bunaken

 

Eh, pernah merasa penasaran gak sih dengan banyaknya gambar wisata di Umbul Ponggok yang berseliweran di timeline media sosial? Saya sih iyes. Yang bikin menarik dari wisata ini karenakan kita bisa diving atau snorkeling bukan di laut, melainkan di kolam mata air alam. Bahkan, kita bisa melakukan sesi foto underwater yang terbilang unik.

https://www.instagram.com/p/BePJtb6DyWS/?igshid=1s5swas99ellb

Untuk melengkapi informasi tentang Umbul Ponggok, sengaja saya saved dimari nih, biar pas saya perlu, bisa cepet nyimak info selengkap-lengkapnya.

Selayang Pandang Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan wahana air kekinian yang pertama dengan sensasi menyelam di mata air alami. Airnya yang jernih dan dingin bikin tubuh kita jadi semakin segar. Tempat wisata ini sudah eksis sejak 8 tahun yang lalu lho. Sampai sekarang pengunjung selalu datang membludak. Khususnya para penggiat media sosial, ya pastinya biar bisa menghasilkan foto bawah air yang instagenic.

Fasilitas yang Tersedia

Tempat wisata ini didukung dengan berbagai fasilitas penunjang. Apa saja fasilitasnya?

● Alat Snorkeling
● Penyewaan Kamera Underwater
● Wahana Permainan
● Paket Diving

Jam Buka dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Wisata air yang menarik ini bisa kita datangi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Paling cocok jika  datang saat cuaca sedang cerah, sehingga yang foto-foto yang dihasilkan pun lebih jelas.

Selama jam operasionalnya, kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru. Aktivitas tersebut meliputi:

● Melakukan Snorkeling dengan Pemandangan Bawah Air yang Kece

Saking indahnya bawah laut Umbul Ponggok, sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini layak disejajarkan dengan Bunaken. Jangan kaget ada banyak orang terheran-heran dengan air yang jernih dengan ikan kecil menggemaskan. Meskipun tidak terdapat terumbu karang, tetapi akan tergantikan dengan wahana seperti jemuran, kursi, dan sepeda motor.

https://www.instagram.com/p/Bx_u-ZFgraX/?igshid=a1lilzhia2vg

● Berfoto di Bawah Air dengan Berbagai Set

Tak hanya snorkeling saja, pengunjung pun bisa mengabadikan momen dengan berfoto. Lengkapi keindahan dengan berbagai set yang tersedia. Kalau  tidak cukup berani untuk menelusuri bawah air, akan dipandu oleh pembimbing standar internasional.

https://www.instagram.com/p/BrrHEb9B8Tc/?igshid=1i4kgcertpsnd

● Menyewa Perahu Pada Pinggir Kolam

Kalau tidak ingin berbasah-basahan, bisa kok cukup mengelilingi kolam menggunakan perahu saja. Ya, meski kolamnya kecil, tetapi kita tetap bisa menikmati keseruannya kok…

https://www.instagram.com/p/BQ6cXcEjUme/?igshid=jerixvh9hqsi

Lokasi dan Rute Menuju Umbul Ponggok

Alamat Umbul Ponggok ada di Desa Ponggok, Polan Harjo. Lebih detailnya lagi ada di Jalan Delanggu Polanharjo. Masuk ke Kabupaten Klaten, Jateng. Namun, kalau datang rombongan tidak bisa mencapai lokasi dengan bus, ya. Jadi, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Kalau memulai perjalanan dari Jogja, bisa pilih arah jalan yang menuju Klaten. Setelah sampai di Gor Klaten, ikuti saja jalan ke Karanganom. Nanti akan ketemu papan petunjuk, nah ikuti saja sampai ke Umbul Ponggok.

Harga Tiket

Setelah tahu keseruan yang akan kita lewati di tempat wisata ini, pastinya penasaran dengan harga tiketnya, kan? Tenang. Nih sudah ada berapa harga tiket Umbul Ponggok 2019 di bawah ini:

Tempat menarik ini memang sangat sayang kalau kita lewatkan begitu saja. Tak lengkap juga pergi ke Yogyakarta tanpa mampir ke Klaten. Ya kan? Karena itu pastinya butuh beberapa hari deh untuk meng-explore Yogyakarta. Tapi tenang, kita bisa cari akomodasi terdekat untuk menginap hanya di Traveloka.

Artis kekinian seperti Irfan Hakim, sampai aktris senior Meriam Bellina dan lainnya saja mereka pernah kok ke Umbul Ponggok, masa kita ketinggalan ya? hahaha…

Jadi sengaja informasi ini gak hanya saya simpan sendiri, tapi saya share dimari. Please! Bagikan juga dengan teman-teman di media sosialmu, ya!

 

87 thoughts on “Wisata Umbul Ponggok”

  1. Rumahku ga jauh dari umbul ponggok, tp jujur aku baru sekali ke sana setelah tempatnya viral bgt di sosmed. Waktu itu ke sana karena nemenin sodara yg dari Jakarta, hehehe..

    Karena terkenal ruame, jd kami datang pagi2 biar ga begitu ramai. Sekarang ada inflatable baloonnya juga lho di kolam, jadi makin seru mainnya

    Reply
  2. Indah banget mbak foto2 nya….duh jadi mupeng pengen ke Umbul Ponggok dan foto seperti itu. Ternyata untuk berwisata itu gak harus jauh ke luar negeri ya, di Jawa Tengah nyatanya banyak tempat wisata menarik yang layak dikunjungi dengan tiket ramah di kantong. Recommended banget mbak…

    Reply
  3. Saya sudah beberapa kali ke sana, tapi belum juga foto-foto yg kece-kece itu, ga tahan nahan nafasnya 😀 . Airnya juga dingin banget. Umbul Ponggok wisata Klaten yang ga boleh terlewatkan.

    Reply
    • Jadi kangen ingin main ke Umbul Ponggok lagi.
      Ga berapa jauh dari Umbul ini dulu saya pernah nyobain rujak es krim yang lumayan rasanya.

      Reply
  4. Umbul Ponggok nama yang unik, Saya justru senang ada tempat wisata demikian di Indonesia yang dikelola oleh individu dengan bekerja sama pada pemerintah daerah untuk membuat destinasi wisata yang akan saling menguntungkan.
    Senangya lagi ada Traveloka yang memandu dengan Xperience seru karena sudah masuk dalam bagian merchant-nya. Kita jadi bisa tahu kayak gimana.
    Saya belum pernah snorkeling. Cuma bisa baca tulisan mengenai kegiatan itu. Asyik banget dapat pengalaman baru.

    Reply
  5. Heem, kalo gak bisa berenang tetep bisa ikutan foto under water gak yaa…?
    Sejujurnya, aku paling takut sama kedalaman air, huhuu~
    Tapi kalau uda ngliat Umbul Ponggok, bisa auto-berani kali yaa…
    Indahnya ikan yang ikut berfoto bersama ambience under water.

    Reply
  6. Aaakkkk aku kudet, aku baru bertama kali ini tahu soal umbul ponggok, ya dari tulisan dikau ini mbk. Dan aku pun pengen ke sana donk yak. Secara bisa dapet pengalaman unik begini.

    Reply
  7. Indahnya pemandangan bawah laut di tempat wisata umbul ponggok.. ada beberapa proferti yang bisa digunakan saat berfoto dalam air ya.. huhu jadi pengen balik ke klaten lagi.. waktu itu ke klaten ngga mampir ke tempat wisata bawah laut umbul ponggok ini.. semoga next ke klaten bisa mampir kesini

    Reply
  8. Aku jadi senyum – senyum sendiri. Judulnya wisata selfie underwater ini ya mba. Memang lebih nyaman karena kolam air tawar. Kalau di laut kan lebih ‘wild’ dan air asin, jadi memang beda. Buatku, Bunaken dan Tempat ini punya keindahan masing – masing

    Reply
  9. Mbak itu beneran airnya dari mata air mbak? masuk ke umbul ponggok itu sebenernya murah ya mbak, cuma sewa properti dan sewa kamera bawah lautnya aja yang mahal hihihi tapi gapapa sekali-kali ya, kapan lagi coba bisa difoto bawah air 🙂

    Reply
  10. Aku nggak pernah beruntung, kalo tiba di Umbul Ponggok selalu ramai. Kudu nginep di Klaten kayaknya baru bisa nyaman kalo di sana. Aku sering log lewat karena dulu proyek pekerjaan suami kan daerah sekitar situ. Kadang suka diajak nemeni kerja, nemeni ngobrol di jalan aja sih. Nah maksudnya bisa sekaligus wisata di Ponggok, tapi aku gak suka sih kalo ramai tempat wisatanya, hihii

    Reply
  11. Keren ya pemandangan di Umbul Ponggok, terutama pemandangan bawah airnya. Masuk daftar tempat wisata yang kapan-kapan akan dikunjungi ah, sekalian bisa pulkam bareng suami juga nih karena searah jalan dengan ke Semarang

    Reply
  12. Waaah seru bgt wisata under water nya. Dari jogja nggak jauh donk ya kalau klaten. Pas wisata jogja bisa langsung kesini klo gt. Cuman belm bisa bisa ya mbak.. Rombongan kudu nyewa mbl klo gt ya. Tks infonya

    Reply
  13. Kemaren pengen banget ke sini tapi gak sempat, huhu. Apalagi emang sempat ke Klaten. Sayangnya waktu dan kendaraan yang terbatas jadi gak banyak destinasi yang dijelajahi. Semoga nanti bisa ke Jogja lagi XD

    Reply
  14. Pasti seru dan menyenangkan ya teh bisa ngerasain foto dalam air, apalagi ada beberapa pilihan propertinya.. kalo aku kesana mungkin aku akan menikmati semuanya deh.. sayang banget untuk dilewatkan.. kan bisa jadi memorable tersendiri ya teh

    Reply
  15. Sekitar dua tahun lalu lihat lihat foto orang-orang Di Umbul Ponggok. Kukira boongan, ternyata beneran foto dari Dalam air, hehe. Keren lah inovasi wisatanya beda darui Yangn walau Aku ngga berani nyoba ehhe

    Reply
  16. Harga tiketnya murah banget dan pemandangan bawah air nya juga indah tapi kalau nggak bisa renang dan pengen foto bawah air kaya gitu bakal dipandu sama ahlinya ya?

    Reply
  17. Hihi serinh banget nih liat hasil foto under waternya unggul ponggok. Emang bikin penasaran sih. Tapi ini gak begitu dalam ya mba? Kadi bisa nyelam tanpa alat asal kuat aja ya nafasnya.

    Reply
  18. Termasuk yang penasaran tapi belum kesampaian ke sana, Teh. Padahal tempat orang tua enggak terlalu jauh dari sana. Mungkin karena ngebayangin ke sana itu maksimalnya ya harus foto di bawah air itu, tapi rada takut hehehe. Salut dengan perangkat desanya yang bisa mengoptimalkan potensi tempat wisatanya sehingga membuka lapangan kerja dan peluang usaha untuk banyak orang juga.

    Reply
  19. Aku pernah lihat wisata kayak gini di Subang, di internet. Belom banyak dikembangkan sih. Anak-anak mudanya aja yang berinisiatif berpose kayak gitu. Padahal kalo diseriusin bisa banget kayak gini. Lupa nama tempatnya apa.

    Reply
  20. Umbul Pongok dan wisata dalam air ini hits banget ya mbak. Kalau di Medan belum ada wisata seperti ini, lihat list harganya cukup terjangkau mbak.

    Reply
    • Aku selalu penasaran pengen nyoba snorkeling ini. Cuma kalau snorkeling ini musti pandai renang gak sih? Soalnya aku gak bisa. Hahaha

      Reply
  21. Iyak Teh ketinggalan, daku belum pernah ke sana memang, hihi. Fasilitasnya bisa dibilang buku ada snorkling yang bisa sekalian merekam dengan penyewaan kamera underwater. Cuma pastinya harga ini nih, nabung dulu dah daku

    Reply
  22. Bewara ti desa itu apa, ya, Mbak? Wkwkwk.
    Bisa buat list tempat liburan, nih, ada wisata snoerkeling juga yang daku pengin banget bisa menyelam di seluruh bagian laut di Indonesia, wkwkwk. Masih bersih ya, teh, di lautnya. Semoga tetap terjaga dan terhindar dari sampah-sampah, andaipun ada segera ditindak lanjuti.

    Reply
  23. Agak iri deh liat orang-orang yang bisa melek di dalam air, mataku tuh perih banget soalnya kalo disuruh melek di dalem air, jadi pasti kudu pake kacamata renang itu. Jadi penasaran kalo di dalem air di sini bisa melek gak ya akunya, abisan udah keren-keren pose di dalem air pake banyak properti gitu, masa iya kudu dirusak kacamata renang

    Reply
  24. Ke Bunaken akupun juga belum mbak, sebelum kebunaken, bisa ke wisata umbul ponggok dulu ya mbak untuk bisa menikmati wisata bawah laut yang instagramable.. duh aku udah ngebayangin aja nih.. bisa ngga ya aku pose begitu hehe

    Reply
  25. Wah saya baru tahu teh kalau di Klaten ada tempat wisata sebagus ini. Harganya juga murah banget masih terjangkau ya. Aku pengen banget bercengkrama dengan air jernih dan ikan-ikannya. Hehehe. Mudah-mudahan bisa main kesana kalau pas liburan ke Yogya.

    Reply

Leave a Comment