Punya nasi sisa kemarin bisa dibikin apa? Coba jadikan nasi goreng sambal terasi aja

Punya nasi sisa kemarin bisa dibikin apa? Coba jadikan nasi goreng sambal terasi aja. Rasakan kesegaran dan keharumannya.

Resep mudah bikin nasgor sambal terasi

Nasi goreng varian sambal terasi ini sebenarnya dibuat secara tidak sengaja. Ya, kebetulan saja karena mantan pacar kemarin ada acara di sekolah. Ada pengawas dadakan, jadi ia ga makan siang dan makan sore di rumah.

Karena makan di sekolah, sementara tidak memberikan informasi sebelumnya karena memang acaranya dadakan jadi saya tetap masak nasi seperti hari biasanya. Lah jatah nasi sang mantan ga dimakan makanya hari ini jadi ada nasi sisa semalam. Mana lumayan banyak pula.

Begitu juga dengan sambanya. Kebetulan kemarin saya bikin sambal terasi karena ada lalapan daun poh-pohan dan kecipir. Karena sang mantan ga makan di rumah pula akhirnya sambal terasi juga bersisa.

Nah, daripada sayang dibuang, sementara saat saya cek sambalnya masih segar tidak basi, mending dibuat nasi goreng sambal terasi saja. Pasti enak dan seger…

Cara mengolah nasi menjadi nasi goreng sambal terasi ini terbilang mudah. Apalagi bumbu sambal terasi nya sudah ada. Tapi kalau memang mau bikin nasi goreng sambal terasi, tapi ga sedia sambal terasinya, ya gak apa-apa. Kita tinggal buat saja dulu sambal terasinya.

Cara membuat sambal terasi matang bisa dengan cara merebus dulu semua bahannya, baik cabe rawit, tomat dan lain sebagainya, kemudian menguleknya. Setelah itu baru ditumis sampai harum.

Atau ada alternatif lainnya, bahan sambal tidak usah direbus melainkan langsung ditumis sebelum memasukkan nasi.

Buat saya, kalau sudah ada sambal terasi, nasi gorengnya gak perlu ditambahkan isian apa pun. Ya, paling nanti temannya ada kerupuk. Tapi kalau mau nasi gorengnya ada isian bisa menyesuaikan selera. Bisa ditambah sayuran, sosis, bakso, maupun daging.

Oya, berikut ini cara membuat nasi goreng sambal terasi dari nasi sisa semalam yang layak makan.

Resep nasi goreng dari nasi semalam

 

Bahan

500 gram nasi atau sebanyak berapa piring nasi yang kita inginkan

150 gram daging sapi giling saya pakai kornet

1 butir telur

garam secukupnya

Minyak goreng atau mentega secukupnya

Mentimun untuk lalapan, iris bulat atau kotak sesuai selera

Kerupuk

 

Bahan sambal terasi

5 buah cabai rawit merah

10 buah cabai keriting merah

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

1 buah tomat kecil atau sedang

1 bungkus kecil terasi, goreng atau bakar dulu

Garam secukupnya

 

Cara membuat nasi goreng dari nasi sisa semalam

Ulek semua bahan sambal terasi. Kita bisa mengulek kasar maupun halus, atau kalau lagi malas tinggal pakai blender saja. Pokoknya sesuaikan dengan kondisi dan selera. Sisihkan dulu sambalnya kalau sudah ada, ya.

Panaskan wajan teflon anti lengket. Tuang minyak goreng sedikit. Tumis sambal terasi sampai harum. Pinggirkan di sisi wajan.

Masukkan daging sapi giling. Tumis sampai matang. Tambahkan telur yang sudah dikocok, aduk sampai jadi orak-arik.

Tambahkan nasi, aduk rata. Gabungkan sambal terasi dengan nasi. Beri garam. Masak sampai semua bahan tercampur rata. Koreksi rasa. Angkat. Selesai deh.

Nasi goreng sambal terasi

Kita sajikan nasi goreng bersama irisan mentimun dan kerupuk. Dijamin ngantuk hilang karena cita rasa khas dari sambal terasi ini bikin seger bener. Itu rawitnya baru lima buah lho ya. Lebih banyak pasti lebih seger lagi. Tergantung selera masing-masing pastinya.

Sekarang kan lagi musim turun hujan. Makan makanan hangat dan pedas itu jadi terasa lebih nikmat. Coba deh…

Comments

  1. wow nasi goreng itu salah satu masakan kesukaan saya, baik nasi goreng terasi, nasi goreng kunyit, atau nasi goreng hijau yang menggunakan daun mengkudu, dan pernah pula waktu tugas di Kolaka Sultra sering mencicipi nasi goreng merah yang menggunakan udang, rasanya maknyoss..

  2. Wah, ini kesukaan saya nih mba, nasi goreng sambel terasi. Wanginya ga nahan ples gampang banget juga dibuatnya. Kalau gak keburu masak, bisa langsung cuzz buat nasgor ini.

  3. Lah…baca rawitnya ada 5. Kebayang siiih, langsung cenghar deh…hehe…
    Nasi goreng tuh diolah apa aja, resep apa aja, selalu banyak yg suka. Apalagi membuatnya mudah banget…

  4. Dyah ummu AuRa says

    Bikin ngiler banget teh okti ini. Aku juga suka masak nasi goreng sisa nasi yang gak habis. Hanya saja karena biasanya aku kalau masak nasi lebih suka yang lembut jadi sisa nasi yang gak habis, aku masukin kulkas dulu. Jadinya pas banget buat digoreng.

  5. Gak pernah bosan sepertinya saya makan nasi goreng mba. Mau sambal apapan saya suka. Apalagi sambal terasi, Yummy

  6. Yummy banget ya mba nasi goreng sambal terasi. Bisa nambah berkali kali saya ini.

  7. teteehh, ini kebayang deh aromanya kaya gimana… gurih-gurih sedeeeppp gitu.
    anak-anak aku belum kena rasa terasi nih, suatu saat kudu dikenalin gimana enaknya nasi goreng sambel terasi ini

  8. Huaaaa … Nasi goreng, makanan favoritku. Nasi goreng apapun tuh rasanya selalu enak. Apalagi nasi goreng terasi ini. Ya Alloh, pingin segera nyobain. Pasti juga enak.

  9. aku kayaknya gak pernah bikin deh kalau yg sambal terasi
    soalnya jarang banget ada sambal terasi di rumah
    padahal nasgor kalau ada terasinya kan sedep-sedep gimana gitu ya

  10. Teteh suka pedes ya?
    Sambal terasi ini rasanya emang juara, apalagi kalau dibikin nasi goreng. Ada kornetnya pula.
    Sudah tercium aromanya dari sini, wkwkkwk.

    Makasih resepnya, lain kali bikin aah.

  11. Ada tips gak Mbak, masak nasi goreng biar gak lengket di kualinya? Aku suka kesel kalau udah gini. Nasinya jadi kerak. Sementara yang lain belum panas merata.

  12. Teteh cerita soal mantan alias suami, aku jadi ingat pertama kali kita ketemu, teh..
    Kagum sama teteh dan suami yang kompak mengurus Fahmi ((saat itu Fahmi masih usia balita, kayanya yaa..)).

    Memang berumah tangga itu kudu kompak dan jalin komunikasi yang baik.
    Plus istri cerdas yang cermt. Melihat peluang nasi, tidak dibiarkan begitu aja, tapi diolah menjadi semakin lezat.
    Suami pasti super happy yaa, teh.. Makan makanan enak olahan penuh cinta begini.

  13. Anak-anak sayq suka banget nasi goreng, meski berneda-beda resep dicoba

  14. Lidah orang jawa kalo gak pake terasi gak enak ya. Favorit bikin nasgor pake terasi, wanginya sampe ketetangga. Hihihi

Leave a Reply to Avizena Zen Cancel reply

*

%d bloggers like this: