Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis, Cuma Butuh 10 Menit

 

Selama Ramadan, biasanya setiap orang ingin menyajikan menu buka puasa sederhana dan praktis  yang berbeda setiap harinya. Mulai dari camilan hingga makanan berat. Ini maksudnya diluar beli jajanan ya. Karena cuaca di tempat saya semingguan ini setiap abis duhur selalu hujan hingga malam.

Jadi kita fokus ke bahasan apa yang bisa kita buat atau masak. Namun, gak jarang banyak yang akhirnya bingung harus masak apa untuk menu buka puasa. Seperti saya, hahaha …

Padahal gak perlu mewah, makanan sederhana saja bisa terasa sangat enak jika diolah dengan tepat.

Sudah beberapa hari pasar, saya absen karena cuaca, maupun gak jadi berangkat karena ada halangan. Oya, pasar di tempat saya Pagelaran Cianjur ini kan hanya ada dua hari dalam seminggu. Setiap hari Selasa dan Jumat. Jadi selain hari itu, ya ga ada penjualan.

Jadi kalau kelewat hari Selasa, ke pasar lagi nanti saja nunggu hari Jumat. Gitu seterusnya. Kecuali kebutuhan lain yang bisa dibeli di warung atau minimarket, itu bisa diakses tujuh hari dalam seminggu.

Jadi stok bahan makanan di kulkas ini minim banget. Hanya ada tahu kuning, kol, buncis, melinjo, tomat, daun bawang dan bumbu dasar.

Saya pikir selama ini bikin gorengan bakwan itu selalu pakai kol dan wortel. Kini ga ada wortel, coba pakai tahu saja. Biar beda dari biasa yang penting kan enak.

Kebetulan minyak goreng masih ada dan tepung bumbu bakwan yang jarang bumbunya sudah pas juga masih ada. Sip. Saya coba buat bakwan tahu saja.

Berikut langkah membuat bakwan tahu sebagai menu masakan buka puasa yang sederhana dan praktis versi saya. Siapa tahu bisa jadi referensimu ya…

 

Bakwan tahu

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 bungkus tepung bakwan atau secukupnya

100 gram kol, iris tipis

½ kotak tahu besar, atau secukupnya, potong dadu

200 ml air

Daun bawang secukupnya (kalau suka)

Minyak goreng secukupnya

Garam dan penyedap rasa sesuai selera. Karena saya menggunakan tepung bumbu jadi ga lagi pakai garam atau penyedap rasa. Apalagi saat berpuasa saya lebih baik menghindari mencicipi makanan saat masak.

 

Cara membuat:

Siapkan wadah. Buat adonan basah dengan mencampurkan tepung bakwan, garam penyedap rasa dan air. Aduk merata, jangan sampai ada yang menggumpal.

Masukkan kol. Tambahkan daun bawang ke dalam adonan tepung, lalu aduk hingga rata. Cicipi rasanya sampai pas (itu kalau tidak berpuasa, ya).

Panaskan minyak di dalam wajan, ambil satu sendok sayur adonan. Letakkan tahu diatasnya, goreng hingga matang.

Setelah matang, angkat dan sajikan. Bakwan Tahu siap dinikmati untuk berbuka puasa.

Untuk minumnya, kami tidak punya persediaan kecuali gula putih. Saya tengok di luar ada pohon jambu yang sedang berbuah. Ada yang matang karena emang suka saya bungkus biar gak diganggu tupai atau kelelawar. Yah coba bikin juice jambu batu merah saja. Pasti segar dan anak saya pun suka.

 

Juice jambu batu merah

Bahan-bahan yang diperlukan:

Beberapa buah jambu batu merah matang

4 sdm gula putih atau secukupnya

Air es dan es batu

Cara membuat:

Cuci bersih jambu batu, lalu belah dan jika mau buang bijinya. Kalau saya diblender dengan bijinya. Tapi nanti disaring dong. Soalnya biji jambu batu itu tidak hancur saat diblender.

Jambu batu telah siap, masukkan gula pasir. Masukkan air es dan es batu secukupnya. Blender hingga lembut.

Selanjutnya, siapkan gelas, lalu saring juice supaya bijinya tidak terbawa. Satu blender full jadi empat gelas. Selesai, siap dihidangkan deh …

Selamat berbuka puasa semoga amal ibadah kita diterima. Aamiin…

 

20 thoughts on “Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis, Cuma Butuh 10 Menit”

  1. Nah ini rekomend banget menu yang harus dibuat saat bulan puasa karena simple banget dan pastinya enak gk perlu repot2 ya kalo bikin takjil buka puasa

    Reply
  2. wah gorengan sama jus itu ibarat menu simpel yang pasti ada di meja makan ga sih teh? tapi aku pribadi jarang gabungin bakwan sama tahu. anak-anak lebih suka tahu krispi gitu kalau digoreng, ketimbang dicampur di bakwan.

    Reply
  3. Unik ya, Teh, pasarnya cuma ada 2 hari dalam seminggu aja. 🙂
    Btw, segala sesuatu yg bernama gorengan selalu menarik bagi saya, padahal sadar diri kalau angka kolesterol sudah di atas angka normal, wkwkwk. Mari kita abaikan sejenak angka itu saat berbuka puasa. 😀

    Reply
  4. Aduh, ngeliatnya jadi ngiler euy ….udah lama ini puasa makan gorengan gara gara minyak mihil. Aku juga suka bikin bakwan Kak, tepungnya selalu pakai Kobe, rasnya pas dan kriuk renyah

    Reply
  5. Aduh, ngeliatnya jadi ngiler euy ….udah lama ini puasa makan gorengan gara gara minyak mahal. Aku juga suka bikin bakwan Kak, tepungnya selalu pakai Kobe, rasnya pas dan kriuk renyah

    Reply
  6. wah senangnya buka puasa pake jus jambu hasil metik dari pohon depan rumah. Nikmatnya pasti dobel tuh. Dan iya banget menu buka puasa kadang ga mesti yang mahal. Cukup gorengan bakwan sudah nikmat.

    Reply
  7. jambu batu ini kesukaanku banget, Mba. Pasti segar banget dipake buat buka puasa yaa. Pas banget dipasangkan dengan bakwannya. Buka puasa jadi lebih semangat nih

    Reply
  8. Seketika liatin bakwan tahu ini, auto pengen mencoba resepnya Teh. Aku soalnya udah jarang bikin bakwan tahu ini, nanti aku mau cobain ah resepnya, terima kasih resepnya Teh

    Reply
  9. Seketika liatin bakwan tahu ini, auto pengen mencoba resepnya Teh. Aku soalnya udah jarang bikin bakwan tahu ini, nanti aku mau cobain ah resepnya, terima kasih resepnya Teh..

    Reply
  10. Wah praktis bangett… ini mah sat-set-sat-set jadi ya teh, hehe.. Emang sih gorengan tuh menu wajib buka puasa, rasanya gak afdol aja kalau buka puasa gak ada gorengan hehe

    Reply
  11. Juice nya ini selain bikin seger, asupan serat buat tubuh tetap tercukupi dengan baik. Sehingga sistem pencernaan tetap dalam keadaan sehat

    Reply

Leave a Reply to Nuny Cancel reply

%d bloggers like this: